Ada Apa Dengan Indonesiaku??

Kita hidup di zaman yang wow banget. Hoax dimana-mana, korupsi dimana-mana, Hate Speech dimana-mana hingga mampu menghilangkan citra kita sebagai Bangsa Indonesia yang terkenal dengan ramah tamah dan senyumannya yang paling manis.

Ada apa ini sebenarnya?? 

Mengapa semua ini terjadi??

Dulu, back then ketika gue masih duduk di bangku SMP dan SMA. Keadaannya begitu fun, riang gembira, canda tawa, main kejar-kejaran, dan jajan jajanan pinggir jalan.

Sekarang?? Coba lihat! anak SMP ngerokok, mejeng sana sini, bolos, pacaran dengan gayanya yang ya ampun.. -__- 

Sedangkan anak-anak SD, jalan kesana kesini dengan gadgetnya. Mereka duduk bersama, diam tanpa bicara, hanya sibuk meratap kebawah dengan gadgetnya.

Canda tawa mereka beda. Di mana permainann gobak sodor, jambaleong, petak umpet sudah tak ada lagi. Pembahasannya pun beda. Power ranger tak lagi ada di tengah-tengah mereka.

Kemudian media sosial. Dulu ketika Friendster baru gue kenal, e-mail baru gue kenal. Perasaan senang kami bukan main besarnya. Menanyakan Id friendster ke semua teman, dan main mig33 sempat viral masa itu. 

Hingga akhirnya zaman semakin berubah ketika akses internet makin mudah jangkauannya. Teknologi makin canggih, Alat komunikasi makin berkembang. Sinyal yang dulunya GPRS berubah ke Edge ke HSDPA kemudian HSDPA+ hingga sekarang 4G. 

Hp yang dulu monokrom yang memiliki layar hitam putih, kini berwarna dilengkapi dengan kamera yang wow canggihnya, layarnya yang memukau dengan aplikasi canggih didalamnya yang memudahkan segalanya. 

Target konsumen pun makin luas. Aplikasi chating, media sosial makin banyak bermunculan. Facebook, instagram, Line, Whatapps, dan lain-lain berkembang di tengah-tengah perdaban kami.

Kini akses luar bahkan luar negeri sekalipun yang letaknya ribuan kilometer sana, dapat diakses hanya dalam hitungan detik.

Berkirim pesan, video, telepon, gambar, hingga lagu kini mudah hanya dengan satu perangkat.

Tapi......

Seiring waktu berjalan......

Begitu naas ketika gambar lucu digantikan oleh gambar siratan yang mengandung makan kebencian, ketika video kartun dan video lucu tergantikan dengan video yang hanya mewakili satu ras saja. Ketika kabar burung atau hoax yang tersebar luas merata membodohi banyak orang.

Hate speech tak lagi terkontrol... Jika dulu kejelekan orang hanya dibicarakan melalui bisikan. Kini mereka terang-terangan mengatakan itu semua dan mempengaruhi banyak orang.

Ada apa ini??

Apa yang sebenarnya salah??

Kini, Kondisi semakin memburuk, banyak kubu yang terbentuk. Banyak orang yang senang untuk menjadi provokator. Banyak clickbait yang cukup menyesatkan orang. Banyak fitnah yang menggema.

Saat ini, Orang Indonesia yang dulu terkenal bersahaja tak lagi sama. Mereka lebih senang mendompreng nama mereka dengan ujaran kebencian, hingga dengan melakukan hal-hal kontra yang mengundang perpecahan.

Ya Allah yah Gusti, Apa yang sebenarnya terjadi di negeri tercinta kami ini???

Apakah ini terjadi karena teknologi?? Bukan!! Rasanya nggak bijak kalau menyalahkan perubahan lajur teknologi dari masa ke masa yang semakin berkembang canggih.

Lalu??? Apa ini salah media sosial?? Bukan!!! Mereka pun hadir sebenarnya bukan dengan maksud dipergunakan untuk seperti ini....

Yang jelas, Ini semua terjadi karena akhlak kami yang berubah, Ego kami semakin tinggi yang menganggap bahwa pendapat kamilah yang benar. Kami dibutakan oleh kekuasaan yang sebenarnya hanya bersifat sementara. Kami dibutakan oleh uang, kedudukan, dan pengakuan.

Ya Allah berikanlah hidayah kepada kami Rakyat Indonesia...

dalam bersipu kami berdoa, via pixabay.com
~Catatan Malam oleh Bayu Kurniawan Tanggal 27 Oktober 2018 pukul 12.44 malam~ 

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

3 komentar

indo kayaknya lagi dlm masa perpecahan, mas. miris banget. org lagi maruk jabatan dan memperkaya diri. semoga penduduknya bisa diberi kesabaran dan solusi buat mengurangi kejadian kayak gini. amin!

Kalo gw bilang orang jaman dulu sama sekarang tuh beda jauh. Orang jaman old, mungkin karena makanannya yang tradisional jadi otaknya gak gampang tremor kaya orang sekarang. Orang jaman now kebanyakan makan micin jadi gampang melow. Apa-apa dibikin heboh, apa-apa di share hanya demi keliatan eksis. Capee dehhh

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon