Cerita Gue pas Listrik Mati, Kalian??

Pagi itu gue pulang kerja dalam kondisi badan capek banget. Ini baru hari ketiga gue masuk malam. Masih ada sisa 2 hari lagi. Extra long shift malam selalu berhasil bikin gue sleep disorder berkepanjangan karena gue bukan tipe orang yang bisa tidur siang.

Penyebab badan gue capek tak lain karena hari sebelumnya sempet ada masalah sama pembeli yang bikin gue tidur telat. Menurut gue akibat miscommunication antara kita. Jadi, demi kepuasan pelanggan, gue mesti urus barang secepatnya biar nggak ada masalah kepercayaan atau gimana.

Kalau bisa diceritain sih, gini;

Sehabis pulang kerja di hari kedua gue shift malam, gue langsung cabut ke daerah anyer sama Mas Afran buat ngurus barangnya karena ada salah paham sama barang yang dipesan. Karena jarak cilegon-Anyer itu nggak dekat, alhasil gue baru sampai rumah jam 1 siang.

Sumpah itu mata kriyep-kriyep banget sangking ngantuknya. Beruntung selama perjalanan Mas Afran rela yang bawa motor, kalau gue yang bawa mungkin udah melipir ke RS kali yah..

Begitu sampai di rumah, gue langsung ngejatuhin badan di kasur setelah solat dzuhur. Dan bangun jam 4 sore.

Karena malam sehabis magrib gue ngajar. Jadi sehabis solat ashar gue nggak balik tidur. Tapi review ulang pelajaran yang bakal gue sampaikan ke anak-anak biar pas ditanya gue nggak mikir-mikir dulu sembari nyiapin materi pelajaran.

Habis magrib gue berangkat ngajar dan langsung siap-siap berangkat kerja jam 9 malam. Begitulah kegiatan gue kurang lebih kalau lagi shift malam di hari senin-rabu dan jum'at.

Pagi pas pulang kerja keesokan harinya, didapati lah gue pulang dengan badan yang super nggak enak, mental serta fisik berasa sekali lelahnya. Bahkan gue sampai ketiduran dalam mobil jemputan. Si Bapak sampai turun mobil buat ngebangunin gue sangking pulasnya tidur gue.

"Mas Bayu, udah sampai" Pak Andri sang pengemudi jemputan, nyolek-nyolek badan gue.

"Ya Ampun pak maaf... Ngantuk banget, jadi ketiduran... Makasih yah pak" Sigap gue langsung turun dari mobil dan jalan menuju rumah.

Sesampai di rumah, gue cuci kaki, muka, dan ganti baju langsung naik ke atas kamar gue..

"Welcome home bayu, There is no reminder for you today" Sambut Google Home, Asisten pribadi di kamar gue. Disusul dengan hembusan AC yang menyala.

Tanpa basa-basi gue langsung membantingkan badan ke kasur.

"Hey Google, Play something relaxing for sleep" Omong gue.

"Ok, I play playlist called relaxing music via spotify, here you go" Dendangan nada piano terputar ke seluruh penjuru ruangan.

Gue terlelap dalam tidur gue.

Tiba-tiba...

Ada sesuatu yang berbeda terjadi di kamar gue.

Sesuatu yang bikin mata gue terbuka, dan melihat jam di HP bertuliskan 11:36 AM. Gue mendapati kondisi lampu tidur gue yang mati serta AC yang masih terbuka tanpa adanya indikasi ON.

"Mati lampu??" Batin gue..

dan benar saja, di tempat kami mati listrik.

Gue turun ke bawah, mendapati bokap yang lagi tiduran sama nyokap sambil kipasan. #so sweet sih kalau diliat. wkwk

"Mati lampu yah pak??" tanya gue dengan nada yang sedikit geram.

"Iyah bay, panas yah???" ledek bokap..

"Duhh yah, tau ngantuk gini. Pake acara mati listrik"

gue cek hape, dan yah,, 55% terpampang nyata di layar hp... and no powerbank...

Oh Greatt!!

"Pak, air kamar mandi abis..." Teriak mba gue

"Hematiin lahh" sambung gue

Waduhh,, ini air PDAM juga mati. Pompa nggak bisa dinyalain. Gue mana sakit perut pengen boker.. hhmm

"Assalamualaikum..."

"Walaikumsalam.."

"Bay, mau numpang pipis sih.. boleh nggak??? air dirumah abis belum sempet isi" tanya tetangga depan rumah.

"Yah oke tan. Tapi dihematin juga yah.. wkwkwk" jawab gue.

Dalam hati kita "Alaamakk air gimana ini?? mau abis..."

Kondisi gue juga belum mandi ntar malem kan kerja... ngelesin juga gimana. mati listrik gini.. "Ahhh mungkin ntar sore udah nyala" batin gue.

Gue ambil HP, sambil ngecek-ngecek siapa tahu ada info tentang listrik mati.
"Yaelahhh, ini internet juga ikutan soak. Masa sinyalnya jadi Edge"

Ternyata mati listrik sekarang nggak cuma bikin pusing karena listrik nggak ada, tapi air sama sinyal juga ikutan ilang. Ya Ampunnn... -__-

"Bakal lama nih..."

"Bay, yuk ikut Bapak ke Bu Haji minta air..." Ajak bokap...

"Yuklah pak..."

Akhirnya sore itu sekitar pukul 4an sore, gue sama bokap keluar rumah sambil nenteng 4 ember... Diluar rumah tampak beda. Ramai, banyak anak-anak pada main kejar-kejaran. Ibu-ibu bapak-bapak nimbrung lagi ngobrol sambil ketawa-ketawa.

Sumpah pemandangan kaya gini nih udah lama banget.. Berasa lagi nostalgia pas gue masih muda dimana banyak orang yang kumpul di depan rumah sore hari buat kumpul.

Gue dan bokap terus jalan sambil bawa ember. Jaraknya lumayan jauh. Soalnya di belakang gang.

"Pak, emank bu haji banyak ya airnya??"

"Iyah, soalnya dirumahnya masih ada sumur yang bisa ditimba..." jawab bokap gue..

"Serius?? masih ada yah orang yang punya sumur timba..."

Dan benar aja. Banyak tetangga sambil bawa ember ngumpul di depan rumah bu Haji. Ramai banget pokoknya. Sampai ada mamang es krim keliling di depan yang lagi dikerubungin anak-anak.

Sumpah kocak banget... seru!! ramai lagi... gue juga jadi bisa ketemu sama tetangga yang udah lama nggak ketemu yang ngelontarin pertanyaan-pertanyaan yang nggak gue suka.. tau lah yah apa.. heheh

Sayang gue kemarin nggak bawa hape. Jadinya nggak sempet moto. Kalau di foto mah keren tau. Tetangga-tetangga pada ngantri berjejer gitu sambil ngobrol-ngobrol. wkwkw

Terus ada Pak Iwan yang nyidukin air dari ember orang-orang ke ember dia sambil cengengesan karena nggak mau antri.. Hahahah Usil emang.

Malem tiba, listrik juga nggak kunjung nyala. Gue juga nerima kabar kalau ternyata turbin di suralaya ngetrip. Nggak tau dah pabrik gue gimana. Soalnya kita masih bergantung sama PLN buat urusan produksi.

Cuma karena Internet lagi nggak bisa. Apa boleh buat...

Malem itu juga nggak kalah seru. Di depan rumah, kita ngadain makan bancakan sama tetangga satu gang. Kita gelar tiker cuy di jalan gang... di terangin sama lampu emergency dan lilin-lilin. Karena HP gue udh mati juga, jadi nggak sempet moto.. Maaf yah.. Pokoknya momen kali ini langka banget.

Listrik mati, via pixabay.com

Sayang, nggak kerasa udah jam setengah 9 malam dan gue harus siap-siap buat kerja...

Jam 9 gue naik jemputan ke tempat kerja dengan harapan listrik disana baik-baik aja. biar bisa ngecas HP.

Tetapi selama diperjalanan. Jalanan penuh banget sama kendaraan dan orang-orang. Mall apalagi ramee..
Tempat makan juga...
Banyak orang-orang juga yang pada ngemper, nongkrong, ketawa-tawa. Pokoknya jalanan pas mati listrik penuh banget sampai bikin macet.

Untung kita nggak telat. Tapi tetep aja. Ternyata sampai pabrik juga gelap gulita. Hahah.

Kita juga nggak bisa masuk pabrik karena gelap banget. Ada sih genset, tapi orang elektrik bilang gensetnya buat jaga-jaga besok kalau masih mati buat dipakai sama orang-orang kantor. Karena kinerja mereka lebih penting.

Akhirnya kita ngasoh di depan kantor. Kata orang elektrik kemungkinan listrik nyala jam 12 malam. Setelah itu, kita tunggu kabar selanjutnya apakah bisa lanjut produksi atau nggak. Karena recovery listrik mati bisa memakan waktu berjam-jam di pabrik.

Batin gue, malam ini agak santuy donk nggak ngapa-ngapain.

Jam 11 malam kita cari gorengan dan snack lainnya. Kami malam itu, santuy banget pokoknya bisa tidur-tiduran. Hingga jam 1 malam lewat, jam 2, jam 3, listrik tak kunjung nyala.. beberapa dari kami ada yang santai sambil kejar bintang di mobile legend, ada yang ngobrol-ngobrol, ada yang asik sendiri, ada yang cerita horror.

Pokoknya malam itu seru banget, karena pengalaman seperti ini baru pertama kali mengalami. Penerangan kami hanya sebatas lampu dari mobil. Sumber listrik juga dari mobil buat cas hape. wkwkw

Pokoknya seru, hingga subuh datang dan tepat pukul 5 pagi pas kita lagi solat subuh. Listrik di tempat bekerja kami menyala..

Kami pun langsung bergegas ke pabrik dan melanjutkan recovery pasca Blackout sampai jam 7 pagi datang, dan kami pulang dengan wajah yang gembira..

hahaha What a nice day ever!!

Dan pagi itu, gue tau kalau ternyata listrik mati secara serentak di Banten, Jawa barat, dan Jakarta akibat dari gangguan pada Sutet Ungaran-Pemalang yang menyebabkan Turbin di PLN Suralaya Banten trip.

Wahhh,, rugi banyak dong yah..
Tapi Yaudah di balik semua itu, tetap ada satu titik positif yang bisa kita lihat dan pelajari. Iyah nggak??

Terlepas dari PLN yang salah atau nggak. Tetap, gue masih mendukung dan percaya sama mereka. Karena bagaimanapun masalah memang tak bisa diprediksi. Hanya saja siap atau nggak siapnya kita menghadapinya..

4 agustus 2019...

Pria mochi yang suka bergalau, suka main, rajin, baik sama orang, tidak sombong, n suka menabung... Ahahahaahahasiiiiaappp :D

5 komentar

  1. wah sepertinya miris sekali mas ya haha. aku pas listrik mati santai aja nih karna ga terkena dampak nya :D

    BalasHapus
  2. aku merasakan kalau tidak ada listrik pasti hening semua ditemani lilin

    BalasHapus
  3. Syukurlah udah tinggal di Padang lagi
    Jadi nggak ikut merasakan wkwkwkwkw

    Kebayang deh nggak ada kipas -____-

    Ga ada lampus, HP atau internet mah seru-seru aja
    Ga ada kipas......

    #KipasisLife

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya kalo mati lampu lu ngider ke rumah orang-orang ul? Kan udah gw jagain lilinnya...

      Hapus
  4. Ternyata ada kisah manis juga ya mas dibalik listrik padam.

    BalasHapus

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon