Pakai Tips ini Biar Kamu Nggak Mager Buat Kerja

Sering nggak sih, kalian pas bangun pagi gitu ngerasa letih, lemah, lesu, lunglai, dan lalai??

Awas, itu gejala 5L. Segera minum Sangobionn.. bruakakakak. Sorry salfok. Bukan iklan

Pasti, banyak dari kita termasuk gue juga. Sering banget ngerasa mager yang luar biasa parahnya setiap bangun pagi hendak beranjak dari kasur yang empuk, balutan selimut yang hangat, udara ruangan yang sejuk, apalagi ditambah musim hujan kaya gini. Sumpah berat banget yang namanya bangun buat mandi yang ketemu air dingin terus mesti berangkat gawe pagi-pagi.

Seandainya setiap bulan ada jatah bolos sebulan 5 hari, udah pasti kita ambil tanpa absen yah... wkwkwkwk

Tapi sayang kayanya itu cuma pffff mimpi belaka. Hahah :D :D :D

Perasaan nggak semangat, dan malas kerap banget datang ke kita setiap bangun pagi. Mungkin salah satu faktor penyebab adalah terjebak dalam bayang-bayang kegiatan berbaring di kasur seharian sambil dengerin lagu favorit di akhir pekan.

hoaaammmzzz,, ngantuks, via pixabay.com
Iyah nggak?? Yah walaupun sadar kalau kegiatan itu nggak produktif banget, cuma karena tubuh udah selama 5 hari berturut-turut kerja ekstra kayanya nggak ada salahnya buat manjain badan dengan bermalas-malasan. Setuju nggak??

Kalau gue sih iyahh setuju banget. Karena seminggu gue kerja selama 54 jam. jadi kalau dijumlah dalam sebulan gue kerja sebanyak 216 jam.

Akibat dari waktu kerja yang lumayan lama, ditambah faktor ini itu kaya salah satunya leader yang sifatnya bossy banget, yang selalu meragukan keahlian rekan-rekannya #upps curhat.. hehehe

Bikin setiap fenomena bangun pagi selalu saja jadi perjuangan yang harus dilakukan setiap harinya di hari kerja. Btw Kalian gitu juga nggak sih??

Jujur, gue pribadi sih pengen banget kerja semangat kaya zaman kuliah dulu, dimana gue selalu semangat dan nggak sabar buat ikut serangkaian acara kepanitiaan pas zaman-zaman kuliah dulu. Selalu nggak sabar buat nunggu tanggal-tanggal event penting, ikut rapat sampai tengah malem, begadang demi persiapan hari besok.. tapi apa daya.. perasaan dan kondisi yang tak sama hanya bisa membuat diri ini mengelus dada.

Jadi demi meningkatkan “sedikit” rasa semangat dalam dada, gue mau bagi-bagi tips yang bisa kita lakuin biar semangat buat ngelakuin aktivitas kerja di pagi hari. Tulisannya gue buat, bukan buat kalian doank, tapi juga buat gue. Yang masih menata pikiran agar setiap pagi bisa bangun pagi dan semangat buat kerja.

Dilihat dari segi faktor eksternal

Situasi Kamar Ruangan Tidur

Buat bangun pagi lebih semangat harus berasal dari tidur malam yang cukup dan berkualitas.
Bagaimana caranya?? Otomatis kondisi kamar kita harus rapi, tidur harus tepat waktu, ruangan harus wangi dan cukup sunyi.

Mulailah dari sekarang rajin merapikan kamar kita, bersihkan dari debu yang menempel. Kasih wangian yang kalian suka. Dan berilah corak/hiasan sedikit di kamar kalian agar terlihat tidak terlalu monoton. Kamar yang rapi dan wangi akan membuat tidur kalian lebih nyaman.

Oh ya sebelum tidur pastikan kalian sudah membersihkan badan secara menyeluruh yah. Jangan biasakan pas pulang kerja langsung tidur. Duhhh itu malah bikin kasur kita tercemar sama debu-debu yang menempel.

Love beyond words

Jangan pernah menyepelekan sebuah rangkaian kata yang mengandung makna. Karena faktanya satu kalimat bisa menyayat hati begitu dalam. Gerakkan hati dan pikiran kita dengan kata-kata bijak, sebuah kalimat yang mampu mengubah pola pikir, dan memunculkan perasaan menggebu dalam dada.

Coba kalian buat tulisan-tulisan positif kemudian kalian tempel di sudut ruangan yang begitu bangun kalian bisa langsung membacanya. Cara ini cukup ampuh buat mengingatkan target, tujuan, dan untuk siapa kita hidup.

Awali dengan kegiatan pagi yang positif

Bangun pagi, lakukan sedikit peregangan untuk mengembalikan otot-otot kita yang kendur karena tidur. Rasakan dan nikmati setiap kenikmatan sensasi otot-otot badan yang ditarik.

Jernihkan pikiran dengan memikirkan momen-momen bahagia seperti berlibur bareng teman, atau telponan tadi malam sama sang belahan jiwa. Kemudian mandi untuk melengkapi kesegaran tubuh sepenuhnya. Rasakan sensasi air yang membasahi sekujur tubuh kita.. wkwkw

Setelah mandi, ambil wudhu untuk kemudian solat subuh untuk memohon keridhoanNya, keselamatan dan kebaikan hari ini kepada kita.

Sebelum berangkat kerja, jangan lupa sarapan.

Lakukan boosting mood setiap Istirahat dan Pulang Kerja

Kalau kalian suka baca novel, yah bawa novel ke tempat kerja buat di baca di sela-sela jam istirahat nggak ada salahnya kok. Atau kalian bisa denger lagu kesukaan, atau bercanda bareng dengan rekan kerja sudah pasti bisa melepaskan endorfin di otak kita yang membuat perasaan kita lebih bahagia.

Pada saat pulang kerja, gunakan momen untuk boost up mood kita. Kalau gue sih, pas lagi capek-capeknya selalu pake cara dengan ngerendem kaki gue ke air hangat dalam ember sambil duduk di kasur yang empuk ditambah dengerin lagu kesukaan.

Berbeda dengan penyebab dari eksternal, urusan internal jauh lebih sulit untuk dikendalikan. Karena emosi dan pikiran kitalah yang mengatur. Sebab dibaliknya ada alasan, ada tragedi, ada momen, ada kejadian yang mendalangi munculnya perasaan malas dan tidak semangat kita.

Seperti suasana kerja yang melelahkan, tekanan yang terlalu tinggi, kerja yang membosankan, atau rekan-rekan yang terlalu individualis, tidak peduli, apalagi pemimpin yang serba ngatur, yang selalu sinis, dan menyalahkan setiap tindakan kita.

Dari sekian itulah yang membuat kita terkadang enggan untuk ikhlas buat berangkat kerja. Cuma balik lagi. Nggak baik untuk terus-terusan kufur nikmat yang udah di berikan Allah ke kita.

Kayanya nggak adil aja, pas dulu masih nganggur aja gerong-gerong doa minta segera dapat kerjaan. Tapi setelah diterima kerja, nyari alasan dan terlalu egois buat mikirin dan ngebawa hal-hal tersebut secara personal.

Padahal dari balik itu semua, pasti ada kebermanfaatan, dan kebaikan buat kita. Apalagi kita kan juga nggak tau apa yang akan terjadi kedepannya.

Karena menurut pepatah, sakit yang kita rasakan saat ini bisa jadi kebahagiaan kita dan orang lain di masa mendatang.

Yang terpenting adalah selalu ingat akan niat dan tujuan apa kita bekerja.

Nanti akan ada momen dimana kalian mantap untuk mengambil langkah selanjutnya. Semua itu hanya membutuhkan momen.

So the last words is “seize the moments...”

Sama jangan lupa manjakan diri kita dengan reward-reward seperti berlibur ke suatu tempat, atau makan mukbang di tempat kesukaan.. nggak usah peduliin badan ntar gendatz, yang penting jangan sering-sering aja.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

13 komentar

Selalu ingat gajian
Bisa jadi semangat Engga bang?

nahh itu juga... wkwkwkwk tapi cuma bertahan sementara doank..

biasanya kalo males kerja itu berat kalo pas habis libur yuk masuk lagi, rasanya males banget. liburnya masih kurang.

hehe dulu aku suka mager kalo harus berangkat ngajar. 2,5 jam perjalanan membuat bosan. Alhamdulillah sekarang malah mager kalo liat tumpukan cucian, hihi. Thanks tipsnya ya mas

Secara teori sih aku ngerti dan rasanya emang gampang
tapi praktekinnya itu yang syusyahhh

Jangankan kerja, untuk bisa aktifitas sehari-hari aja banyak orang yang mager terus. Banyak cara memang, salah satunya seperti yang ditulis, Mas Bayu ini.

Aku sendiri selalu memulai aktifitas setelah Subuh itu keluar, gowes. Tujuannya, olahraga yang pertama, kedua ngindarin mager, karena kalau udah subuhan, sekalipun habis mandi. Tapi kalau masih di atas kasur. Beuh godaannya berat..haha

Jadi ya itu lakukan kegiatan hal yang positif :)
Satu lagi menurutku yang penting, Mas. Niatkan juga untuk ibadah kerjanya jadi bisa semangat juga. Karena ibadah kan harus dilakukan, apalagi mendapatkan pahala..he

Tapi ya itu, gimana orangnya sih. Dan melakukan itu berbeda dengan memahami, intinya action itu harus perlahan, belajar istiqomah. Karena istiqomah melakukan kebaikan itu berat. Bahkan ngalahin beratna rindu si Dilan..wkwk

Good Luck, Mas Bay. Semoga aktitifitasnya dilancarkan, terlebih kerjanya.. aamiin..

Kalau sha justru, bangun pagi selalu semangat. Badan udah kaya punya sistem sendiri. Jam berapapun tidurnya, bangun selalu di jam yang sama.

Tapii, pas abis perjalanan naik motor sejaman ke kantor. nyampe rshs lemees hahaha apalagi akhir2 ini lembur terus. Kerja dari jam 7 pagi sampe jam 9 malem. dah kayak robot wkwkwkwk

Tempelin duit di mata lu, pasti selalu semangat deh

Kalo aku sejauh ini untunglah ngga pernah mager,meski kadang muncul jenuh banget akibat rutinitas harian.
Jadi, mau ngga mau dibawa pikiran hepi aja biar jalaninya dengan sebisa mungkin terasa senang.

Semangat gak semangat tetap kerja, ingat biaya hidup mahal bro, ingat cicilan juga, hahaha

Nih gue BW ke blog lu biar seneng hahaha

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon