Hingar-Bingar Tinggal Bareng Anabul!

Daftar Isi
Seperti yang kalian tahu *"ihh siapa lu Bay??" di rumah. Gue tinggal bersama 2 anabul kesayangan. Namanya Mozza dan TukTak (Singkatan dari Tuku Taka alias Adek) πŸ˜‚.

Mozza dan TukTak

Mereka ini bisa dibilang yang selalu mengisi keseharian gue disela-sela santai dan beraktivitas di rumah. Hobi kita ya nonton TV bareng, nyantai bareng while si Adek menggila sendiri lari sana-sini nggak jelas πŸ˜…. Maklum, masih bocil jadi lagi aktif-aktifnya yang kadang suka bikin gue elus dada πŸ₯³. 

Pernah tuh dia meong-meong kenceng banget karena kukunya nyangkut di keranjang pakaian kotor πŸ˜‘. Atau entah somehow berhasil keluar pagar dan nggak tahu caranya masuk lagi. Dia diluar meong-meong minta dibukain pager 😭. kan koplo ya...πŸ˜‚

***

Majikan gue bisa dibilang kucing rumahan, karena sama sekali nggak pernah keluar pagar. Ya, memang gue jarang ngajakin mereka buat main di luar. Paling ya sesekali dalam beberapa minggu. Mungkin karena itu, mereka cenderung takut sama orang atau kendaraan yang lewat. Jadi, semisal pintu pagar gue buka, mereka paling cuma ngintip dan bakalan lari masuk kedalam setiap ada orang yang lewat 🀣.

Mozza ini umurnya masuk 8 bulan *kayanya πŸ₯΄. Sudah Vaksin lengkap dan Steril. No wonder badannya mulai gembul karena nafsu makannya ajegile bertambah. Sedangkan, TukTak sekarang masuk umur 3 bulan. Dulu pas awal ditemukan, gue mengira dia ini betina, tapi semua berubah ketika umur semakin bertambah dan terdapat jendolan diarea bokong yang tumbuh perlahan 🀣. Dia jantan rupanya Genks... 

Sebelum mereka, gue pernah ngerawat anabul kesayangan bernama Caca. Bisa dibilang dia adalah anabul pertama gue. Namun, Tuhan berkehendak lain dan dia sudah berada ditempat yang lebih nyaman akibat tertabrak motor. RIP Caca 😘.

Hampir 2 tahun tinggal serumah bareng Anabul tentu banyak suka-dukanya, gue sih bilangnya hingar-bingar ya πŸ₯°.. 

Di medsos jarang banget orang bercerita tentang betapa bisa bikin riweuhnya anabul di rumah πŸ˜† Selalu tentang postingan yang happy-happy atau lucunya mereka, sehingga nggak dikit juga orang yang tetiba ada wacana buat melihara anabul tanpa berpikir panjang. Soalnya menurut gue memelihara Anabul bukan hanya soal merawat seperti kasih makan, dan minum saja. Tapi juga soal tanggung jawab, terutama soal kesabaran πŸ˜‚.

Karena selain ada senangnya, punya anabul jujur kadang bikin rerungsing πŸ˜‚.

Rumah Berantakan

Udah bukan rahasia umum lagi bagi Pawrents yang setiap buka pintu barang udah berserakan dimana-mana. Ngelihat pelaku-pelaku yang mukanya innocent semua, tentu nggak bisa marah karena percuma mereka nggak bakalan ngerti πŸ˜‚.

Gue dirumah pernah ada Pot Tanaman palsu yang isinya kerikil kecil-kecil dan jumlahnya seabrek banyak. Saat itu, gue taruh di atas lemari. Dulu, gue nggak pernah kepikiran Mozza bisa loncat keatas. Tapi ternyata nggak gaes..

Mozza berhasil naik dan Brakk, dengan sengaja menjatuhkan pot diatasnya yang membuat semua kerikil didalamnya ofcourse mencar kemana-mana. Gue beresin dengan mungutin satu per satu, kemudian gue taruh di tempatnya lagi. Tetapi kejadian yang sama selalu berulang πŸ₯Ή. 

Akhirnya itu kerikil gue masukin plastik semua. Sedangkan pohonnya gue tusuk di sterofoam biar kalau jatuh gue cuma naruh kembali diatasnya πŸ˜‚ nggak perlu beberes.

Ada juga kejadian gelas pecah. Kayanya udah nggak terhitung ada berapa jumlah gelas di rumah pecah. Bahkan double glass kesayangan gue pun ikut pecah karena ditokel mozza dari atas meja πŸ˜‚. Jadi, sekarang gue lebih sering make gelas plastik, dan semisal lagi nyeduh kopi dan butuh gelas. Biasanya setelah beres langsung gue bersihkan dan simpan dalam lemari.

Tiap buka kulkas fokusnya cuma 1

Semenjak ada anabul di rumah, kita nggak bisa kaya yang "ngajarin mereka buat nggak nakal, karena mereka kan hewan yang selalu penasaran.." Jadi, usaha yang tepat yaitu ubah kebiasaan kita. Atau legowo semisal mereka tanpa sengaja ngerusak barang yang ada dirumah karena ya memang itu konsekuensinya 🀣.

Tugas tambahan sebelum Berangkat Beraktivitas


Selain Anabul, dirumah cuma ada gue sendiri. Jadi kegiatan dirumah mau nggak mau ya harus gue sendiri yang ngelakuin 🀭. Biasanya sebelum ada anabul, paling setelah bangun tidur, gue biasa langsung mandi, sarapan dan berangkat kerja. Tapi kalau sekarang kan nggak bisa kaya gitu kan 😚.

Jadi, mesti yang bangun awal karena ada ekstra kerja tambahan seperti Ngasih makan ke mereka, bersihin litter box, dan tempat bekas makan, kemudian baru lanjut ke urusan kita. Kalau gue sih, karena mesti kerumah babeh dulu sebelum berangkat kerja buat ngurusin Burung di rumahnya. Jadi, Jam 4.30 pagi gue harus sudah bangun, biar jam 6 gue udah beres urusan di rumah dan otw ke rumah babeh.

"Terus kalau telat bangun gimana, Bay??" Yaudahh... πŸ˜‚ Paling WA atasan yang isinya "Pak, punten bayu agak telat...!" tapi jarang sih.. Karena nggak tahu ya, biasanya gue bangun 10 menit lebih awal sebelum alarm berbunyi πŸ˜‚.

Berburu Harta Karun πŸ€ͺ

Ada yang minta perhatian lebih

Baik si Mozza atau Adek, mereka cenderung manja. Terutama si Mozza meskipun dia berkpribadian agak preman πŸ˜…. Tapi kebiasaan timang-menimang udah kaya ritual buat dia. Sebenarnya ini kebiasaan gue sih.. 

Sebelum gue menjelang tidur, gue selalu gendong anabul ke tempat favorit mereka tidur. Gaya yang dipake tentu saja gaya seperti menggendong anak bayi. *Siap-siap bulu menempel di baju πŸ˜†*.

Biasanya mereka satu-satu gue timang selama kurleb 2 menit'an untuk kemudian say goodnight di tempat favorit mereka.. Mozza di atas lemari pakaian, si Adek di lubang kaki kipas πŸ˜‚.

Percayalah itu dot nggak ada isinya. tapi dia sering minta buat dikenyotin πŸ˜‚

Sebenarnya gue udah khususin mereka kamar belakang sebagai Kamar Kucing. Bahkan kasur bekas yang ada dirumah babeh aja gue bawa biar mereka bisa tidur di atasnya. Tapi ya gitu, mereka selalu balik ke spot favorit. Padahal kasurnya sering gue bersihin setiap hari dan masih empuk juga. Tapi nggak tahu dah tuh kenapa mereka memilih tidur di sana.

Saat Mereka Sakit

Alhamdulillah sih, selama gue mengurus dunia perkucingan. Belum ada kasus yang sakit sampai parah. Paling hanya mata merah, eksim, jamur atau demam pasca Vaksin. Dan itupun biasanya nggak lama. Paling pengalaman yang ekstra sewaktu si Mozza abis steril. Karena penyembuhannya memang yang sampai seminggu lebih buat luka benar-benar kering. Mana lukanya sempat berdarah lagi karena gue terlalu maksa dia buat minum obat πŸ€—. 

Soalnya udah malam banget. Dan darahnya banyakk πŸ˜₯. Gue jujur takut, plus blingsatan. Mau nelpon dokternya nggak enak. Si Brian temen gue cuma kaya yang "Udahh nggak papa, paling juga ntar kering...." wkwk 🀣. Tapi bersyukur semuanya aman terkendali..

Vaksin
Bulu Terbang dan Menempel

Kecuali kalau kalian merawat Kucing Mesir yang non bulu mungkin ini nggak bakal jadi PR πŸ˜…. Soalnya Anabul baik kucing atau anjing. Bulu yang menempel can be little too much πŸ˜‚. Apalagi kalau kalian punya asma 🀣 Sumpah PR banget.

That is why, dirumah gue nggak beli barang-barang Fabrik kaya Karpet atau sofa. Gue lebih mengandalkan Prisip Ngelempoh alias lesehan.. "Yeahhh Lesehan is my style.. 🀣". Dirumah gue juga nggak pakai vacuum cleaner. Urusan perbuluan terutama di kasur kucing, semua gue serahkan dengan perangkat ajaib "Cat Roller". Ini ampuh banget sih, dan bisa dipakai sampai rusak 🀣 harganya 25an aja.


"Aroma aneh"

Jujur, gue orangnya sama bau tuh sensitif banget. Kalau gue ke Pet Shop yang di sana ada semacam jasa Hotel Kucing, sumpah baunya tuh terlalu nyengat buat gue. Entah owner pet shopnya yang jarang bersihin atau makanannya yang nggak benar 🫣. Maka dari itu, semisal gue berpergian jauh. Kaya Mudik kemarin, gue cenderung bayar teman buat jaga anabul di rumah. Jarang banget buat dititipin ke Pet Shop. Mungkin kalau Vet bisalah, karena yang jaga dokternya langsung. Itupun Vetnya yang memang udah langganan.

Di rumah, Litter Box mereka gue bersihin 2x sehari. Pagi dan sore. Untuk Boxnya gue cuci bersih seminggu sekali. Si Mozza dan Tuktak sih poop dan peepnya nggak begitu menyengat ya. Mungkin karena efek makanannya yang katanya mengandung formula pengurang bau, Mungkin itu tapi nggak tahu juga sih πŸ˜….

Tapi ya sometimes ada bau yang aneh semisal gue bersihinnya sehari sekali πŸ˜….

Barang Wajib πŸ˜…

"Meong-Meong" tiap Pagi

Selain alarm, sebenarnya gue paling sering terbangun karena suara "Meongnya" mereka. Nggak cuma suara mengeong, terkadang gue kerap mendengar suara marahnya si Mozza di depan pintu ke Tuktak. Suaranya persis kaya kucing yang lagi berantem 🀣.

Si Mozza kalau lagi males main, dia sering nampol si Tuktak semisal dia lagi gemes sama si Mozza. Tapi meskipun begitu, tabokannya nggak pernah keras. Hanya sebatas memberi tahu kalau dia sedang nggak bisa diajak main 🀣. 

Dan yess, tiap pagi mereka begitu di depan pintu kamar gue. Begitupula di hari libur... πŸ˜ƒ Si Tuktak semacam ada pikiran "Jailin Mozza ahh, biar si Babu keluar...πŸ˜‚"

***

Ada anabul dirumah bisa dibilang seru dan menyenangkan meskipun terkadang bisa bikin kewalahan. Salah satu yang gue suka dengan keberadaan mereka adalah rumah jadi cenderung rame πŸ₯³. Soalnya sebelum ada mereka, kadang kuping suka sensitif setiap ada suara-suara aneh dalam rumah. Sesimpel suara hanger baju di dapur yang suka gerak sendiri setiap malam. wkwk 🀣

Sekarang kan semisal ada suara-suara apa di rumah, gue mikirnya paling "Ohh paling anak-anak lagi hebring..." 😁

Menurut gue, keputusan buat ngerawat Anabul itu soal Komitmen dan tanggung jawab ya. Gimana caranya biar keadaan mereka selalu sehat, dan yang pastinya sama-sama bahagia dan terutama nggak mengganggu lingkungan sekitar. Soalnya ada tuh beberapa pemilik yang kurang aware sama Anabulnya, di lepas liarkan sampai beranak tak terkendali, poop sembarangan di lahan atau depan rumah orang. Dan itu kan nggak bagus ya dilihatnya..

Okeee Sekian tulisan gue kali ini.. Cukup panjang tapi yaudahh πŸ˜„. Semoga kalian selalu sehat dan Bahagia..
Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

23 komentar

Ngobrol Kuyy,,, biar makin sayang.. 'Eaakkhhh bisa aja lu buntelan Karung Goni!! 🫣🀣'
Comment Author Avatar
4 Juni 2023 pukul 13.29 Hapus
Bener banget, Bay, kalau pelihara hewan itu komitmennya seumur hidup. Dan kita harus mau keluar duit buat mereka. Aku malah sampe bikin tabungan khusus buat kucing2ku kalau mereka kenapa2, semacam dana darurat gtu deh.
Comment Author Avatar
16 Juni 2023 pukul 00.09 Hapus
Hihihi πŸ€— Mba Kimi sama kaya aku sih.... aku ya nabung sedikit buat dana darurat si Meng-meng.

Semoga anabul Mba Kimi dan Mba selalu sehattt yaa πŸ€—
Comment Author Avatar
5 Juni 2023 pukul 05.50 Hapus
Ih mas Bayu ini mirip banget Abang aku..penyuka dan penyayang kucing,sekarang di rumahnya ada tinggal 3 kucing,tadinya 4 ekor yg satu hobi ngelayap dan gak balik"semenjak sebulan yg lewat,dinpelihara dari orok,sampe gede sekarang dari kucing kampung yg hamil dan beranak,sekarang gak pergi jauh"palingan seputaran rumah aja trus balik lagi,sehari" kelakuan anak kucing yg paling bontot,usia kisaran 8 bulan juga ngegemesin bangeeet.😁.pas saya lagi urus surat" ke rumah Abang,surat saya geletakin di lantai..eeh si bontot malahan tiduran di atas surat"πŸ˜‚..trus kalo udh menjelang subuh kebiasaan kucing suka nepuk"pipi Abang buat bangunin,gak tau karna mereka lapar apa suruh Abang solat subuh 😁..pokoke jadi hiburan bangeet dah kucing"itu..mereka juga tidur di kamar di tempat khusus..kalo saya main ke rumah Abang..itu si bontot udah petakilan lompat sana sini nunjukin gayanya..tapi kasian karena salah satu matanya cacat dari lahir..tapi ttp imut ngegemesin😸
Comment Author Avatar
17 Juni 2023 pukul 05.59 Hapus
hihihi.. aku sebenrnya pengen banget si Mpus bisa tidur sekasur sama aku mba. cuma berhubung ada asma. Jadi kamar memang tak buat steril dari bulu2 kucing. hihi.

Lucu banget itu πŸ₯° kucingnya nepuk2 pipi buat ngebangunin. Di rumah mah tiap pagi mesti rusuh tuh mereka gedar-gedor pintu minta makan. wkwk

Semoga kucing2nya Bang Mba Heni sehat2 semua yaa..
Comment Author Avatar
5 Juni 2023 pukul 20.46 Hapus
Saya gak suka kucing. Tapi bukan pembenci kucing. Kalau dia datang (milik terangga), biasa2 ajah. Tidak dimarahi tidak juga diusir.
Comment Author Avatar
17 Juni 2023 pukul 06.01 Hapus
hihihi .. Sama mba Bapakku ya ndak suka kucing. Tapi setiap ada kucing mampir rumah biasa sering ngasih makan. Tapi suka ngomel2 semisal depan rumah ada Poop Kucing πŸ˜‚
Comment Author Avatar
6 Juni 2023 pukul 15.00 Hapus
Huhuu jadi pengen pelihara kucing lagii, tapi kesibukan gak mendukung wkwk
Comment Author Avatar
17 Juni 2023 pukul 06.06 Hapus
Ayoo Mas... wkwk #KOMPOOORR 🀣
Comment Author Avatar
12 Juni 2023 pukul 13.42 Hapus
Para majikan ini kenapa deh ya, sukaa banget gratilan, tau aja para babu nggak bisa marah XD

Btw, kalau keseringan bersama anabul, asmanya gapapa, mas Bay?
Comment Author Avatar
17 Juni 2023 pukul 06.08 Hapus
Emang mba euhhh Ya Ampunnn petakilan banget. Apalag kalau udah main kejar2an. Ya ampun itu yang namanya tembok dihajar aja pke muka πŸ˜‚

Ya kambuh mba 🀣 malemnya biasanya batuk2, bengek.. Dokter sebnernya marahin kenapa melihara kucing di rumah. Ya abiss gimana dong ya... Tapi skrang udah mulai paham sih. kaya semisal emng mau uwel2an kaya lagi motongin kuku atau bersihin telinga. itu pasti pake maskerrr πŸ˜„
Comment Author Avatar
12 Juni 2023 pukul 16.19 Hapus
Dulu pernah serumah sama temen yang pelihara kucing. Kegiatan saya tiap pagi adalah bersihin poopnya, kucingnya juga kucing rumahan dan enggan keluar rumah, sama dengan kucing mbak
Comment Author Avatar
17 Juni 2023 pukul 06.31 Hapus
hihi.. tosss mas karena sama2 tim Pembersih poop tiap pagi.. 😁
Comment Author Avatar
13 Juni 2023 pukul 07.55 Hapus
Hanya pecinta kucing yg bisa ngerti ini 🀣🀣🀣.

Gemeees banget Ama si adek yg ngenyot dot bay 😍😍😍. Kok bisa yaaa. Dikira susu emaknya kali πŸ˜…

Aku juga rutin bersihin litterbox mereka, sama kayak kamu jadwalnya. Pasir setelah cobain banyaaaak macam, akhirnya Nemu yg bagus dan ga mudah bau. Temen2ku banyak heran, kenapa rumahku ga bau kucing padahal 4 ekor kucing berkeliaran dlam rumah.

Menurutku sih Krn mereka terbiasa pee dan Poo di pasir. Dan sejak steril, ga ada 1 pun yg suka spraying di mana2.

Makanya ga bau.

Rumah yg bau kucing, itu biasanya Krn si kucing msh spraying dan pee poo nya sembarangan.

Makanya aku cari banget pasir yg beneran ampuh menyerap bau. Baru setelah itu makanan mereka juga sih ngaruh. Apalagi sejak aku KSH RC, walopun jadi nyaris bangkrut babunya 🀣🀣
Comment Author Avatar
17 Juni 2023 pukul 06.39 Hapus
Iyaaa si Adekk tuh, Uhh kalau sama dotnya nggak bisa lepas. Jadi kaya ketergantungan gitu. Tai skrang dotnya udah tak buang mba. πŸ˜… karena udah besar masa iya masih mau dot.. Lagi ngelatih biar si Adek agak sabaran dikit.

Waahh pasirnya merk apa mba kalau boleh tahu?? Litter box mba Fann di rumah banyak kali yaa.. Soalnya ada 4 Kucing 😁

Si Adek yang karena jantan.. Mau aku steril pas sebelum birahi biar nggak spraying..

hihihi.. Semangat Mba Fann jadi babu Anabulnya 😁
Comment Author Avatar
13 Juni 2023 pukul 08.15 Hapus
gw salut banget sama mas bayu, ngerawat dua kucingnya serius dan niat banget, sampai di nina boboin pas tidur, udah kayak ngerwat dedek bayi, itung belajar yah mas bay buat nanti kalo udah punya momongan :D
Comment Author Avatar
17 Juni 2023 pukul 06.40 Hapus
hihihi. Aku kalau bayi entah Khanif. Lebih berat tanggung jawabnya 😁
Comment Author Avatar
16 Juni 2023 pukul 20.55 Hapus
You have a very beautiful cats. To have It I am sure gives happiness at home. The photo that you included about pet odor is a good idea for me. I will ask for It in a pet shop. Thank you.
Comment Author Avatar
17 Juni 2023 pukul 06.41 Hapus
Thank you.. It means a lot.. 🀩
Comment Author Avatar
17 Juni 2023 pukul 23.22 Hapus
ngomongin isi mengisi, nahh ini mending rumah bayu diisi oleh anabul anabul :D
tapi memang bener juga ya, kalau kita udah mutusin mau pelihara hewan di rumah, harus siap dengan tanggung jawabnya, kayak bersihin kandang, merhatiin kesehatannya, kasih makan bla bla bla dan lain lain

beda kayak adik aku hahaha, pelihara ikan terus ga dikasih makan beberapa hari, mati dong wkwkwk
Comment Author Avatar
18 Juni 2023 pukul 21.57 Hapus
DEMI APA CACA SUDAH TIADA?! Maaf capslock jebol! Jujur aku baru tauuuu! Pantesan uda ga pernah keliatan tulisan soal caca hiks. RIP Caca.

Bayu hebat juga, meski ada asma tapi tetap berani pelihara kucing. Aku awalnya si pengen punya anjing, tapi sejak ada Baby Z, uda sirna pelihara anjingnya 🀣 Ga sanggup cyin dengan tanggung jawab urusnya. Tapi mama mertua ada plihara anjing 2, aku cukup elus-elus dan mainnya aja HAHAHA

Eh itu seriusan hanger di dapur gerak-gerak sendiri? Kok horor uga Bay 😨
Comment Author Avatar
22 Juni 2023 pukul 01.24 Hapus
kalau barang2 berantakan karena ulah anabul, memang kadang menyebalkan,,, tapi ya dimarahi juga gk ada gunanya, karena mereka juga gak faham... wkwkwk kbetulan saya juga ada 3 dirumah, saya buatkan 1 ruangan khusu + akses cuma ke halaman belakang aja, karena dulu sering ngacak-acak buku, baju, dan pernah cakar-cakar jok sepeda motor,,,, :(
Comment Author Avatar
17 Juli 2023 pukul 20.36 Hapus
Gemeeess deh lihat kucingnya,,jadi kangen kucing aku dirumah.
Comment Author Avatar
27 Juli 2023 pukul 10.30 Hapus
Hahahah.. saya tau rasanya ada anabul di rumah, soalnya sekarang juga ada.. dan bikin rusuh rumah tuh... Bahkan si yayang sekalipun jadi kebawa suka