Kenali Perbedaan Merica, Lada, Kemiri, Pala, dan Ketumbar

Artikel ini dikhususkan untuk kaum wanita, namun jika anda lelaki tentu diperbolehkan untuk membaca artikel ini.

Kamu itu wanita, calon emak-emak, masa gak tau perbedaan antara Merica, Lada, Ketumbar, pala, dan kemiri. Bagaimana nanti mau masak? bisa-bisa masakanmu gatot atau gagal total dalam segi rasa. Kasihan keluargamu nanti jadi bahan percobaan masakanmu, yah memang tidak mematikan tapi tetap saja akan membuat keluargamu kapok untuk mencobanya. Malu donk sama laki-laki yang pintar masak masa kalah, mengingat memasak merupakan dasar pekerjaan bagi ibu rumah tangga.
Dalam artikel ini wowcang akan bercerita tentang perbedaan bumbu dapur antara Kemiri, Lada, Merica, Pala, dan Ketumbar sehingga nantinya kamu para ladies bisa jadi koki yang handal dan dicintai bagi keluarga.

1. Kemiri
Kemiri via nisrina.co.id
Jangan sampai kamu tidak mengenal bumbu masak satu ini, kemiri atau aleurites adalah tumbuhan yang bijinya bisa dimanfaatkan dalam pengambilan minyak atau sebagai rempah-rempah. Minyak kemiri biasanya digunakan sebagai bahan sabun, shampoo, pengawet kayu, bahan pernis dengan kandungan utama berupa asam oleostearat. Sedangkan dalam rempah-rempah kemiri biasa digunakan guna meningkatkan rasa dan aroma. Biji kemiri memiliki ciri berwarna putih kecoklatan, berbetuk bulat seperti kacang macadamia, diameter biji sekitar 2-4 cm, harganya berkisar 3000/1 ons.

2. Merica
Merica Hitam
Ingat merica dan lada itu sama yah gak beda, penggunaan kata merica dan lada berunjuk pada bentuk, biasanya orang akan menggunakan kata “lada” ketika ia sudah berbentuk bubuk, sedangkan penggunaan kata “merica” ketika ia masih berbentuk butiran. Dalam dunia kita biasa mengenal 2 jenis lada, lada putih dan lada hitam. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai bumbu dapur. Namun yang membedakan adalah warnanya dan waktu pemanenan. Sebenarnya lada putih dan lada hitam itu berasal dari tanaman yang sama namun waktu pemanenannya yang berbeda, memetik buah yang masih hijau akan menghasilkan lada hitam, sedangkan memetik buah yang telah matang dipohon akan menghasilkan lada putih. Aroma lada hitam lebih kuat dari lada putih. Penggunaan lada akan memberikan rasa pedas, hangat, dan pahit.

3. Ketumbar
Ketumbar
Banyak yang sering tertukar dalam membedakan antara ketumbar dan merica. Mungkin hal ini disebabkan karena bentuk dari keduanya hampir terbilang cukup sama, namun sebnarnya beda, beda jauh malah. Ketumbar memiliki bentuk kecil butiran dengan warna terang dan memiliki aroma harum dan tidak pedas bila dibandingkan dengan lada yang memiliki aroma menyengat bila dihirup dengan hidung secara langsung. Ketumbar memiliki garis-garis vertikal tidak seperti lada yang memiliki kulit kasar. Penggunaan ketumbar akan memberikan aroma harum pada masakan biasa digunakan dalam pembuatan tempe tahu bacem.

4. Pala
Pala
Rempah satu ini memiliki ukuran sebesar jempol jari, warna yang gelap serta rasa yang pedas dan hangat. Orang minang padang biasa menggunakan bahan ini dalam pembuatan makanan favorit dunia yaitu rendang. Biji pala mengandung minyak atsiri dan digunakan sebagai campuran dalam parfum, sabun dan peningkatan rasa dalam makanan.  


Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

13 komentar untuk "Kenali Perbedaan Merica, Lada, Kemiri, Pala, dan Ketumbar"

Comment Author Avatar
Anda butuh pala? Bisa hubungi saya di yudirempahas@gmail.com
Thx
Comment Author Avatar
Anda butuh pala? Bisa hubungi saya di yudirempahas@gmail.com
Thx
Comment Author Avatar
Saya jual merica dlm jumlah banyak, asal palu sulteng. Hub saya irwan saide di 08161188893
Comment Author Avatar
Maaf itu bukan Foto pala, tapi foto kapulaga hitam
Comment Author Avatar
pernah temen ada yang nanya, apa bedanya merica ama lada? wkwkwwkk
Comment Author Avatar
Merica, lada, kemiri, pala, dan ketumbar punya satu saudara yang sering tertukar juga, Pak. Namanya kapulaga.
Comment Author Avatar
Wah, baru tahu kalo lada item dan putih itu satu saudara :D

dJangki | wordpress
Comment Author Avatar
Jadi teringat pas jaman masih SD. Sulit banget waktu itu mengingat merica dan ketumbar. Tapi kalau saat ini aku sudah hafal apa itu merica dan ketumbar soalnya tiap hari aku masak di dapur jadi hafal bumbu dapur.
Comment Author Avatar
Hello Yorkies From Elvis Yorkshire Terrier - Specializing in Teacup Yorkies
We are small breeders whose goal is to produce healthy, high quality little teacup size Yorkie puppies for sale. In order to have puppies for sale most of the time we have teamed up with a couple of other Yorkie breeders that have the same goals in mine. In fact we have some of their Yorkie breeders and they have some of our breeders.
yorkies for sale, teacup yorkie puppies for sale, tea cup yorkie puppy for sale, Yorkie puppies for sale
Comment Author Avatar
All kittens adopted from royaltykitten.com Sphynx Cattery come with current vaccinations, dewormings, written sales contract, Two year health guarantee, health record, Spayed or Neutered, 30 days of free pet insurance for your kitten, and a kitten care package which includes food, litter and several surprises for you and your kitten.
Kittens are Generally ready to leave between 12 to 16 weeks old.
Sphynx do not develop as quickly as cats with hair.
sphynx kittens for sale, sphynx kittens for sale, sphynx cat for sale near me
Comment Author Avatar
Yang aku tahu kalo merica atau lada itu agak berat, kalo ketumbar agak ringan dan harga nya lebih murah dari lada.

Kalo pala keras kulitnya tapi enak buat masak jeroan sapi.๐Ÿ˜

Yukk.. Ngobrol!! Biar makin kenal๐Ÿ˜‚