Nggak Sama! Inilah 3 Perbedaan Utama Baking Soda dan Baking Powder dalam Pembuatan Kue

Kemarin waktu gue bikin roti bareng Sobat gue, sebut saja si Kardun.. hahaha Dia nyeletuk nanya penasaran bedanya baking powder sama baking soda itu apa??

baking soda vs baking powder
hhhmmm,, gue yang ditanya kaya gitu mikir 2 kali tho yah. Secara gue bikin roti cuma tau ikutan dari resep orang tanpa tahu kegunaan bahannya apa. haahaha

Jadi sontak tanpa pikir panjang biar dibilang kalau gue serba tau, gue jawab asal "sama" ke dia.. dan, dia tanpa pikir lagi langsung mercayain begitu aja sambil ngeliat kelincahan gue yang lagi sibuk ngulenin adonan biar kalis.

Terus malemnya, pas gue lagi senggang karena jadwal ngeles lagi libur. Gue nonton channel Tasty di youtube.

dan ada scene yang bilang kalau baking powder sama baking soda ternyata beda, nggak sama!!

Ya Allah,, gue udah ngasih tau ilmu sesat ke orang.. wkwkwk

langsung gue browsing di internet. dan yah... Baking soda dan baking powder ternyata beda pengertian, beda bahan, dan beda pengaplikasian.

Yah walaupun fungsinya sama. Namun, keduanya digunakan sesuai pada kondisi bahan adonan yang kita buat. dan ini adalah perbedaannya ;

1. Bahan Utama penyusun baking soda dan baking powder

Baking soda adalah bahan pengembang yang terbuat dari 100 persen NaHCO3 atau Natrium bikarbonat, atau dikenal juga dengan sodium bikarbonat. FYI : Natrium dan sodium itu sama yah. Sodium merupakan nama dagang dari Natrium.

sedangkan, Baking powder adalah bahan pengembang dengan penyusun utama Natrium bikarbonat dan tambahan unsur lain seperti emulsifier, dan natrium pirofosfat.

2. Perbedaan kegunaannya

Fungsi dari kedua bahan ini adalah sama yaitu membuat adonan mengembang, agar roti yang dihasilkan tidak bantet.

Baking soda umum digunakan pada adonan yang mengandung bahan asam seperti susu, yoghurt, mentega, margarin. Nantinya saat mereka disatukan, bahan-bahan tersebut akan bereaksi dengan natrium bikarbonat membentuk gelembung-gelembung udara CO2 atau karbon dioksida.

Gelembung yang tertahan dalam adonan inilah yang membuat adonan mengembang setelah didiami selama beberapa saat.

Sedangkan, Baking powder adalah bahan pengembang yang digunakan saat bahan adonan yang kita buat tidak mengandung bahan-bahan asam. Jadi pembentukan gelembung karbon dioksida terjadi karena reaksi dari bahan-bahan yang terdapat dalam baking powder.

Natrium bikarbonat yang bersifat alkaloid atau basa akan bereaksi dengan natrium piropospat membentuk gelembung udara karbon dioksida.

3. Perbedaan hasil pemakaian

Baking soda akan memberikan rasa sedikit pahit pada roti, jika pemberian terlalu banyak. Akan menghasilkan rasa getir pada kue.

sedangkan, Baking powder tidak akan menghasilkan rasa pahit karena Natrium bikarbonat akan bereaksi abis dengan asam piropospat.

Lalu, pertanyaannya.. Bagaimana jika saat membuat kue kita menggunakan dua-duanya..??? jawabanya "tidak masalah" selama penambahannya tidak berlebihan..

Apakah ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai pengembang, jika baking soda atau baking powder tidak ada.

Jawabannya "Ada"..

Ragi roti akan membuat adonan mengembang. Hanya saja dia membutuhkan kandungan gula sebagai starternya. Karena, ragi roti adalah salah satu metode dengan memanfaatkan aktivitas organisme bakteri baik yang akan mengonsumsi kandungan gula dalam adonan menhasilkan uap air, sedikit alkohol, dan udara CO2.

Demikian perbedaan yang bisa gue sampaikan tentang perbedaan baking soda dan baking powder.. Semoga bermanfaat.. Buat Kardun.. Sorry yahhh.. hehehe

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

1 komentar so far

Gw aja sampe sekarang gak tau bedanya, hahaha.

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon