Selasa, 02 Februari 2016

Mudahnya Persyaratan Pembuatan SKCK 2016

Persyaratan Pembuatan SKCK | Pagi itu hujan turun dengan derasnya. Rencana awal yang telah saya putuskan kemarin terancam gagal. Besok merupakan hari terakhir pendaftaran calon karyawan di sebuah perusahaan yang baru dibangun namun belum beroperasi secara sepenuhnya. Besok merupakan hari terakhir pendaftaran, dan persyaratan untuk mendaftar belum lengkap. Masih ada 1 dokumen lagi yang harus dilengkapi yaitu SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Sebenarnya saya bukanlah tipe orang yang hobi mengulur waktu. Pembukaan pendaftaran lowongan tersebut sudah sejak 2 minggu yang lalu. Namun, prosesku hanya stuck di urusan pembuatan SKCK yang dimana kata temanku membutuhkan surat pengantar dari Kelurahan sebagai salah satu syarat pembuatannya. What??

Contoh SKCK
Mengurus surat pengantar kelurahan bukanlah urusan yang simpel. Pasalnya, perlu melalui beberapa proses persyaratan dan beberapa dokumen pendukung lainnya agar surat pengantar kelurahan ada di genggaman tangan.

Mengurus surat pengantar kelurahan berarti harus memiliki surat pengantar dari RT yang kemudian dibawa ke RW untuk mendapatkan surat pengantar RW yang akan dibawa ke kantor kelurahan sebagai dokumen pendukung untuk mendapatkan surat pengantar kelurahan. Proses yang panjang bukan?

Memang, mengurus surat pengantar RT, RW, dan kelurahan bisa dilakukan dalam sehari. Tapi tidak dengan kondisiku yang sekarang.

Kondisi sekarang sangat tidak memungkinkan saya untuk mengurusi surat pengantar RT dan teman-temannya dari pagi hingga sore karena tiga hal.

Pertama, bapak RT kami sedang dalam proses renovasi rumah besar-besaran yang mengakibatkan beliau cukup repot. Yah walaupun masih bisa dilobi karena tetangga.

Kedua, bapak RT dan RW kami hanya bisa mengurusi surat pengantar pada sore atau malam hari karena beliau yang harus bekerja di kala pagi hingga sore hari.

Ketiga, Saya, di sore hingga malam hari tidak bisa karena bentrok dengan jadwal ngelesin dan les bahasa inggris. Satu-satunya alternatif yaitu hari sabtu atau minggu. Tapi saya merasa tidak enak dengan beliau karena hari sabtu dan minggu adalah hari libur.

Lalu bagaimana dengan saya? Apakah kendala surat pengantar dan hujan harus menghalangi langkah saya? Saya rasa sangat tidak etis karena harus gagal tanpa mencoba.

Saya berpikir polisi juga manusia yang memiliki hati dan perasaan belas kasihan. Bagaimana jika saya kesana dan meminta hati mereka agar mereka bersedia membuat surat SKCK untuk saya tanpa adanya surat pengantar kelurahan. Saya rasa mungkin bisa.

Akhirnya H-1 penutupan pendaftaran lowongan. Saya memutuskan pergi ke Polres untuk membuat surat SKCK tanpa adanya surat pengantar. Saat itu saya berencana untuk menceritakan kondisi saya agar sekiranya Pak Polisi membukakan hatinya untuk membuatkan saya surat SKCK.

Hari rencana pembuatan SKCK pun tiba. Namun, hujan lebat mengguyur kota kami. Entah kapan berhenti mengingat awan yang cukup gelap masih betah bertengger diatas kota kami.

Jam dinding pun menunjukan jarum pendek ke angka 9 dan jarum panjang ke angka 12. Sudah jam 9 pagi dan hujan masih menangisi perjuangan saya. “Oh Ya Allah” Batinku menangis.

“Tidak bisa begini terus” usahaku bisa sia-sia jika harus terhenti akibat hujan dan 1 lembar kertas.

Akhirnya saya memutuskan untuk menerjang hujan ke Polres yang jaraknya sekitar 20 Km dari rumah saya. #kurang lebih

Tas berisi persyaratan ditaruh di depan. Jas hujan bermodel kelelawar kupakai untuk menutupi tubuh dan juga tasku. Celana levis ku lipat hingga dengkul. Gayaku sudah seperti mamang-mamang.

Tepat pukul 09.30 WIB saya menerjang hujan dengan motor menuju Polres dengan hati was-was. Apakah perjuangan saya akan sia-sia? Mengingat tidak ada surat pengantar.

Jam 10.00 WIB saya tiba di Polres. Hujan sudah sedikit reda. Saya langsung melepas jas hujan, dan merapikan penampilanku kembali agar lebih enak dipandang.

Saya berjalan menyusuri jalan parkiran menuju pintu kecil yang disana terdapat dua orang bapak-bapak sedang mengobrol. Saya pun bertanya.”Pak maaf, buat SKCK kemana yah?”. “Disana dek, naik aja lantai 2 terus belok kiri sampai ada tulisan SKCK” jawab bapak berbadan besar dengan kacamata hitamnya.

Saya pun langsung naik ke lantai 2 dan jalan menuju bagian pembuatan SKCK. Bergegas saya langsung bertanya “Pak, maaf. Saya mau buat SKCK tapi gak bawa surat pengantar kelurahan, boleh pak?”. “Boleh mas, karena sejak tahun 2011 persyaratan seperti itu sudah diganti, bisa dilihat persyaratan disana mas! Silahkan ambil antrian” jawab salah satu pengurus SKCK.

Senang dan lega yang dirasakan begitu mendengar perkataan sang bapak. Tapi hati menggerutu dan menyesal. “kenapa saya enggak ngurusin dari kemarin-kemarin. Tau gini kan gak bakal hujan-hujanan. Temanku toh piye yah...” #efek terlalu polos.

Saya membaca persyaratan yang dibutuhkan :

1. Surat Rekomendasi Polsek (hahh?? Saya enggak ada!)

2. Fotokopi KTP 1 lembar (ada)

3. Foto 4*6 4 lembar (saya bawa 6)

4. Fotokopi Ijazah terakhir 1 lembar (bawa)

5. Fotokopi Kartu Keluarga (bawa)

6. Fotokopi Akte Kelahiran 1 lembar (bawa)

Semua lengkap kecuali satu. Surat Rekomendasi Polsek. Hah? Enggak pernah dengar yang kaya beginian. Saya pun langsung bertanya kembali kepada bapak pengurus. “Pak saya enggak punya surat rekomendasi Polsek?”si bapak menjawab “persyaratannya dari nomor 2 kebawah mas” batinku teriak alhamdulillah.

Selanjutnya memberi berkas persyaratan, dan mengisi formulir biodata yang berisi nama, no hp, alamat rumah, riwayat, hobi, dll.

Membayar biaya administrasi sebesar 10 ribu. Ini bukan pungli yah! Karena pengurusan pembuatan SKCK dan perpanjangan SKCK dikenakan biaya administrasi 10 ribu. Sesuai dengan aturan PP 50 tahun 2015 tentang PNBP.

Setelah itu, melakukan sidik jari dibagian sidik jari. Setelah selesai, memberikan berkas biodata kepada petugas dan menunggu waktu tidak ada 5 menit hingga SKCK selesai.

Selesai dan akhirnya saya pulang dengan perasaan bahagia. Lalala Yeyeye Lalala Yeyey. Hahah. Doakan juga semoga tes kerja besok lancar. Amin

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

42 komentar

barusan buat SKCK dan jauh lebih mudah apalagi kalau cuman perpanjangan. lebih gampang euy!

Iyah mas dodon,, sekarang segala urusan menjadi lebih mudah dan bisa membuat hati sumringah.. Ahhahah

bang itu bener ga harus nguruh ke rt dan kawan kawan?

Iyah bang argo.. Saran saya Mending buatnya di polres saja jangn di polsek.

Semua daerah sma ga ya?sya dijakarta.thanks

Kalo gak pake akte kelahiran bs kah mas Broow

Sepertinya harus mas.. Kemarin saya lihat orang nggk bawa akte disuruh melengkapi persyaratannya terlebih dahulu

Mas teguh... Seharusnya sama mas..

Jadi..kita tdk perlu bawa surat pengantar kelurahan lagi ya..?

Lebih gampang buat di plsek ato polres ya..
Ato dua2 mudah..
Makasih sblumnya

Nggk perlu kok.. buat di polres saja.. lebih cepat dan nggk ribet.

mas bayu mau tanya. itu polres maan . soalnya saya mau ke jatinegara.. takutnya dipersulit.. soalnya ga ada surat pengantar , sudah ga sempat lagi buat.. mksh ya bro sblmnya

Sbb lohh...
Saya dulu buatnya di polres cilegon karena ktp saya ktp cilegon..

klo buat hari sabtu bisa gak yaa?

kalo ktp daerah bisa buat skck dijakarta enggak ya om?

Ni beneran gk pk surat pengantar???

Ni beneran gk pk surat pengantar???

Saya barusan ngurus SKCK di polsek,padahal persyaratan udh lengkap udh dtanda tangani pihak berwenang tapi dimintai lg surat keterangan dari sekolah bahwa saya benar2 ngurus SKCK untuk Pemutakhiran ijasah,apa perlu surat keterangan dr sekolah untuk ngurus SKCK?

Saya barusan ngurus SKCK di polsek,padahal persyaratan udh lengkap udh dtanda tangani pihak berwenang tapi dimintai lg surat keterangan dari sekolah bahwa saya benar2 ngurus SKCK untuk Pemutakhiran ijasah,apa perlu surat keterangan dr sekolah untuk ngurus SKCK?

coba di polres.. di polsek emang ribett.. :D

Saya ga punya akte lahir.itu bisa ga di ganti yang lain

Saya ga punya akte lahir.itu bisa ga di ganti yang lain

Saya mau bikin skck tapi ga punya akte sama ijazah itu gimana supaya saya bisa bikin skck tolong di bantu

wahhhh,,, kalau itu mungkin bisa minta keringanan sama petugasnya. mungkin mereka bakal ngerti.. :D

ijazah terakhir saja. kalau tidak ada..
minta pnjelasan saja sama petugas di polres ; "kalau nggak punya akte sama ijazah gimana pak?"
bisa diganti yg lain atau tidak??

Maaf misalkan , punya E-KTP y Cikande , tapi ngurus SKCK di Purwakarta , tanpĆ  Surat pengantar , apa bisa mas ?

Ehhhmmm... di coba saja.. saya pikir polisi juga manusia yang bisa mengerti keadaan kita. Heheh

saya mau tanya, untuk polsek apakah harus menggunakan surat keterangan dari kelurahan atau tidak ya? soalnya waktu mepet untuk buat surat keterangan dari kelurahan hehe. Terima kasih

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Dari dateng ke polsek sampe jadi SKCK nya kira2 berapa jam ya itu?

Cepet kok... dlu pas saya sepi, mungkin karena pagi. Cuma ada saya sma 1 orang yg mau prpanjangan... 1 jam aja nggk ada kok.

D jkt gk bisa, saya d tolak mentah" mau urus skck d jkt, ktp saya medan, kata petugasnya jngnkan medan dr jkt barat urus d utara juga gk bs, hrus sesuai alamat ktp!!

Iyah ribet yah mas kalau kita ngerantau trus harus dijejali persyaratan buat nyari kerjaan kaya skck atau kartu pencaker yg hanya bisa di urus di tempat KTP....

Bro sabtu polsek duren sawit kalimalang buka apa tutup?

Hahahahah lha kok nanya saya... kurang tau kulo mas. Tapi spertinya tutup deh

Mas aku mau bikin SKCK , tapi saya masih blom punya e-ktp , ktp sementara ku masih minggu dpn d ambil ... Ini mau ada kebutuhan ngelamar kerja .. Bisa gak tanpa KTP tapi di ganti dengan surat pelajar ?

coba dulu aja, tapi kalau menurut aku nggak bisa sih... tapi coba dulu aja

Mas, Saya e ktp nya bogor tp mau bikin skck di semarang, bisa nggak ya?

Lebih jelasnya lagi sih..

Ehmm coba aja ke kantor polisi mas. Terus tanyain. Mngkin bakal diminta suray domisili atau malah bisa..

Coba ditanyain dlu ke kantor polisinya.. :))

Makasih udh mampir

Mass bisa tidak ijazah diganti dengan surat keterangan lulus sementara?

Dicoba dlu kali yah.. soalnya kan kita juga butuh banget tpi ijazah belum ada.. heheh

Dicoba dlu kali yah.. soalnya kan kita juga butuh banget tpi ijazah belum ada.. heheh

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon