Buku Semangat, Tante Sasa!

"Karena memetik hikmah tidak selalu dari Orang Dewasa" ThessaLivia

Btw, ini kali pertama gue bahas buku di blog ini. Sebenarnya ya nggak bahas bukunya secara gamblang juga sih. Soalnya di sini gue malah kebanyakan cerita tentang hubungan gue dengan anak-anak ✌️. Haha.

Jujur setelah baca buku ini gue berasa relate banget 😄.. bagaimana sosok Velisa bocah kecil nan pintar membawa perubahan yang besar dalam hidup seorang Sasita yang ramai akan pikiran tentang kehidupan yang begitu rusuh.

***
Wait-wait.. ini kenapa bahasanya jadi serius banget ya 😄..

Kemarin waktu awal Si Toni baca buku ini via Gramedia Digital 

"Sebelumnya mau ngingetin ni ya Ton. Giliran bayar perpanjangan akses Gramdig bulan ini belum kebayar.. Ndang, Pronto, Cop-cop..!!! hahah 🤣 gini nih, suruh bikin M-banking biar apa-apa mudah. SUSAH AMATT. *salfok

Dia bilang kalau gue kudu baca bukunya karena perawakan Sasita ini 11:15 sama gue yang sama-sama Tinggal sendirian, hobi banget lembur, hobi Ghibah, hobby karaokean 😄, dan sedang dekat sama Wanita yang sudah punya suami juga.. Sumpah kalau yang ini nggak loo ya 🤣. Masa si Toni bilang kalau gue lagi pedekate sama tetangga sebelah (Mamanya Dek Rafka) yang anaknya sering gue ajak main ke rumah 🙈. "Sini mulutnya gue cabein dulu Ton... 😤🤣"

Dari semenjak itulah gue makin penasaran sama Bukunya apalagi ditambah review dari teman-teman semua. Karena katanya buku ini membawa kisah yang nggak banyak dibawa oleh penulis-penulis lain tentang hubungan antar Orang Tua dan Anak.

Berhubung gue tipe orang yang lebih nyaman baca buku via kertas. Akhirnya gue lebih memilih untuk menahan dan menunggu hingga bukunya Terbit.

And Yapzz, kemarin tanggal 2 November 21 gue terima bukunya langsung dari penulis plus Ttd dan kata-kata semangat.. Terimakasih Mba Thessa, luv-luv 🥰.

Suka banget sama Covernyaa

***

Rabu Pagi setelah gue sembahyang Subuh.. Hujan deras masih mengguyur Kota gue sejak semalam. Di bawah Si Caca masih Tidur di atas kasur ruang TV, bawaan hamil sepertinya 😁 jadi mager. 

Berhubung gue sedang libur kerja. Nggak banyak yang bisa gue lakukan saat itu. Biasanya kalau libur gini, gue memilih untuk sepedahan keliling kompleks sambil dengerin lagu. 

Tetapi karena hujan, memilih untuk kembali tiduran dan tarik selimut adalah pilihan yang tepat. Kapan lagi kan ya bisa dapat momen extra santai kaya gini. Haha 😆

Entah kenapa pagi itu memang terasa nyaman banget. Alunan derasnya suara Hujan diiringi sahut-sahutan gemuruh petir dari kejauhan bikin hati gue adem dan nyaman. Haha. *Ini kenapa vibesnya jadi mellow banget dah. Dasar Hujaannn!!! 🤣 *Plakkk 🤪

Akhirnya pagi itu gue memilih untuk baca buku "Semangat Tante Sasa" karena memang sejak kehadirannya. Buku itu selalu iseng manggil gue untuk dibuka..


Dalam hati gue ngomong.. "Baca bagian Prolog nggak papa kali ya 😅

Soal Buku. Gue nggak terlalu terbiasa dengan kebiasaan baca buku lain jika masih ada buku yang belum beres dibaca. Kalian gitu juga nggak?? Makanya gue suka salut sama orang yang bisa baca 3 buku sekaligus.. batin gue "apa nggak ke mix ya ceritanya di Otak?? 🤔" Wkwkwk.

Tapi saat itu, keisengan gue membaca Prolog Semangat Tante Sasa ternyata membawa gue betah untuk terus lanjut membaca lembar demi lembar hingga gue mengalami Book Hangover. Sebuah istilah di mana pembaca terjebak dalam dunia buku yang dibangun meskipun sudah selesai dibaca. Sumpah, Dunia yang dibangun dalam Buku Semangat Tante Sasa terasa begitu real di gue..

Gue tipe Orang dengan hati yang rapuh *tsahhh 🙈 berhasil diaduk perasaannya melalui buku ini.. Ada banyak Part yang berhasil bikin gue Bocorr.. Haha. Berhubung sedang sendirian juga kan ya. Jadi Why Not nggak sekalian diambyarin. Wkwk. "Sobat Ambyar mana suaranya?? 🤣"

Berjam-berjam gue tenggelam dalam karakter seorang Sasita dan juga Velisa. Sangking seriusnya, gue bahkan sampai lupa makan Pagi, Caca meong-meong di bawah pun kaga gue dengerin 😄. Si Brian yang ternyata sudah 15 kali telepon juga kaga gue gubris 🤣. Wkwk.

Sedikit OOT.. 

Si Brian pagi itu ternyata ke rumah gue. Menerjang derasnya Hujan. Khusus dia, gue memang sudah kasih kebebasan untuk masuk ke rumah tanpa izin karena biasanya gue sering ngedekem di kamar dan susah buat dipanggil. Berhubung sejak pagi itu, gue belum buka gembok pagar. That's why si Brian nelponin gue 🤣.. kaga kebayang itu orang nungguin diluar hujan-hujanan.. wkwk

Tapi akhirnya dia berhasil masuk dengan manjat pagar bak maling. Gue sempat terkaget begitu dia buka pintu kamar gue. Wkwk. Gue yang lagi sibuk baca buku sambil tisuan pelongo dong begitu lihat dia yang basah kuyup 🤣.

"Gue kira lo semaput, Njir...." 

Gue yang kaget cuma bisa ngakak 😂😂... 

***

Kasih Sayang dan Keikhlasan yang diberikan seorang anak adalah hal yang paling murni di dunia ini.

Baca buku ini berhasil bikin gue kangen sama keponakan nun jauh di sana. Kangen Bokap, Nyokap, dan kangen momen sewaktu gue masih kecil dulu. Seandainya gue punya Mesin Waktu kan ya.. wkwkw 😄 *Mulai deh halunya..

Di buku ada bagian yang bikin gue teringat kalau gue juga pernah terjebak dalam kondisi genting karena Keponakan kesulitan Poop saat dia berumur 2 Tahun. Yesss, gue pernah merasakan betapa hebohnya gue saat memberikan obat pengencer melalui area belakang.. bahkan saat itu, gue kebingung masukin sampai seberapa dalam 🙈.  hahaha. But yess Lesson Learned..

Begitupula dengan Dek Rafka. Mungkin beberapa man-teman ada yang ingat soal Malaikat kecil yang hadir dalam kehidupan gue yang cukup membawa pengaruh yang besar dalam keseharian gue.

Dia Dek Rafka. Anak tetangga rumah sebelah yang super gemoyy dan cute..

Gue jadi ingat sebuah pengalaman berharga di mana suatu waktu pernah diminta ayahnya untuk menjaga dia seharian karena Ibunya yang tertimpa musibah dan harus dibawa ke rumah sakit pagi-pagi buta jam 3 pagi.

Kesempatan itu merupakan kali pertama gue ditinggal bersama dengan seorang anak berumur 7 bulan dalam satu atap sendirian. Meskipun hanya sehari, tapi gue menikmati momen bersama dengan dia.. Mandiin dia, suapinin dia, nidurin bahkan nimang-nimang dia.. saat itu hati gue berasa hangat banget. Apalagi sewaktu kita tiduran di kasur dan Rafka penasaran dengan bentuk tangan gue yang besar. Dia megang jari gue dengan jari kecilnya atau momen saat dia tertidur di perut gue.. ahhh so sweet 😍...

Yang lagi kepo

Yang lagi makan

Yang lagi Boci..

Gue merasa cukup beruntung diberikan banyak kesempatan untuk berbaur dengan anak kecil.. Mungkin karena itu, perawakan dan sifat gue cenderung receh.. bahah 🤣

***

Akhir kata, terimakasih yang sudah baca..

Buku "Semangat Tante Sasa" wajib jib jib kalian baca..!! Haha. Ceritanya menyentuh, kalian bisa kesal, marah, senang, hangat dan sedih secara bersamaan.. hahah 

Nilai 9.5/10.. karena kesempurnaan hanya milik Tuhan semata.

Bonus Featured.. hahah

Gue malah salfok sama kaca yang kotor banget
Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

30 komentar untuk "Buku Semangat, Tante Sasa!"

Comment Author Avatar
Ya kan gue bilang juga apa. Lu pasti suka sama bukunya. Secara lu punya jiwa keibuan. Haha.

Iya iyah, besok gue bayar. Hahah. Eluu masalah beginian aja gercep ya.

Alah ngaku aja Dut. Lu pasti naruh hati sama mamanya. Apalagi beliau masih muda. Wkwk 🤣🤣

Lu beli bel gih. Kan sekarang banyak bel yg wireless. Lu taruh di dekat tangga dekat kamar biar kalau ada orang tahu. Kasihan si Brian. Dikacangin hujan2. Haha

Rafka Lucu ya. Gue tuh kalau ngeliat lu lagi main sama si Rafka udah cocok banget dut. Haha. Mau nnya kapan tapi takut di gaplokk.. haha 🤣🤣
Comment Author Avatar
Gue kok baca ini jadi kangen rumah lu ya Dut. Haha
Comment Author Avatar
Ayoo kesini Ton. Ntar gue masakin.. haha. Ada kue kirimannya hasil menang GiveAway Mba Eno juga.. Rugi banget kalau nggak ngicip.. wkwkwk 😂

Jiwaa Keibuan... Jiwa Kebapaan nggak ada ya??

Bayarr.. Mana ??? Kaga dibayar-bayar.. Huuu

Astaga Fitnuh itu Fitnuh... 😤🙈

Ahaa.. bner juga ide lu.. Tapi gue takut diusilin.. Kan ngeri kalau semisal malem2 ada yng ngebel. Apa gue kaga sport jantung ntar..

Sebelum nanya.. Gue Gaplookkk duluu
Comment Author Avatar
Fotonya yang di depan cermin romantis amat 😆
Yg perihal baca buku harus sampai habis dulu, baru lanjut baca buku lain, saya juga gitu mas, rasanya kurang afdol kalo 1 buku belum kelar udah menclok ke buku lain 😅
And yess, buku semangat tante Sasa ini dapet banget feelnya, berasa real 😂
Comment Author Avatar
Romantiss gimana Mba Sekar??

Ahhaa iya kan.. Aku juga gitu sebenarnya.. Tapi kemarin pengecualian...

Iyaahh Feelnya dapet banget ya..
Kalau Mba Sekar bagian yang paling Ambyar menurut Mba Sekar yang mana?
Comment Author Avatar
Yaampuun... kirain beneran mas Bayu lagi dekat dengan wanita bersuami :))
Kasian banget Caca sampe dicuekin. Eh, tapi lebih kasian Brian yang ujan2an, sih... XD

Aku juga tipe yang harus kelar satu buku dulu baru lanjut ke buku berikutnya. Cuma beberapa bulan yang lalu pernah off satu buku karena alurnya yg terlalu lambat dan beralih sesaat ke buku lain. Kebetulan buku lain tersebut tipis juga, jadi bisa selesai sekali duduk.

Tapi, sebenernya tetep baca satu buku di satu waktu, atuh... kalau dua buku di satu waktu, jadi kayak mata kanan baca buku A, mata kiri baca buku B, dong... :))
Comment Author Avatar
Ahahahahah... 🤣 Jangan sampe mba. Ntar aku diarakk keliling Kota...
Iyaahh itu Basah Kuyup.. Untung kaga demam. Langsung saya bikinin Mie Kuah pake Bakso Telor sama Rawit sebagai permohonan Maaf..

Hahahha.. Bner juga ya.. Udah kaya bunglon kalau matanya bisa nengok ke dua sisi.. Ehh tapi kerenn sih.. :D :D
Comment Author Avatar
Foto mas Bayu sama le~baby so cuteeeee, sudah cocok mas sepertinya 😍

By the way, saya pernah punya pengalaman serupa about kasih pengencer poop untuk keponakan saya hahaha. Amsyooong bingung banget caranya 🤣 Untung semakin ke sini sudah semakin mahir dan paham 🤪

By the way, mas Bayu teman-temannya pada hobi dan jago panjat pagar semua, apa jaman sekolah jangan-jangan hobi cabut kelas buat pulang duluan, yaaah? Jaman saya sekolah dulu, yang mau cabut kelas pada panjat pagar karena gerbang ditutup pak satpam 😂 Wk.

Ohya selamat untuk mba Thessa atas bukunya, bagi teman-teman yang ingin buku mba Thessa, next week melipir blog saya yaaah, soalnya ada 2 buku dari mas Bayu untuk teman-teman (Dapat bonus tanda tangan mba Thessa pula) 🥳 *promosi dulu, wak* hahahaha.
Comment Author Avatar
Bahahah. Ketahuan kan ya Mba yg sering mabal siapa. Itu si Toni, si Brian. Wkwk hobi banget manjat2.

Jadi keinget adegan si Toni manjat Pohon jambu di depan rumahnya Si Bayu buat naik ke lt.2. Bela2in smpai di kerubungin semut 😂
Comment Author Avatar
Hahah ahh Mba Eno jadi malu 🙈 wkwkwk

Nahh iyahh kan Mba.. duh super bingung... Udah mah anaknya nangis kejer nahan sakit perut.. tapi kitanya bingung mau ngapain..

Hahahah.. nah itu, hobi banget sama yg namanya panjat2. Sreing banget kayanya Mabal dlu waktu sekolah.. 😁 jadi inget dulu. Pernah ikutan mau mabal tapi harus manjat2 dlu.. lah nggak jadi ikutan 😆

Yuhuuuuu.. Iya Gengkss.. nantikan ya di Blognya Mba Eno.. 😄
Comment Author Avatar
Sayang lu kaga videoin Ndre.. padahal gue mau lihat gaya Toni kalau lagi manjat pohon gimana.. mirip nggak sama itu.. wkwk 🤪🤣
Comment Author Avatar
Bisa2nya ya nagih tagihan disini 🤣

Udah cocok bay. Jadi kapan ni? Tapi memang sih. Lu punya semacam kharisma gitu dalam menangani anak2 sejauh gue kenal lu ya. Wkwk. Jadi kapan ni? (2)

Ntar gue pinjem bukunya ya Bay. Siapa tahu bukunya Mba Thessa jadi jembatan gue untuk lebih rajin membaca lagi. Haha 😅

Comment Author Avatar
Tapi ini berhasil tau.. udah dibayar dong.. 😁😆

Kapan apa?? Wkwkw 🤪😜
Karisma motor kali ahh.. 🙈 tapi emng anak2 lucu tau.. yg masih kecil ya.. kalau SMP hhmmm kalau ketemu yg bebal juga ya gue maless.. 😄🤣

Boleeehhh.. sini geh makanya.. ntar gue masakinn Pizza.😁😆
Comment Author Avatar
Yayaya.
Mingdep deh. Boleh nggak?
Comment Author Avatar
Lobbeeehhh. Tapi aku masuk pagi.. tapi nggk papa sih. Kan pestanya bisa malam.. wkwk 🤣🤣
Comment Author Avatar
Astaga Bayu!!!! Kasian amat tuh si Bryan uda kuyub, musti manjat pager juga pulaak. Untung dia ga dikatain maling dan dirajam warga 🤣🤣🤣

Duhhhh aku jadi penasaraaan nih sama bukunyaa… Banyak bener yang ngereviewww dan emang bakal related sama Bayu yaaa. Deket sama anak kecil hehehe

Btw aku baca buku ga tunggu abis dulu.. Tapi lebih lagi pengen baca apa gituu wkwkw jadi sekarang masih ada 3 novel yang lagi dibaca, tapi yang diseriusin 2 sih… 1 novel buat pas lagi butuh killing time gitu hehe
Comment Author Avatar
Hahahahha 🤣🤣.. iya kasihan ya. Untungnya nggk smpe di rajam dih mba. Kalau sampe udh masuk TV kayanya kita.. judulnya "Maling yang dirajam Warga rupanya teman pemilik rumah.. " 🤣🤣😂

Iyahhh.. ceritanya bagus sih mba.. isinya bukan ttg anak kecil juga karena sasita memang punya background yang tuttt tuuuttt sensor.. ini Novel bertema kekeluargaan menurutku.. 😁 hubungan antara anak dan orang tua..

Nanti Mba Fris ikutann ya.. di Blognya Mba Eno.. Mba Eno mau bagi2 buku Semangat Tante Sasa lagi edisi Spesial minggu depan 😁😁

Keren brrti Mba Fris.. kalau aku entah.. nggak biasa baca buku kaya semisal pagi buku A, siang Buku B.. haha 😅
Comment Author Avatar
Iya untung saja tidak sampai dirajam Bay! 🤣🤣🤣

Waduh-waduh.. apaan tuh yang disensor???

Ga keren Bay... Biasa-biasa ajaaa.. Cuma emang kadang bingung pas mulainya.. Aku bisa baca-baca halaman sebelumnya dulu gitu biar inget lagi wkwkkw
Comment Author Avatar
Hahaha..

Nggak papa mba. Takut ke spoiler aja. Kan nggk seru kalau kespoiler..

Kereeenn tau.. oalahh gtu toh triknya. Kalau aku tuh seringnya ke mix gtu.. semisal baca 2 buku.. wkwk 🤣 smpe mikir ini ceritanya ada dibuk satunya apa bukan ya.. wkwkw 🤪
Comment Author Avatar
Oalaah ada spoilernya di situuu wkwkkw Makasih ga dispoilerin Bay 🤣

Hahaha malah jadi kemix ya cerita dari 2 buku yang dibaca hihihi Tapi harusnya ga mungkin kemix kalo genrenya beda banget... Misal 1 lagi baca buku misteri, 1 lagi buku romansa. Ga mungkin kecampur dong Bay? wkwkwk
Comment Author Avatar
Wuaa baru sempet mampir kesini n kaget mas bayu ternyata ngereview buku Semangat, Tante Sasa! 😍😍

Makasii banyak udah suka sama cerita Ve dan Sasa ya Mas Bay, makasi jg udah menyempatkan menulis review, dan ngasi bintang 9.5. Terharuu 😭😭 Dan aku baru ngeh jg ternyata 2 buku lg nanti mau di giveaway. Yaampun, i cant thank you enough 😭😭

Mau minta maaf jg sama mas brian gara2 mas bayu keasikan baca jd nungguin ujan2an 🤣 kebayang paniknya pas mas bay ga bs dihubungin mas brian. Maaf juga cimil caca yg sampai lupa dikasi makan 😆
Comment Author Avatar
Perdanaaaa nihh Mba.. wkwkw 😆

Terimakasih juga udah menuliskan buku yang luar biasa ini Mba.. jadi ada sequelnya nggak..? Wkwk 😁🤣🤣

Hahah. Nggak papa Mba. Brian mah udah biasa di PHPin soalnya.. jadi udah keball..
Comment Author Avatar
Kasihan Brian, gara gara mas Bayu keasyikan baca buku jadinya malah ujan-ujanan.🤣

Jadi pengin baca juga buku Semangat Tante Sasa, mbak Ica memang keren ya, sudah menerbitkan banyak buku.😀

Aku tadi coba cek di toko online harganya bervariasi ya, ada yang 70k dan 80k tergantung tokonya, ada yang 60k tapi di Surabaya, tekor ongkosnya.😂

Nunggu momen 11/11 ah, siapa tahu ada diskon 50%.🤣

Btw, itu gosip kang Toni bener ngga tuh, mas Bayu lagi dekat sama seseorang.😅

Bisa jadi inspirasi cerpen.🤣
Comment Author Avatar
Ayooo Mas Aguss.. ntar ikutaann giveawaynya Mba Eno.. siapa tahu terpilih mas.. hehe 😄

Eeehhh nggak.. itu gosipppp.. beneran gosip..wkwkwk auto digebuk tetangga kayanya Mas kalau aku begituuu🤣
Comment Author Avatar
banyak banget yang udah ulas buku ini aku jadi penasaran sama bukunya Mbak thessa ini
eh samengat ya buat mas bryannya
smeoga perjuangan basah basahannya mendapat balasan dari Allah SWT amin

aku juga sering liat balita susah pup terus harus dikasih obat pengencer di duburnya
memang perjuangan jadi orang tua berat banget

Comment Author Avatar
Ayooo nnti ikutan Mas Ikrom GiveAwaynya Mba Eno.. hoho

Aminnn... Aku bantu ngaminin. ✌️😁

Iyaaa.. susahh banget. Satu sisi kasihan, tapi bgung harus gimana..
Comment Author Avatar
MAS BAAAAYYYY I CAN RELATE TOO! Baca cerita Velisa sama Sasita jadi kangen banget sama ponakan, pingin peluk-peluk juga karena sama-sama polos dan innocent merekanyaaa huhuhu. Padahal aku tiap hari ketemu wkwkwkwk. Habis baca novel ini aku jadi lebih sabar sama ponakan hehehe.

Enak ya bisa ambyarrrr kalau sendirian, aku kesalahan bacanya pas di ruang publik. Jadi ketahan air mata mermaidnya😆

Btw kita sama mas Bay, aku juga bukan poligami reader. Suka kecampur kalau baca banyak buku. Yang ada malah bingung sendiri. :(
Comment Author Avatar
Tosss dulu Mba Endahh 🤚🤚

Iya kan.. baca ini bikin kangen keponakan. Aku langsung vidcall keponakan ku juga.. wkwk

Hahaha. Enaknya diambyarin biar hati berasa plong.. hehe

Haha. Poligami Reader.. 🤣🤣🤣 pusing pokoknya kalau udah baca 2 buku.. misahin ceritanya itu lohh.. kwkw 😄😆
Comment Author Avatar
Foto terakhir sama baby Rafka so cute, mana tahan aku lihatnya 🥺 sehat-sehat terus ya, nakk. Oh ya, ibunya Rafka sekarang gimana, Mas Bay? Sudah nggak apa-apa, kan?

Novelnya Mba Thessa ini bener-bener bisa mengaduk-aduk emosi kita semua, ya. Aku pun masih sedikit terbawa perasaan lho walau belum baca lagi sejak menerima buku fisiknya 😄

Btw, maap itu Mas Brian manjat pagar rumah orang untung nggak kegep sama tetangga yak, wkwkwk.
Comment Author Avatar
Hahahah.. *ancang2 buat terbang... 🤣..
Aminn.. sudah sehat mba.. Alhamdulillah.. sudah bisa nyapu depan rumah lagi sambil ngejamu.. wkkw 🤣

Iyaaa.. bagian yg paling Mba Jane suka bagian mna Mba?

Hahahha.. 🤣 iya yahh...tapi kalau kegep nggak papa sih. Soalnya tetangga sekitar udah pada kenal.

Yukk.. Ngobrol!! Biar makin kenal😂