Smart Speaker, Bikin Rumah Jadi Pintar

Go Digital.... Go Smart Home!!

Perkembangan teknologi berasa tidak pernah ada habisnya, selalu bikin kita terjelalak kagum terhadap kecanggihan yang sepertinya agak mustahil kalau dipikir-pikir.

Lihat aja handphone yang layarnya sekarang bisa dilipat macam bedak padat, kamera yang bisa ngezoom sampai 100x, laptop yang makin tipis tapi makin cepat, nggak ketinggalan juga rumah yang kini semakin pintar.

Era serba digital ini, pelaku industri teknologi sepertinya nggak mau jika teknologi hanya berkutat di sekitar laptop, atau smartphone saja. Melainkan, mereka kini lebih serius untuk menciptakan sesuatu yang memiliki tujuan agar hidup manusia bisa lebih mudah.

Salah satunya yaitu teknologi Smart Home, kemudahan akses rumah hanya dengan sentuhan jari.

Rasanya sejak tahun 2018, Pas gue ngunjungin rumah Mas Andri di Bandung yang berhasil banget bikin gue penasaran sama rumah yang akses kontrolnya hanya dengan perintah lewat HP atau suara.

Sejak saat itulah gue nyicilin barang-barang smarthome buat di kamar biar bisa ngedukung salah satu hobi gue yang nggak banget yaitu "Mager". hahaha

Tapi Alhamdulillahnya sejak makai barang-barang ini, kawan-kawan gue yang millenial banyak yang tertarik dan mesan barang-barang lewat gue. Yah lumayan jadi kerjaan sampingan. heheh

Ada banyak banget barang-barang Smarthome yang udah release di Pasar Indonesia. Brandnya kebanyakan dari xiaomi, Bardi, dan Google.

Kita sendiri udah kenal yang namanya personal asisstant atau digital asisstant seperti Google Asisstant dari Google, Alexa dari Amazon, atau Siri dari Apple dalam perangkat gawai kita.

Mereka dibuat dengan maksud untuk memberikan kemudahan dalam penggunaan smartphone melalui perintah suara sehingga apa yang kita mau seperti menyetel alarm atau mengetik pesan dapat dilakukan hanya dengan perintah suara.

Dan sekarang mereka memperkenalkan Smart Speaker, sebuah perangkat berbentuk speaker pintar yang built in dengan masing-masing andalan digital asisstant mereka. Sekarang siapapun di rumah bisa berbicara atau menyuruh apapun secara digital.

Katakanlah sebagai pengingat, teman ngobrol, teman bermain, mendengarkan lagu, setel alarm, matiin nyalain lampu, akses robot pembersih, akses pintu, akses hordeng otomatis, akses sensor, akses kamera keamanan, dll hanya dengan perintah suara.

Jadi, nggak perlu susah-susah bangun buat matiin saklar lampu pas udah terlanjur rebahan tapi lampu lupa dimatiin. heheh

Smart Speaker bisa dibilang sebagai jembatan penghubung antara suara kita ke perangkat pintar di rumah agar aksesnya dapat di kontrol dengan suara.

Di Indonesia sendiri, produk Smart speaker dari google yang udah resmi masuk Indonesia karena perangkatnya sudah mendukung Bahasa Indonesia.

Dukungan pihak ketiganya juga yang paling lengkap bila dibandingkan dengan produk smart speaker dari Amazon atau Apple. Katakanlah xiaomi, Bardi, Ewelink, Broadcom, dll sudah bisa dihubungkan ke akun smart speaker google dengan mudah sehingga izin akses dapat dilakukan.

Google Home
Nggak cuma itu, harganya juga relatif terjangkau yaitu kisaran 500 ribuan untuk Google Home mini 1st Generation, 700an untuk Google Home Mini 2nd Generation, dan 1.2 juta untuk Google Home.

Bila dibandingkan dengan HomePod, produk smart speaker dari Apple yang harganya kisaran 5 jutaan.

Selain itu, produk ekosistem google juga lebih cenderung merajai dan lumrah di kalangan masyrakat dunia khususnya di Indonesia. Lihat aja Gmail, Youtube, Google Drive, Blogger merupakan beberapa produk punya google.

nih video simpelnya :D


Bayu13K
Bayu13K Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, kadang alay. Hahahah Kenapa 13K??? yah suka aja. Berasa murah gitu,. Kalau murah kan pasti disenangin orang. Tapi jangan panggil gue murahan yah!! gue amuk lu ntar!!

9 komentar untuk "Smart Speaker, Bikin Rumah Jadi Pintar"

  1. Dih, bikin kepengin punyaaaaa ...
    Asik juga kalo bisa diajak jadi temen ngobrol 😄, apalagi curhat-curhatan wwkkk ...

    Kalo curhat mesin memorynya nyimpan kata-kata yang diucapin ngga, ya 🤔 ?.
    Takutnya begitu pas dipakai orang lain, kebongkar deh isi curhatannya ... 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.. kayanya untuk urusan curhat belum secanggih itu.. cuma sebatas semisal "hari ini bete banget sama si bos" paling dia bales "yah itu hal yang wajar, mau coba buat dengerin lagu?"

      Gtu paling..

      Hapus
  2. Aku kemaren lihat smart speaker ini pas di ytube nya bang fiersa. Di kamarnya ada itu, pas scane keliling rumah apa ya nyebutnya home tour wkwk

    Asik juga nih yah, apalagi di kosan sendirian duh enggak banget. Smart speaker hadir menemanimu yang sepi dan sendiri🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah yang sepi dan sndiri... nyindir banget yakk... wkwkwkkw

      Hapus
  3. Keren ya Mas, jadi pengen punya juga biar rumahnya bisa kayak rumah Iron Man.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahh, coba cara jawab speakernya bisa kaya yg di film iron man.. duhh itu mah pinter bangett.

      Hapus
  4. Wah tos dulu dong mas. Dlu krna liat apartemen yg pke sistem smart home auto mlongo trs sejak saat itu ku juga seneng ngoleksi barang2 yg smar home gini kaya lampu yg bisa dikontrol dg sntuhn jari. Jd pgn juga beli speakernya nih. Hhh

    BalasHapus
  5. Keren ...
    Barang2 skr smw nya smart, hanya sj yang pakainya masih PEER, belum smart xixixixi

    BalasHapus

Posting Komentar

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.

Berlangganan via Email