Ketika Bekerja sambil Kuliah Menyiksamu, Renungkanlah ini

Kuliah itu kan penting yah!! mengesampingkan sebuah digma seperti "Buat apa kuliah, ujung-ujungnya nyari kerja juga?? ujung-ujungnya banyak yang nganggur juga"

No!!! tidak.. Kuliah itu penting untuk mengubah pola pikir kita, sifat kita, hingga prinsip yang lebih baik. Karena di sana. Ada hal lebih yang bisa kalian pelajari selain materi yang dienyam di bangku kuliah.

Lagi pula, dengan kuliah kita bisa fokus terhadap satu bidang yang kita minati. Untuk itu, memilih jurusan yang sesuai dengan tabiatmu adalah sebuah keharusan. Jadi, bukan asal coba-coba.

"Tapi kak.... Bagaimana dengan biaya. Kuliah nggak murah lohhh!!"

Yess, memang tidak murah. Untuk itu, kamu tidak harus memaksakan sebuah keadaan. 

Ada satu jalan yang cukup di gemari oleh banyak individu yaitu Bekerja sambil kuliah.

pulang kerja aja, gue masih sibuk tugas kuliah, via pixabay.com
Jadi, gaji yang diperoleh dari bekerja, kita pakai untuk biaya kuliah.

"Tapi kak?? gajinya nggak cukup"
Baca Juga : Kuliah atau Kerja, Mana yang kamu pilih
Alasann,,!!! heheh sekarang tanyakan pada diri kamu, bagaimana posisi kuliah dalam kehidupanmu. Apakah penting atau tidak?? Malu ahh sama anak yang rela pulang tengah malem demi kerja part time agar bisa bayar biaya semesteran.

Kuliah nggak harus buru-buru. Kamu bisa nabung intense selama setahun dua tahun untuk biaya kuliah nanti. Mumpung kamu masih muda. Sampingkan pikiran nyari duit untuk senang-senang.

Sisihin beberapa buat kuliah di tahun yang akan datang. Karena waktu akan terus berjalan tanpa peduli kamu sedang stuck di jalan itu.

So ganbatte nehh... Semangat

Memang kuliah sambil kerja itu nggak mudah. Cenderung sulit malah. Sulit untuk konsisten dan komitmen. Akibat dari beberapa kelemahan manusia yang banyak menggandrungi kita. Salah dua contohnya adalah Bosan dan Capek.

Kuliah sambil kerja... Ngebayanginnya sih memang terlihat mudah. Melakukan 2 rutinitas dalam satu hari. Tetapi begitu dilakukan. Sok, 3 minggu berlalu. Pikiran gondok, bosan, capek bakal terus-terusan menghantui.

Perasaan ingin berhenti kuliah malah sempat terlintas.

Tetapi, kalau pikiran dan prinsipmu sudah rasional. Pikiran-pikiran seperti itu hanya sebatas pikiran. Kamu tetap kuliah walapun capek akibat pekerjaan yang segudang. Kamu terus memaksa dirimu untuk kuliah. Karena memikirkan akan biaya yang telah dikeluarkan nggak sedikit. Begitulah pemikiran yang rasional.

Kalau pikiranmu yang egois, yah begitulah yang akan terjadi. Kalian tahulah apa maksudnya.

Satu yang perlu kalian pahami adalah bahwa Apa yang terjadi dalam hidup kita adalah sebuah kesempatan. Secara tidak langsung, Allah menempatkan kita dalam waktu yang pas. 

Yah, walaupun kamu nggak keterima kuliah di PTN favoritmu, kamu malah menemukan sebuah info lowongan kerja yang secara nggak sadar bahwa itu adalah kesempatan yang diberikan oleh Allah. 

Hingga akhirnya kamu ada pikiran untuk melamar di tempat tersebut. Itu juga adalah pikiran yang diberikan Allah. dan sekarang kamu bekerja, memperoleh gaji yang digunakan untuk biaya kuliah. Yang demikian itu adalah salah satu dari kesempatan dan kenikmatan yang diberikan Allah.

Percaya bahwa setiap kesulitanmu, akan hadir sebuah jalan keluar yang dihadirkan oleh Tuhan dalam waktu yang pas.

Jadi, berhenti untuk berpikir yang tidak perlu. Karena pikiranmu bisa jadi sugestimu.

Jika saat ini kesempatanmu adalah Kerja sambil kuliah. Maka fokuslah, teruskanlah..!! karena kesempatan yang sama tak akan terjadi dua kali. Sejatinya, kamu termasuk salah satu manusia yang paling beruntung. Menghabiskan waktu dengan bekerja sambil kuliah di Negara yang damai ini.

Coba bayangin kamu tinggal di Negara berkonflik. Tidur tak nyaman, Bekerja pun tak mungkin.

Oleh sebab itu. Waktu dan tempatmu sudah pas dan sesuai. Hanya tinggal menunggu kesempatan baik lain yang datang.

Tenang ini cuma 4 tahun kok. Nggak usah khawatir mikirin ntar nikah tua. Karena nikah bukan ajang lomba. Kalau kamu udah siap buat nikah, sedangkan belum lulus kuliah. Yah, nggak usah ditunda nikahnya. Nikah aja.. kamu bisa jadi seorang Iman atau istri sambil kuliah dan bekerja.. heheh

Sebenarnya pikirannya sesimpel itu. Hanya saja di otak kita terdapat pikiran-pikiran yang memproyeksikan apa yang terjadi jika milih ini atau milih itu. Padahal kejadian aja belum pasti.

Terimakasih

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

2 komentar

Enak lah kuliah duitnya banyak, jadi gak perlu minta minta orang tua lagi, jadi kuliah pake uaang sendiri asik wuehehe

Enak tau kuliah, apalagi di kampus ekonomi, banyak cewek cakep, muahahaha

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon