Minggu, 21 Februari 2016

Susah Bangun Pagi? Coba 6 Tips Ini

Mau bangun pagi buat ngampus tapi rasanya tubuh seperti di ikat di atas kasur dan ditimpa beban berat yang membuat hari begitu nyaman dan aras-arasan buat beranjak dari kasur. Walaupun kuliah adalah kewajiban tapi tetap saja ritual menambah jam tidur tetap dilakukan karena sifat dasar kebanyakan mahasiswa yang tidak mau rugi bandar. Hahah #saya pun demikian.

Tapi hal ini berbeda kalau lagi momen ujian akhir semester. Dimana mahasiswa berbondong-bondong semangat berangkat ke kampus 2 jam sebelum ujian dimulai. Kan kalau gini dosen rasanya mau ngutuk. Hehe

Ada banyak sebab yang membuat orang-orang susah bangun pagi. Alasan yang pertama adalah memang orang itu hobi tidur atau ngebow, alasan kedua adalah habis begadang semalaman yang membuat mata mengantuk, dan yang terakhir adalah cuaca dan kondisi kamar yang mendukung banget buat nambah jam tidur.

Tapi tahukah kamu jika kamu sering kali dan kerap menunda-nunda jam bangun kamu, lama kelamaan otak akan mereschedule jadwal tidur kamu dan membuat itu sebagai kebiasaan. Sehingga bangun pagi menjadi ritual yang susah untuk dijalankan.

Padahal bangun pagi itu penting gaes baik di hari kerja atau dihari libur. Selain bisa menjadikan kebiasaan, bangun pagi juga bisa membuat tubuh sehat. Faktanya kandungan ozon dan oksigen terbaik ada dipagi hari. That is Fact.

Jadi mulai sekarang tanggalkan alasan kamu yang suka menunda bangun pagi. Dari pada tidur sampai jam 10 mending waktu paginya dipakai buat masak atau nonton atau lebih baik olahraga pagi hari. Seperti jogging atau bersepeda dengan ditemani lagu favorit menikmati indahnya pagi dan segarnya udara. #Hidup yang Indah.

Tapi wowcang juga sadar bahwa ada beberapa orang yang menjadikan bangun pagi sebagai halangan atau kendala. Wkwkw apalagi ditambah status orang ini yang tidak memiliki ikatan wajib atau tak terpaut jadwal. Yasudah deh tidur lanjut sampai puas. Haha

Bagi kalian yang seperti ini atau susah bangun pagi, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dapat bangun pagi.

1. Bagi Kalian yang Memiliki Tangan Suka Menggerayang Jam waker atau Alarm HP yang berdering Dalam Keadaan Tidur, Maka Letakkan Jam kamu 5 Langkah Jauh Dari Lokasi Kamu Tidur
Bila perlu yang segede ini nih!! biar satu kampung bangun.. wkwkwk , via pixabay.com
Hal ini dimaksudkan agar ada usaha yang membuat kamu untuk bangun dari kasur dalam rangka mematikan jam waker kamu. Sehingga jika begini akan ada usaha yang membuat kamu jadi bisa bangun pagi. Tapi jika kamu memiliki kebiasaan untuk berbaring di kasur lagi setelah mematikan Jam Waker. Maka niat kamu bangun pagi belum mantap.

2. Perbaiki Niat dan Motivasi Kamu Buat Bangun Pagi
Niat wooooyy niat.. hehehe, via pixabay.com
Jika jam waker jauh tidak bisa menjadi solusi maka masalahnya ada di niat kamu yang belum mantap. Saya tahu bahwa kaian ingin menjadi orang yang selalu membiasakan bangun pagi, tapi apa daya gravitasi kasur yang terasa amat kuat bila dibandingkan dengan niat kamu. Apalagi ditambah dengan tidak adanya alasan kamu untuk bangun pagi.

Tidak bangun pagi tidak boleh dijadikan alasan, kecuali jika memang kamu benar-benar membutuhkan jam tambahan untuk istirahat karena beberapa hal seperti habis muncak atau lembur karena tugas or kerjaan. Tapi yang jelas orang dewasa hanya membutuhkan 8 jam waktu istirahat dalam sehari.

Kamu berapa jam? -_- tidur jam 10 malam bangun jam 5 pagi, ditambah tidur siang jam 2 siang bangun jam 4 sore. -_- #mahasiswa. Kalau orang kerja, tidur jam 11 malam bangun jam 10 pagi buat makan terus tidur lagi sampai jam 3 sore, nonton TV sampai jam 8 terus tidur lagi sampai jam 11 buat berangkat kerja. Yang dirumah cuma bisa misuh-misuh ngeliat kebiasaan yang nggak banget. #True Story

Kalau kaya gini memang sudah kebiasaannya yang sudah menjadi-jadi. Nah kaya gini harus niatnya yang lebih kuat untuk ngebasmi kebiasaan yang ngebow hampir tiap hari. Kerjaan memang berat tapi masa iyah 8 jam tidur nggak cukup. 1 hari itu ada 24 jam. Orang normal kerja cuma 8 jam berarti masih ada 8 jam yang bisa dilakukan untuk kegiatan bermanfaat daripada 8 jamnya digunakan untuk waktu tambahan buat tidur. -_-

So kuatkan niatmu terlebih dahulu untuk menyingkirkan kebiasaan yang nggak banget.

3. Jika Kamarmu ada Jendela, Buka saja Hordengnya!
kan silauuu, via pixabay.com
“Nggak maulah nanti ada yang ngintip”
Halah siapa yang mau ngintip. Wong pagar aja digembok sampe 10 biji, ada pak ronda yang keliling tiap malam, ditambah badan kamu yang nggak bagus-bagus amat. Wkwkwk #No Offense yah, bercanda

Hordeng terbuka dimaksudkan jika kamar kamu tidak memiliki celah untuk sinar matahari masuk. Bagi kamar yang tidak memiliki celah maka kamu bisa tidur dengan kondisi hordeng dibiarkan terbuka. Jangan lupa matikan lampu agar tidur kamu berkualitas malam ini.

4. Kamar yang Ber-AC, Atur Suhunya Jangan Terlalu Dingin.
Jangan dingin-dingin, nanti susah bangun pagi, via pixabay.com
Buat apa set suhu kamar dingin sampai 16 derajat celcius, kalau kamu pada akhirnya juga menggigil dan kemulan sarung atau selimut 3 lapis. Atur kamarmu agar tidak terlalu dingin. Suasana yang sejuk dan dingin bisa membuat gravitasi kasur semakin kuat untuk menahan kamu dalam posisi wenak ini. Hehe

5. Alibi Mau Tidur Ditemani Night Light, Laptop dan HP Dibiarkan Menyala Diatas Kasur
Matikan Perangkat Elektronik, via pixabay.com
Ini yang salah. Benar-benar kurang tepat. Meninggalkan HP atau notebook atau laptop atau lain sebangsanya adalah tindakan yang kurang tepat. Dengan adanya perangkat elektronik yang masih menyala di atas kasur kamu. Kamu akan tergoda untuk tidak mengoperasikannya. Jika sudah begini, hormon dalam otak yang berfungsi untuk mengatur waktu tidur akan menurun dan membuat kamu insomnia atau susah tidur. Alhasil bangun pagi pun di skip karena kurang tidur.

6. Hidari Makan Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi di Atas jam 8 Malam.
Makan mie pakai nasi, itu mah sama aja kaya jeruk makan jeruk, via wisbenbae.blogspot.com
Makanan yang mengandung Karbohidrat tinggi adalah seperti makan nasi putih dengan lauk mie instan. Nah makan seperti ini yang mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Memang enak dan mengenyangkan, namun tetap ini kebiasaan yang tidak sehat. Selain itu, makan makanan yang mangandung karbohidrat tinggi akan membuat kadar hormon melantonin tinggi sehingga akan cepat mengantuk dan susah bangun pagi.

Nah demikian artikel hari ini, so akhir kata jangan susah bangun pagi yah. Biar rezekinya nggak dipatok ayam apalagi kalau sampai dipatok tetangga sebelah. Cihahahai.

Like FP kita jangan lupa. Salam.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon