Mudahnya Proses Perpanjangan SIM 2017

Perjalanan sepulang kerja lembur pukul 8 malam... seperti biasa hari jum’at jalanan protokol Kota Cilegon padat merayap apalagi ditambah pengalihan jalan akibat pekan perayaan HUT Kota Cilegon yang ke-18.

Jalanan tersendat. Mobil jalan endet-endetan bak iring-iringan pengantin baru. Cuma kita yang bisa nyelip-nyelip karena naik motor.

Di depan ternyata razia kendaraan khususnya motor diadakan.

“sighhh,,, kenapa pake ada acara razia segala sih!! Udah tau macet malah nambah macet nih...”

Tapi untungnya polisi menggiring pengguna motor untuk masuk daerah real estate yang bukan merupakan jalanan yang dilalui kendaraan. Disanalah razia motor diadakan.

Mungkin memang mencari momen yang pas buat nyari pengguna motor yang ugal-ugalan ber non SIM.

“malam pak...” salam polisi yang bernama Hari terpampang jelas di baju.

“malam juga pak...” sambutku hangat

“Boleh saya lihat dokumen kendaraan sama SIMnya pak..??”

“ohh ya silahkan..” jawabku sambil mengeluarkan dompet berisikan STNK dan SIM.

“Pak.... sekedar mengingatkan, ini  4 hari lagi masa berlaku SIMnya abis. Tolong diperpanjang sebelum tanggal masa berlaku karena Masa Tenggang SIM sudah tidak diberlakukan dari tahun 2015. Jadi ketika habis harus buat baru lagi”

“Ya Allah,, iyah pak hampir aja lupa. Makasih udah diingetin.. SIM keliling ada nggak pak disini??”

“Untuk hari ini nggak ada. Jadwal Simling hanya hari sabtu malam minggu di depan Mall dari pukul 7 malam sampai jam 11. Tapi besok sabtu karena ada HUT Simling ditiadakan....” terang polisi itu...

“yahhh terus gimana pak?? Senin-jum’at saya mesti kerja.... kalau besok sabtu kantor buka pak???” tanyaku urgent

“buka sampai jam 12 siang..”

“ouhhh syukur dehh.. makasih yah pak....” tancap Gas

Keesokan paginya.....

Seperti biasa bangun kesiangan... jam 8... karena hari libur

Bergegas caw mandi dan dandan biar cakep... langsung OTW ke polres...

Jalanan lagi-lagi macet karena pengalihan jalan sudah gitu pintu masuk polres diputar jauh..
Tiba di kantor. Langsung menuju bagian pelayanan SIM.

Didalam ruangan itu banyak sekali orang yang sibuk bolak balik, duduk ngantri, dan nulis. Suasananya rame pake banget..

penampakan suasana pembuatan dan perpanjangan SIM
Langsung ke pendaftaran. Dan alur proses perpanjangn SIM adalah sebagai berikut : 

1. Menuju loket pendaftaran untuk meminta formulir perpanjangan SIM. Di sana nanti kalian bakal ditanya. Bawa Fotokopi KTP, SIM lama Asli, sama surat keterangan sehat.

Saran : biar nggak ribet bolak balik, mending surat keterangan sehat kalian siapin dari sebelum berangkat ke kantor polisi.

Tapi di kantor polisi pun juga punya mitra kesehatan yang bisa ngecek kesehatan kalian. Biayanya 30 ribu.

2. jika persyaratan sudah lengkap datanglah lagi ke loket pendaftaran. Disana kalian bakal menyerahkan Fotokopi KTP, SIM asli, dan surat keterangan sehat. Tunggu hingga nama kalian dipanggil.

3. ketika nama kalian dipanggil, kalian akan diberikan berkas formulir buat diisi bersamaan dengan persyaratan yang kalian kasih tadi. Oh ya sebelum ngisi kalian bakal disuruh bayar biaya perpanjangan SIM sebesar 75.000 untuk SIM C, 80.000 untuk SIM A.

Note : biasanya pembayaran akan dilakukan di bank kerjasama Polri. Kalau di tempat saya BRI. Dan loket BRI ada di dalam kawasan Polres juga.

3. Setelah urusan bayar beres. Jangan lupa isi formulir perpanjangan SIM lengkap. Di kertas depan dan sebaliknya.

4. Formulir lengkap, pergi dan taruh berkas kalian di bagian area foto. Tunggu diluar hingga nama kalian dipanggil.

Note : proses perpanjangan SIM hanya membutuhkan waktu 20 menit. Cuma karena ngantri jadinya bisa kebablasan sampai 1 jam.

Penting buat ngindarin bosen. Jangan lupa bawa hp dan headset.

5. ketika kalian di foto, kalian akan diminta sidik jari dan tanda tangan di secarik kertas. Setelah itu. Voilaa SIM jadi dengan tanggal masa berlaku 5 tahun kedepan. Selesai dan beres.

Mudah kan?? Nggak ribet..

Ohya kalau di Simling atau SIM Keliling semua urusan seperti cek kesehatan dilakukan di mobilnya, jadi nggak usah khawatir kalau kalian belum punya surat keterangan sehat.

Akhir kata : jangan sampai masa berlaku SIM kalian abis kalau nggak mau ngulang dari awal.

Pria mochi yang suka bergalau, suka main, rajin, baik sama orang, tidak sombong, n suka menabung... Ahahahaahahasiiiiaappp :D

6 komentar

  1. Sepertiny gak ribet, betul apa yang dituliskan Mas Bayu. Baca ini aku jadi ingat, langsung cek SIM..hehe

    Untung masih lama, tahun besok baru habis masa berlakunya. Tapi jangan sampe lupa untuk perpanjang nanti ya, Mas.

    Aku gak mau kalau sampe telat bsia ngulang dari awal..hehe

    Proses perpanjangan SIM itu memang gak lama, yang lama itu cuma antrinya ya, Mas..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho o kalau ngulang dari awal ya ampun rugi di waktu sama proses.. heehehe..

      Hapus
    2. Iya juga sih, sama aja bikin baru itu mah ya kalau ngulang dari awal..hehe

      Hapus
  2. surat kesehatan mending udah siap
    kalo gak ada sih di tempatnya cuma biayanya mahal dan antre panjang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah lumayan sih.. tapi buat neken biaya. mending cek kesehatannya di puskesmas cuma bayar 8000-15000.. kalau di polisinya bisa kena smpe 35 rebu.. hahah

      Hapus
    2. Bisa lebih lho mas dari segitu, pernah aku nganter temen lebih mahal cek kesehatannya. Udah mendadak mahal pula..haha

      Hapus

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon