2021 = Seasons of Love

 "Five hundred-Twenty five thousand six hundred minutes, How do You measure a Year in The Life??"

Emang benar ya kata Mba Jane, kalau penghujung tahun tuh pasti bawaannya kepengen Self-Reflection teross.. haha 😂 Soalnya gue juga gitu. Pikiran terakhir bawaannya FlashBack ke kejadian selama setahun ini, mikirin Ups and Downs yang udah gue lalui dalam kurun waktu 1 tahun.

Entah karena efek lagu yang sering diputar akhir-akhir ini atau karena apa.. Gue pribadi merasa kalau Tahun 2021 adalah Tahun Cinta. *udah kaya pujangga aja ya, Bay..? 😂. Tapi serius guys, Tahun 2021 gue sebut Tahun Cinta karena di Tahun ini gue merasa dapat banyak sekali Cinta dari orang-orang sekitar termasuk kalian Duhai Teman Bloggerku.. “Lope You Pull pokoknya..” heheh

2021 merupakan Tahun dimana Bokap gue tutup buku. 

My One and Only superhero pergi meninggalkan Gue. And Yes, It was the hardest time that I ever felt since kepergian Ibu kami tercinta di 2015 lalu. 

I was lost, I was sad, My heart was shattered to the ground at the same time. Gue sulit untuk menemukan cahaya sewaktu itu karena jujur, Sparks hidup dalam diri gue seakan ikutan lenyap. Gue bahkan menyiksa diri ke hal-hal nggak berguna seperti rokok, membiarkan asma gue kambuh, membiarkan diri gue kelaparan, screaming, even scratching myself. I let my Darkside took over.

Tapi Allah super baik saat itu 😇.

Gue masih ingat banget, ketika Toni sama Andre inisiatif ke rumah gue karena gue susah banget dihubungin. Si Toni bahkan sampai rela manjat Pohon yang banyak semutnya buat naik ke atas rumah tempat kamar gue berada 😭.

Gue yang lagi tidur. Terkaget sewaktu pintu kamar ke arah jemuran digedor orang. Pas gue tahu si Toni yang berdiri di balik pintu. I was like Grab him fast dan peluk erat .. haha (gue nulis ini kok berasa aneh yaa.. wkwk 😂) 

Tapi beneran, ketika gue melihat mereka datang itu tuh kaya ada “Cahaya Super Terang” yang datang menyinari kegelapan gue. Haha *Lebay yakk?? 

Mereka nemanin gue selama 4 hari 3 malam. And I'm so gratefull for that.

Sejak saat itulah, Cinta yang lain hadir :

I met Mrs. Wardiah

Beliau adalah psikolog. Yes, gue memutuskan untuk membantu diri gue dengan bertemu Professional. Dan Ibu Wardiah namanya.

Kenal beliau adalah sebuah kesempatan emas bisa gue bilang. Karena having session with her itu benar-benar membantu banget. Awalnya gue sempat bingung harus mulai dari mana karena bisa dibilang kepala gue itu isinya rawut-rawutan macam benang kusut dan juga ini kali pertama gue punya sesi sama ahli kesehatan mental. Tapi ya namanya ahli, beliau bisa dengan mudah mengajak gue untuk lebih terbuka.

Nggak hanya masalah tentang kehilangan, tapi semuanya gue cerita mulai dari kecemasan, kehidupan, hingga depresi gue. Yang rencana awalnya gue punya 5 hari sesi sama beliau jadi berlanjut hingga 1 setengah bulan lamanya.

And it was a great experience. Malah gue sempat berpikir kalau beliau itu Ibu Peri karena kata-katanya yang benar-benar bikin kita berpikir ‘benar juga ya’..

I met Mr. Candra

Masih ingat nggak? gue pernah punya momen sesi sama beliau sewaktu gue nginap di rumah Andre. And yess, itu kali pertama gue ketemu sama Bapaknya Andre.

Gue pernah punya sesi super mengharukan di tengah malam sama beliau. Saat beliau mencoba mengajak gue untuk refleksi diri tentang Bokap gue. It means a lot for me.

Bahkan beliau pernah juga nawarin gue agar tinggal di rumahnya dan menjadi adikya Andre 🤣.

Sejak saat itulah, gue mulai akrab sama beliau, gue sudah menganggap Om Can seperti bapak gue sendiri. Makanya kemarin jujur gue ketakutan sewaktu beliau terkena covid dan gejalanya cukup parah. But Thanks God beliau masih diberikan kesembuhan.

I met Brian

"Bay, kenalin ini Brian. Nanti tolong semua yang Bayu bisa ajarin ya ke dia.." 

Itu kalimat pembuka dimana gue pertama kali bertemu dengan Brian. Anak perantauan dari Sumatera yang super nekat 🤣. Gue masih ingat banget, awal-awal pulang di hari pertama dia kerja. Kita keliling buat nyariin dia Kosan di dekat area tempat kita kerja.

Padahal sebelumnya gue udah nawarin dia buat tinggal serumah sama gue karena kita sama-sama sendirian di sini. Tapi dia nggak mau, mungkin karena saat itu kita belum terlalu kenal kali ya 🤣.

And yes, hari demi hari terlewati. Yang tadinya Strangers kini menjadi teman akrab. Hubungan Simbiosis Mutualisme antara kami pun terjalin. Kita saling jaga, saling mengingatkan, dan saling menasehati.

Dia sakit gue kerokin, asma gue kambuh saat obat abis, dia cariin di luar tengah malam.

Bikin kolam ikan bareng-bareng, gue dibawah nyerokin pasir ke dalam ember. Dia yang narikin embernya ke atas sampe kita berdua sakit pinggang 🤣. Ngerayain Lebaran bareng-bareng, ngerayain Natal Bareng-bareng. Tahun baruan bareng-bareng meskipun sempat kalang kabut karena tetiba hujan 😆.

Nonton bioskop berduaan, hunting baju baru berduaan, sepedahan berduaan, curhatin tentang si dia yang sampai sekarang belum ditembak-tembak juga.. wkwk

Jujur, Hidup gue jadi seru semenjak ada Brian. Haha. 

"Rumah ini selalu terbuka lebar untukmu pokoknya No matter what happens in February nanti 🤗"

I met Caca

Majikan super gemoy yang paling acuh di rumah. Haha 😂

Yang hobinya makan-tidur-makan-tidur 🤣 tahu-tahu hamil.. ya walaupun anak pertamanya meninggal begitu dia lahir dan si Caca mutusin buat makan jasad anaknya. Saat itu gue kaget tapi si Brian bilang kalau itu cara kasih sayang Induk Kucing ke anaknya.

Terimakasih ya Ca udah bikin hidup seorang Bayu jadi lebih berwarna. Ya meskipun cukup menguras dompet tapi gue nggak peduli 😂.

I met Rafka and His Family

Dek Rafka.. anak tetangga sebelah yang sering banget gue culik.

Mereka pindah ke sebelah rumah gue sekitar bulan Mei lalu dan gue langsung jatuh cinta sama anak pertama mereka. Rafka..

Yang udah mengajarkan banyak hal tentang bagaimana merawat sosok anak kecil berumur 5 bulan. Ya meskipun belum sampai tahap membersihkan Poop dia 🙈 karena belum kuat Iman 😂. Tapi sampai sini aja bikin gue mengerti tentang Joy of being Parents.

Nggak berasa sekarang dia sudah bisa jalan dengan kedua kakinya yang kecil walaupun hanya selangkah - lima langkah.

Bet, Orang tuanya pasti bangga melihat tumbuh kembang serta tingkah pola dia yang lucu dan menggemaskan.

Tahun 2021 jadi Tahun dimana gue bertemu dengan banyak orang baik. Having a great moment with them was a miracle. Gue sangat bersyukur karena gue merasa inilah cara Tuhan menolong gue saat itu.

***

2021 juga menjadi tahun dimana gue memahami betapa dekatnya kita dengan kematian, serta berharganya sebuah nilai kehidupan. 

Terinfeksi covid dengan gejala yang cukup parah mengajarkan gue bahwa banyak berkah-berkah kecil dalam kehidupan yang sering banget kita lupakan bahwa mereka adalah sesuatu yang wajib disyukuri.

Bisa bernafas dengan lega tanpa alat bantu, menikmati sejuknya udara pagi tanpa ada perasaan khawatir, memiliki seseorang disamping kita as a family adalah salah satu contoh dari beribu karunia yang dianugrahkan Tuhan kepada kita.

I was so lucky 😊, masih dikasih kesempatan untuk sembuh. Masih dikasih kesempatan balik ke rumah dalam keadaan utuh tanpa kurang apapun.

Sekarang tugas gue adalah melanjutkan sisa hidup gue ke arah versi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Welcome 2022. Thank you 2021 dan tahun-tahun sebelumnya atas pelajaran tak ternilai. 😇😊. Semangat buat kita..


Gue akhir-akhir ini lagi senang sama lagu-lagu glee… terutama 1 cover di bawah ini.. karena pesannya nyangkut banget di kepala 😂 


Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

24 komentar untuk "2021 = Seasons of Love"

Comment Author Avatar
Btw tulisan yang bagus Ndut. Well done 👏. Bikin gue jadi berkaca juga tentang 2021 kemarin. Berat tapi cukup menyenangkan. Kalau diingat kita juga jadi sering yg main ke rumah lu ya akhir2 ini.

My favorite sih sewaktu kita jalan ke Seaworld terus lu bawa pulang ikan koi yang sakit. Gua sangka dia bakalan mati, tapi ternyata berhasil sehat sampai skarang ya.
Comment Author Avatar
Bahahha.. makasihh Toni Stark 🤣😂 Eternals udah ada di Disney lohhh.. lu belum nonton kan ya??

Iyaahh sering.. awal sewaktu kita pergi ke curug itu ya.. 😂

Ahhh Iyahh.. dan Ikannya berhasil sembuh 😁
Comment Author Avatar
Bayu, aku bersyukur akan kehadiran Bayu di blogosphere dan menjadi temanku 🥰. Semoga nggak pernah bosan untuk berteman denganku ya huahahaha.

Glad to hear di tahun 2021 Bayu dikelilingi dengan orang-orang yang sayang sama Bayu 🥺, meskipun berat karena kepergian Ayah, tapi Tuhan selalu punya cara untuk hambaNya ya. Semoga di tahun ini kehidupan bisa lebih baik lagi dan penuh kebahagiaan 🥰

Btw, gambarnya bagus banget Bayu!! Kayak real lhooo, aku pikir itu foto 🤣
Comment Author Avatar
Liaaa aku juga bersyukur bisa kenal Lia dan lainnya. Pastinya nggak Li 😊

Yess Bner banget Li. Aku juga merasa bersyukur banget bisa berhasil melewati semuanya berkat bantuan teman2 juga 😊

Terimakasih Banyak Li.. ahh lia bisa aja bikin aku terbang. Wkwk 🤣
Comment Author Avatar
salam buat toni sama andre

baca post ini, aslikkk aku mewek dipart yang mrs wardiah, omaigodddd hahaha, bisa-bisanya ya, langsung ambil tisue lap ingus, duhh maapkan wkwkwk
jadi flashback ke diri sendiri aja, merasa pernah berada di fase "berattt", karena problem ini itu, dan kayaknya butuh ke psikolog nih waktu itu, atau emang karena aku yang mellow-an juga

oya salam buat Brian juga dan tetangga nya yang super duper baik, dedek emes rafka yak hehehe

semangat juga buat kak Bay dan semuanya
Comment Author Avatar
Salammm balik juga Mba Inun..

Bisa ketemu Bu Wardiah itu mukzizat banget sih. Karena beneran orangnya cocok banget sama pribadinya aku mba. Jadi, akunya juga nyaman buat ceritanya. Dan bneran dibantu bangett mba..
Kerenn sih beliau..

Semangat selalu juga buat Mba Inun ya... 😊
Comment Author Avatar
Banyak jumpa orang-orang baru yang menarik ya kak. Ada kucing juga.
Selamat tahun baru 2022 Baca-baca blognya kak Bayu menghibur sekali. Bikin aku berpikir.. Oh begini ya ngeblog itu.
Comment Author Avatar
Iyahh Banyak banget... dan aku bersyukur sekali.. terutama ketemu sama Si Caca Majikanku yg paling aku cintai ... hahah 🤣🤣

Terimakasih banyaaak ya udah baca tulisanku..
Comment Author Avatar
Selamat tahun baru ya mas....
2021 memang gimanaaaa gitu
senang membaca bahwa mas Bayu dikelilingi orang baik meski kondisinya sedang sulit
2021 aku juga memutuskan ke psikiater dan ternyata harus menjalani beberapa pengobatan
memang binung ceritanya mulai dari mana hahah tapi kalau sudah ketemu profesional rasanya mulai lega
engga tahu ini 2022 gimana yang pasti ya udahlah jalani aja yang ada dan yang bisa
sehat-sehat ya Mas Bayu dan teman-temannya
Comment Author Avatar
Selamat Tahun Baru juga Mas Ikrom. Meskipun ini udah pertengahan januari 🤣🤣🤣

Bner bangett Mas... aku senang dengernya kalau Mas Ikrom memutuskan untuk bertemu dengan ahlinya. Dengan begini brrti Mas Ikrom sudah mengerti kalau diri ini ada yg nggak beres 😊.. soalnya bnyak orang yg menapis diri kalau mentalnya baik2 aja..

You too ya Mas.. Sehat selalu dan suksesss dimanapun berada...
Comment Author Avatar
bersyukurlah mas, meski di tinggal kedua ortu, masih ada beberapa orang yang nemenin mas bayu :).. kadang ada loh, orang yang punya keluarga besar, orang tua masih komplit, kakek nenek, om tante, ponakan, masih aja berpikir kalo dia kesepian :D
Comment Author Avatar
Alwaysss Bersyukur Nif 😁😁
Ahh iyaa.. loneliness emng sesuatu yang cukup membagongkan ya.. apalagi jomblooo 🤣🤣 *kaya aku 🤣
Comment Author Avatar
Hatiku deg-degan campur haru baca tulisan kamu ini, Mas Bay. Cuma bisa bilang betapa beruntungnya dirimu dikelilingi oleh orang-orang yang sayang dan peduli sama Mas Bay, huhuhu. Semoga mereka semua termasuk Mas Bayu selalu dilindungi oleh Tuhan, yaa.

2021 memang tahun yang "ajaib" dan sukses ngajarin kita banyak hal. Yang pasti semuanya membuat kita juga semakin kuat 💪🏼

Happy new year once again, Mas Bayu!! *eh akutu udah ngucapin belom sih? Ahahahaha* Semoga tahun ini lebih baik lagi dan apa pun harapan Mas Bayu bisa terkabul yaa! 🥳✨
Comment Author Avatar
Aminnn .. Terimakasih Mba Jane buat doanya.. dan makasih juga udah baca ya 🤗🤗

Seriuss 2021 ini jadi tahun terbaik versi aku sih karena banyak banget pelajaran yg aku pelajari. Mulai dari kehilangan, kesepian, pertolongan, dll.. dan aku bersyukur bangeeettt 😊😇

Happy new year too Mba..
Hahah. Yaa ngucapin lagi nggk papa mba 😅 Aminn.. Doa yang sama untuk Mba Jane dan Keluarga..
Comment Author Avatar
mantappp sekali mas Bayu. Sahabat-sahabatnya sangat sangat baik, super baik. Mas Andre dan Mas Toni. "peluk erat-reat" mereka, itu bener-bener real sahabat!
Comment Author Avatar
Terimakasih Dodo... 😁 ehh Kang Joe 🤣 *peluk erat semuanyaaaa 😁
Comment Author Avatar
Mas Bayuuu aku berkaca-kaca bacanya. You are so great bisa melewati semua yang terjadi. Semoga tahun ini jadi tahun yang jauuuh lebih baik daripada tahun kemarin. Kita jadi lebih kuat juga, lebih sehat, lebih lancar rezekinya, aamiin. Gambarnya cakep banget btw. >.<
Comment Author Avatar
*kasih tisu buat Mba Endahh... 😉

Aminnn aminn.. Mba Endah juga ya. Always sehat, sukses, bahagia 😁 Aminnn

Terimakasih lohhh Mba.. Mba Endah juga buaagusss bangett.
Comment Author Avatar
Tahun cinta ya emang buat Bayu.... Turut bahagia bisa kenal Bayu di dunia blog ini. Ikutan wish Lia, semoga kita masih temenan terus ke depannya ya ^^

Part saat "bersyukur bisa nafas tanpa alat bantu" reflek bikin aku narik nafas panjang loh Bay 🤣

Semoga ke depannya bisa jadi Bayu dengan version yang lebih baik lagi yaak! ^^
Comment Author Avatar
Akuu punn bahagia sekali bisa kenal Mba Fris.. 😁😊 aminnn.. semoga kita bisa terus menjalin komunikasi ya Mba..

Hehehehe. Nikmat bisa terus bernafas itu salah satu mukzizat kita banget ya mba..

Aminnn aminn.. Mba Fris juga ya.. 🤗😇😊
Comment Author Avatar
You are blessed mas, karena mas Bayu mungkin tanpa sadar sudah jadi blessing untuk orang di~sekitar mas Bayu, termasuk untuk saya, makanya mas Bayu diberkahi orang-orang baik penuh cinta dalam hidup mas Bayu sekarang 😍

Semoga tahun 2022 ini, akan ada lebih banyak cinta yaaaah untuk mas Bayu, mas Brian, mas Toni, mas Andrew, Pak Can, dan Caca serta semuanya 🥳🎉
Comment Author Avatar
Ahhh Mba Eno bisa aja.. 🙈🙊 kemudian sembunyi 🤣 Aku pun bisa kenal Mba Eno dan teman lainnya berasa seperti mendapat anugrah tak terhingga 😊

Aminnn Mba.. doa yang sama untuk Mba Eno juga 😇😇
Comment Author Avatar
2021 memang rollercoaster sih bay 😊. Happynya banyak, tapi sedihnya Krn banyak kehilangan temen kantor aku rasain banget di 2021. COVID lah gara2nya.

Tapi memang dari hal2 begini sih kita akhirnya belajar utk stronger. Syukur kamu akhirnya memilih utk ketemu psikolog, Krn memang ga ada salahnya utk konsultasi dengan org yg ahli saat mental kita sedang down.

Oh Bryan Februari ya kepastian nya. Semoga aja bisa jadi karyawan tetep dan bisa serumah trus di situ Yaa bay :).

Lagu2 Glee memang enak sih ❤️❤️❤️❤️aku pasang di mobil juga. paling sukaaaa kalo sedang galau, sedih, aku puter yg mereka cover lagunya the Beatles , Let It be. Malah lebih enak mereka yg nyanyiin daripda versi asli the Beatles nya 🤣🤣🤣.
Comment Author Avatar
Bacanya bikin baper deh, Bayu. Be thankful always and more blessings in 2022.

Yukk.. Ngobrol!! Biar makin kenal😂