Surat Kecil Untuk Pengutang

Rasanya sulit ketika seseorang datang apalagi dia teman atau adik kelas dan menceritakan apa yang baru saja terjadi pada dirinya kepada kita dan berharap pertolongan.

Macam-macam latar belakangnya, ada yang  baru saja kecolongan, dompet hilang, atau sekedar untuk biaya hidup.

Mereka datang dengan maksud untuk meminjam uang atau dengan kata lain berhutang kepada kita.

Kita yang berstatus sebagai teman tentu kadang tidak bisa tinggal diam, melihat salah satu dari mereka kesulitan. Selalu berpikir untuk membantu, apalagi tidak ada alasan untuk tidak meminjamkan mereka. Bahkan ada satu kondisi di mana kita memaksakan diri untuk memberikan mereka pinjaman di saat kita sulit, karena kita yakin urusan mereka lebih penting.

Akhirnya kita lebih memilih untuk berhemat agar bisa membantu mereka.

Naasnya, karena kebaikan kita. Seringkali ada orang yang justru memanfaatkan sifat ini. Kita yang baik, dan terkenal sering memberikan pinjaman. Akhirnya mereka jadi lebih sering pinjam hampir tiap bulan.

Disabarin aja, via pixabay.com
Awal pertama pinjam, bayaran sesuai dengan ucapan. Namun, seiring waktu berjalan, meminjam uang jadi kebiasaan mereka hingga akhirnya berujung pada hal yang tak mengenakkan seperti mereka yang tampaknya menunda-nunda waktu pembayaran.

Kita sebenarnya sudah tak nyaman dengan kondisi ini, namun apa daya menagih juga bukanlah keahlian kita. Apalagi kita sering merasa tidak enak jika harus terus-terusan menagih.

Namun, entah kenapa malah kita yang jadi merasa bersalah ketika kita terus menangihnya. Bukannya apa-apa. Sama seperti kalian, kami pun butuh uang tersebut. Akan tetapi, kalian terus memberikan alasan yang sama kepada kami.

Sedangkan di belakang kita, Kalian terus membeli ini itu, jalan kesana kemari, makan berdua dengan sang doi bahkan menteraktirnya.

Apakah kalian sudah lupa???
Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

Posting Komentar untuk "Surat Kecil Untuk Pengutang"