Review Jujur Printer Epson L805

Gue adalah tipe konsumen yang ehmmm bisa dibilang super cerewet dan banyak tanya meskipun nggak pandai dalam urusan tawar-menawar harga. 

Kebiasaan gue sebelum meminang sebuah benda adalah timbang-menimbang apakah barangnya patut untuk dibeli berdasarkan kebutuhan dan memiliki kualitas yang oke atau nggak?? Biasanya pertanyaan seperti itu bakal terjawab setelah melihat pendapat orang lain.

Thanks God,, sekarang udah ada internet yang gampil banget nyari review-review yang tersebar di jagat maya.

Sejak akhir tahun 2019, dimana gue baru memantapkan hati untuk kuliah. Hati gue terbesit untuk memiliki sebuah alat dasar yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa, yaitu printer. 

Sebenarnya keinginan gue punya printer bukan hanya untuk memudahkan urusan mencetak tugas perkuliahan saja. Melainkan juga untuk mencetak gambar-gambar yang selama ini gue buat dan bisa gue tempelkan di dinding kamar gue sebagai hiasan dinding.

Yah,, siapa tau? dengan ini gue bisa nyambi jualan wall decor juga.. hehe Who Knows!! Aminn

Pada awalnya gue bingung buat nentuin printer merk apa yang bakalan gue beli, Apakah Cannon? atau Epson? atau mungkin merk Brother?? Tapi, karena pabrik tempat gue kerja, mereka hanya menggunakan printer merk Epson. Akhirnya gue memutuskan untuk mencari seri printer paling rekomendasi merk Epson.

Ada banyak banget seri printer Epson. Dari yang paling murce hingga yang paling mahal. Jenis printer Inkjet yang mereka kenalkan memiliki keunggulan pengisian tinta yang lebih mudah dan nggak belepotan karena Printer jenis ini memiliki tabung penyimpanan tinta tersendiri.

Awalnya pilihan gue mantap di Printer Epson tipe L3110. Printer inkjet All in one yang menyediakan fasilitas print, copy, dan scan dalam satu perangkat printer. Selain itu, harga printer seri ini juga terlihat lebih affordable. 

Dan sejak akhir tahun 2019 lah, gue mulai nabung khusus buat beli printer sedikit demi sedikit di reksadana Bibit.

Waktu terus berjalan, melalui hempasan bebatuan dan godaan dunia. Akhirnya uang terkumpul. Yahh,, walaupun butuh 8 bulan lamanya. wkwkwk!

Seperti biasa, ketika hati sudah mantap. Selalu ada saja haluannya. Gue mencoba memastikan apakah Printer Epson L3110 adalah printer yang gue butuhkan?? karena selama 8 bulan, sejak gue kenal Printer Epson L805. Hati gue mudah berpaling. wkwkwk

Printer Epson L805 memiliki keunggulan dalam mencetak foto. Bayangkan jenis tinta yang mereka gunakan memiliki 6 sistem tabung tinta. Nggak hanya Black, Yellow, Cyan, dan Magenta melainkan ada tambahan Light Cyan, dan Light Magenta.

Sehingga dari sisi hasil cetakan foto. Printer Epson L805 bisa lebih baik ketimbang Epson L3110 *harusnya yah... Namun, yang perlu diperhatikan adalah Printer Epson L805 tidak memiliki fasilitas scan ataupun copy.

Dan harga Printer Epson L805 ini lebih mahal daripada si L3110.

Kemudian, seperti biasa hati gue masuk ke mode galau. Satu sisi gue sayang banget sama uangnya. Mahal beud bo!!

Tetapi setelah menimbang, menghitung dan mengukur. Akhirnya gue beli Printer Epson L805 di Shopee dengan harga 3.770k.

2 hari berlalu. Paket printer kiriman dari tangerang telah sampai di rumah. Jujur, untuk modelnya agak sedikit kuno yah. Tapi ini kan sebenarnya hanya masalah personal preference doank yah, beda mata pasti beda pendapat.

Gambar Printer Epson L805, via kamar gue..

Dan yah, langsung saja gue Unboxing...

Di dalam kardus terdapat :

  1. Printer Epson L805
  2. Kabel USB dan Kabel Power
  3. Petunjuk Penggunaan Pertama Kali
  4. CD Driver, buku panduan, dan kartu garansi
  5. Tray khusus print kartu dan CD *Wow
Untuk Persiapan, Pihak Epson udah ngasih 1 lembaran khusus panduan persiapan printer pertama kali. Sebaiknya kalian baca dan ikuti lembaran panduan tersebut agar nggak ada yang miss.

Cara persiapan printer Epson L805 ini bisa dibilang cukup mudah dan gampang. Asalkan teliti!! Jadi untuk mengurangi kesalahan, gue nggak akan menjabarkan persiapan Printer Epson L805 pertama kali secara detail di sini yah.. :)

Tapi satu yang jelas, setelah mengeluarkan printer dari kardusnya. JANGAN LANGSUNG DIHUBUNGKAN KE LISTRIK yah teman-teman!!!

Lepasin aja dulu perekat-perekat pengaman yang berwarna biru semuanya.

Oh ya, saat mengisi tinta. Pastikan dulu yah tinta yang akan dimasukkan ke tangki SUDAH SESUAI dengan warna yang seharusnya. Jangan sampai tangki yang seharusnya diisi Light Cyan malah diisi warna Cyan.. Kalau sampai kejadian begini, BUBAR langsung.. Perlu dilakukan pengurasan kembali yang gue nggak tau caranya gimana.

Tapi nggak usah khawatir selama kalian ikuti Buku Panduannya dan teliti. Semua akan baik-baik saja kok..

Di Jepang ada budaya tunjuk untuk memastikan apakah pekerjaan yang akan dan telah dilakukan sudah benar atau belum. Ibarat kata doubble check. Gue saat bekerja di Pabrik selalu diharuskan memakai metode itu, dan yah it works a lot.

Setelah printer beres hingga tahap pengisian tinta. Printer bisa dihubungkan ke listrik dan dinyalakan kemudian dilakukan penghisapan tinta dari tangki ke Head Cartridge utama. Langkah ini butuh waktu lebih dari 20 menit. Jadi bersabar yah.. Jangan dimatikan atau di utak atik sampai lampu tidak berkedip lagi.

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengerin lagu, atau nonton TV atau mungkin mencari driver printer Epson L805 secara online jika kita tidak memiliki akses CD ROM.

Driver bisa dicari di web resmi mereka Epson, kemudian pilih Support, masukkan seri Printer Epsonnya. Terus kalian bisa download driver printernya dan aplikasi Epson Easy Photo Print.

Beres deh persiapannya.. Setelah urusan menghisap tinta selesai dan lampu sudah tidak berkedip lagi. Kita bisa hubungkan printer ke USB laptop kita dan instal drivernya.. Selesai deh. Kita bisa lakukan test print dari menu maintenance untuk melihat hasilnya.

dan bisa dicoba untuk cetak foto. :)

Gila sih buat hasilnya... Hasil cetakan printer Epson L805 ini super banget. Hasilnya bening, warnanya bagus.. Gue suka banget.. Nih liat aja hasil cetaknya.. Sorry yah bayangannya mengganggu. Soalnya kamar gue nggak punya lampu yang terang. heheh

Hasil Cetakan 1




Tapi yang jelas gue puas banget sama hasil cetak gambarnya. 2 jempol buat Printer Epson L805. Mantap...

Oke sekian review singkat Printer Epson L805 dari gue. Semoga bermanfaat...

Oh ya untuk tintanya, bisa dibeli di mall resmi Epson di shopee seharga 786 ribu untuk 1 set (6 botol). Jadi harga per botolnya berkisar 130.000an.

Terimakasih. Gue nobatkan Printer Epson L805 sebagai Printer foto terbaik versi gue.. heheh Ciao..

Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

31 komentar untuk "Review Jujur Printer Epson L805"

Comment Author Avatar
Cieeiilleee yang baru punya printer Baauu...Eehh salah Baruu..Langsung deh semua gambar dibuat dan ditempel2...🀣🀣🀣

Cocok luh Bay jadi tukang wallpaper dinding..🀣🀣🀣

Intinya mah bukan merk Bay yang terpenting Fungsi dan kenyamanan nya..😊😊


Printer gw malah model Jadul yang kalau lagi ngeprint bunyinya Ciittnyuuutt2 ..ciittt...Ceettt2..Ciinyutt2...🀣🀣🀣 Bahkan orang yang dengar saja bisa langsung congean tuh kupingnya.🀣🀣🀣🀣
Comment Author Avatar
Iyahh yang penting fungsi dan keawetannya.. hahaha
Saya seumur2 baru kali ini punya printer Mas.. dlu kalau ngeprint larinya selalu ke toko potokopi..
Yg ini juga bunyinya "Srekkk,,, sreeekk, sreeekk"...

Kelemahannya printer ini kalau ngeprint borderless ukuran A4 sering ada sisa tinta di ujung kertas paling akhir... Tapi overall bagus banget sama hasil cetaknya...
Comment Author Avatar
Mehong juga harga printer nya kang 3.8 juta, belum lagi beli tintanya 800 ribu, totalnya 4.6 juta, itu juga beli online ya, aku yakin kalo beli langsung di toko offline lebih mahal lagi.

Tapi memang ada harga ada kualitas, hasil fotonya memang bagus sekali.πŸ˜ƒ
Comment Author Avatar
Iyahh mehong bener.... Saya aja sakjane ragu og.. Tapi entah kemasukan apa kok tiba2 malah jadi beli yg ini...

Tapi setelah dateng saya puas banget sama hasilya..
Comment Author Avatar
Benar sekali mas, biar mehong juga yang penting puas. Yang nyesek kalo beli mahal tahunya zonk.πŸ˜‚
Comment Author Avatar
Cukup mahal juga ya Mas, tapi hasil print nya juga bagus banget. Jadi sesuai harga lah.
Comment Author Avatar
Iyah mahall.. Mungkin karena emnk printer ini dikhususin buat print foto makanya mahal. Soalnya yang printer model L3110 juga bagus kok hasil printnya...
Comment Author Avatar
Saya dari dulu pakai Epson mas, dari jaman sekolah. Dan produk Epson bagus-bagus jadinya saya belum ada niatan pindah ke lain hati, setiap mau beli printer baru pasti yang dicari Epson lagi πŸ˜‚

By the way, kalau dilihat foto di atas, hasilnya memang bagus yah. Itu print di kertas biasa atau kertas foto, mas? Jernih soalnya 😍 -- semoga printer baru mas bisa awet dan menemani mas mengerjakan tugas kuliah 😁
Comment Author Avatar
Ra po po mihils hargane mas mochi ..., wong hasi print-printannya memang jernih banget.
Ada kan ya , udah harga printernya mahal, *eh hasil cetakannya ora cling.
Comment Author Avatar
Ya ampun iya kece banget deh hasil cetakannya, jernih gitu. Mana itu gambarnya emang bagus, bagus buat cover bukuπŸ˜…

Dulu pas SMA saya pernah beli printer pakek duit suntikan beasiswa klo gak salah, lupa sih. Soalnya saya gk mau ngeluar duit wkwk

Merek si C bukan si E ini. Mau nyesal sih enggak ya, cuman kalo saya teliti lebih dulu sebelum beli pasti lebih milih produk E. Emang bagus sih menurutku. Si C kmren cuman bertahan setahun, setalah ku tinggal 6 bulan libur (lupa libur apa). Kan gak ke pakek tuh ya, yowes jadi macet tintanya. Kata orang" tintanya beku🀣

Segala macam udah saya lakuin deh, cuman klo ngeluarin duit buat benerinnya dih ogah. Dasar aku wkwk
Comment Author Avatar
kencengin amiiiiiiiiin
semoga si bayu one day bisa nyambi bisnisan wall decor deh, gw bantu aminkeun, amiiiiiinn

tapi ...kita keknya bertolak belakang deh bay, justru gw adalah type konsumen yang iya iya aja ketika disuruh bayar berapa ama sellernya, macem maen percaya aja gitu ama sellernya wkwkwk, itulah kelemahan gw yang kadang emang males nanya, tapi sebelumnya tentu gw banyak cari tau juga sih di internet mengenai barang yang bakalan gw beli, ya supaya tidak kecolongan dan bagaikan membeli kucing dalam karung goni wkwkw

thanks God, sekarang banyak orang kasi review zuzur di blog blog, vlog vlog, atawa forun2 diskusi yes

mengenai printr...gw akui sebagai orang yang demen gambar (walaupun sketsa gw masi ala ala gambar bodoh ga sekeren gambarnya bayu, gw pun pengen banget beli printer yang uda sekalian ngover alat scan..), tapi blom kesampaian, pengennya beli second aja, lumayan karya sendiri bisa discan trus ntar dipindah ke blog xixixix

Comment Author Avatar
Saya jg pake printer epson mas. Emang segi kualitas bagus, dibanding printer merk Ca*** dan H*. Sebab saya sebelumnya pake printer itu dan dirasa boros sekali, enakan epson deh
Comment Author Avatar
Wah, mas Dodo punya printer Epson juga ya.
Comment Author Avatar
aku trauma printer epson dulu pas di sekolah itu kalau udah dipake lama sering kertasnya dobel dobel pas keluar apalagi pas kertanya tipis wkwkw

tapi yang ini belum pernah si dulu pakai L120 dan mayan mahal juga ya mas

aku suka banget bisa cerah gitu
biasanya klo pas masih baru aku pakai buat ngprin editan foto atau iseng iseng buat kalender hehe

di rumah juga pakai L120 gegara udah kebiasaan pas di sekolah dulu
jadi udah paham banget klo lagi rewel mesti diapain haha

Comment Author Avatar
gila mas Bay, keren banget hasilnya ya. warnaya ugh bangeeet, murah pula. buatku nggak masalah sih wlpun modelnya terlihat agak jadul, ih jadi pengen beli, hhh
Comment Author Avatar
Tadinya aku pikir ngapain jg beli printer mahal2 gitu, tp setwlah liat hasilnya, oke, itu worth it hahahhaah.

Printer di rumahku juga Epson mas, tp mbuhlah serial apa. Pak suami yg pake. Itupun skr udh jarang. Jd bisa dibilang itu printer udh setahun LBH nganggur. Kurasa udh rusak juga kali, Krn tinta ga boleh didiemin selama itu kan yaaa?

Kami memang udh ga perlu pake printer sbnrnya. Kalopun ada tugas sekolah anak misalnya, itu jg cm selembar palingan, yg ada aku LBH milih ke warung fotocopy depan yg nyediain jasa printer. Jd sayang sih printer di rumahku ini :(.

Aku suka sih model printer punya mu ini mas. Walo kliatan vintage tp cakep kok, simple aja :). Enak diliat. Ga kliatan ribet :p
Comment Author Avatar
Mahal ya kak printer nya, saya dirumah pake epson L3110 harga cuma 2jt an.
Karena hobi print foto buat di tempel di dinding.
Comment Author Avatar
Wah hasil printernya jernih keren banget.
Nggak apa-apa mahal kan penting buat kuliah. Ntar kalau sudah nggak dipakai lagi maaih bisa dijual. Hehehhe
Good luck ..
Comment Author Avatar
merk brother? saya baru denger

sering aku liat sih printer merknya epson atau canon.

thanks sharing mas
Comment Author Avatar
Ketahanan nya berapa tahun mah cetakan ny
Comment Author Avatar
Sayangnya umur printer saya belum ada setahun.. beli sekitar bulan oktober 2020. Saya punya hasil gambar saya yg saya print. Saya taruh di luar nggk di laminating sama yg dilaminating. Masih bagus sih smpe skrang... 😁
Comment Author Avatar
Mau tanya gan, untuk narik kertas 260 gram bisa kah?
Comment Author Avatar
Mau tanya gan, untuk narik kertas tebal 260gsm si Epson L805 ini bisa gan?
Comment Author Avatar
260 gsm yaaa... hhhmm tebel banget sih. Aku sndiri belum nyoba setebel itu. Baru yg 230.. dan lancar aja gan buat ngeprint full ukuran A4... 😊😊
Comment Author Avatar
Kak kalau misal cetak polaroid pake tinta ori itu bakal luntur ga
Comment Author Avatar
Punya ku masih bagus sih udah setahun.. Asal nggak kena sinar marahari langsung aja. malah kalau lebih awet bisa di laminating dlu..
Comment Author Avatar
Pake kertas apa kak buat epson l805 ini
Comment Author Avatar
Pakai kertas apa kak
Comment Author Avatar
Sbb yaa.. 😁 Aku pake kertas Glossy Joyko 210 GSM kak..

Yukk.. Ngobrol!! Biar makin kenalπŸ˜‚