9 Hal yang Bisa Kalian Lakukan Saat Bos Marah

Namanya kerja, berbuat salah nggak pernah bisa kita hindarkan. Kadang ada saja masalahnya yang bikin kita kena ulti si Bos yang kadang kemarahannya bikin kita kesal, kecewa, dan bete. 

Jujur, gue bukan tipe pemarah. Tipe penyayang gue mah.. hahah :D :D

Sebagai seorang yang juga bekerja sebagai guru les privat. Menurut gue,  marah bukanlah hal yang menyenangkan buat dilakukan. Karena gue percaya bahwa setiap orang memiliki perbedaan dalam mengartikan sebuah kemarahan. 

Ada yang ngebuat dia semakin down, dan ada juga yang ngebuat dia semakin termotivasi. Jadi, marah bukanlah satu-satunya jalan terbaik buat dilakukan. Akan tetapi bagaimana kita bisa membuat kesalahan itu tak terjadi untuk kedua kalinya.

Hasil gambar sendiri....
Salah satunya adalah dengan Mediasi.

Bicara bagaimana itu bisa terjadi, alasannya apa, dan dia kenapa... bisa jadi langkah terbaik untuk mengetahui bagaimana kesalahan tersebut dapat terjadi, Sehingga kedepannya kita bisa saling intropeksi diri apa yang sebaiknya kita lakukan agar kejadian tersebut tidak terulang.

Akan tetapi setiap Bos memiliki tabiat atau kebiasaannya masing-masing. Sehingga ketika dia marah, 9 hal ini bisa kita lakukan ;

1. Diam dan Tenang

Dengarkan saja. Tidak banyak yang bisa kita lakukan saat kena marah oleh BOS. Ibarat nasi sudah menjadi bubur, karena kesalahan sudah terlanjur kelewat. Jadi, simpan saja pembelaanmu saat waktu kita untuk menyampaikan pendapat telah tiba. Jangan motong pembicaraan!

2. Jangan ikutan marah

Dalam islam, kita tak boleh melawan kemarahan dengan kemarahan. Alih-alih bukannya mempermudah malah semakin memperumit keadaan. Jadi, tetap tenang dan sabar.

3. Jangan nangis, atau ngerengek.

Tahan dulu sebentar. Menangis tidak apa-apa. Akan tetapi, menangis saat kita dimarahin bukanlah hal yang bagus buat dilakukan. Jadi, santai dan tahanlah air matamu saat kamu sampai di rumah. 

4. Jangan baper sama kata-kata yang menyakitkan

Sebenarnya parah sih kalau ada bos yang kalau lagi marah keluar kata-kata jahat sampai bawa-bawa binatang. Jika adapun, dimohon tetap tenang. Dan doakan bosmu agar diberi hidayah untuk tidak menggunakan kata-kata yang tak enak di dengar saat marah.

Yah, gue tau itu menyakitkan. Tapi tenang, jika kita telah mengakui kesalahan kita dimana dan bos masih marah-marah dengan kata kasarnya. Berarti kita telah 2 langkah maju di depannya. Let it be aja si bosnya.

Karena mengakui kesalahan adalah hal terbijak di dunia ini.

5. Kerjain semaksimal mungkin

Ketika ada next pekerjaan, selesaikan semaksimal dan seteliti mungkin untuk menghindari kemarahan edisi 2. Jika perlu targetkan waktu selesaimu. Jika memang mampu selesai dengan tenggat waktu yang ditentukan. Maka selesaikan sebaik mungkin.

Namun, jika permintaan bos yang tidak masuk akal. Kita bisa bicara sebaik mungkin. Kalau memang adapun bos seperti ini gue mikir, ini Bos pasti bos karbitan yang masuk lewat orang dalem.

6. Mau curhat boleh, Ke teman yang nggak ember yah

Waktu dan tempat curhat paling asik adalah sepulang kerja, di cafe atau restoran favorit. Ajak teman yang paling dekat buat makan, kalau bisa traktir aja. Curhat sambil makan makanan dan minuman favorit bisa jadi pelampiasan kamu saat seharian suntuk karena dimarahin bos.

7 Nggak malu, dan tetap sportif

Jika salah maka akui saja tak usah malu. Kamu dan gue cuma manusia yang nggak luput dari kesalahan. Yang terpenting adalah jujur, jika berbuat salah maka akui, bukannya nyari alasan pembenaran atau malah nyalahin orang lain.

8. Nggak buru-buru Resign

Sekali lagi, posisi kita sekarang, wajib kita syukuri. Kita termasuk orang yang beruntung karena masih punya kerjaan yang berpenghasilan saat ini. Ada kalanya, saat kita dimarahin, kita ikutan marah dengan keadaan. Semua berasa salah. Termasuk juga pekerjaan.

Tahukah kamu, jika sudah begini secara nggak sadar mulai timbul sikap nggak bersyukur atas nikmat yang telah didapat.

9. Instropeksi diri demi diri yang lebih baik kedepan

Oke terakhir kita intropeksi diri apa yang sebaiknya kita lakukan, agar kedepannya kesalahan yang sama tidak lagi terulang, dan jangan lupa untuk melihat segala kejadian dari kacama positif.

Suwun.. Makasih

Pria mochi yang suka bergalau, suka main, rajin, baik sama orang, tidak sombong, n suka menabung... Ahahahaahahasiiiiaappp :D

7 komentar

  1. Gw kalo diomelin bos mah diem. Karna pasti gw salah.

    BalasHapus
  2. bila bos dah marah aku diem je tunggu hipertensi nya naik he he

    BalasHapus
  3. 10. Update insta stroy wkwkwkwkkw

    Follow aku dooong @Aulhowler

    XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aul, temen gw boleh follow lu gak?

      Itu om-om yang naksir lu


      Wkwkwkwk

      Hapus
  4. Tenang dan lakukan sj yang terbaik yang bisa dilakukan, tak perlu bereaktif, ketenangan kita jadi nilai plus.

    Simpan semua dalam hati, yang jelas karma pasti berlaku, kalau dimarahin tanpa salah atau penyebab jelas. Banyak bos seperti itu.

    Tapi ketika tenang waktunya instropeksi diri, salah dimana perbaiki, dan jangan pernah merasa benar, karena gak akan oernah menemukan manfaat instropeksi diri.

    BalasHapus
  5. Apa boleh buat? Kalau dimarahi ya kita cuma bisa dieeemm...huhuhuhu... itulah dulu yang selalu kulakukan....

    BalasHapus
  6. Tapi kadang kalau marah harus kita ledakan... yg penting situasinya tepat.. Supaya lepas dan bebas dari penatnya hidup

    BalasHapus

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon