Kenapa Lu Nggak Nikah-Nikah???

Daftar Isi

Why o Why?? Ini gue bukannya baper, marah atau gimana yak 😆. Tapi gue udah puguh bin capek bin bosan tiap ada topik obrolan mesti ngerembet ke...

"Bay umur lu berapa geh??"

"Nikah geh Bayy!! Enak tahu!"

"Masa sendirian mulu!!!"

"Ntar kalau nikahnya ketuaan, anaknya masih kecil-kecil..."

"Coba bayangin lu nikah di umur 30, terus punya anak di umur 35. Itu anak lu umur 20 Tahun. Umur lu udah 55 Tahun!!"

"Nikah geh Bay, biar tidurnya ada yang nemenin!!"

"Islam lu belum sempurna kalau belum nikah itu!!"

Pengen deh gue celetukin. "Yaudah gue pindah Agama aja besok...!!" tapi gue masih waras yah buat nyandain hal se'dark itu. Lagipun kenapa ya.. Masyarakat kita itu Level Keponya udah kaya Intel FBI 😛. Mau tahu banget urusan orang 🥹.. Kaya yang nggak ada topik lain aja gitu.

Nanyain apa kek? Cuaca? Lagi sibuk apa? Atau Kabarnya gimana? Kan lebih Elokkk yaa... 

Malah pernah tuh,, gue lagi asik-asik kerja kan. lagi fokus-fokusnya. Eeehh terus ada nih 1 rekan datang menghampiri gue. Nggak ada angin, nggak ada hujan. Gujuk-gujuk nanya "Bay, alasan lu nggak nikah-nikah kenapa sih Bay??". Gue jawab aja. "Gue Amoeba Cuyy!! Jadi, gue membelah diri...!!" 😑🤣

Terus besoknya dia bilang gini ke gue "Lu mah enak Bay, belum ada tanggungan!! Lah gue anak 1. Istri lagi hamil..."

JEDEEEERRRR bak kesamber petir, dalam hati gue bertanya "Lu kenapa sih??" wkwk 🤣

Gue tuh ngerasa kalau di Indonesia, nggak tahu ya kalau di LN gimana, kayanya sih sama aja. Cuma mungkin beda level umur. 'Pernikahan dan Punya anak' itu udah kaya jadi acuan setandar kehidupan. I mean, Lu nggak bakal dianggap as WHOLE HUMAN semisal Lu belum nikah dan punya anak. dan ini yang bikin gue terheran-heran. Awal mula standarisasi ini nih dari mana sih?? zaman jigeum tah?

Soalnya nggak ada korelasinya sama sekali. Menurut gue kita itu sama-sama manusia sepenuhnya baik lu udah nikah atau belum, Punya anak atau nggak... Nggak ada yang jadi masalah. Selama nggak merugikan orang lain. So what! gitu kan...? You do You aja kan.

Ini mah,,, ckckck yah begitulah... wkwkwk 😄 

Lagipun tiap orang kan punya Struggle dan Prinsip kehidupan masing-masing. Bisa jadi memang ada yang lagi usaha, ada yang sedang ngumpulin duit dulu, atau lagi menyiapkan mental atau memang nggak ada rencana menikah. That's Okay menurut gue 😚.

Toh, orang yang sudah menikah belum tentu hidupnya lebih bahagia daripada yang belum menikah. Dan begitu pula sebaliknya. Nggak ada kehidupan yang lebih baik dari siapapun kalau bukan dari diri kita sendiri.. At least that is what I believe..

Jadi, please STOP asking people about their own Bussiness!! karena pertanyaan itu sebenarnya Retoris dan hanya orang itu yang tahu alasannya kenapa. Jadi kita nggak perlu tahu.. Sungguh indah bukan kehidupan bersosial yang seperti itu.

"You do yours! I'll do mine!!"

Tapi ya namanya juga manusia. Nggak ada yang bisa kita kontrol selain pikiran diri kita sendiri. Jadi, semisal ada yang menanyakan pertanyaan kurang mengenakkan. Mari kita senyumin saja 😄. Atau bales dengan candaan "Ntar kalau gue nikah, lu yang ngebiayain kehidupan kita-kita yaa..." 😜

Sekian curcolan pagi nan cerah ini.. 😁

Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

28 komentar

Ngobrol Kuyy,,, biar makin sayang.. 'Eaakkhhh bisa aja lu buntelan Karung Goni!! 🫣🤣'
Comment Author Avatar
18 Agustus 2022 pukul 11.48 Hapus
Aku sudah kebal kalau ditanya begini. Kalau ada yang masih iseng nanya, aku jawab aja, "Kalau gak Sabtu ya Minggu." Atau, "Secepatnya." Atau, "Doain aja ya." Wkwkwk.
Comment Author Avatar
24 Agustus 2022 pukul 22.01 Hapus
wkwkwkwkwk... 🤣 Aku pengen kebal juga.. etapii sekrang udah lebih legowo siihh
Comment Author Avatar
18 Agustus 2022 pukul 19.18 Hapus
masih mendingan mas bayu, kalo gw dari temen sampai keluarga, sampai tetangga pasti nanyain kapan nikah, gw tiap taun tiap lebaran pusing buat jawabnya 😁, gw sebenrnya udah pengen nikah sih, tapi jodoh yang belom ketemu :D
Comment Author Avatar
24 Agustus 2022 pukul 22.06 Hapus
Di Ig ada tuh Nif pas mudik dia nempelin papan gtu di Badan tulisannya "jangan nanyain kapan nikah..." wkwk 😁 mungkin Khanif bisa coba...

Aku jadi inget kata-kata seseorang. Beliau bilang gini :
"Jangan menikah hanya karena merasa kesepian, merasa tertekan akan tuntutan orang-orang sekitar. Karena menikah adalah saat dimana kita akan bertanggung jawab penuh pada keluarga yang akan dibangun. Kalau belum mampu, belum siap, belum bisa. Don't do it.. Bukan coba-coba soalnya..." 😁
Comment Author Avatar
22 Agustus 2022 pukul 16.39 Hapus
Mas Bayuuu kenapa kepikiran amoeba sihh? Duh ngakak 🤣

Benar loh orang cuma bisa komen tapi ga biayain jugaa. Standarisasi yang ada juga saya rasa mulai bergeser nih. Jika dulu usia 20an awal sudah pada menikah, sekarang ini teman-teman saya yang seumuran juga masih banyak yang belum menikah. Padahal tahun depan kami berumur 30 tahun. Dan sah sah saja jika memilih demikian karena hidup nya yang jalanin mereka bukan karena omongan orang. Emang cuma kudu sering-sering latihan senyum biar ga usa banyak omong. Ntar di jawab malah di balikin sama orang tersebut.

Kadang bingung juga sama orang yang nanyain kapan nikah, tapi abis itu "ngeluh" karena ada tanggungan. Namanya uda nikah ya harus siap dengan segala perubahan dan tanggung jawab baru. Kesannya mereka kaya iri sama orang-orang yang belum nikah karena terkesan "bebas". Sama hal nya juga kaya belum punya anak, ditanyain mulu. Mending mereka biayain biaya selama kehamilan dan kelahiran. Ini cuma nanyain ajaa. Uda ada anak 1 ntar ditanyain kapan adenya lahir. Uda ada anak cowo ntar dikomen ga mau punya anak cewe atau sebaliknya. Lahhh kita mana tahu anaknya akan lahir cewe atau cowo. Kan ga bisa request.

duhh maapin jadi curcol disini 😣
Comment Author Avatar
24 Agustus 2022 pukul 22.09 Hapus
wkwkwkwk sepintas Mba Dev... tetiba kepikiran sangking ditanya alasan kenapa nggak nikah-nikah.. wkwk 😁

Sekarang agak mulai bergeser sih emang mba. tapi dilingkup aku kayanya belum berlaku karena mostly sudah pada menikah.. wkwk. Awalnya aku kaya yang FOMO gitu dan khawatir karena sampai sekarang nggak ada perkembangan.. Tapi setelah dipikir-pikir. Kenapa harus mesti FOMO. kan Pernikahan itu sakral. bukan ajang siapa yang cepat dia yang hebat.. wkwk
Comment Author Avatar
23 Agustus 2022 pukul 18.47 Hapus
Jadi Bayu kapan nikahnya? 😛 *dikemplang*

Sebetulnya pertanyaan itu agak gimana gitu ya. Emang kenapa gitu ya kalo belom nikah-nikah. Akan memberi pengaruh negatifkah ke orang yang bertanya kalo kita belum nikah juga. Iya ga sih? wkwkkw Tapi emang tipikal orang-orang sini kepo maksimal sih Bayu. 🤣🤣
Comment Author Avatar
24 Agustus 2022 pukul 22.11 Hapus
wkwkwk.. kalau nggak sabtu-minggu mba.. 😝

Sebenarnya yah nggak papa sih ya. sekali-dua kali mah.. tapi ini mah setiap ketemu... Awalnya ngomong apa ehhh merembet aja ke pernikahan.. wkwk. Kan puguhan ya. ini otak udah keburu mendidih ditanya "Kenapa menunda-nunda menikah... 😅" Siapa juga yang menunda. wkwkw

Emang dasar Orang Indo keponya udah level to the max.. 🤣
Comment Author Avatar
23 Agustus 2022 pukul 20.41 Hapus
Orang-orang emang kadang suka maksa standar mereka ke kita ya. Dianya udah nikah, kita juga disuruh cepet2 nikah, dianya udah punya anak, kita disuruh lebih cepet nikah terus cepet2 punya anak.. padahal sih itu, mereka yang udah nikah juga belum tentu hidupnya selalu happy dengan status pernikahannya 😁

Emang paling enak jalanin apa yang emang kita pengen aja Mas Bay 😁
Kalo terlalu dengerin apa kata orang, terlebih udah kayak ngatur2 ntar malah nggak ada habis2nya

Btw, itu gambar di bawah postingan, draft blog postingan ini ya... 😄
Comment Author Avatar
24 Agustus 2022 pukul 22.12 Hapus
Nahh, iya bener... maksa-maksa kaya yang mau ngebiayain aja. Toh, setelah menikah. Semua bahtera rumah tangga kan mesti dihadapi sendiri ya. bukan sama mereka.. wkwk 😁

Iyaa Mas Edot.. foto draft sendiri... sangking bingung mau nempelin gambar apa... 🤣
Comment Author Avatar
25 Agustus 2022 pukul 22.35 Hapus
Lah yg udah nikah aja masih ditanya kapan nambah anak 🤣🤣🤣. Pas mudik kemarin, si Tante enak bener ngomongnya nyuruh aku hamil lagi. Dikira 2 ga cukup apa.. emang mau biayain 🤬😑

Kdg bingung Yaa Ama orang2 ga sopan begitu, kok maksa aja valuenya dia ke kita. Lah buat kita mau nikah kek, mau punya anak kek, belum masuk prioritas. Aku aja masih mentingin targetku kliling dunia. Yakalo sampe hamil Mulu, kapan kecapainya 🤣🤣🤣.

Kemarin si Tante pas aku KSH jawaban mau kliling dunia, eh bisaan aja maksanya, 'jangam pergi2 trus. Udah umur segini di rumah ajalah'

Ya elu sukanya di rumah. Di kira aku happy di rumah Mulu 😔.emosi aja bawaan tiap ke rumah beliau 🤭.

Tapi dipikir, ya sudahlaaah. Iyain aja. Mau sampe kapanpun kita ga bakal bisa kalo harus nyenengin orang Mulu. Kalo kata Jerome Polin, itu kunci buat gagal, terlalu pengen nyenengin orang
Comment Author Avatar
29 Agustus 2022 pukul 20.27 Hapus
Nggak ada abis-abisnya yaa mba.. Ahhh dasar manusia... 😄

Bnerr banget tau mbaa... Susah sih ya emang.. Aku ya kemarin pas lagi ngbrol-ngbrol sama Brian ttg rencanaku abis kuliah mau apa di tempat kerja.. terus ada rekan lain tiba-tiba nyamperin langsung nimpalin "Abis kuliah nikah aja bay... umur lu udah 26 kan??" Laahh aku langsung nyeletuk "Lahh kok lu yang maksa..." 🤣

Iyaaa benerrr... Kunci Kegagalan, Terlalu pengen nyenengin orang lainn..

Semangattt...😁
Comment Author Avatar
25 Agustus 2022 pukul 23.00 Hapus
aku yang sering dapat pertanyaan gini, kadang aku senyumin, kadang aku bales juga jawabannya. tergantung mood hahaha
meskipun kumpulan temen-temen aku banyak cowoknya dari zaman bahula, tapi biasa aja, kalau cowok mah jarang nanyain "kapan nikah", biasanya tuh yang ibuk ibuk wkwkwk
Comment Author Avatar
29 Agustus 2022 pukul 20.42 Hapus
Ibu - ibu emangg... wkwk 🤣
Temen kerjaku tuh cowok semua malah mulutnya pada lemes mba.. 🤣 yang cewe malah diem aja kaga pernah nnyain kapan nikah.. kwkwkwkw
Comment Author Avatar
26 Agustus 2022 pukul 09.01 Hapus
hahahahha aku sudah sering ditanya gini
dulu cuma tak diemin tapi kadang tak bilang kapan situ kawin lagi
tiba-tiba aja aku posting foto bayiku
wkwkwk duarrr lah
kadang masalah nikah dsb memang ga perlu dibuat spaneng
klo waktunya bakal nikah juga
kayak kang cilok bilang
"wayehe...wayehe..."
Comment Author Avatar
29 Agustus 2022 pukul 20.44 Hapus
wayaheee.. wayaheee... 😁 Bner mas. Nggak usah ambil pusing.. Hidup udah bikin pusing soalnya.. Nggak usah ditambah mikirin apa kata orang..
Comment Author Avatar
28 Agustus 2022 pukul 14.09 Hapus
Gue pun sering ditanya gini, respon nya ya diem aja.

Belum mikirin nikah, karena merasa masih belum selesai sama diri sendiri sih. Jadi, yaah kan nikah bukan ajang lomba-lomba an. Katakan lah, ada yang bilang cepet nikah biar nanti umur nya enggak beda jauh Sama anak nya, kadang engen bales ngomong, klo lu tiba-tiba meninggal cepet gimana? Tapi, kan enggak mungkin juga yh
Comment Author Avatar
29 Agustus 2022 pukul 20.45 Hapus
Besok kalau ditanya lagii.. bilang.. "BAYARINNN YAAAKK... 😁

wkwkwk.. Jangan mas.. yang waras kita lebih baik diem.. 😄
ehh btw salam kenal ... 😚
Comment Author Avatar
28 Agustus 2022 pukul 14.17 Hapus
Pertama, standar pertanyaan basa-basi di kita tuh ga ada peningkatan... ga kreatif. Entah kenapa, itu udah kayak jadi template ketika ketemuan dan nyari topik, padahal masih banyak yg bisa ditanyain.

Kedua, pertanyaan basa-basi akan naik level seiring keadaan kita, misal:
*kita belum nikah: "di, kapan atuh nikah? kan udah lulus.. udah punya gaji juga"
*pas udah nikah: "selamat yaa... istrinya cantik, kapan atuh berencana punya anak, kyknya udah seminggu deh nikah, masa belum hamil?" << haha becanda ini mah

Nah kalo aku sendiri, masih mentok disini karena memang belum punya anak lagi.

*kalo misalnya udah punya 1 anak: "wah alhamdulillah anaknya cakep dan pinter, kapan atuh dikasih adek? kasian sendirian..."

and the list will go on and on and on....

Intinya...bener kata mas Bayu, ga usah jawab, senyumin aja. mungkin itu cara paling ramah untuk bilang "ga ada pertanyaan yang lebih kreatif?"

hahaha...

i do that dan people will straight away paham kalo aku ga nyaman ditanya hal itu.
Comment Author Avatar
29 Agustus 2022 pukul 20.51 Hapus
FIX sih nggak bakalan ganti pertanyaan-pertanyaan gitu.. ahahahah 🤣
Kitaa hahaha'in aja ya Mas Adii.
Comment Author Avatar
29 Agustus 2022 pukul 08.23 Hapus
"nikah geh bayy" hihihi

tapi ya begitulah. seolah-olah kita mesti menuruti jalan pikir orang. tapi aku yakin, orang yang berkata begitu untuk kita karena mereka menginginkan yang terbaik dan merasakan seperti apa indahnya tanggung jawab. ^mungkin
Comment Author Avatar
29 Agustus 2022 pukul 20.52 Hapus
Poleeess... wkwkwk 😁

Iyaa mungkin itu cara mereka peduli ke kita yaa.. tapii ahhh yaa maless kalau ditanya tiap hari.. udah kaya minum obat.. wkwk

Salam Kenal Mas Amir..
Comment Author Avatar
12 September 2022 pukul 12.00 Hapus
Aku udah kenyang ama pertanyaan begitu Bay, soalnya kita tinggal di Indonesia, dimana2 semuanya2 ditargetin sama umur, dan kita harus ngikut standar umur itu, nyebelin banget emang, lulus, kerja, nikah, punya anak, smua harus seperti standarnya orang2, dikira kita hidup mau lomba apa.

Dan ya mending kalau nanyanya itu karna care, lha kebanyakan nanyanya itu karna kepo atau julid doang, ngasih solusi kagak, ngebantu kagak, kezel beneran.
Comment Author Avatar
21 September 2022 pukul 06.01 Hapus
Hidup udah kaya lomba ya mba... Padahal kita nggak pernah daftar.. wkwkwk 🤣

Bener.. Rasanya pengen demo deh di depan gedung DPR tulisannya "STOP PERTANYAAN KAPAN NIKAH..!!" wkwk 😭😂
Comment Author Avatar
17 September 2022 pukul 05.28 Hapus
Heran sama orang yg mengajukan pertanyaan itu tapi ga nawarin solusi (kenalin sama calon, dsb). Lain kali di jawab balik mas, "Cariin dong." Kalau dijawab "Ya elo cari sendiri." "Lah. Kan elo yg terganggu?" wkwk
Comment Author Avatar
20 September 2022 pukul 09.13 Hapus
wkwk pertanyaan yang bakal sering diucapkan klo udah nginjak umur 25-30an. Gak ngerti deh kenapa mereka hobi nanya kayak gitu. Ya klo mau bantu cari jodoh dan biaya hidupnya sih oke oke aja, lah ini gak :D

Nanya doang, tampol nih :v
Comment Author Avatar
20 September 2022 pukul 13.45 Hapus
wkwwk pernah di fase itu saya juga mas Bay. Emang rasanya tuh risih banget kalau ditanya seperti itu tuh tapi ya gimana lagi ya. tapi saya doain biar mas Bay segera dipertemukan dengan jodohnya. Aamiin
Comment Author Avatar
21 September 2022 pukul 00.10 Hapus
Iihhh iyaaaa banget!! Kenapa sih orang-orang apalagi yang nggak deket tuh suka deh memancing emosi dengan nanyain hal-hal seperti ini hufth. Ntar udah nikah, ditanya kapan punya anak, kapan nambah anak, kapan punya cucu, yaampun nggak habis-habisnya 🥲. Entah itu cuma basa-basi atau gimana, kadang kalau mood lagi nggak bagus, pengin gitu sumpel mulut penanya pakai sendal 🥲. Yang kayak gini harus dikurang-kurangin banget deh, biarkan orang-orang menjalani hidupnya masing-masing berdasarkan kecepatannya masing-masing. Toh nggak ada menang/kalah dalam hidup ini kann 😂. Sabar-sabar ya Bayu kalau denger pertanyaan seperti ini 😂 jawabin aja kalau nggak Sabtu ya MInggu wkwk