Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramadhan Part 4, Kompor

Santai,, Ada Sanken πŸ˜‰, *jangan lupa di nadain yah.. πŸ˜†

Kali ini gue mau cerita doang sih.. bagi yang nggak mau baca celotehan gue bisa diskip-skip aja πŸ˜‰. Ehhhh,, tapi jangan gehh.. Kasihan udah ketik panjang-panjang soalnya.

Kalau kita temenan di Ig. Kalian pasti tahu!

Akhir-akhir ini semenjak masuk puasa. Gue jadi sering banget melakukan beberapa aktivitas di dapur macam Ibu-ibu. 🀣 Hahah. Yah, walaupun nggak setiap hari alias cuma bisa seminggu sekali pas libur kerja doang. Sisanya, gue lebih sering buat masak yang simpel macam Mie Lemonilo (Biar Sehat) atau beli menu jadi di warteg saat buka dan sahur πŸ˜™.

Ternyata memasak itu seru juga ya!! Yah, walaupun bisa bikin baju bau bawang ☺, dan jari jadi kapalan semisal nggak sengaja mau mindahin wajan panas pake tangan telanjang. Wkwk 😏. Faktanya, sebulan memasak berhasil bikin gue senang dan ketagihan meskipun urusan rasa masih nomor ke sekian 🀭.

Dari kegiatan ini juga bikin gue belajar banyak. Tentang macam-macam bumbu dasar seperti bumbu putih, bumbu merah dan bumbu kuning.. Dan juga bisa ngebedain mana merica dan ketumbar... πŸ€ͺ wkwkwk. Btw, Kalian bisa juga nggak?? 

Pokokmen seru dah!! *Udah cocok sepertinya buat jadi Chef* Kenapa dulu kuliah nggak ngambil jurusan Tata Boga aja ya, malah ngambil jurusan Teknik Kimia terus nyasar ke Jurusan Industri yang belajar benda-benda nggak jelas dan nggak terlihat πŸ€”. Haha.

Siapa tahu kalau semisal dari awal gue ambil kuliah di Tata Boga, gue bisa gabung ke MasterChef terus dipuji-puji sama Chef Juna kalau masakannya “Ancoor Banget!!” πŸ˜‚ hahaha.

Selain itu, proses memasak ini juga membuat gue tersadar akan perjuangan perempuan di luar sana yang setiap hari kudu berkutat dengan masakan untuk keluarga 😊. Apalagi kalau lagi diserang Morning Rush dimana Suami mau kerja, terus anak-anak mau sekolah.. Itu para mama harus gercep ini itu. Ngurusin anak lah, ngurusin suami yang sering kelupaan naruh kunci dimana lah πŸ˜†, dan Endeblaa-endeblaa (Jadi ingat Mba Eno😊).. Ahahaha.. *Ini kenapa tulisan gue jadi berasa kaya curcolan emak-emak dah.. Padahal gue sendiri cowok!! Wkwk πŸ€ͺ*

Terus belum lagi rasa sakit yang harus di tahan sewaktu melahirkan yang katanya rasa sakitnya melebihi tulang dalam tubuh yang dipatahkan secara bersamaan.. Woahh, Wonder Woman emang!! Amazing!!

Jadi, pesan dari gue untuk para suami dan calon suami di luar sana. “Sayangilah para perempuanmu seperti halnya seorang Ibu yang menyayangi keluarganya..” *hahah, Sotoy lu Bay!!* Tapi setuju kann???

***

Btw, kemarin beberapa hari yang lalu. Sewaktu gue masak tipis-tipis Fried Chicken ala KFC dengan metode sotoy Shallow Fry yang gue lakukan. Berhasil membawa gue ke Paha Ayam yang hanya matang diluar dan kenyal di dalam alias Under Cooked. *Ya, gimana nggak setengah matang πŸ˜’, orang itu api kompor di geber besar dengan alibi agar cepat Kuning-Kecoklatan.. 🀣 wkwk*

Yang makan 1 masaknya 5.. Buat ngasih tetangga sebenarnya. Tak pastiin dulu dadanya nggak setengah matang 😁

Kemudian, saat gue memutuskan untuk memasak ulang paha ayam setengah matang dengan metode api kecil. Tanpa disadari gue terjebak dalam lamunan sambil meratapi kompor prasejarah di rumah yang bentuknya sudah usang karena di makan umur yang sudah mencapai “hhmmm” Gue nggak tahu umur pastinya berapa? yang jelas kompor ini sudah ada sejak gue TK dan telah melayani ke-4 anggota keluarga gue sejak bertahun-tahun lamanya dengan sangat baik😁.. 

So, I think she deserves a retirement.. Good Job Sist...!! Terimakasih untuk pelayanan luar biasanya. Maaf kalau nggak bisa bayar uang pensiun, malah diberikan ke Tukang Loak. I Love You 3000 😍... *Gila*

Setelah melakukan prosesi perpisahan yang dramatis. 2 hari setelahnya, gue bersama dengan Brian (Rekan kerja baru yang seumuran 😚) pergi ke sebuah toko elektronik untuk meminang kompor baru.

Dan terpinanglah Kompor Sanken 2 tungku dengan aksen Tempered Glass di atasnya yang membuat Senyum gue melebar selama perjalanan pulang dengan motor sambil membawa kompor yang dipangku di tengah-tengah kami πŸ˜‡.

Penampakan doi baru...

Jujur, gue senang banget dan nggak sabar pengen cepat-cepat pasang di rumah terus dipakai buat masak makanan buat berbuka nanti. Haha πŸ˜….

Namun, berhubung ini pengalaman pertama memasang kompor baru buat kami. Tentu saja proses instalasi berlangsung lama karena kita sama-sama nggak sadar kalau kunci pengaman selang ke kompor keadaannya sudah rusak saat dilepas dari kompor lama *yaiyalah πŸ™„*.. Dan dirumah pun nggak ada spare.. 

Rusak

Jadi, kita harus muter-muter komplek buat nyari pengunci sejenis yang ternyata sulitnya bukan main. "Benda kecil gini nyusahin juga ternyata.. πŸ˜’" *hufft..

Singkat cerita, waktu sudah menunjukan 30 menit untuk berbuka puasa. Akhirnya gue urungkan niat dan lanjut cari bukaan untuk buka puasa nanti.

Keesokan harinya, gue cari benda mungil ini di Pusat kota. Dan voilla.. Kompor pun siap digunakan... πŸ₯³Yeaay...!!!

Btw, kompor ini bagus banget bentuknya.. Apinya biru dan ada efek muter-muternya gitu.. hahaha πŸ˜…. Malah di kardusnya ada klaim kalau ini bisa menghemat gas hingga 30%.. “This is what I need!!”

Harapannya, semoga kompor baru ini bisa menjadi semangat gue untuk terus menghasilkan masakan legenda gagal lainnya.. hahah 😊.

Oke sekian cerita hari ini..

Oh ya, sebelumnya kenalin Brian... salah satu anak baru di tempat kerja yang seumuran. Gue nggak tahu dia bakal muncul di sini atau nggak. Ahaha 😁.. 

Akhirnya, gue punya teman yang sefrekuensi juga dalam menghadapi Jokes Bapack-bapack di tempat kerja nanti.. wkwkwk πŸ˜ƒ . 

Bayu13K
Bayu13K Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

53 komentar untuk "Ramadhan Part 4, Kompor"


  1. Walah bay? Aku kok jadi pengen ketawa ya , lucu aja postinganmu hari ini panjang kayak kereta terus itu sejak kapan bay beralih profesi jadi emak - emak yang suka di dapur . Gak usah ngoyo bay masaknya sekucupnya aja, tar kalau makananya gak habis mubadir lho ??"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah πŸ˜…πŸ˜…πŸ€£
      Tulisannya kepanjangan ya Mba.. maaf ya 😊 mngkin terlalu excited abis beli kompor baru.. wkwk

      Iyhh masaknya secukupnya kok Mba Tari.. biasanya beberapa tak bagi2 ke tetangga sebelah.. πŸ˜…

      Hapus
  2. Jadi gara2 ayam yg undercook langsung punya kompor baru nih πŸŽ‰πŸŽ‰ Mantaabbb.. Mudah2an kompor barunya bikin masakan Mas Bayu lngsng kaya masterchef yaaa 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh Mba Thessa.. nggk disangka ya, ayam undercook bikin ngelamunin kompor baru.. hehe

      Aminn.. Bayu Goes to Masterchef 2022.. wkwk

      Hapus
  3. Akhirnya itu kompor terbebas juga dari siksaan kegiatan masak-memasak.. wkwk. Udah mana warna apinya udah nggak biru lagi.

    Besok kalau gue kesana lagi. Masakan lu harus udah sekelas Chef Renatta ya.. itu harga kompor kena berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pengalaman kerja kompor melebihi pengalaman kerja kita bertiga ya.. 🀣 udah lebih dari 20 tahun kayanya.. smpe apinya yg tadi biru jadi orange kemerahan.. wkwk

      Siaappp 45.. makanya pulang cepet...!! πŸ˜…

      Hapus
    2. Aku beli ini kena 625k Ton...

      Hapus
    3. Ciee kuompor bau... 😁
      Minggu depan lah bisa dicoba itu masak dagingnya.. hehe.

      Hapus
    4. Lobeh22.. gue tunggu.. kita candlelight dinner berdua.. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜…

      Hapus
    5. Barusan cek disini. 750k. Mahal ye..
      Sisain gue juga. Buat Part 2. Wkwk

      Hapus
    6. Oh ya?? Tawar aja... 500k gtu. Kalau nggk berhasil coba lo pura2 pergi.. siapa tahu ntar dipanggil sama pdagangnya.. wkwk 😁

      Kagalah.. besok gue mau masak Saikoro Beef. Ya Ndre?? Jangan lupa pesenan gue dicari.. ahaha

      Hapus
    7. Susah ege..! ini Mba gua nyari barangnya susah. Apaan tuh Oregano, thyme, parsley..πŸ€” beli online aja Dut!

      Hapus
    8. Arrassoooeee.. πŸ˜…
      Di internet banyak sih.. tapi ntr gue tak coba keliling dlu deh.

      Hapus
  4. Umm merica sama ketumbar itu bedainnya... Kayaknya merica lebih kecil deh butirannya? 🀣 #sotoy *ketahuan jarang masak*

    Wkwkw untung ayamnya dipastiin dulu kematangannya sebelum dikasih ke tetangga 🀣.

    Aku urut senang dengan kompor baru Bayu πŸ₯³ asli, cantik banget! Nanti kalau udah punya rumah sendiri, aku juga mau kompor kayak gitu ah kalau semisal nggak bisa punya kompor tanam πŸ˜† *udah berandai-andai duluan dari sekarang*

    Terakhir, selamat karena akhirnya Bayu punya teman kerja yang sefrekuensi! Mana baik banget, baru kenal udah mau diajak muter-muter beli kompor sama Bayu 🀣. Semoga pertemanan kalian awet yaaa!!~ semoga Brian tahan menghadapi segala bentuk jokes bapack-bapack yang ada seperti Bayu yang selama ini kuat menahan wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkwkw... dari baunya Li... kalau bikin bersin berarti merica.. wkwk πŸ˜†πŸ˜†

      Iyah. Bisa berabe kan kalau dpet ayam yg mentah di dalam.. wkw πŸ˜…πŸ€£

      Ihh kemarin tuh ditawarin kompor tipis 4 tungku merk niko.. kesannya kaya kompor tanam sangking tipisnya. Knopnya juga ada diatas, dan harganya 900k..

      Tadinya mau yg itu karena bentuknya kece Li.. tapi nggk jadi karena terlalu ribet nggk sih.. wkkw πŸ˜…πŸ˜…

      Terimakasih Li... iyah langsung cocok.. wkwk, mngkin karena dia mikir hal yg sama kaya aku.. πŸ˜…

      Hapus
    2. Wkwk kalau dari baunya pasti ketara banget πŸ˜‚ masalahnya, nggak enak banget kalau habis ngirup merica, bisa bersin nggak selesai-selesai πŸ˜‚

      Wihhh kayaknya itu keren! Dibayangan aku sih keren ya wkwk, tapi memang kalau mirip kompor tanam tuh ribet sih, ribet di perawatannya juga padahal cakep banget yak πŸ₯Ί

      Hapus
    3. Haha yess, merica kuat banget si aromanya. 🀣

      Iyah emnk keren banget.. tapi aku mikirnya udah ribet dluan. Dan tungkunya kebanyakan menurutku.. wkwkw 🀣 smpe 4 biji gtu. Padahal ya aku cuma butuh paling satu doang.

      Hapus
  5. Ketauan yah jarang masuk dapur.. Ring seperti itu bisa dibeli di toko material bangunan Bay.. Itu ring standar saja dan bukan khusus kompor gas. Biasanya dipakai untuk mengikat selang (apapun) supaya tidak mudah lepas.

    Baru tahu yah memasak itu menyenangkan, kalau saya sih sudah dari dulu. Soalnya dulu diajarin ibu memasak, meski yang sederhana. Jadi, pas si Yayan sakit sekalipun saya ga kelabakan dan bisa masak sendiri.

    Anak saya, si kribo, sekarang juga begitu. Dia ga anti untuk masuk dapur dan masak. Kadang malah kita dimasakin sama dia.

    Hahahaha.. hayo belajar Bay.. Biar nanti pas sudah berkeluarga, kita bisa bantu istri.

    Juga, katanya pria yang bisa masak itu kesannya seksi.. hahaha.. walau saya ga tahu bener tidaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering Pak Anton kalau ke dapur mah buat ambil sepeda sama Pompa.. wkkw 😁 masak telor sama Indomie juga.. hehe

      Cuma, berhubung di dapur belum ada yg bisa bikin ngebul lagi. Yah terpaksa saya yng bikin ngebul pak.. hehe 😁

      Ashiiaap Pak Antonn... 😁 otw nih pak!

      Seksi pak kalau masaknya pke daster plus apronn.. wkwk 😁

      Hapus
  6. Haii mas Bayu. Kita temenan di IG, tapi kok aku ga tau yaa hahahaa.
    Eh, maklum saja, aku buka IG jarang. Sekaali buka cuma update story, dan jarang lohat update dari orang lain heheheeheh...

    Kemudian, semangat buat Mas Bayu yg sangat asyik memasak nya. Kapan2 aku jg harus coba nih masak sendiri. Besok2 kalo udah punya uang, kudu beli kompor. Lama2 mahal jg kalo beli lauk terus.. πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii juga Mas Dodo... bagaimana kehidupan di perantauannya? Hehe

      Ayoo Mas Do.. belajar masak.. aku juga lagi proses nih meskipun agak ribet.. tapi seruu beeuuuddd 😁

      Hapus
  7. astaga aku kok salfok sama usia kompor bersejarahnya ya mas 🀣
    eh tapi bener juga sih, dulu aku awal-awal masak itu mager banget. karena masaknya luamaaaa bnget tapi makannya cepet yakan πŸ‘€
    tapi begitu udah mulai masak, eh naggih juga ya. meski lebih naggih makannya sih haha
    moga dengan adanya kompr baru kinyis-kinyis bisa lolos masterchef yaa πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah. 😁😁
      Iyah udah dari zaman jigeum Mba kompornya.. wkwk πŸ˜†πŸ˜†

      Iyahh masaknya lama.. tapi makannya "dyarr" langsung abis.. wkkw

      Hahaha. Aminn... 😁 tapi kalau ikut masterchef. Kayanya bakaln sering masuk pressure test.. 🀣

      Hapus
  8. Lama aku bengong mikirin merica dan ketumbar nyari perbedaannya πŸ˜… merica agak berat mungkin dan ketumbar agak ringan 🀣🀣

    Seru sih memang kalau bisa masak sendiri, kita bisa menyesuaikan dgn selera sendiri, tapi walau begitu aku blm pernah masak sendiri πŸ˜…

    Teman barunya jadi admin di blog ini juga kah? πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhah.. hayoo apa bedanya...??. aku sndiri yah nggk tau.. tapi skrng udh bisa dari nyium baunya.. πŸ˜…

      Iyah seru Mas Jaey. Walaupun kadang diprosesnya hasilnya selalu nggk sesuai selera.. πŸ˜…

      Mungkin.. hahah
      Soalnya saya senang kumpul Kebo disini.. wkwk

      Hapus
  9. Bayu, I Feel You banget hihihi..

    Minggu kemaren ada penyuluhan soal perawatan kompor gas disini Yu, udah dicatet juga beberapa tips penting, ntar saya jadiin postingan aja kayaknya yah 😁😊

    Masaknya gak usah terlalu enak Bayu ntar ketagihan, soalnya kalo saya udah mulai pengen masak yang enak-enak, bisa-bisa makannya jadi gak terkendali, yang awalnya cuma nyicip sesendok, lama-lama jadi dua piring padahal baru selesai makan, kan gawat hihihi..

    Oh ya, kalo pengen tips masak ayam goreng. Coba nonton Drama Best Chicken, episod nya dikit, tapi ada tips dan triknya gimana masak ayam goreng krispi yang prefecto, alias mateng luar dalem :D

    Bener banget katanya Mas Anton, cowok bisa masak itu sekseh apalagi kalo sekalian bantu jaga anak, beres-beres rumah, bantu nyuci dan jemur pakaian sama nyuci piring juga, seksinya naek level, hooot banget qiqiqi

    Kompornya looks deluxe banget Yu, beda banget sama tampilan kompor sejuta umatnya para emak-emak.

    Wkwkwk. sumpah dah, awalnya tak kirain si Brian itu nama kompornya Bayu yang baru hihihi pas baca lagi postingannya, ternyata beneran orang itu yah (maafkan) πŸ˜… hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee Mba.. ditunggu tulisannya dengan sangatss.. πŸ˜†

      Ini saya ketagihan masaknya karena rasanya selalu ada yg kurang.. saya coba perbaiki tapi jadinya malah tambah garam, tambah gula, tambah garam lagi.. wkwk πŸ˜†πŸ˜†

      Ouhh gtu.. iyah dehh nnti aku coba tengok seriesnya.. wkwk. Kemarin di Ig banyak banget yg ngasih masukan. Mulai dari ayamnya yg dimarinasi dlu.. sedangkan aku ayam gelonggongan langsung tak tepungin terus di cemplung deh.wkwk πŸ˜…

      Lagi proses juga ni Mba.. nyuci baju sndiri, beresin rumah sndiri, nyuci piring sndri. Haha πŸ˜†

      Iyah aku juga suka mba sama kompor ini.. malah kalau setiap ke dapur. Sering tak pukpuk kompornya sambil ngomong "minta bantuannya ya".. hahah πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  10. halo Mas Brian... opening number dulu dong

    (wkwkwk pageant mode on)

    kalo ngomongin nasi goreng emang segala bumbu entah apa bisa masuk dan asal ngena aja
    yang penting kalau aku kecapnya banyak
    eh kita udah temenan di IG belum ya Mas Bayu?

    duh drama kompornya bikin aduhai
    ngalah2in drama karantina MIss Universehahahah
    klo aku dramanya mesti masangin gas lPG
    asli itu bikin semirwing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Ikrom.. wkwk πŸ˜†πŸ˜†

      Belum kayanya Mas Ikrom.. hehe
      Ntar aku cari Ignya Mas..

      Kalau nasi goreng saya.. yg penting ada baceman bawangnya.. wkwk πŸ˜†πŸ˜…

      Masang gas LPG sesuatu bnget yah.. apalagi kalau udh ada suara mendesing nggk ilang2.. wkwk

      Hapus
  11. Kalo ngga salah, ketumbar tuh warnanya lebih kehitaman.
    Kalo butir merica rada putihan.
    Sama-sama kecil sih ukurannya 😊.

    Keren ikh mas Bay punya bakat memasak.
    Kayak2nya ntar lagi bakalan ada entri resep racikan bumbu masakan hautzhe di blog ini πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehhh aku ndak tau Mas.. wkwkw
      Aku cuma tau dari baunya doang.. wkwk πŸ˜†πŸ˜†

      Waitt ya.. aku mau release Buku Resep Ala Bayu..πŸ˜…

      Hapus
    2. Tuuuh kassan ....bener apa tebakanku, hahhaha ...hasyiiik πŸ˜….

      Ngga cuman entri resep peresepan masak memasak ala chef Bay, tapi release buku juga !.
      Woow ..., ntar aku tunggu bukunya ya, juga akan kuorder.

      Hapus
    3. ikut nimbrung. Betul ketumbar kehitaman dan merica putih eh tapi jangan salah ada juga merica hitam alias black pepper hehehe tapi umumnya memang merica putih hehe

      Widiiw Bayu mao keluarin buku resep nih? Mantap2 btw ada aplikasi Cookpad yang bisa dicoba Bay. Bisa tulis-tulis resep disitu nanti resepnya bisa dicobain orang lain hehe

      Hapus
    4. Mas Hima@ percaya aja Mas.. yakali.. pengalaman masak minim gini release buku resep.. wkwk 🀣🀣

      Mba Fris@ ehh nggak mba.. cuma candaan doang itu mah..

      Iyahh aku instal juga mba.. banyak disitu. Saya smpe bela2in beli timbangan sama sendok takar. Wwkwkwk.

      Hapus
    5. berenan juga gpp kok Bayu. Iseng-iseng tulis resep ntr jadi terbitin buku resep 🀭

      iya di situ banyak resep-resep simple yak hehe

      Hapus
  12. Widiiiww biasa kalo uda terjun ke dapur, ntar jadi semangat emang eksperimen hal baruuu. Setauku kalo goreng ayam itu tunggu minyak hingga panas, kalo uda panas apinya sedang aja jangan gede-gede. Terus goreng deh sampai menguning. Kalo rebus, cukup 20 menit pasti uda mateng
    Kuah rebusannya bisa dipisahin buat bikin kremesan (ini gampang loh bikinnya). Jadi pas makan ayam goreng, bisa ada kremesannya. Tak lupa bikin juga sambel gorengnya hehee Makyos dah dilahap dengan nasi panas terus makan pake tangan. Lah jadi laperrrr πŸ˜‹

    Brian yang sama-sama rantau jadi temen buka dan sahur dong jangan-jangan?? Soalnya kalo hidup sendirian gitu kdang pengen main sama temen buat cari temen makan bareng gituu heheh *pengalaman dulu jaman ngekos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh ya harusnya kan gtu.. lah aku mah tak geber aja itu kompor.. minyaknya mana setengah ayam pula.. wkwk πŸ˜…

      Wahh ngebayanginnya udh ileran dluan Mba Fris 🀣🀣

      Iyahh anak rantau juga Mba.
      Ihh tauan aja mba.. berhubung kita berdua sama2 sndiri.. jadi ya, simbiosis Mutualisme terjadi deh πŸ˜†

      Hapus
    2. minyaknya setengah ayam gpp bayu. Kan bisa dibalik. Yang penting apinya sedeng aja jangan kenceng-kenceng haha Kalo ngeredem semua mah buset boros banget minyaknya!! Hahahaa Ato musti pake penggorengan khusus itu yang lebih dalem jadi ga perlu tuang banyak-banyak minyaknya.

      praktekin langsung Bayu bikin stok kremesaan hahaha 🀣

      Iya pasti lebih seru kalo rame-rame daripada sndirian kan

      Hapus
  13. Masak emang seru, yang ga seru itu cuci piringnya.
    Kayaknya yang dicuci itu lebih besar dari makanan yang dimakan.

    Btw jangan-jangan perusahaan kita tetanggaan, baca di about me, katanya kamu di perusahaan Jepang, di kota baja kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha.. bner banget.. masak makannya sih semangat.. tapi pas ngeliat cucian piring yg menumpuk. Auto nyesal udh masak banyak2.. wkwk 🀣🀣

      Ehh tadi juga baca about me di blog Mba.. sepertinya kita satu Kota... wkwk 🀣 Mba di perusahaan korea itu bukan? πŸ˜‚

      Hapus
    2. Makanya waktu itu ada chef Indonesia (lupa yang mana) yang bilang kalau walaupun dia jago masak, tapi kalau di rumah malah sering beli makanan. Alasannya karena males nyuci.

      Yup benar, saya yang korea. Ga nyangka ada juga blogger papan atas dari kota ini. hehe

      Hapus
    3. Hahah.. yess setujaa.. apalagi kalau masaknya udh pke wajan yg gede.. wkwk

      Oalahh.. ya ampunn πŸ™ˆ.. aku pikir blogger yg dari sini cuma aku doang.. wkwk *pede beudd.*

      Yg Korea ya Mba. Banyak juga itu teman aku yg disana.. aku yah awalnya mau kesana juga. Tapi nggak lolos 🀣🀣

      Hapus
    4. Sama, awalnya saya pikir saya doank blogger di sini...wkwkwk.
      Bayu, apa kita bikin komunitas blogger kota baja?? haha

      Untung kamu enggak masuk sini, di sini peraturannya ngadi2, apalagi selama corona.
      Teman kosan saya ada juga yg kerja di tempat kamu, dan dia lebih sejahtera sistem kerjanya drpd saya. (eh gatau deh, pabrik baja jepang kan ada 2)

      Hapus
  14. Angkat topi dululah buat bayu, aku mundur aja kalo udh urusan masak memasak :p. Tanganku ga berfungsi bgs kalo udh masalah masak, apalagi bedain merica ketumbar hahahah . Yg LBH berfungsi lidahku kalo ngerasain makanan :p.

    Makanya urusan dapur jujurnya 100% aku serahin ke asistenku yg LBH jago masak bay. Uang belanja dia yg pegang, terserah aja mau masak apa. Krn aku tipe yg ga rewel utk urusan makan :p.

    Makanya pas merek berdua pulang ntr nih, pusiiiing aku :p. Udh mulai nyetok2 aja, yg gampang dipanasin :p. Cuma berdoa, semoga warung makan sekitaran rumah ga serentak tutup bareng hahaha .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga karena terpaksa mba. Wkwk. Khawatir dapur kalau nggk dipake ntar dipake huntu di rumah buat BBQ'an.. kan berabe..🀣

      Atau bisalahh, ntar pas asisten Mba Fanny pulang. Biar bayu aja yg jadi juru masak di rumah mba.. wkwkw *auto dipecat langsungπŸ™ˆ* karena kebanyakan Trial dan Error.. 🀣🀣🀣

      Hapus
  15. Oh my gosh Kak Bayu, selalu sukses bikin ngakak 🀣 Idk why, tapi aku menikmati sekali kalau baca tulisan Kak Bayu. Aku ngbayangin Kak Bayu seolah-olah lagi cerita nyrocos depan aku, hahah 🀣

    Nyadar nggak sih Kak? Gokil banget loh ini 🀣

    Btw itu sejak TK awet banget loh seriusan .. Merk apa tuh Kak bisa tahan sebegitu lamanya?

    Dan, terimakasih juga sudah mengapresiasi perempuan. Hehehe 🀣

    Lancar selalu buat puasanya Kak Bayu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Syifana.. Haha. Terimakasih loh buat apresiasinya..🀣

      Aku nggak nyadar, tapi emnk udah kebiasaan selalu nyerocos kalau udah ngomong. Wkwk 😁

      Merk apa ya? Soalnya itu kompornya udh ngeropos.. kakinya aja udh patah. Jadi harus diganjal bata.. wkwk πŸ˜…πŸ˜… coba bayangin aja bentuk kompornya udah kek gimana.. wkwk πŸ˜… agak kaget sbnernya dia masih bertahan smpe skrang.. πŸ˜‚

      Iyah Syifanna juga lancar2 puasanya..

      Hapus
  16. kompor aku todhaci #kemudian melipir di pojokan...hahahha

    deket pabriknya dengan rumah soalnya...ku beli langsung di pabriknya hahahhahah...

    beydewey...kok isa kapalan pas njunjung kuping panci..o lha tangannya ga pake cempal...tau cempal ga bay..itu yang kayak cekelan dari kain..temennya serbet...


    saranku agar ayam mateng luar dalam, sebelum digoreng mending diungkep aja bay...dibumbuin sembari direbus..tar kalau uda meresap baru deh ditepungin pake deep heat..sampe tenggelem...nanti dia matang merata. Kalau undercook takutnya dipuji chef junaaahhh hahhahahahaha

    dipujinya pake kata yang diblold kan atit hatikyu helllow hahahhahahahha

    nah tuh perjuangan perempuan luaaaar biyaasaaaaakkk...harus disayang besok kalau udah nyanding Nyonyah bayu yaaa hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya kompor bayu yg dlu ini deh.. Soalnya tadi abis ceki2 ttg kompor todachi terus ada model yg sama persis.. wkwkw

      Iyahh nggak pake cempal.. wkwk. Ya Maklum mba, bakat debusnya kadang suka kepedean. wkwk

      Iyah,, kemarin juga banyak yg nyaranin buat di marinasi dlu sama diungkep dlu... Yah, namanya juga awal kan yah... hahah :D Jadi, aku tak tahu... Beli ayam, langsung taruh detepung terus goreng... wkwk

      Hahahah... Siapa yah yg bakal nyandang itu nama.. wkkw :D

      Hapus
    2. percayakan pada chef Nita Gembul Bay.. eh tapi bisa juga pakai jurus suami saya, bikinnya ayam pop corn, jd tetep digoreng tepung (bumbu instan) tapi dipotong seibu jari. dijamin mateng dan kriuk

      Hapus
  17. tahu ga sih bay,,, ini tuh pernah jd kompor impian saya hahahaa.. Soalnya adik ipar ada yg pakai, type yg warna atasnya merah! Kece dan mudah banget bersihin lapisan atasnya kalau kecipratan minyak. Tapi kan saya dulu tinggal di rumah mertua dan sudah ada kompor gas yg masih bagus (awet pula ga rusak2 sampe saya pindah) xixixii

    BalasHapus
  18. ngomong-ngomong soal kompor hampir dua tahun ini fungsinya cuma buat masak aer biar mateng, cakeeep *eh :)))

    Aku bikin fried chicken ala-ala selalu gagal, garing di luar ga mateng didalem, wkwkwk
    makanya aku bilang ke anak-anak ga usah pakai tepung ribet, untung anaknya pada baik ga pernah komplain dan nyari perkara sama emaknya :))

    Btw, kompornya cakep. Jadi pengen beli. Yang ada di rumah aja jarang di pakai :)))

    Semangat terus, Bay. Jadilah calon bapack-bapack yang tidak malu turun ke dapur. Mana nih yang punya anak gadis :)))


    BalasHapus
  19. Aku banget itu, Mas Bay. Gak bisa bedain ketumbar sama merica 🀣. Tapi dulu dong, pas baru belajar masak 🀭. Sekarang udah khatam. Sambil merem pun tau ini ketumbar, itu merica. Wkwkwk.

    Ngomong-ngomong tentang awal-awal belajar masak, rasanya emang seru sih, Mas. Tapi hasil akhirnya rasanya ancur 🀣. Untung suamiku baik. Doi rela habiskan semua hasil masakanku yang ancur itu. Sementara aku? Makannya beli di warung πŸ™ˆ. Kejadian seperti itu terus berulang sampai aku bisa masak beneran dan rasanya enak. 🀣

    Kalau masalah ayam, biasanya aku rebus dulu sebelum digoreng, Mas. Jadi biar dagingnya empuk dan yakin bener-bener matang. Kalau gak gitu diungkep bareng tahu dan tempe. Ntar kalau bumbunya udah meresap, ayam, tahu, dan tempenya siap digoreng deh. Dan tahukah, Mas Bay, hasil tempe dan tahu goreng ungkepnya ini sedep banget. Berasa ada rasa gurih ayamnya gitu 🀀. Mas Bayu harus cobain pokoknya. πŸ˜†

    BalasHapus