13 Urutan Rekomendasi Film Studio Ghibli yang Bisa Kalian Tonton

Sumpah, minggu ini berat banget.. dan masih berlanjut hingga beberapa hari ke depan.. huufftt, Rush di akhir tahun membuat otak ini makin ngebul.. wkwk

Tapi yowis. Nikmatin saja... 

Now, back to the topic.....

Kalian pernah dengar Studio Ghibli nggak??

Kesempatan langka nih gue ngebahas tentang film di blog ini.. Hahah. Soalnya, gue sama sekali nggak pernah ngebahas film. Tapi karena otak lagi buntu dan yang cuma terpikir di minggu ini adalah rekomendasi film ghibli. Jadi,, Here's what you got... hehehe

-Prolog-

Studio Ghibli (株式会社スタジオジブリ Kabushiki-gaisha Sutajio Jiburi) merupakan sebuah studio film animasi yang berbasis di Koganei, Tokyo, Jepang (Wikipedia). Meskipun ber-genre animasi. Menurut gue, Film-film ghibli memiliki keunikan tersendiri karena memiliki Alur cerita yang gamblang, style animasi yang diluar nalar, Imajinatif, dan pastinya emosional alias bikin tersedu-sedu.

Nggak heran kalau banyak film-film hasil buatan Studio Ghibli banyak digemari oleh hampir semua kaum di seluruh negara. Tapi nggak tau yah kalau di Indonesia. Soalnya gue baru dengar Studio Ghibli itu di awal tahun 2020.. wkwkwk

Sewaktu gue terjebak dalam channel Youtube 'Replay' Try not to eat Challenge - Ghibli Food. Hahaha

Berhubung netflix sudah dibuka aksesnya oleh si empu internet. Jadi, sepanjang 2020 ini. Gue marathon nontonin film-film ghibli studio dan gue rangkum menjadi film terbaik Studio Ghibli yang bisa ikutan kamu tonton.

1. My Neighbour Totoro (1988 - All Age)

Dazeddigital.com


Lawas banget kan yah??? Tahun segitu gue belum lahir cuyy...

Film ini cocok buat ditonton bareng sama anak kecil karena memang alurnya lebih simpel dan unik. 

My Neighbour Totoro mengisahkan tentang Keluarga kecil Bapak dan dua kaka-beradik yang baru saja pindah ke rumah baru yang sudah reot dan tua. Di sana tanpa diduga-duga ternyata anak-anaknya bertemu dengan Totoro, makhluk mythical misterius yang gemoy abizzz. Hahaha.. 

Film ini berhasil ngebawa gue ke masa-masa sewaktu gue kecil dimana main di sawah, main kejar-kejaran, berantem bareng mba gue.. heheh

2. Spirited Away (2001, 13+)

Studio Ghibli

Yang gue pelajari dari Studio Ghibli adalah nggak semua film animasinya cocok buat ditonton sama anak kecil. Jadi, lebih baik lihat tag umur yah sebelum nonton.

Siapa sangka coba ada film anime di tahun selawas itu yang memiliki style animasi unik kaya gini, yang detail animasinya itu melebihi detail film animasi apapun. Begitu pula jalan ceritanya yang tak terduga-duga. So Enchanting and refreshing. wkwkw *Pop Ice kali ahhh refreshing*

Spirited Away mengisahkan tentang perjuangan anak yang tidak sengaja memasuki dunia lain yang ditinggali oleh para spirit, dewa dan monster. Dengan permainan artworks yang blow my mind. Sprited Away berhasil bikin mulut gue menganga. haha

3. Howls Moving Castle (2004, 7+)

Moviebarf.com

Sophie merupakan gadis remaja yang bekerja di toko topi cantik wanita. Tapi perjalanannya menjadi lebih menarik begitu Ia berubah menjadi wanita tua. 

Duhhh, Gue tuh pengen banget ngasih tau ke kalian betapa bagusnya film-film Ghibli. Tapi gue nggak bisa nemuin bahasa yang tepat buat ngegambarinnya. Jadi, yah nonton by trailer aja yah.. wkwkwk

4. Grave of the Fireflies (1988)

Idntimes.com

Ini film animasi ghibli yang paling sedih menurut gue. Menggambarkan tentang betapa memilukannya kehidupan pasca perang. Film ini dibuat dengan latar belakang Perang Dunia ke 2.

Film yang berhasil menggambarkan apa yang didapat ketika masing-masing Negara memutuskan untuk berperang. This is a film about a world lost, of innocence lost, of pain, and suffering and also love.

Sayangnya, film ini belum tersedia di Netflix. Mungkin karena ada hubungannya sama Amerika kali yah.. Tapi nggak tau.

5. Laputa : Castle in the sky (1986 - 13+)

Medium.com

Katanya ada sebuah pulau yang telah di tinggalkan terombang-ambing di langit. Gadis misterius dan Anak laki-laki yang bekerja di tambang berusaha untuk menemukannya. 

Tapi semuanya menjadi sulit ketika banyak yang mengincar pulau tersebut.

6. Princess Mononoke (1997 - 15+)

thefilmstage.com

Mbah Miyazaki sang produsen film. Memiliki bakat untuk membuat alur cerita yang epic. Film ini mengisahkan tentang perjuangan hewan dalam hutan untuk mempertahankan tempatnya dari manusia yang ingin menebangnya untuk menjalankan produksi besinya yang nantinya digunakan berperang.

7. Pom Poko (1994)

PomPoko, Studio Ghibli

Gue nggak tau kenapa film ini di rate 18+ sama si netflix. Mungkin karena si tanuki atau rakunnya nggak pada pakai baju. Tapi kan mereka hewan!! *Mikir keras* Filmnya juga cuma menggambarkan tentang kehidupan rakun liar yang kesusahan karena lahan mereka di ambil sama manusia.

Dengan pembawaan film yang menyenangkan. Pom Poko ini cocok buat ditonton sama anak-anak karena memang lucu dan menggemaskan.

Pom Poko mengisahkan tentang ability mereka yang bisa bertransformasi untuk mempertahankan tempat tinggalnya yang hendak dibangun kawasan perumahan oleh manusia.

8. Nausicaa of The Valley of the Wind (1984, 7+)

ifccenter.com

Film ini lebih lawas karena saat itu Studio Ghibli belum terbentuk. Tapi, film Nausicaa masih dihitung sebagai salah satu film Studio Ghibli.

Film ini mengisahkan tentang kehancuran planet mereka yang disebabkan oleh Ratu Jahat.. haha

Yang menarik dari film ini adalah animasinya tidak selawas pada tahun pembuatannya.. wkwk. juga tentang kandungan pesan dari kisahnya.

9. Ponyo (2008)

Ponyo, Nytimes.com

Salah satu kelebihan film yang dibuat oleh Studio Ghibli adalah walaupun kebanyakan filmnya ditujukan untuk anak-anak, akan tetapi mereka memiliki alur cerita yang juga dapat dinikmati oleh kita yang dewasa-dewasa ini.. wkwkw

Ponyo bercerita tentang hhmmmm anak ajaib dewi laut yang berpetualang di Dunia manusia.

10. The Tale of The Princess Kaguya (2013)

Gemoynya Putri Kaguya waktu kecil

Awal nonton, gue sempat underestimate karena style animasi yang dibuat tidak seperti kebanyakan film-film studio ghibli pada umumnya. Tapi ternyata, setelah mencoba memaksakan untuk terbiasa. Ternyata animasi ini terbilang mantap dalam menawarkan kehangatan dan pesan yang mereka coba sampaikan.

Animasi The Tale of The Princess Kaguya diilhami dongeng tertua masyarakat Jepang. Siapa sangka Putri Kaguya ternyata menjalani kehidupan yang berat demi memuaskan pilihan orang tuanya.

11. Arrietty (2010)

Si Arrietty...

Unsur romantis dalam berbagai film studio ghibli memang tidak bisa diragukan lagi.

Siapa sangka pertemanan yang terjadi di antara dua pribadi beda dunia menghasilkan cerita yang epic dan berlangsung sad ending. Arrietty, Gadis mungil yang begitu penasaran dengan kehidupan manusia terjebak dalam kisah romansa manusia.

12. Kiki's Delivery Service (1989)

Kiki sedang terbang bersama kucing penyihirnya...

Kiki merupakan gadis penyihir yang memulai kehidupannya bersama manusia biasa.

Animasi Kiki memiliki pesan bahwa hidup adalah tentang rasa percaya. Dengan plot yang tidak terlalu berat namun mengandung makna. Animasi Kiki patut untuk ditonton.. hehe

13. Tales From Earthsea (2006)

Tales From Earthsea

Dahulu, Naga hidup berdampingan dengan para manusia. Namun, seiring dengan pengrusakan lingkungan yang terjadi. Naga mulai meninggalkan manusia.

Archmage yang merupakan seorang penyihir tertua dan terhebat harus berurusan dengan konflik dengan penyihir hitam yang menginginkan keabadian. Diselingi dengan kehangatan kisah masalah dari tiap tokoh.

Animasi ini bisa kalian pertimbangkan buat ditonton di kala senggang.

Berikut merupakan 13 film animasi Studio Ghibli yang gue rekomendasi buat kalian tonton.

Studio Ghibli sejak dari dulu selalu dikenal memiliki kisah yang memiliki konflik tidak terlalu berat namun tetap enjoyable untuk ditonton segala umur.. wkwkw

FIN.. Bye-Bye

Bayu13K
Bayu13K Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang alay. Hahahah 😂😂

38 komentar untuk "13 Urutan Rekomendasi Film Studio Ghibli yang Bisa Kalian Tonton "

  1. Waaaaaah mas, ini sangaaaat mempermudah aku untuk milih mau nonton ghibli yang mana. Aku tau sebenernya kartun Ghibli, tapi sekalipun ga pernah nonton. Kalah Ama Doraemon hahahahah.

    Makanya tip kali ke Jepang, temen2 bnyak yg nyaranin ke museum Ghibli, tapi aku ga mau Mulu Krn sekalipun blm nonton filmnya. Takut ga bisa menikmati museumnya . Jd lebih milih ke museum Doraemon waktu itu :D.

    Tapi kalo diliat dr animasi dan gambar tokoh2nya , aku suka sih. Jd sepertinya siap2 bakal nyandu juga nonton ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaah,, Iyahh pamor mereka memang sedikit kalah sih sama Doraemon yg banyak serialnya.. Tapi Ghibli bagus juga kok..
      Monggo mba ditonton, lumayan buat seru2an bareng anak.. heheheh

      Iyahh kemarin sensei juga nunjukin museum ghili ke saya yang ada di Jepang.. dan itu bagus banget.. wkwkw pengen kesana juga. Tapi kapan yah..

      Hapus
  2. tau ga sih bay ghibli movie ntuh kesukaaan aku semua, bahkan hampir semua animasinya ghibli uda aku review sinopsisnya, sebagian di blog aku yang biasa, sebagian di blog aku kheuseus sinopsis..

    nah karena ini kesukaanku maka aku mau komen puanjang dikit

    yang kusuka itu

    1. Spirited away...aku ngakak ama yubaba dan big babynya dong hahah..tapi aku nonton ini kayak terbawa backsound musicnya yang syahdu menyayat hati..yagimana ga orang tuanya si chihiro diubah jadi babi. sehingga akhirnya chihiro dipekerjakan zubaba jadi gadis pelayan di onshennya dia alias rumah pemandian aer panas..tau ga sih aku pas liat ni pilm mpe takjub gitu, soalnya ku merasa buseddah hantu aja bisa jadi businesswoman kan si yubabanya ini. terus pas adegan paling syahdu lagi (lagi lagi karena musiknya) pas mau bertamu ke tempat kembarannya yubaba zeniba naik kereta yang relnya di laut...kodoknya juga sangar sangar lagi..n ga nyangka hantu laba labanya bae banget

    2. totoroooo...yang ini uda aku ulas full lengkap di blog sinopsis film aku...aku suka karakter si adek yaitu mei..ucuuw dia tuh kesiman juga tapi, soalnya ibunya sakit parah sehingga ia dan kakaknya kudu tinggal bareng bapaknya di desa pinggir hutan yang dekat dengan tempat ibunya dirawat. deket pula pohon gede tempat tidurnya totoro...pas mau ending sumpah ku deg degan banget...sebab takirain ibunya ninggal loh..atau malah si mei dan satsuki juga ninggal..ternyata ga ya hahahhahaha...tapi pas mei ilang gegara mau nyusul ke rs takut ibunya ninggal itu adegannya menyayat hati banget..apalagi satsuki liat ada sandal kecemplung yang dikira sandalnya mei

    3. Grave of fireflies

    ini asli sediiiiiiih banget aku nontonnya, sebel ma karakter bibinya aku. Ga kebayang idup di jaman perang, tinggalne di gorong gorong persembunyian perang, makannya terpaksa nyuri di sawah orang, adeknya kurang nutrisi dan diare parah akhirnya ninggal..jasadnya dibakar kakaknya. pas adegan ini sumpah menyayat hati banget huhu..etapi pas kasihannya lagi waktu ibunya ninggal uda dikerubungi ulat trus dikubur massal. Huhu..sedih pokoknya

    4. arierty...yang ini aku suka gambarnya dong..cerah..tapi deg degan banget oas pembantunya si anak cowok menangin arierty sembunyi di deket toples

    5. yang kucing kucing..lupa judulnya tapi kocak sih

    6. only yesterday...ini bagus juga bay..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih mantap, mba mbul udah nonton hampir semua film studio Ghibli bahkan ingat pula jalan ceritanya.😃

      Hapus
    2. Ternyata Mba Mbul lebih update dari pada saya.. wkwkwk
      Iyah bagus banget emnk spirited away. Masih sering saya tontonin kalau senggang. Cuma seringnya di cepetin skarang mah karena udh nonton..

      Iyah studio Ghibli tuh sebagus itu animasinya.. hahah pengen banget bisa gambar sedetail itu...

      Hapus
  3. Aku baru nonton 4 dari 13 film yang Bayu sebutkan di atas nih 🙈 belum ada setengahnya, berarti belum bisa dibilang fans Ghibli dong ya wkwkwk
    Tapi dari ke-4 film yang aku tonton, aku paling suka Grave of The Fireflies. Entah udah berapa kali aku bilang ini di kolom komentar teman-teman bloggers, mungkin yang baca udah bosan 🤣 tapi aku beneran sesuka itu karena hanya film ini yang meski udah berkali-kali aku nonton, tetap bikin mewek sejadi-jadinya sampai banjir 😂. Segitu sedihnya cerita ini sampai nggak kuat menahan tangis hikssss
    Kalau yang ter-heartwarming, Ponyo jawabannya 😍 gemas sekali dengan Ponyo yaaa!! Hahahaha
    Terima kasih atas rekomendasi film lainnya, Bayu 😁. Happy holiday!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy Holiday too Lia...
      Iyah Grave of fireflies.. Ya Ampun nggak bisa ngebayangin anak2 yg hidup di tengah2 kondisi yang negaranya sedang berperang. Mau tidur aja susah dan takut..
      Sedih banget emnk Li filmnya..
      Ponyo lucu.. hahah apalagi bagian scene pas makan mie terus ponyonya tdur.. How Cute...

      Hapus
  4. Kalau menurutku di Indonesia sendiri udah cukup banyak yang tahu dan suka film-film Ghibli kok. Soalnya tahun 2016 lalu pernah sampai dibawain exhibition dari Ghibli Museum di Jakarta 😊

    Aku udah nonton semua film-film Ghibli yeaay tapi baru ngeh dong Grave of Fireflies tuh ga ada ya di Netflix? Btw film-film Ghibli di Netflix ada pilihan dubbing Indonesia, sangat memudahkan buat anak-anak yang mau nonton, dan dubbingnya pun enak kayak nostalgia nonton kartun-kartun di hari Minggu huhu..

    Kalau top 5 favoritku sendiri: Princess Mononoke, Spirited Away, Whisper of The Heart, The Wind Rises, dan Kiki's Delivery Service 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahhh??? tuh kan berarti saya yg kudet karena baru tahu di tahun ini.. wkwkwk
      Iyahh nggak ada di netflix. kinda sad.
      Iyah enaknya ada dubbing Indonesia.. cocok buat ditonton bareng anak2..
      Makasih buat rekomendasinya Ya...

      Hapus
  5. Baru ngeh ada beberapa yg belum di tonton .paling suka sama Ponyo dan Princess Mononoke. Hebatnya buat Ghibli ini tuh ga ngebosenin meski sudah ditonton berkali2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhu mba... That is Right... :) saya juga masih suka nontonin ulang film-filmnya..

      Hapus
  6. walaupun saya sering nonton anime, baru baca judul judul anime tersebut. hehe.. mungkin genre nya ga sesuai sama saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh kita mah taunya cuma doraemon, shinchan, naruto, one piece.. wkwkwk

      Hapus
  7. Aku baru nonton satu filmnya saja yaitu spirited away kang, nontonnya bukan tahun 2000an tapi kalo ngga salah 2016.

    Memang studio Ghibli karya - karyanya bagus bagus, kisahnya menarik biarpun tidak semua cocok ditonton anak kecil tapi tidak terlalu berat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantul Mas Agus.. Aku lohh, nontonya baru tahun ini.. wkwk

      Hapus
  8. Wah banyak juga ya mas filmnya, saya cuma pernah nonton yang kedua, Spirited Away lumayanlah untuk mengobati capek di akhir pekan 😀

    BalasHapus
  9. Dari 13 judul film di atas belum ada satupun yang pernah saya tonton maklumlah bukan penggemar berat kartun Jepang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas kek gw hihihi.. tapi gw penggemar anime jepang sih :D

      Hapus
    2. haha saya tahunya naruto, bleach, atau genre yang lebih dewasa sih

      Hapus
    3. Itu mah hentai, pasti lebih suka nonton yang itu.🤣

      Hapus
    4. wkwkwk hentai...
      Ehhh emnk Anime Jepang sama Kartun jepang beda yah?? Saya mah nyebut Kartun itu yah anime.. hahahah

      Hapus
  10. Wadidaaw aku baru tau sekarang kalau film kayak Totoro & Pom Poko yang pada ngga pake baju [hihihi ..., Rakunnya pada bohay kayak body-nya mas mochi, ooops 🤭] itu adalah keluaran Ghibli.

    Soalnya aku nonton aja sih, ngga ngliatin produksi mana ..
    Benar sungguh terlalu cuek diriku, memalukan wwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha....
      Iyah nih body saya makin bohay.. Nggak tau kenapa... hahah
      Padahal tulisan ghiblinya terpampang nyata di bagian awal film...

      Hapus
  11. kalo gw malah baru tau disini mas studio ghibli haha. makasih sebelumnya, kudet amat memang :D

    sepertinya memang pernah denger dimana gitu, cuma gak ngeh kalo itu studio untuk animasi jepang, gw pikir web jual beli, oh itu blibli dot com ding :D, btw film-film di atas produksinya udah lama banget ya, udah tuir usianya, mungkin juga sebelum gw lahir, okelah bisa jadi rekomendasi nih buat maraton tahun baru nanti hohoho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. saya geh baru tau merek yah sepanjang tahun ini..
      wkwkwk web jual-beli... Iyah udah lama banget Nif,, bukan zaman kita... wkwkwk
      Jangan marathon Nif,, capek... wkwkw

      Hapus
  12. Dari sekian banyak film diatas cuma Spirited Away 2001 yang pernah saya tonton dan tahu...Meski sudah lama juga film.😊😊


    Saya justru penasaran dengan film Nausicaa of The Valley of the Wind...Kayanya seru dan lucu untuk ditonton.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah film Nausicaa bagus beud.. wkwkw kayanay semua film ghibli bagus semua.. wkwkw

      Hapus
  13. Filmmya lawas lawas semua yaaaak, di tahun segitu aku pun belum lahir. Mas Bayu jg ya? Jangan2 kita seumuran kwwkwk
    Well, aku jg banyak ndak faham film2 tersebut. Film Jepang yg aku tahu hanya Doraemon dan Shinchan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh kita itu seumuran kayanya Do... Saya masih umur 17 tahun... wkwkw
      Shinchan kesukaan saya juga smpe skrang.. Tontonan tiap kalau lagi makan..

      Hapus
  14. Halo kak sebelumnya salam kenal :’D

    Bicarain film ghibli saya baru nonton grave of fireflies aja nih, karena ltb nya diambil dari zaman perang hehehe. Tertarik sama tales of earthsea sepertinya menarikk. Terima kasih untuk reviewnya ya kak! 😁

    BalasHapus
  15. Halo mas Bayu,
    Saya termasuk penggemar film-film Ghibli sejak Nausicaa. Heartwarming semua dan punya pengaruh besar di generasi movie selanjutnya.
    Ohya Porco Rosso, Marnie, Up from Poppy Hills, The Wind Rises, nggak dimasukkan mas? Menarik juga lho..

    BalasHapus
  16. pernah liat yang ponyo sama Tales From Earthsea
    diputerin sama sensei bahasa Jepang pas SMA
    iya yang ponyo itu bagus dan agak mikir juga si
    aku mau nyoba nonton yang lain terutama yang The Tale of The Princess Kaguya
    suka banget sama model cerita begini mas

    BalasHapus
  17. Jujur aku nggak pernah nontin film kartun animasi..wkwkwk lecuali yang produk disney yang lawas itu..wkwkwk. Anyway makasih rekomendasi nya mas Bayu siapa tahu aku jadi suka nonton kartn animasi..Maaf baru semapt bewe ke sini.. Salam sehat selalu mas Bayu

    BalasHapus
  18. Waaaaa film-film Ghibli yang sejauh ini udah saya tonton semuanya bisa dibilang the best lah! Apalagi "Only Yesterday" & "From Up on Poppy Hill", saya bahkan nggak bosen nonton berulang kali lo, Kak Bayu! Kira-kira udah nonton kedua judul yang saya sebut tadi belum ya? Boleh tuh dimasukkan ke list.

    Kebanyakan yang dimuat di sini saya malah belum kesempatan nonton, terutama yang "Grave of the Fireflies" itu. Saya takut mewek berat nanti kalau nonton, sepertinya kudu siap tisu yang banyak nih!

    BalasHapus
  19. Sejauh ini, saya baru nonton Spirited Away dan Princess Mononoke. Saya suka. Belum ada kepikiran untuk lanjut nonton dalam waktu dekat, tapi saya tertarik dengan My Neigbour Totoro yang banyak dibahas teman-teman.

    Kalau acuan urutannya benar, artinya Totoro berada peringkat teratas versi Mas Bayu. Jadi makin penasaran 😁

    BalasHapus
  20. udah lama aku wishlist pengen nonton film film dari ghibli
    dannnnnnn lumayan nih dapet referensi cukup banyak juga disini
    aku ga mau denger hanya dari temen temen kalau buatan ghibli apik apik, aku mau liat sendiri juga pokoknya

    BalasHapus
  21. Aku seriiiing bgd denger Gibli tp baru nonton dikit. Itu pun selewat2 pas tayang di HBO, krna aku ga langganan nteflix 😆😆 Baru yg Howl moving castle, kiki delivery, totoro juga tp udah lama bgd jd lupa ceritanyaa..
    Penasaran sama Pompoko, kok kayanha gemesiiin. Hehehe..

    Makasii review n rekommedasinya ya Mas Bayu..

    BalasHapus
  22. Wah, saya belum pernah nonton Arrietty. Ini bahkan baru dengar judulnya. Boleh juga nih dicari ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Yukk.. Ngobrol!! Biar makin kenal😂

Berlangganan via Email