Review Jujur AC Polytron Neuva Ice

Sejak kamar gue dipindah ke lantai atas atau lantai dua berukuran 3x3 m. Tidur siang menjadi hal yang tak menyenangkan. Kenapa??

Hal ini disebabkan tak lain karena suhu ruangan. Hahaha.

Kenapa bisa gue bilang gitu! karena suhu ruangan kamar gue saat siang hari pas lagi panas-panasnya bisa nembus ke angka 32 derajat. Coba kalian bayangin sepanas apa kamar gue saat siang hari. hahaha
Yahhh kan 32 derajat... hahah
Bukan cuma siang harinya, bahkan di beberapa malam, kadang suhu kamar masih menyentuh 30 derajat dan 29 saat pagi hari. Tidur malam kegerahan pun kadang tak terelakkan.

Hhhhmmmmmm,,, Kayanya ini kamar salah design deh.

Atau mungkin karena genteng yang digunain sebagai atap kamar gue bertipe fiber yang ngebuat suhu kamar jadi lebih mudah panas. Sepertinya sih begitu.. tapi nggak tau juga.

Ini genteng yang dipake kamar gue
Atau mungkin karena kebanyakan ventilasi. Total ventilasi ada 5. Mungkin itu yang ngebuat suhu panas jadi lebih mudah menyeruak masuk. Tapi nggak tau juga.

Gue udah masang kipas sebanyak 2 buah. Satu tipe baling-baling yang dipasang di atas plafon yang berasa kaya mau jatuh pas muter, dan satunya lagi kipas dinding yang dipasang persis menghadap ke arah kepala gue saat tidur. Tapi itu tetep.. nggak ngefek. Karena angin yang dihasilkan pun angin panas.

kamar gue akhirnya menjadi tempat yang paling anti dikunjungi saat siang hari sedang terik-teriknya. Lebay banget nggak sih?? Hahahaa

Beda hal saat hari sedang mendung, dan hujan. Wahhh kamar gue bagaikan surga dunia karena sejuknya minta ampun. Hehehe

Beruntung gue kerja non shift, dari senin sampai jumat. Jadi gue lebih sering makai kamar ini saat tidur malam hari. Tapi kalau sabtu dan minggu,, waaah yaudah ngungsi.

Baru akhir-akhir ini sejak tanggal 26 Juni, kerja gue dishift. Di tempat gue kerja, memberlakukan 2 shift dengan jam kerja 9 jam. Sistemnya pergantian shiftnya di lakukan setiap seminggu sekali.
Awalnya gue kena shift pagi. Dari jam 7 sampai jam 5. Nggak terlalu berbeda dengan jam kerja gue pertama, hanya ketambahan ekstra 1 jam kerja. Seminggu setelahnya, gue shift malam. Dimulai jam 5 sore hingga 3 pagi.

Nah pas disini gue mikir, bales dendam buat ngegantiin tidur malamnya gimana yah?? Apalagi gue mulai tidur itu jam setengah 6 pagi setelah nyelesain cucian baju kerja karena tiap hari mesti dicuci, masak buat makan dan sembari nunggu adzan subuh juga.

Gue sih ngejadwal tidur pas shift malam itu sampai jam 1 siang, biar dapet 6-7 jam tidur. Tapi pas dicoba pertama di hari senin. Ehh kebangun jam 10 karena kamar mulai gerah.

“Hmmm gimana yah...??” otak gue mikir keras.

Akhirnya terbesitlah ide “apa gue beli pendingin ruangan aja yah?”

Tapi pasti bakal ngefek ke tagihan listrik, terus belum lagi listrik rumah gue yang cuma 900 watt. Hahahah. Udah gitu di kamar bokap juga udah ada AC. Yah pasti ngejegrek lah kalau nyala dua-duanya.. Orang kita aja nyalain AC terus nyalain pompa air pasti ngejeglek kok.. hahah

Tapi terus gimana dong.. yaudah diskusi deh..

Dan akhirnya kita sepakat buat nambah AC satu lagi buat kamar gue dengan model ngebagi jadwal nyala AC. AC di kamar bokap nyala pas malam hari, sedangkan AC kamar gue nantinya bakal nyala saat siang hari.

Oke fix.. semua terkendali, tinggal milih ACnya.

Waduuuhhh,, disini ternyata ribetnya. Setelah googling sana sini, itung-itung pake rumus. Ternyata kamar gue ini butuh AC  yang ¾ pk atau 7500 BTU. Dimana AC segitu daya yang dibutuhkan antara 500 watt lebih.. kalau masak nasi atau nyetrika pas siang hari mesti anjlok dong ya.. njur piye ki??

Pas hari selasanya gue mikir keras buat nentuin beli AC yang mana. Ehh kebetulan pas gue lewat billboard kota gue tinggal ada iklan dari Polytron. Dia ngenalin produk AC Neuva Ice yang salah satu jenisnya ada yang ½ pk dengan kemampuan 6000 BTU dengan tarikan listrik 450 watt.

Bahkan kata polytron AC ini yang paling cocok buat rumah yang berlistrik 450 watt bisa ON tanpa anjlok. Apalagi katanya AC ini yang paling cepat dinginin ruangan. Oh yaa??

Yaudah selasa siangnya sebelum kerja gue nanya-nanya deh ke toko elektronik. Neuva Ice belum banyak yang jual. Mereka malah nawarin AC low watt, katanya masih bisa dinginin. Tapi kok gue nggak percaya yah... hahah

Hingga akhirnya gue nemuin satu toko yang penjualnya itu ramah dan asik banget. Disitu gue nyeritain keluhan gue. Dan yah beliau nyaranin gue buat masang AC ¾ pk. terus gue bilang deh, kalau polytron neuva ice bisa nggak yah? Kan dia BTU nya 6000, beda kaya AC ½ pk lainnya yang cuma 5000 BTU.

Kata masnya sih iyah bisa aja. Akhirnya kita itung-itungan bareng.. hahahah alhasil berdasarkan hitungan kamar gue butuh 5900 BTU.

Yaudah gue deal’in aja buat beli itu AC dengan harga 2,45 juta dari harga asli 2.55 juta.

Tapi masangnya besok rabu, karena barang harus ngambil dulu di pusat di tangerang. Yaudah gue iyain aja.

Selasa siangnya, gue sama bokap masang-masang kayu buat nutup lubang ventilasi sekaligus bikin aliran listrik baru bakal tempat AC bertengger. Dan besoknya sekitar jam 11an mamang AC datang.

Nggak butuh 1 jam, itu AC udah bertengger di sudut kamar.

Penampakannya.. suka sama bentuknya..
Siang itu lagi terik-teriknya.. di termometer nunjukin angka 32,8 derajat.

“tet” gue nyalain Acnya.. angin sejuk pun berhembus. Gue set suhu 25 derajat. Dan whusshh... suhu di termometer berangsur turun. Butuh waktu sekitar 15 menitan buat suhu ruangan jadi 25 derajat dengan mode super. Kerja kompresor pun normal. Mati saat suhu sudah mencapai target, dan nyala lagi saat suhu ruangan mulai naik..

Terimakasih polytron.

#kisah nyata bukan iklan

Oh ya terus ada adegan gitu, pas gue lagi nyalain AC eh si bokap nggak sengaja nyalain AC satunya juga. Ehh anehnya nggak anjlok lo.. masih aman nyalain AC dua secara bersamaan. Aku nggk ngerti sih ini kenapa? Mungkin kalian bisa ngejelasin.

Spesifikasinya...
Soalnya tulisan watt di AC bokap itu 600watt sedangkan AC kamar gue kan 450 watt. Klo ditotal kan lebih dari 900 watt. Ada yang bisa jelasin??

Link Pembelian AC Polytron Neuva Ice

Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

132 komentar untuk "Review Jujur AC Polytron Neuva Ice"

Comment Author Avatar
ampun deh kalau itung-itungan listrik T.T

tapi ac dengan watt 450 kecil banget itu
Comment Author Avatar
Hahhah...

Iyahh malah katanya polytron bilang ini AC bisa dipasang di rumah yg berdaya 450 watt..

Kecill sih.. tpi klo AC tipe low watt malah ada yg 390. Cma katanya lebih boros listrik..
Comment Author Avatar
Mau nanya mas. Kalau pas musim hujan itu ac poly ini ga brasa d suhu 25. Katanya d ubah jd mode dry trus d tmpilanny garis strip 2. Dn itu ktany hemat listrik klw baca artkel. Tp kok bayar lstrik mlah mahal ya. Saya krang ngrti fungsi mode d rmoteny. Btw udh 1 thn lbh mke ini ac. Mhn d jwab
Comment Author Avatar
Wahh mode dry yah.. Iyah saya juga sering baca di Internet kaya gitu. Tpi saya nggak pernah make soalnya terlalu kering di saya.. Jadi yah selama ini saya make yang mode cool.. Saya kurang tau sih bedanya, tapi mode cool udah yg paling cocok di saya.
Yaudah atuh yang mode cool aja nggak usah di utak atik.

Pengaturan yg saya pakai selalu mode cool, suhu 24, hembusan sedang.. udah itu doank
Comment Author Avatar
Ac bokap anda 600w. Ac anda 450w. Listrik drmah hnya 900w. Prtnyaan knpa saat ac hdup smua listrik tdk jeglek?
nah, jd ac 600w itu jika kompressor bkrja maksimal. Msalny disetel 16 celcius. Dan ac anda jg disetel 16 celcius. Mka kdua kmpressor ac bkrja maksimal utk mncpai suhu yg diinginkan. Wlaupun impossible. Namun, ktika kdua ac dinyalakan di atas 22 celcius msalny ac bokap 24C, ac anda 23C, mka daya yg dbtuhkan otomatis mnurun. Msalny bokap hnya memakai daya 400w, sdangkan ac anda hnya 350w. Sehingga 400w + 350w = 750W.
Sisa daya 900w - 750w = 150W. Msih bsa hdupi TV atau strika😁. So, jka ingin hdupi elektronik lain baikny suhu ac dinaikkan. Agar santuy kompressorny bkrja. Jgn kyak krja rodi. Ntr cpt rsak kompressorny. Ohya AC kita coupleπŸ˜πŸ˜…. Salam dari Aulia Medan.
Comment Author Avatar
Wahhh makasih mas,, Saya jadi bisa tidur nyenyak.
Tapi seiring dengan kebutuhan. Daya listrik jadi dinaikkan ke 1300W..
Comment Author Avatar
Review ini bermanfaat banget buatku, Mas Bay. Aku pribadi pengen banget bisa beli AC, buat di rumah, biar disaat panas bisa aku nyalain. Meskipun gak beli dalam waktu dekat ini juga, tapi ada rencana pengen beli.

Ini bisa jadi reverensi buatku. Sekilas aku lihat tampilan ACnya ko bagus ya, Mas, terlihat elegan gimana gitu..hehe..

Dan, tentang kuatnya pasang dua AC itu aku juga bingung ko bisa ya, seharusnya kan gak kuat ya, Mas, karena wattnya lebih besar dari kedua AC itu..
Comment Author Avatar
Iyahh bentuknya unik yah.. yg aku suka dri dia itu. Kapasitas pendinginannya yg 6000 BTU. Dinginnya cepet, anginnya bisa di arahin ke 4 posisi...

Klo kata temen aku sih ada hubungannya sama mcb yg digunain.
Comment Author Avatar
Mas andi kok webnya mas error 503 yahh??
Comment Author Avatar
Kuat pasang 2 ac, karena ketika suhu tercapai dan kompresor mati, maka wattnya otomatis turun, bukan 450 watt. Mungkin bisa di bawah 100 watt. Nanti ketika kompresor nyala, balik ke 450 watt lg. Kalo 2 ac nyalainnya barengan, atau ketika ac yg nyala duluan lg bekerja kompresornya, pasti ngejeglek. Itulah knp, pake ac yg pk nya kecil blm tentu lebih hemat listrik, kalo tdk sesuai dengan kebutuhan ruangannya. Meskipun pakai yg inverter, bisa jadi malah lebih boros.
Comment Author Avatar
kalau AC bagus aku lebih saranin Daikin.. cuma agak mahal sih..
untuk sekarang alhamdulillah masih fine-fine aja. unit masih nomral. suhu yang didapet juga cepet 25 derajat buat ruangan ukuran 4x3 meter posisi ada dilantai 2 kena matahari,

tapi kalau lagi panas banget. agak lama ngedapetin suhu targetnya. tapi worth lah..

ini AC hampir tiap hari nyala operasi lebih dari 12 jam sehari di hari kerja.. kalau hari libur malah nyala 24 jam.

paling harus rutin dibersihin 3 bulan sekali sih biar tetep enak...

yang aku suka dari ini AC selain modelnya, aku suka sama kestabilan listriknya. rumah saya 900 watt.. tapi masih bisa nyalain AC 2 1/2 pk plus mesin cuci. 2 kipas angin gantung sama TV... nggak tau dah kenapa.
Comment Author Avatar
Di vacuum itu maksudnya diapain ya mas, maklum gak ngerti 😁
Comment Author Avatar
Vacuum itu kaya ngebuat sistem pendingin hampa udaraa. Tujuannya sih ngilangin udara2 lain di sistem pendingin, jadi pas dinyalain si refrigerant nggak kecampur sama zat lain. Gtu mas setau aku. Denger2 freon jenis r32 kudu divacuum biar awet n maksimal dinginnya.
Comment Author Avatar
Waktu beli AC, kartu garansi di isi ga mas. Soalnya waktu saya beli AC di toko abis bayar langsung pulang. Barangnya g langsung di Anter.
Comment Author Avatar
Ehh kemana yah kartu garansi saya? Wkwkwk

Tapi seinget saya. Nnti pas di anter ke rumah sudah berikut sama kartu garansi.. tapi tenang aja.. kalau ke polytron kamu cuma nunjukin kartu kwitansi aja sudah cukup kok..

Service center mereka terbaik sih mnurutku.. dlu pas awal2 beli selalu minta mereka buat bersihin.. tapi skrang udh ganti ke langganan tukang AC.
Comment Author Avatar
Halo mas Bayu..
Salam kenal. Rencana saya mau pasanag AC... lg nyari2 review AC poly ... eh ketemu ini blog.
Kondisi ruangan agan kurang lebih mirip dengan kondisi kamar saya. Kamar di lantai 2, atap asbes dengan jarak antara langit2 dengan atap yg rendah. Kalau siang cuaca terik kamar terasa seperti menyerap panas dan menyimpan panas. Suhu kamar terasa panas hingga menjelang dini hari. Ventilasi hanya jendela 2 buah.
Setelah pemakaian dari di pasang awal hingga saat ini apakah ada kendala, kekurangan?
Bagaimana tagihan listrik setelah pasang ac poly?
Apakah klo di set suhu terendah ruangan menjadi dingin sekali?
Atas info nya saya ucapka terima kasih.
Comment Author Avatar
Hiii... Maaf baru dibales.
Saat ini AC bekerja masih sangat normal.. karena skrang saya kerja shift. AC lebih sering nyala dari sore..

Kau siang, suhu kamar hanya bisa ditembus kisaran 27 derjatan.. tapi kalau siang sedang mendung yah suhu yg diset tercapai.. heheh

Bagus kok ACnya apalagi dapat free perawatan dri polytronnya buat bersih2...
Comment Author Avatar
Halo mas bayu,
Saya tertarik sama polytron neuva ice, kebetulan ukuran kamarnya sama..
Pemakaian sampai sekarang masih awet mas? Dan tagihan listrik aman gak mas karena wattnya 450?
Comment Author Avatar
Sekarang masih wusss mas... Masih betah di kamar lama2..

Listrik sih per bulan yah gtu. Karena tarif dasar listrik naik. Jadinya tagihan ikutan naik. Semnjak pasang ac polytron listrik dirumah naik 150 ribu per bulan
Comment Author Avatar
Mas Bayu AC polytron sudah 1 tahun masih lancar jaya manunggal ya? Sip otw ke toko cari polytron neuva ice 1 pk, untuk ngademin seruangan tamu. Semoga setelah 1 tahun, kang teknisi toko udah pada upgrade ilmu r410+vacuum. thanks
Comment Author Avatar
Iyahh masih kok.. masih lancar aman jaya...
Comment Author Avatar
mas bayu ada no customer care poliytron nya ngga? rencana nya saya mau pasang Ac ini juga... thx mas info nya saya sebagai orang awam tentang ac jadi tau dan paham, saya pasang ac karna baru punya anak jadi kasian kalo gk pasang ac kontrakan panas dan ber debu,
Comment Author Avatar
Coba di google yah, soalnya tiap daerah nomor CSnya beda2..
Comment Author Avatar
Sy sendiri udah pernah pakai ac sharp 1/2pk, panasonic 1pk, midea 1/2pk sama polytron neuva 1PK baru kemarin..
Hasilnya saat di test siang hari
Sharp dgn mode jet stream dgn tiga orang dikamar hasilnya gerah...padahal kipas dalam dan luar sy rutin bersihin sendiri tiap bulan...begitu jg panasonic jg gerah dan cmn adem 1 titik, midea adem lebih adem dari panasonic yg 1 pk, kemarin pake polytron 1pk cmn butuh 5-10 menit dingin..bgt..kyk pake panasonic pas malem...setelah di telusuri midea sama polytron pake freon R410A dan sharp sama panasonic pake freon R32...R410 lebih dingin daripada R32 krn buat nyekek beban listrik membuat ac lama dingin tp hanya sedikit sekali menyumbang global warming sedangkan R410 menyumbang lebih GW tp ga separah R22
Comment Author Avatar
nahhh ini bener banget.. pendapat jujur..
Comment Author Avatar
Polytron emg produk lokal tpi kualitas ok punya tv led pke polytron udh 4 thn msh bagus aj,rencana mau beli ac dri polytron juga
Comment Author Avatar
Thx for review-nya mas Bayu meski bisa dibilang ini satu satunya review AC Polytron yg ada di internet dan gara gara review ini pula ane beranikan diri beli AC Polytron nueva ini, tujuannya buat mendinginkan 1 rumah petakan yg punya 2 ruangan 3x3 dan ternyata , viola working dan daya hanya 1300 va make jet pump make kulkas 2 pintu dan kulkas mini serta mesin cuci ini AC membuktikan gak jepret ( sebelumnya ane make LG low wat 260 wat ruangan ke 2 ga dapat hanya ruangan 1 kalau nyala semua jepret ) hebatnya ini AC meski hanya 0.5 pk mampu mendinginkan kedua ruangan ane meski ruangan kedua ga dingin banget tapi sejuk cukuplah buat ane sekeluarga yg berjumlah 4 orang

Kondisi rumah ane hampir bisa dikatakan sama dengan kondisi kamar mas Bayu kalau malam bisa 30 derajat dengan bantuan ac ini suhu bisa tercapai di 26 ruangan depan kalau di dalam ga tahu de tapi cukup worth lah ini AC

Thx mas Bayu

Oia apa bener ada service gratis dari Polytron ? Caranya gimana ? Ga ada petunjuk nya kalau ada service gratis
Comment Author Avatar
itu ruangannya 3x3 ada 2 apa 2 ruangan luasnya 3x3?? tpi kayanya 3x3 ada 2 ruangan.. heheheh

kayanya butuh satu lagi pak... biar listrik nggak jebol.

Tips AC yang bagus sih, kompressor mati saat suhu ruangan udah tercapai. itulah kenapa lebih bagus suhu ac di set 24-25. karena lebih efisien dari beban kerja AC juga. dari pada set suhu 16. karena mustahil untuk tercapai, yang ngebuat kompresor AC kerja terus. Kalau 25 kan nggak. Saat ruangan udah dapet suhu 25 si kompresor bakal mati. terus nyala lagi pas suhu udah diatas 25..

iyah tunjukin aja kartu garansinya.. ntar mereka ramah banget kok. semisal persyaratannya nggak memnuhi mereka juga ngejelasin..
Comment Author Avatar
jadi masukan.. mksh mas, oia kira2 untuk wilayah aceh politron ada cabangnya g ya mas?
Comment Author Avatar
saya baru beli nih sama kayak mas bayu, 05vx belum dipasang, mudahan sama dengan rekan-rekan disini yang sudah menggunakan type yang sama, karena dirumah pake daya 900 watt, dan polytron menggunakan daya 450 watt, kawatir sih, tapi dari review yang ditulis diatas, yakin ga bakal "anjlok" listriknya semakin mantap
Comment Author Avatar
Unitnya emnk mantul banget kok gan... hahahahaha

Semoga awett yahh..
Comment Author Avatar
Salam kenal saya teknisi specialist pendingin ac yg sdh 30 lebih thn di lapangan untuk service dan repair/pemasangan berbagai merk ac.kalau saya baca tentang komentar2x nya tentang pengalaman pakai ac type split kuhususnya.
Sebenarnya tingkat kedinginan ac pada suhu kamar harus di perhitungkan posisi - besar ruangan p x l × t - lt dasar dan lt 2.3.4 seterusnya.- berapa orang yg ada di ruangan - alat2 yg meng hasilkan panas dalam ruangan - naik turun nya voltase listrik / tidak stabil sampai turun di 160 volt misal nya - user ac dengan berbadan gemuk juga harus di perhitungkan - daerah tempat tinggal juga dengan kultur cuaca/suhu dsb..baru kita bisa nentukan besar pk ac nya.
Untuk keawetan/umur unit ac sebenarnya hrs ada maintenance berkalanya bukan karena brand merk acnya apa atau harga murah mahalnya.asal sdh sni/skem dan yg paling penting ahli ga nya teknisi ac untuk kerapihan pemasangan awal/baru.terutama sambungan insatalasi pipa tembaga ac dan vacum di perlukan bila pemakaian pipa ac insatalasi yg panjang atau bisa di blast dengan gas freon sejenisnya..untuk yg teknisi profesional dan pengalaman saja dengan sistim blast..bila mana pemasangan pertama kali instalasi ac bocor akan cpt merusak umur compressor ac sdh pasti..
Yg rata rata umur ac compresor bisa max
20 -30 thn menurut pengalaman saya dari dulu..
Comment Author Avatar
Tapi bagusnya ac dgn freon R32 atau r410a ya pak?
Comment Author Avatar
nahh yang ini lengkap dan setuju banget saya... :D makasih atas komentar bagusnya... :D
Comment Author Avatar
Sya jga sdah pake ac polytron neuva ice 1 pk buat toko ukuran 3×4,5 m
Mmng trbukti dingin lebih cpat ap lgi klau mode smart bsa mncapai suhu 23 derajat d mode feal pdhal d remot terset 26 derajat dngan mode fan otomatis
Ya nama nya jga toko pintu buka tutup trus klau lgi rame
Tpi mantul gan voltase toko tmpat ane mmng sring naik turun ane dah coba pkai metek aqua & panasonic d saat listrik naik turun jeplak dah tu ac nah smenjak pakai polytron in meski listrik turun naik ac ttp stabil...cuma kmarin itu ad trjadi kbocoran smpai mmbuat pipa tmbaga yg kecil membeku ksalahan dri teknisi memasang pipa tdak kencang tpi lngsung d prbaiki sma teknisi yg pasang + tmbah freon nya
Ya krena posisi d pinggir jlan raya yg bnyak debu d sarankan untuk cuci brtahap 2 bulan skali sih krena efek d skitar bnyak debu
Comment Author Avatar
Iyahh emnk.. aku juga puas bangett.. hehe
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Apa kabarnya si neuva ice bang? Masih ok kerjanya? Pengen beli AC juga buat persiapan Ramadhan. Ada anak kecil soalnya. Kasian tidurnya tidak nyenyak karena kepanasan.
Comment Author Avatar
Masih hips om..masih dingin. Cuma kalau 3 bulan nggk dibersihin dinginnya kurang kalau siang... maklum ane tinggal di kota yang berhabuk... hehehe
Comment Author Avatar
Gimana dengan acnya gan?
Ini mau beli ac bingung mau pilih yg mana?
Hemat listrik, cepat dingin dan bisa meghilangkan debu bakteri atau pun virus dan bau tak sedap. Hehe banyyak maunya ya
Comment Author Avatar
Sbb yah.. masih bagus kok.. masih wuing dingin.. coba plasmacluster sharp.. skrang aku kombinasiin AC polytron sama air purifier plasmaclusternya sharp.. alhamdulillah asma jadi jarang kambuh
Comment Author Avatar
jangan beli ac Merk midea cpt rusak dan garansi jelek lama penangannya PARAH DEH, pengalaman saya sih. Thx 4 infonya :)
Comment Author Avatar
Serius???? Barusan temen ada yg lagi nyari AC portable dan dia naksir sama midea 1pk. Tapi saya bilang AC portable dinginnya kurang.. terus saya saranin buat beli AC window kalau mau. Merk indo uchida.. yah walaupun agak berisik dan bergetar lumayan.. tapi awet smpe tahunan tetangga.
Comment Author Avatar
Setuju banget dah komentar keunggulan Politron Neuva Ice. Kita juga udah pake, dan puas banget hasilnya. Dg harga yg relatif terjangkau, tp hasilnya maksimal serta pelayanannya yg bagus banget. Mengenai kewawetan produk tergantung bagaimana perawatan kita dalam menjaganya. Gunakanlah AC saat dibutuhkan dg standar dingin yg tidak terlalu membebani kompresor untuk memperpanjang usia AC sprti di set suhu 22 derajat sampe 26. Krna setingan sekian sdh cukup membuat ruangan Nyeessssss. Kecuali cuaca lg ekstrem banget l, bolehkah pake setingan 16 derajat, itupun tdk terlalu sering krna akan membuat beban kompresor berat dan memperpendek usia Ac
Comment Author Avatar
Assalamualaikum...mas,apa kabarx ac polytron di tahun 2019 ini? Masih adem ayemkah? Mau tanya nih mas, polytron neuva ice ada fitur penyaring debu atw pembunuh bakteri ngga mas?
Comment Author Avatar
walaikumsalam,, masih adem ayem kok.. masih nyeesss.. masih oke lahh. masih betah di kamar lama2.. wkwkwk

penyaring debu ada, cuma bukan HEPA filter, filter biasa AC pada umumnya. untuk pembunuh bakteri dia ada sih, cuma teknologi yang dipakai nggak secanggih plasmaclusternya sharp... :D tapi performa oke kok
Comment Author Avatar
Hallo mas....gmn AC nya setelah baca review nya jd tertarik nih...cm khawatir ama tagihan listrik nya takut bengkak..kira2 klo di banding dengan yg inverter gimana ya?..kamar saya ukuran 3x8..listrik rumah 1300..niat mw pakai yg 1/2 PK...tp nnti kamar saya sekat sehingga jd 3x4..khawatir nya klo ac nya kerja terus krn ruangan ada di lantai 2..tagihan nya jebool...
Comment Author Avatar
Mending inverter deh mas.. tapi 1300 kuat nggk yah? Soalnya 1/2 pk lantai 2 yg dinding kamarnya langsung kena sinar matahari nggk bakal kuat. Mending pertimbangan yg AC 3/4 atau 1 pk buat kamar 3x4 lantai 2...
Comment Author Avatar
Kira2 utk daya listrik rumah 450watt dan hny pakai utk 5 lampu LED,kl mau ditambah ac polytron neuva ice 1/2 pk kuat gk ya?
Comment Author Avatar
Salam Kenal,
Saya pengguna AC Polytron 0.5PK sejak awal juni 2019.
Pengalaman saya adalah tagihan listrik tidak berubah dr ac yang saya pasang sebelumnya 3/4 PK merk Sharp Plasma Cluster (pasang 5 tahun yang lalu).
Pertanyaan, yang sudah pada pasang settingnya pake economy atau normal? karena selama ini saya setting economy berharap konsumsi listrik akan turun namun ternyata ga berubah.
kemudian ketika setting suhu dengan suhu ruangan sudah tercapai apakah deru mesin outdoor berhenti? karena yang saya cermati, mesin outdoor saya tidak pernah berhenti bekerja. sehingga menurut saya hal ini yang menyebabkan tagihan listrik saya tidak mengalami perubahan.
satu lagi, adakah yang bisa menghubungi pihak polytron? call center dan sebagainya??
karena saya hub per hari ini tidak ada satu juga nomor yang bisa saya hubungi untuk menyampaikan keluhan saya.

terima kasih
Comment Author Avatar
Ukuran ruangannya berapa yah? Kalau di kamar saya. Saya pasang thermometer.. jadi saya tahu AC kerja normal dri situ. Kalau di saya sih deru outdoor selalu berhenti kerja begitu termometer nunjukin angka 24 di setting AC 25.. dan kembali nyala di suhu 26..

Saya khawatirnya ruangan agan terlalu besar. Soalnya AC yg dlu pknya lebih besar di range 3/4 pk..

Kalau CSnya susah dihubungin mending ke tempatnya langsung aja mas. Insha Allah pelayanan mereka keren kok.
Comment Author Avatar
Sy sdh pake nueva ice pokytron sejak 2016, alhamdulillah masih mantap sampe skrg. Bersih in 2 kali setaon jg msh dingin...hehehe
Comment Author Avatar
saya rencana beli nueva PAC05VXM, 2,6 hanya unit, atau 3,2 kalau sdh termasuk pemasangan. kira-kira segitu mahal ga ya? atau lebih baik cari teknisi sendiri utk masang?
Comment Author Avatar
Masangnya 600 ribu yah?? Yah standar sih.. cuma ditempat saya pemasangan itu dibebanin sama tokonya.. kalau kamu ada toko polytron di kotamu.. mending beli disitu aja..
Comment Author Avatar
Mas beli AC di Tangerang ya sama nih. Pas pemasangan Sy gak di vacum sama teknisinya Katanya gak Perlu pas selesai di pasang ACnya gak terlalu dingin sejuk saja bahkan di Set 27° outdoor butuh waktu 4jam buat matisendiri . Pertanyaan sy cara complain ke Polytron gimana supaya didatengin teknisi dr Polytronnya langsung dan freee tentunya
Comment Author Avatar
Nggak.. saya beli di toko Kota tempat saya tinggal.. lebih enak di kamar pasang termometer.. jadi kita tau suhu kamar pasti.

Sebelum calling, coba pastiin pas unit kerja di malam hari... AC saya juga kalau siang kerjanya kurang maksimal. Maksimalnya di malam hari pas cuaca dingin.
Tapi kalau cuacanya lagi mendung unit kerjanya biasa sih.

Sebelum masa garansi abis harusnya masih gratis sih. Soalnya pemasangan teknisi yg asal kan kita juga nggak tau..
Comment Author Avatar
Hay, bang... Bagaimana kondisi polytron neuva nya. Apakah masih berfungsi dengan baik ?
Comment Author Avatar
Masih kok gan... mantull heheeh
Comment Author Avatar
Masih mas. Masih bagus n dingin.. nggk kerasa udh hampir 3 tahun saya nulis review ini. Kalau saya perawatan tiap 3 bulan. Dibersihin. Ganti atau nambah freon nggk pernah.. soalnya emnk nggak ada yg bocor.
Comment Author Avatar
Wahhh...Nemu review neuva, masih bagus ga bang AC nya?rencana saya mau beli jugaa:)
Comment Author Avatar
Sampai saat ini sih masih bagus mba. Saya belum ngerasain sesuatu yg aneh, masih dingin pembersihan tiap 3 bulanan... baru ganti remot aja karena kebanting sama keponakan.. hehehe
Comment Author Avatar
Mas bay mau nanya dong,kalau untuk skrg di tahun 2020 yang mana tdl terus naik, tagihan perbulan untuk neuva ice nya jd berapa?
Comment Author Avatar
Iya yah naik.. yah ikutan naik.. tapi nggk banyak sih.. kisaran rangenya masih sama..

Listrik rumah saya sebulan kisaran 700 smpe 800an. ACnya 2. Nyala tiap malam n tiap hari.

Kalau kerja AC normal alias beban luas ruangan sama kapasitas ac nya sesuai yah harusnya sebulan nambah kisaran 150 ribuan smpe 200an tergantung penggunaannya juga sih.. heheh
Comment Author Avatar
Jadi 2020 gmn ac nya? Ane lg bingung beli sharp a5ucy atau poly neuva ice
Comment Author Avatar
masih semeriwing nih gan... heheheh Sharp a5ucy juga bagus asal masangnya di vacuum... garansi kompressornya 10 tahun lagi.. :D
Comment Author Avatar
Assalamualaikum mas,
Saya berencana utk beli AC dan mcoba memilah merk mana yg bagus.
Dan saya menemukan review mas tentang AC poly ini. Kalau saya lihat secara keseluruhan review dan komentar para viewer mas,rata rata AC neuva memuaskan. Dan saya insyaallah beli ini AC, kebetulan saya lihat di salah satu marketplace (jd*d) ada penawaran AC neuva 1,5 pk seharga 3,835.000. saya sengaja cari AC paling tidak 1 pk ke atas. Karena ukuran kamar saya 5*5 dan tinggi nya agak lumayan. Kira kira mas, dengan kondisi ruangan tersebut, pilihan saya sudah tepat? Terimakasih sebelumnya ya mas. Assalamualaikum.
Comment Author Avatar
5x5 kalau ruangan nggk ngadep sinar matahari langsung sepertinya cukup. Hanya saja saya bukan expert masalah hitung-hitungan AC, jadi lebih baik biar yakin ke mamang ACnya aja.. hehehe Happy Buying
Comment Author Avatar
mas, pengalaman sy pasang ac ice neuvanya klw swingnya ke atas. kedenger suara angin trs dr ac indoornya. jd ngrasa keganggu berisik suara itu.

yg d sna. bgmn yah?
Comment Author Avatar
Karena dimention kaya gitu, barusan saya coba pakai swing. Kalau diperhatiin lebih seksama emnk iyah sih ada suara anginnya.. tapi nggk terlalu mengganggu sih mnurut saya.. kalau settingan pribadi saya, swing selalu saya matiin dalam kondisi agak mengarah keatas karena kebetulan kasur saya ngadep langsung sama ACnya jadi kalau kena anginnya sring ngebuat bampet hidung. Heheheh

Aturan angin yg saya gunakan juga selalu mode low atau nggk medium... gtu, jadi saya nggk terlalu notice sama suara angin itu.. heheh
Comment Author Avatar
Mlm mas bayu, mau tanya ac nya masih oke kah?saya gara2 baca blog ini jdi beli jg neeh ��...tp mau tanya lg sbnrnya perlu di vakum atau tidak seeh saat pemasangan kata teknisinya ga perlu otomatis nanti vakum sendiri pas nyala..saya masih aeam kl ac neeh...jdi nurut aja..skrg cb suhu 25 sama 18 kayakna sama aja blower fan kekuatan medium ya...oowh iya mau tanya jg ac ini swing kiri kanannya harusnya jln otomatis seperti yg arah naik-turun atau tidak ya?kata teknisi yg pasang, di arahkan manual fix ke kanan atau ke kiri aja, benar begitu?...terima kasih ya semoga awet ac saya n ac mas bayu...sukses selalu juga ��
Comment Author Avatar
Saya masih bagus kok.. masih gress, saya pas pemasangan nggk liat di vacuum atau nggk... tapi kayanya nggk soalnya yg masang nggk bawa alat macam pompa gtu. tapi katanya sih AC skrang bagusnya di vacuum biar si freonnya nggk nyampur sama zat lain.

Swingnya kanan kirinya bisa dibuat otomatis kok. Tapi saya selama make nggk pernah tak otomatisin baik yg naik turun sama yg kanan kiri. Selalu fix disitu2 aja.. hehehe
Comment Author Avatar
mas bayu konsist banget bales2in pertanyaan nya pdhl udah se lama ini di post , saya besok mau ambil nueva ice doakan yaa ahahha
Comment Author Avatar
Iyahh donk masa di anggurin.. nggk boleh, dosa soalnya... kan dibalik pertanyaan pasti ada harapan.. kalau dipupusin sakit hati jadinya.. hahahaha #curhat
Comment Author Avatar
mas bayu saya baru pasang nih,
mau nanya dr pengalaman mas bayu,
1. Mode smart itu mksdnya gimana sih??? supaya apa bukannya sama aja kita set 26 mode biasa dan mode smart

2. apa outdoornya nyalanya lama ya pdhl suhu udh kecapai??

3. nambah bayar listrik brp ribu utk ac ini???
Comment Author Avatar
ikut bantu reply ya
1. selama ini saya kalau pake mode smart sepertinya suhu dan fan menyesuaikan dg kondisi ruangan, itu menurut sayaa
2. ga pernah perhatiin
3. saya biasanya 280 jadi 330-350rb, itu rutin pemakaiannya setiap hari dari jam 5/6 sore ke jam 4/5 subuh
dg suhu 23-25, fan high/auto
Comment Author Avatar
Makasih Iann...
Iyah bner, mode smart sepertinya ngikutin suhu ruangan terus diatur2 sesukanya sama si AC dengan tujuan menyamankan pengguna.. Tapi jujur, saya pernah nyoba pakai mode smart. Itu kedinginan.. hahah Tiba2 si AC ngeset suhu sampe 22 derajat, Aing nggak kuat suhu segitu.. hahaha

iyah nggak pernah merhatiin di mode smart, tapi sering merhatiin kalau di mode biasa semisal saya set suhu 25. Terus semisal detektor suhu kamar nunjukin suhu 24, biasanya saya cek keluar outdoornya lagi mati.. Tapi dari unit indoornya kalau diperhatiin dengan seksama kerasa sih bedanya kalau outdoor lagi mati sama lagi nyala...

iyahh naik kisaran 100-200an tergantung seberapa sering sama seberapa berat ACnya bekerja, soalnya nggak bisa dipungkiri kalau unit AC kerja lebih keras di siang hari ketimbang di malam hari...
Comment Author Avatar
Sperti nya bakalan berpaling ke Polytron 😁..
Saya pake ac. Midea bocor mulu kadang dingin kadang gak, udh tlp ke midea nya penanganan sangat lambat.
Comment Author Avatar
Iyah kadang purna jual itu penting sih.. alhamdulillah Orang poly mah disini cepet.
Comment Author Avatar
waktu nyalain ac dua dua nya ga sengaja kenapa ngga ngejeglek listriknya, itu karena daya 450 w itu hanya daya awal yang dibutuhkan untuk start up, selanjutnya daya yg dibutuhkan pasti di bawah itu... btw, saya pakai 2 unit neuva ice juga, gratisan dari developer apartemen... 1/2pk dan 1pk
Comment Author Avatar
Selamat sore, Mas Bayu.
Lagi cari ulasan AC ketemu deh laman Mas Bayu.
Lagi cari AC. Mau tanya pas beli harga 2.45jt itu sudah sama jasa pasang kah?
Terima kasih.
Comment Author Avatar
Iyahhh udh sama pemasangannya.. itu juga hasil nego, tadi 2.600. Saya minta 2450.. hehehe
Comment Author Avatar
Mas Bayu saya baru beli AC Sharp AH5SAY outdoor ya nyala trs,knp ya..
Emng sih kamar saya diruang terbuka kaya petakan gtu tapi saya udh tutup dengan gorden,saya suka lihat termometer menujukan suhu 24 saya nyalain ajj ke 22 lama banget suhu ya turun sampai sejam lebih tetap 24 tapi AC dingin
Knp ya mas,,??
Comment Author Avatar
ditutup gorden, loh jangan donk... udara AC tetep bakal merembes keluar. Soalnya yang nggk ditutup aja pertukaran suhu tetap bisa terjadi dengan dinding tembok cuma prosesnya 'agak' ke delay.

Saya pikir ACnya nggk kuat kalau nurunin ke 22. akibat ada celah udara yg bisa lewat. Intinya pergerakan udara sama dengan pergerakan air yng ngalir dari dataran tinggi ke rendah.. AC nya sebenarnya kerjanya normal hanya saja mungkin sebatas di suhu 25 atau 24 karena ada celah, atau isolasi ruangan terlalu terbuka. makanya pas di set ke 22 perubahan suhunya lama atau bahkan nggak berubah.
Comment Author Avatar
Mas bayu, rumah sya juga 900 watt nih. Masih bimbang antara mau yg sharp ucy ato poly neuva untuk dipasang di kamar uk 3.5x4. Soalnya harga beli+pasang dua merk itu ga beda jauh.

Yg bikin bimbang juga, daya ucy itu cuma 350watt sedangkan poly 450watt.
Denger review sana sini, infonya klo watt nya kecil, dingin lebih lama. Emang bener ya mas?

Trus kira" klo sya pasang yg poly bakal bikin ngetrip ga yah

Bantu sya memantapkan hati, ya mas :)

Comment Author Avatar
Waduhh urusan hati agak susah... hahah
Iyah low watt sama yg reguler jatuhnya lebih boros yg low watt..
Kamarnya nggk ngadep matahari langsung smaa nggk diatas kan yah...

Kelebihan polytron menurut saya ada di kapasitasnya pendinginannya.. kalau ac set. Pk biasanya btunya cuma 4500 smpe 5000 kalau polytron neuva ice itu 6000...

900 watt AC satu setengh pk masih cukup kok.. cuma kalau 2 aku saranin naikin ke 1300.
Comment Author Avatar
Kalau saya boleh kasih saran sih, utk ukuran daya rumah cmn 900w, mendingan pakai AC Polytron Neuva Ice saja. Dinginnya dapat dan hemat energi nya juga dapat.
Comment Author Avatar
Posisi kamar di belakang kok mas, ga terlalu ngadep matahari dan ga di atas. Klo mau naekin 1300watt sayang lepas subsidinya mas, males paken token juga hehehe

Oke sipp terima kasih sarannya mas bayu dan mas adhitya, sepertinya hati sya sudah mantap untuk memilih....si poly :)
Comment Author Avatar
Assalamu'alaikum..selamat malam mas bayu...semoga sehat selalu di masa2 pandemi ini ya
Mau nanya lg boleh ya? ☺
Saya sudah pakai ac nueva masuk 2 bulan, apakah sudah perlu di bersihkan ya? Dinginnya masih lumayan seeh cuma agak berasa tiupan anginnya berkurang sedikit dripda waktu baru gress..apa cuma perasaan saya saja ��
Trus kan ac nya pake filter khusus, apakah aman jeroan termasuk filter di ac indoornya dengan sistem pembersihan ac biasa yg saya tahu di semprot air mengalir sama teknisi pembersih ac panggilan? Saya sempet tanya ke polytron cabang kota saya infonya mereka tidak melayani perawatan ac hanya perbaikan
Terima kasih sebelumnya
Comment Author Avatar
Kalau saya sih pembersihan saya jadwal 3 bulan sekali... 2 bulan nggk papa.. model filternya sama kok, cuma yg sebelah kiri dia ada kaya penambah hepa filter kecil gtu... Saran sih di sikat aja udh cukup kok bersihnya.. hehe
Comment Author Avatar
Mas Bayu. Akhirnya saya beli Polytron Neuva Ice 0.5 PK walau sempat ditawarkan sama tokonya low watt tapi saya kekeuh pilih si Neuva. Alhamdulillah kamar dingin walau yah gitu menghadap matahari dan dak. Suhu 25 cuma 10 menit sudah dingin.
Next untuk perawatannya cuma dicuci saja kan ya pertiga bulan seperti yang dirimu lakukan? Tanpa isi freon lagi?
Terima kasih atas saran sebelumnya dan sesudah ini.
Comment Author Avatar
Wahhh selamat yah AC baru.. iyahh saya nggk pernah isi freon sama sekali dri dlu pas punya si neuva... kalau saya sih jadwalnya yah per 3 bulan sekali.
Comment Author Avatar
Ac plytron nueva ice saya sudah mau setahun belum pernah dicuci, tapi tetap dingin disuhu 25 derajat, bahkan tengah malam nggak sanggup selimut lapis satu, harus dua lapis, emang belum sempat mau cari tukang cuci ac, krna saya googling, banyak tukang cuci ac yang nakal, diam2 mereka mengeluarkan isi freon biar kita nambah freon, karena freon poly ini harganya lumayan mahal kalo tambah atau ganti freon, makanya takut ketemu sembarang orang untuk cuci ac, tapi hidup ac saya cuma 5 jam kok, saya set dari jam 11 malam dan saya buat timer mati jam 4 subuh, alhasil hampir satu tahun ac poly nueva ice tetap dingin sama seperti baru beli, tapi saya akan usahakan untuk segera cuci ac biar lebih josss lagi adem nya
Comment Author Avatar
Wahh mantap yah.. tapi kalau kelamaan gtu khawatir jadi sarang kuman... hehe
Comment Author Avatar
Mas bayu , saya lagi galau nih mau beli ac 0.5 pk untuk kamar 3x3 posisi kamar nggak kena matahari langsung. Pengen AC yg hematt listrik banget biar tagihan listrik nggak membengkak. Serem akutuh skrg belom ada ac aja listrik udah lumayan tagihannya hiksss. Galau pilih neuva ini atau sharp yg 05 ucy yaa, secara harga gak beda jauh... Plisss pencerahannya dong masbayy
Comment Author Avatar
Tapi nambah AC emnk harus siap listrik naik sih.. 3x3 cukup kok AC 0.5 pk. Merk sharp juga bagus. Neuva juga bagus. Sama2 bagus.. heheh
Cuma mngkin keunggulan di neuva ice dia powernya lebih gede 6000btu. Jadi urusan ngedinginin lebih cepat.
Tapi sharp lebih hemat energi sama ngegunain freon tipe terbaru.. jadi sama2 ada kelebihannya.
Comment Author Avatar
Mas bayu mau nanya ni UK kamar saya 3,5 x 4 tapi ad kamar mandi di dalam rapat tertutup.... Kira" pakai poly neuva ini bisa dingin tidak ya dengan UK segitu
Comment Author Avatar
Kalau kamarnya nggk kena cahaya matahari langsung... Kayanya cukup.. tapi saya lebih anjurin buat ac 3/4 pk
Comment Author Avatar
Polytron nouva ice memang kapasitas kompresornya lebih besar buat 1/2 pk itu 6000btu
mantap memang
Comment Author Avatar
Iyahhh emnk mantep banget.. Awet sampe skrang nggk pernah ngeluh,,, Tapi AC di kamar bapak malah lebih legend... dari tahun 2013 smpe skrang belum pernah isi freon... merk Sharp.
Comment Author Avatar
Akhirnya beli AC ini juga gara2 baca review di blog ini. Saya lgsg beli 2 unit karena pas kebetulan pas ada promo gratis pasang dari Mitra10. Besok barangnya dikirim, dan 3 hari kemudian akan di pasang. Semoga saja awet dan memuaskan ya. Anyway terima kasih mas Bayu blog nya membantu sekali dalam menentukan dan tambahan referensi saya ketika akan beli AC.
Comment Author Avatar
Wahhh kerenn.. iyah sama2... saya hanya membagi apa yg selama ini saya rasa selebihnya sih karena google yg naruh artikel ini di halaman depan pencarian... Heheh.

Apalagi polytron ini perusahaan dari Indonesia..
Comment Author Avatar
Mas saya mau nanya nih, lagi galau mau ganti AC poly yg nueva ice atau poly Deluxe 1pk kira² bedanya apa yaa..klo tau, boleh dong mas di jelaskan..mkshπŸ™
Comment Author Avatar
Poly deluxe 2 juga bagus kok...
Sebnernya kelebihan neuva Ice yg digaungkan sama pihak polytron itu si neuva ice lebih cepat dingin karen BTU untuk ukuran setengah pk lebih besar yaitu 6000 btu dripada AC setengah pk lain yg kisaran 4800-5000 BTU.

Soalnya BTU ini yg mengindikasikan kinerja kapasitas AC. Semakin besar BTU yah semakin cepat dingin.. tapi semua juga bergantung sama ukuran ruangan dan orang di dalamnya..
Kalau ruangannya besar setengah PK nggk bakal cukup...

Tapi mbanya mau beli yg 1 pk yah..? nah kalau neuva Ice 1 pk dia dayanya 880 watt buat BTU 9500... kalau deluxe 2 1 pk daya dia 880 watt BTU 9000.

Keduanya sama2 mengusung unit indoor yg lebih lebar. Untuk yg Neuva Ice dia filternya udh sama filter purifier meskipun bentuknya kecil.. heheh
Comment Author Avatar
Mas bay, mau ikutan nanya nih hehehe semoga masih dibales.

Mas bay penggunaan ac nya selama 3 tahun ini kira2 sehari berapa jam ya?

Dan misal saya beli, saya gunakan selama 18 jam sehari, menurut mas bay ac poly neuva ini bakal kuat 3 - 5 tahun nggak ya? Thanks mas bay
Comment Author Avatar
Kalau libur kerja bisa aktif smpe 24 jam.. yah adalah seminggu 2 hari AC nonstop mati..
Kalau pas kerja.. masuk pagi paling nyala dri jam 5 sore smpe jam 5 pagi. Kalau masuk malem dri jam 6 pagi udh mulai nyala smpe jam 7 malam.

AC ini terbilang cukup sering nyala kalau saya dirumah... dan smpe skrang dengan perawatan 3 bulan sekali dibersihkan, unit masih kerja normal sih.. masih dingin. Apalagi musim hujan gini. Kerjanya AC buat ngedinginin ruang jadi lebih cepat.. hehehe

Kalau ruangannya sesuai sama kapasitas AC harusnya bisa lebih dri itu sih... sama pemasangannya juga. Hhehe
Comment Author Avatar
Perawatan 3 bulan sekali itu cuci indor aja atau outdor aja atau keseluruhan sekaligus vakum mas?

Lalu, menurut mas bay, kalo ac ini malam hari saat hujan kita setel suhu 25 di remote, dan sudah mencapai suhu yang diinginkan tapi outdoor ga berenti2 bekerja, kira2 watt yang berjalan berapa ya bang?

Saya cuma mau tau aja sih. Pahitnya seperti itu. Outdoor nyala terus, nah itu dia bekerja di watt berapa. Hehehe
Comment Author Avatar
Keseluruhan.. saya kalau nyuci pasti semuanya unit indoor dan outdoor.. kalau vacuum kan hanya pas pemasangan awal saja. Tapi punya saya nggk di vacuum kayanya.. tapi nggk tau juga. Tapi AC yg freonnya r32 katanya wajib vacuum pas pemasangan awal.

Hrusnya sesuai sama input rate nya sih.. kecuali kalau ACnya jenis inverter yah.. kalau ac ini kan 450 watt. Jadi, selama unit outdoor nyala itu daya yg kepake 450 watt. Ntr semisal target suhu udh tercapai. Unit outdoor mati, nah disini daya watt penggunaan jadi lebih kecil.

Terus pas suhu udh mulai naik, unit outdoor nyala lagi.. gitu2 terus.

Alangkah lebih baiknya, AC yg dibeli kapasitas pendinginannya harus sesuai sama ruangan. Biar nggk boros listrik..
Comment Author Avatar
izin share.
pengalaman saya menggunakan si neuva ice alhamdulillah aman² sj, si neuva sdah sy pkai sejak juli 2018 dan baru disentuh babang teknisi ( cuci ac ) pada nov 2020 babang tukang acnya kaget 😁, dia nanya selama itu gk pernah d cuci apa acnya msih dingin??? sy bilang msih dingin malahan suhu yg di set pada unit hanya di angka 27 - 25 (itupun udah kedinginan) alasan panggil tukang cuci ac krn kesian aja sm unitnya udah d pkai 2thn lebih tp gk prnh d cuci ( disni paksu rutin bersihin saringan sendiri /2bln).

baru² ini paksu mindahin ac ke kamar belakang (mindahin sendiri) tanpa di vacum tanpa nambah freon (paksu ada pengalaman kerja unit pendingin saat PKL), alhamdulillah tdk ada perubahan dari sejak beli sampai sekarang, dinginnya ttap bkin menggigil meskipun di set pada suhu 27, kamar sy berukuran 3 x 4, dinding kamar terpapar sinar matahari langsung, unit bekerja rata² 16 jam setiap hari.

semoga semua yg make si neuva awet terus... Amiinn
Comment Author Avatar
Terimakasih buat reviewnya yah... πŸ˜†
Ya ampunn 2 tahun nggk dicuci?? Hehehe kagett saya juga dngernya..

Syukur deh kalau smpe skrang ACnya masih awet. Dirumah yah masih awet.. tapi kalau saya nyucinya tiap 3 bulan sekali...
Comment Author Avatar
Selamat siang mas sy lagi nyari review AC yg cocok buat meter 450 apa yah,
Apa AC Polytron ini bisa nggk iya di rumah sy kira².
Comment Author Avatar
Sbnerny mereka claim 450 watt AC jenis ini bisa nyala tanpa turun.. tpi tetap saja.. 450 watt untuk AC itu terlalu minim jadi lebih baik daya rumah di 900 watt.πŸ˜„
Comment Author Avatar
Lagi cari review ac low watt 1/2 pk yang bagus trus mlh nyasar k blognya mas bayu...mau tanya mas bayu, apakah ac low watt 1/2 pk yang lain lebih boros listriknya dibandingkan ac standar dan polytron neuva ice, karena saya orng awam klo cari ac pasti melihat wattnya mna yg lbih kcil...mindset saya seperti orng awam yg lain klo low watt ya lbih irit dr standar...jd pasti cari2nya yg wattnya kcil, ternyata btu jga berpengaruh ya ?
Comment Author Avatar
Bantu jawab ya, bisa direvisi sama mas bayu, menurut saya karena saya mantan sales AC heheh.. low watt dan ac standard ada plus dan minus.
Jd, memang low watt itu rendah watt, yg artinya pada saat angkatan awal dy lebih stabil, sedangkam yg standrd dy akan menarik watt lbh besar diangkatan pertama.
Untuk fungsi dan kegunaan, ac standard lbh dingin drpd low watt, contoh neuva ice 6000btu, di ruangan 3*3 /3*4 dengan 3 orng didalam nya, sudah saya pastikan dingin. Kurang lbh 15 mnt kompresor outdoor akan lbh cpt mati, dan pasti bisa.mengehamt.listrik.
Comment Author Avatar
ac ku bertahan 4 tahun, bulan lalu polytron neuva ice ku rusak :-( karena mesinnya ke samber petir
Comment Author Avatar
Sereemm banget Mba 😱😱
Comment Author Avatar
Nanya mas, itu kalau malam AC indoor nya bersuara tidak ya?

Maksudnya ada suara suara dari mesin AC indoor yang menggangu tidur

Terimakasih, ditunggu jawabannya
Comment Author Avatar
Suara ada.. tapi kecil.. apalagi kalau putaran fannya yg low.. uhh sepii.. malah suara Air Purifier saya lebih kedengeran ketimbang AC ini..
Comment Author Avatar
Assalamu'alaikum mas bayu. Trimkasih atas reviewnya... Berkat mas bayu, saya tak gentar mau masang neuva ice.. Smoga awet... Ksian ank2 pake kipas angin takut masuk angin...
Comment Author Avatar
Mau tanya nih mas, aku dah beli ac ini karena baca blog ini, haha, Kalau mau cepet mati ac mending mode super dulu baru naikin jd 25, atau suhu 25 aja tp kipasnya paling kenceng ? Target suhu sih cuma 25 aja soalnya dah dingin, tp blum punya termometer
Comment Author Avatar
Iya?? Wihh brrti harusnya polytron kasih saya royalti ya.. wkwk πŸ˜…πŸ˜…

Hmmm. Baik pertama sama kedua sih menurut saya sama aja. Tapi saya lebih suka yg opsi kedua karena lebih simpel.. hehe πŸ˜πŸ˜† takut kelupaan.. soalnya mode super kan suhu ke set 16 ya. Dan suhu segitu nggk mungkin AC bisa ngejar karena mustahil..
Comment Author Avatar
sy lg cari ac polytron, pas banget ketemu blog ini. mau tanya mungkin ada yg sdh menggunakan AC polytron nouva Pro atau Deluxe 2, ada saran bagus yg mana?
Comment Author Avatar
Kalau saya pilih neuva pro πŸ˜„ karena sudah bisa dikonek via HP.
Comment Author Avatar
Sekarang sudah November 2023. AC Poly Nauva apa kabar Bro?
Comment Author Avatar
Wahh masih bagus Om.. Saya malah abis beli lagi buat kamar belakang. Cuma skrang udah ganti versi namanya Neuva Pro. Model masih lama cuma agak lebih ramping dikit, sama udah pake R32... Ada varian pintarnya alias bisa dikonek ke Aplikasi. Namanya Smart Neuva Pro 😁

Yukk.. Ngobrol!! Biar makin kenalπŸ˜‚