Buat Rumahmu jadi Smart Home

Kemarin pas main ke Bandung gitu, Gue sama Mas Afran main ke kontrakan temennya mas afran. Rumahnya sih mini cuma terdiri dari 3 ruangan. Ruang tamu, kamar tidur sama kamar mandi.

Beliau kan kerja di salah satu provider negeri yang identik dengan warna merahnya. Nah, pas nyampe Bandung. Kita berdua janjian dengan dia untuk meet up di Gedung Sate. *Sayang nggak sempet foto kita.

Kisaran jam 2 Siang di hari Jum'at, Mas Andri datang ngejemput kita. Ternyata jarak rumahnya dengan gedung sate itu lumayan jauh, kira-kira 30 menit perjalanan.

Kontrakan Bang Andri berbentuk sederhana. Jenis bedengan gitu tanpa pagar dengan tembok berwarna hijau muda. Disamping kanan kirinya ada tetangga yang cukup ramah saat melihat kedatangan kami.

Pada saat Bang Andri buka pintu. Dia langsung bilang ;
"Hey Google, Turn on the mainlight please...."

#Jeleprak... lampu ruang tamu langsung nyala begitu aja dengan susulan suara yang bersumber dari benda kecil bunder berwarna hitam bilang "Oke, I turn on the mainlight"

Saat itulah kami terperangah ngeliat betapa ajaibnya rumah Bang Andri.

Nggak cuma itu. Bahkan kipas angin, air purifier, lampu di kamar mandi, dan lampu kamar tidur pun bisa di kontrol hanya dengan suara.

Disinilah pertama kali gue ngeliat Smart home sesungguhnya di Indonesia. Soalnya sering liatnya cuma ada di YouTube. hahahaah NDESOOO!

Sayang, gue nggak ngambil gambar karena sangking terpesonanya.. hahaha #alay...

Setelah gue telaah-telaah lagi. Rupa-rupanya Bang andri menggunakan banyak produk xiaomi dari mija mulai dari lampu tidur, socket listrik, air purifier, sama satu lagi bang andri bilang untuk lampu utama dia pakai dudukan lampu wifi merk sonoff.

Dan untuk controlnya dia link akun Mi home dan aku Ewelink ke Google Home. Sebuah perangkat mungil sekaligus speaker aktif yang memudahkan segala akses informasi.

Selain perangkat itu, tentu saja kita masih butuh router wifi dirumah agar semua perangkat itu bisa terhubung dalam satu jaringan.

Done... kamar kamu siap untuk di upgrade ke mode pintar.

Kata bang Andri, untuk router wifi sebenernya bisa pakai hape. Cuma agak ribet soalnya kan hape kita dibawa kemana-mana. Jadi mending beli modem router aja, bisa yang sederhana (yang dicas), atau router home. Atau bisa langganan indihome.. celetuknya promosi.. wkwkwk

Setelah itu beli perlengkapannya. Agak mahal sih pas lihat di bukalapak.
1. Google homenya kisaran 600 ribuan yang mini. Yang bagusnya kena 2.4.
google home
2. Socket lampu merk sonoff kena kisaran 150

socket lampu sonoff, via aliexpress

3. Mi light kena 130an
4. Air purifier kena 2.4

Tapi buat kamu yang sekedar hanya pengen buat nyalain matiin lampu kamar. Cukup beli google home saja dan socket lampunya. Lagian selain itu, google home udah cukup kok dipakai sendiri. Soalnya dia udah bisa buat jadi alarm, speaker aktif, dan pemberi informasi tentang cuaca, harga dollar, dll. heheheh dalam bahasa inggris tentunya.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

1 komentar so far

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon