Review Jujur AC Polytron Neuva Ice

Sejak kamar gue dipindah ke lantai atas atau lantai dua berukuran 3.5x4 m. Tidur siang menjadi hal yang tak menyenangkan. Kenapa??

Hal ini disebabkan tak lain karena suhu ruangan. Hahaha.

Kenapa bisa gue bilang gitu! karena suhu ruangan kamar gue saat siang hari pas lagi panas-panasnya bisa nembus ke angka 32 derajat. Coba kalian bayangin sepanas apa kamar gue saat siang hari. hahaha
Yahhh kan 32 derajat... hahah
Bukan cuma siang harinya, bahkan di beberapa malam, kadang suhu kamar masih menyentuh 30 derajat dan 29 saat pagi hari. Tidur malam kegerahan pun kadang tak terelakkan.

Hhhhmmmmmm,,, Kayanya ini kamar salah design deh.

Atau mungkin karena genteng yang digunain sebagai atap kamar gue bertipe fiber yang ngebuat suhu kamar jadi lebih mudah panas. Sepertinya sih begitu.. tapi nggak tau juga.

Ini genteng yang dipake kamar gue
Atau mungkin karena kebanyakan ventilasi. Total ventilasi ada 5. Mungkin itu yang ngebuat suhu panas jadi lebih mudah menyeruak masuk. Tapi nggak tau juga.

Gue udah masang kipas sebanyak 2 buah. Satu tipe baling-baling yang dipasang di atas plafon yang berasa kaya mau jatuh pas muter, dan satunya lagi kipas dinding yang dipasang persis menghadap ke arah kepala gue saat tidur. Tapi itu tetep.. nggak ngefek. Karena angin yang dihasilkan pun angin panas.

kamar gue akhirnya menjadi tempat yang paling anti dikunjungi saat siang hari sedang terik-teriknya. Lebay banget nggak sih?? Hahahaa

Beda hal saat hari sedang mendung, dan hujan. Wahhh kamar gue bagaikan surga dunia karena sejuknya minta ampun. Hehehe

Beruntung gue kerja non shift, dari senin sampai jumat. Jadi gue lebih sering makai kamar ini saat tidur malam hari. Tapi kalau sabtu dan minggu,, waaah yaudah ngungsi.

Baru akhir-akhir ini sejak tanggal 26 Juni, kerja gue dishift. Di tempat gue kerja, memberlakukan 2 shift dengan jam kerja 9 jam. Sistemnya pergantian shiftnya di lakukan setiap seminggu sekali.
Awalnya gue kena shift pagi. Dari jam 7 sampai jam 5. Nggak terlalu berbeda dengan jam kerja gue pertama, hanya ketambahan ekstra 1 jam kerja. Seminggu setelahnya, gue shift malam. Dimulai jam 5 sore hingga 3 pagi.

Nah pas disini gue mikir, bales dendam buat ngegantiin tidur malamnya gimana yah?? Apalagi gue mulai tidur itu jam setengah 6 pagi setelah nyelesain cucian baju kerja karena tiap hari mesti dicuci, masak buat makan dan sembari nunggu adzan subuh juga.

Gue sih ngejadwal tidur pas shift malam itu sampai jam 1 siang, biar dapet 6-7 jam tidur. Tapi pas dicoba pertama di hari senin. Ehh kebangun jam 10 karena kamar mulai gerah.

“Hmmm gimana yah...??” otak gue mikir keras.

Akhirnya terbesitlah ide “apa gue beli pendingin ruangan aja yah?”

Tapi pasti bakal ngefek ke tagihan listrik, terus belum lagi listrik rumah gue yang cuma 900 watt. Hahahah. Udah gitu di kamar bokap juga udah ada AC. Yah pasti ngejegrek lah kalau nyala dua-duanya.. Orang kita aja nyalain AC terus nyalain pompa air pasti ngejeglek kok.. hahah

Tapi terus gimana dong.. yaudah diskusi deh..

Dan akhirnya kita sepakat buat nambah AC satu lagi buat kamar gue dengan model ngebagi jadwal nyala AC. AC di kamar bokap nyala pas malam hari, sedangkan AC kamar gue nantinya bakal nyala saat siang hari.

Oke fix.. semua terkendali, tinggal milih ACnya.

Waduuuhhh,, disini ternyata ribetnya. Setelah googling sana sini, itung-itung pake rumus. Ternyata kamar gue ini butuh AC  yang ¾ pk atau 7500 BTU. Dimana AC segitu daya yang dibutuhkan antara 500 watt lebih.. kalau masak nasi atau nyetrika pas siang hari mesti anjlok dong ya.. njur piye ki??

Pas hari selasanya gue mikir keras buat nentuin beli AC yang mana. Ehh kebetulan pas gue lewat billboard kota gue tinggal ada iklan dari Polytron. Dia ngenalin produk AC Neuva Ice yang salah satu jenisnya ada yang ½ pk dengan kemampuan 6000 BTU dengan tarikan listrik 450 watt.

Bahkan kata polytron AC ini yang paling cocok buat rumah yang berlistrik 450 watt bisa ON tanpa anjlok. Apalagi katanya AC ini yang paling cepat dinginin ruangan. Oh yaa??

Yaudah selasa siangnya sebelum kerja gue nanya-nanya deh ke toko elektronik. Neuva Ice belum banyak yang jual. Mereka malah nawarin AC low watt, katanya masih bisa dinginin. Tapi kok gue nggak percaya yah... hahah

Hingga akhirnya gue nemuin satu toko yang penjualnya itu ramah dan asik banget. Disitu gue nyeritain keluhan gue. Dan yah beliau nyaranin gue buat masang AC ¾ pk. terus gue bilang deh, kalau polytron neuva ice bisa nggak yah? Kan dia BTU nya 6000, beda kaya AC ½ pk lainnya yang cuma 5000 BTU.

Kata masnya sih iyah bisa aja. Akhirnya kita itung-itungan bareng.. hahahah alhasil berdasarkan hitungan kamar gue butuh 5900 BTU.

Yaudah gue deal’in aja buat beli itu AC dengan harga 2,45 juta dari harga asli 2.55 juta.

Tapi masangnya besok rabu, karena barang harus ngambil dulu di pusat di tangerang. Yaudah gue iyain aja.

Selasa siangnya, gue sama bokap masang-masang kayu buat nutup lubang ventilasi sekaligus bikin aliran listrik baru bakal tempat AC bertengger. Dan besoknya sekitar jam 11an mamang AC datang.

Nggak butuh 1 jam, itu AC udah bertengger di sudut kamar.

Penampakannya.. suka sama bentuknya..
Siang itu lagi terik-teriknya.. di termometer nunjukin angka 32,8 derajat.

“tet” gue nyalain Acnya.. angin sejuk pun berhembus. Gue set suhu 25 derajat. Dan whusshh... suhu di termometer berangsur turun. Butuh waktu sekitar 15 menitan buat suhu ruangan jadi 25 derajat dengan mode super. Kerja kompresor pun normal. Mati saat suhu sudah mencapai target, dan nyala lagi saat suhu ruangan mulai naik..

Terimakasih polytron.

#kisah nyata bukan iklan

Oh ya terus ada adegan gitu, pas gue lagi nyalain AC eh si bokap nggak sengaja nyalain AC satunya juga. Ehh anehnya nggak anjlok lo.. masih aman nyalain AC dua secara bersamaan. Aku nggk ngerti sih ini kenapa? Mungkin kalian bisa ngejelasin.

Spesifikasinya...
Soalnya tulisan watt di AC bokap itu 600watt sedangkan AC kamar gue kan 450 watt. Klo ditotal kan lebih dari 900 watt. Ada yang bisa jelasin??

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

28 komentar

ampun deh kalau itung-itungan listrik T.T

tapi ac dengan watt 450 kecil banget itu

Review ini bermanfaat banget buatku, Mas Bay. Aku pribadi pengen banget bisa beli AC, buat di rumah, biar disaat panas bisa aku nyalain. Meskipun gak beli dalam waktu dekat ini juga, tapi ada rencana pengen beli.

Ini bisa jadi reverensi buatku. Sekilas aku lihat tampilan ACnya ko bagus ya, Mas, terlihat elegan gimana gitu..hehe..

Dan, tentang kuatnya pasang dua AC itu aku juga bingung ko bisa ya, seharusnya kan gak kuat ya, Mas, karena wattnya lebih besar dari kedua AC itu..

Hahhah...

Iyahh malah katanya polytron bilang ini AC bisa dipasang di rumah yg berdaya 450 watt..

Kecill sih.. tpi klo AC tipe low watt malah ada yg 390. Cma katanya lebih boros listrik..

Iyahh bentuknya unik yah.. yg aku suka dri dia itu. Kapasitas pendinginannya yg 6000 BTU. Dinginnya cepet, anginnya bisa di arahin ke 4 posisi...

Klo kata temen aku sih ada hubungannya sama mcb yg digunain.

Mas andi kok webnya mas error 503 yahh??

Lagi nyari2 AC malah nyasar kesini... Sekarang kondisi Polytron Nueva Ice nya gmn Mas ? Ada keluhan ? Saya kebetulan lagi hunting AC yang satu PK tetapi dengan harga paling termurah (hahahaha) Dan ada 3 jenis merk: 1. AC Midea 2. AC Polytron dan 3. AC Sanken ketiga nya jatuh di harga 2.9jt... AC Sanken saya coret karena waktu sy googling banyak yang bermasalah. AC Midea made in China, hmmm... Memang sih belum tentu merk China itu jelek2 tapiiii gimana yah ? Udah menjadi set minded (maaf yah yang Midea fans), nah yang Polytron ini selama saya googling ok2 aja dan banyak yang muji... Sebelumnya saya menggunakan merk LG tetapi karena harga nya sekarang mahal, jadi saya cari alternatif lain...

kalau AC bagus aku lebih saranin Daikin.. cuma agak mahal sih..
untuk sekarang alhamdulillah masih fine-fine aja. unit masih nomral. suhu yang didapet juga cepet 25 derajat buat ruangan ukuran 4x3 meter posisi ada dilantai 2 kena matahari,

tapi kalau lagi panas banget. agak lama ngedapetin suhu targetnya. tapi worth lah..

ini AC hampir tiap hari nyala operasi lebih dari 12 jam sehari di hari kerja.. kalau hari libur malah nyala 24 jam.

paling harus rutin dibersihin 3 bulan sekali sih biar tetep enak...

yang aku suka dari ini AC selain modelnya, aku suka sama kestabilan listriknya. rumah saya 900 watt.. tapi masih bisa nyalain AC 2 1/2 pk plus mesin cuci. 2 kipas angin gantung sama TV... nggak tau dah kenapa.

Iya mas, merk Daikin itu memang no 1 di Indonesia tetapi ada rupa ada harga... Harga nya di atas budget saya... Selama ini saya hanya punya 2 merk yaitu LG dan Sharp, dan maap2 aja LG masih lebih baik secara kualitas dibandingkan Sharp sy yang sekarang udah rusak... Iyah deh saya fix akan coba merk Polytron, makasih atas blog nya... Nanti kalau sempat, akan saya baca2 dokumen lainnya dan kasih komen hehehehe

Iyahh. Polytron menurut aku kuag juga sih.. buktinya fia berani ngasih garansi kompresor 5 tahun..

Okee semoga puas yah sama ACnya.. oh yah masang ACnya jangan di hadepin ke muka atau badan yah.. soalnya aku ngerasa setiap suhu udh nyampe target kan kompresor mati yah.. nah itu udara yang dikeluarin agak kerasa gimana gtu kalau kena muka berada kering...

Halo, sy balik lagi... Mau sharing waktu pemasangan ac poly pertama kali saya... Seperti biasa ketika sy membeli suatu produk, minimal sy membaca buku petunjuk pemasangan... Nah di buku Poly tersebut dijelaskan bahwa ac poly Neuva ice ini menggunakan freon R410 dan oleh karena itu WAJIB untuk dilakukan Vacum di awal pemasangan, ketika hal ini saya sampaikan ke Teknisi Toko, hal ini menjadi suatu perdebatan dan pada akhir nya saya mengalah karena masalah teknis bukanlah keahlian bidang saya. Jadi pemasangan / installasi dilakukan seperti biasa saja. Ketika hal ini saya sampaikan ke pihak Polytron (medsos, telp, dan sampai di telp balik), dikatakan bahwa hal terssebut adalah SALAH dan bisa mengakibatkan ac menjadi kurang dingin maksimal dan akan menyebabkan kerusakan lebih cepat di masa depan ! Huhuhuhu... Akhirnya Poly mengirim team teknisi untuk melakukan reinstallasi ulang dengan pertama-tama mereka mengukur suhu ac maksimum di evaporator, lalu menguras habis freon, vacum selama kurang lebih 30 mntan dan mengisi ulang freon... Dan Voila ! Ac sy berfungsi dengan baik dan aman.

Oh ya semua nya itu FREE !!! Alias gratis asal lampirin kartu garansi dan nota pembelian. Pdhl Poly tdk mau menanggung jika kerusakan diakibatkan kesalahan installasi tetapi Poly mengatakan mau gimana lagi, masih banyak teknisi yg awam mengenai masalah ini sehingga Poly bersedia menanggung. Dan Poly juga berterima kasih kpd sy sebagai konsumen yang meskipun awam tetapi mau berusaha mencari tahu. Soal nya kalau hal ini di diamkan, nanti jika ac poly rusak maka yg menjadi jelek adalah brand Poly pdhl jelas2 ini kesalahan teknisi toko yg salah dalam melakukan installasi.

Ohh ya?? Waduh saya di vacuum juga nggk yah... hahaha soalnya nggk ngeliat proses pemasangannya.. makasih yah atas infonya.

Halo mas Bayu..
Salam kenal. Rencana saya mau pasanag AC... lg nyari2 review AC poly ... eh ketemu ini blog.
Kondisi ruangan agan kurang lebih mirip dengan kondisi kamar saya. Kamar di lantai 2, atap asbes dengan jarak antara langit2 dengan atap yg rendah. Kalau siang cuaca terik kamar terasa seperti menyerap panas dan menyimpan panas. Suhu kamar terasa panas hingga menjelang dini hari. Ventilasi hanya jendela 2 buah.
Setelah pemakaian dari di pasang awal hingga saat ini apakah ada kendala, kekurangan?
Bagaimana tagihan listrik setelah pasang ac poly?
Apakah klo di set suhu terendah ruangan menjadi dingin sekali?
Atas info nya saya ucapka terima kasih.

Hiii... Maaf baru dibales.
Saat ini AC bekerja masih sangat normal.. karena skrang saya kerja shift. AC lebih sering nyala dari sore..

Kau siang, suhu kamar hanya bisa ditembus kisaran 27 derjatan.. tapi kalau siang sedang mendung yah suhu yg diset tercapai.. heheh

Bagus kok ACnya apalagi dapat free perawatan dri polytronnya buat bersih2...

Halo mas bayu,
Saya tertarik sama polytron neuva ice, kebetulan ukuran kamarnya sama..
Pemakaian sampai sekarang masih awet mas? Dan tagihan listrik aman gak mas karena wattnya 450?

Sekarang masih wusss mas... Masih betah di kamar lama2..

Listrik sih per bulan yah gtu. Karena tarif dasar listrik naik. Jadinya tagihan ikutan naik. Semnjak pasang ac polytron listrik dirumah naik 150 ribu per bulan

Makasih infonya mas Bayu...

Mas Bayu AC polytron sudah 1 tahun masih lancar jaya manunggal ya? Sip otw ke toko cari polytron neuva ice 1 pk, untuk ngademin seruangan tamu. Semoga setelah 1 tahun, kang teknisi toko udah pada upgrade ilmu r410+vacuum. thanks

Tapi hitung2 ruangan juga yah, kalau teknisi toko masih belum mengerti... Ngalah aja setelah itu besok nya hubungi Polytron laporkan dan minta untuk recheck ulang setelah itu Poly akan installasi ulang (kuras freon + vacum + isi full freon), itu gratis semua asal lampirkan nota dan kartu garansi nya.

Iyahh masih kok.. masih lancar aman jaya...

Sy sendiri udah pernah pakai ac sharp 1/2pk, panasonic 1pk, midea 1/2pk sama polytron neuva 1PK baru kemarin..
Hasilnya saat di test siang hari
Sharp dgn mode jet stream dgn tiga orang dikamar hasilnya gerah...padahal kipas dalam dan luar sy rutin bersihin sendiri tiap bulan...begitu jg panasonic jg gerah dan cmn adem 1 titik, midea adem lebih adem dari panasonic yg 1 pk, kemarin pake polytron 1pk cmn butuh 5-10 menit dingin..bgt..kyk pake panasonic pas malem...setelah di telusuri midea sama polytron pake freon R410A dan sharp sama panasonic pake freon R32...R410 lebih dingin daripada R32 krn buat nyekek beban listrik membuat ac lama dingin tp hanya sedikit sekali menyumbang global warming sedangkan R410 menyumbang lebih GW tp ga separah R22

Kalau boleh share pengalaman... Sy se-umur2 menggunakan aircon cuma 3 merk, yaitu:
1. LG type Neo plasma ukuran 3/4 itu sy beli karena kelahiran anak pertama. Bertahan selama 12 tahun. Itu pun sebenar nya masih menyala. Dan masalah di outdor yang sudah karatan habis, sampai2 diakalin ma tukang AC supaya masih bisa bekerja. Sy telp ke call center LG untuk nyari sparepart AC type saya tetapi sayangnya sudah discontinue. Di sarankan cari yg outdor second tetapi kagak nemu juga... Akhir nya dijual ke tukang besi.. Tukang besi pun nolak karena itu karatan sudah jadi serbuk itu mah katanya. Sayang harga LG sekarang sudah tidak ramah di kantong... Jadi nya saya cari produk alternatif.

2. Sharp. Kecewa sekali ma produk nya. Nama dan kualitas tidak sebanding. Sy pikir Sharp akan lebih baik tetapi ternyata tidak sekuat LG. Harga nya juga lebih mahal sedikit.

3. Polytron. Nah ini meskipun produk buatan sendiri tetapi saya masih ingat jaman bapak sy yg mengatakan jika mau membeli produk elektronik terbaik buatan bangsa sendiri, harus pilih Poly. Sy ngga gitu percaya sih tetapi setelah sy coba sendiri dan pelaynannya. Sy harus akui bahwa ini benar2 BAGUS dan bertanggung jawab.

nahhh ini bener banget.. pendapat jujur..

Polytron emg produk lokal tpi kualitas ok punya tv led pke polytron udh 4 thn msh bagus aj,rencana mau beli ac dri polytron juga

Thx for review-nya mas Bayu meski bisa dibilang ini satu satunya review AC Polytron yg ada di internet dan gara gara review ini pula ane beranikan diri beli AC Polytron nueva ini, tujuannya buat mendinginkan 1 rumah petakan yg punya 2 ruangan 3x3 dan ternyata , viola working dan daya hanya 1300 va make jet pump make kulkas 2 pintu dan kulkas mini serta mesin cuci ini AC membuktikan gak jepret ( sebelumnya ane make LG low wat 260 wat ruangan ke 2 ga dapat hanya ruangan 1 kalau nyala semua jepret ) hebatnya ini AC meski hanya 0.5 pk mampu mendinginkan kedua ruangan ane meski ruangan kedua ga dingin banget tapi sejuk cukuplah buat ane sekeluarga yg berjumlah 4 orang

Kondisi rumah ane hampir bisa dikatakan sama dengan kondisi kamar mas Bayu kalau malam bisa 30 derajat dengan bantuan ac ini suhu bisa tercapai di 26 ruangan depan kalau di dalam ga tahu de tapi cukup worth lah ini AC

Thx mas Bayu

Oia apa bener ada service gratis dari Polytron ? Caranya gimana ? Ga ada petunjuk nya kalau ada service gratis

itu ruangannya 3x3 ada 2 apa 2 ruangan luasnya 3x3?? tpi kayanya 3x3 ada 2 ruangan.. heheheh

kayanya butuh satu lagi pak... biar listrik nggak jebol.

Tips AC yang bagus sih, kompressor mati saat suhu ruangan udah tercapai. itulah kenapa lebih bagus suhu ac di set 24-25. karena lebih efisien dari beban kerja AC juga. dari pada set suhu 16. karena mustahil untuk tercapai, yang ngebuat kompresor AC kerja terus. Kalau 25 kan nggak. Saat ruangan udah dapet suhu 25 si kompresor bakal mati. terus nyala lagi pas suhu udah diatas 25..

iyah tunjukin aja kartu garansinya.. ntar mereka ramah banget kok. semisal persyaratannya nggak memnuhi mereka juga ngejelasin..

jadi masukan.. mksh mas, oia kira2 untuk wilayah aceh politron ada cabangnya g ya mas?

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon