6 Bagian Penting Dalam Surat Lamaran Kerja

Mencari kerja pasti sibuk dengan urusan membuat CV dan surat lamaran kerja, bila saya telah membuat tips membuat CV. Sekarang saya hendak membuat artikel tentang tips pembuatan Surat Lamaran Kerja.

Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi tentang permohonan anda untuk masuk kedalam dunia industri. Surat ini biasa ditunjukan kepada pimpinan perusahaan atau bagian HRD sebagai surat pengantar melamar pekerjaan, jadi anda tidak serta merta melamar pekerjaan tersebut. Surat lamaran kerja merupakan bentuk surat secara formal dan biasa digunakan dalam mencari kerja karena sesungguhnya anda tidak mungkin memasukkan lamaran hanya dengan CV dan pas photo namun anda juga perlu menyiapkan surat lamaran kerja.


Ada 6 bagian menurut saya yang paling penting dalam menulis surat lamaran kerja yaitu:

1. Bagian tanggal pembuatan surat lamaran kerja

Tanggal ini menyatakan tempat dan tanggal pembuatan  surat lamaran kerja, sebaiknya ditulis dengan rentang waktu 1-3 hari dari waktu pengiriman, jangan sampai anda lupa menggantinya. Hal ini akan memberikan kesan professional pada diri anda. Tanggal biasa ditulis di sebelah kanan atas pada lembar surat lamaran kerja.

2. Bagian alamat atau penunjukan

Alamat penunjukan surat lamaran kerja harus jelas dan sesuai bila anda tahu nama dari pimpinan perusahaan tersebut anda cantumkan tidak masalah, namun jika anda tidak mengetahuinya anda bisa menggantinya dengan menulis “Tim Rekrutmen PT.... atau Human Resource Department PT....”.

3. Bagian pembuka surat lamaran kerja

Bagian ini biasa berisi kalimat pembuka surat, disini sebaiknya anda mencantumkan maksud dari tujuan anda, tuliskan sumber lowongan dari mana anda dapatkan  dan posisi apa yang hendak dilamar.

4. Bagian isi dan deskripsi diri

Pada bagian ini anda akan mendeskripsikan diri secara singkat tentang diri anda, dari institusi mana anda berasal, sebutkan juga IPKmu atau nilaimu, anda juga bisa menceritakan sedikit tentang prestasi anda dan kelebihan anda. Namun ingat jangan terlalu berlebihan karena yang berlebihan akan memungkinkan penyeleksi berpikir bahwa anda terlalu membanggakan diri. Cukup 2 prestasi yang terbesar yang pernah anda capai. Serta yakinkan pada tim rekrutmen bahwa anda adalah orang yang tepat.

5. Bagian penutup

Bagian ini berisi penutup dari surat lamaran anda, ucapkan terimakasih dan tekankan dengan penambahan kalimat bahwa anda menunggu feedback selanjutnya dari mereka secara sopan serta tambahkan kalimat bahwa anda sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

6. Bagian pengirim

Bagian ini berisi tentang identitas dirimu baik nama, alamat, nomor handphone, alamat e-mail agar pembaca dapat dengan mudah menghubungimu, walaupun anda sudah mencantuminya dalam CV namun tidak ada salahnya menambahkan isi tersebut ke dalam surat lamaran kerja. Alamat e-mail yang dicantumkan sebaiknya menggunakan nama anda agar lebih professional, jangan anda gunakan alamat e-mail yang terlalu berlebihan.

Demikian 6 bagian penting dalam surat lamaran kerja, semoga para jobseeker dapat segera bertemu dengan rezekinya. Amin
Salam BK
Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

Posting Komentar untuk "6 Bagian Penting Dalam Surat Lamaran Kerja"