Cerita Steril Kucing Betina : Mozza

Daftar Isi
Sebelum mulai ada Note yang mau gue sampaikan πŸ˜„.. 

Meskipun praktik Steril Hewan Peliharaan di Indonesia sudah Legal, tapi faktanya dibaliknya masih tersimpan Pro dan Kontra. Jadi kalau kalian termasuk dalam golongan yang nggak setuju atau menganggap gue sebagai pengambil Hak makhluk hidup. Jangan di sini ya ributnya πŸ™ˆ. Jujur, gue udah capek dengarnya.. Dicap sebagai penyiksa hewan.. πŸ€— hehe. Jadi ya masing-masing aja.

🐱🐱🐱

Btw, ini draft tulisan udah lama banget gue tulis, tapi baru gue rapihin sekarang.. hehe.

Berawal dari Mozza nginjak umur 6-7 bulan yang mulai muncul gejala birahi. Rumah tuh jadi kurang kekontrol. Tiap malam gue nggak bisa tidur nyenyak karena Si Mozza Mengeong super kencang dan cukup mengganggu. Pertanda lainnya adalah dia udah mulai nungging-nungging setiap dielus πŸ˜‚.

Selain itu, Rumah juga mendadak di confront kucing jantan sekitar rumah 🀣. Gue yang tiap buka pintu pagar berasa kaya yang mau dibegal πŸ˜„. Alhasil tiap berangkat gawe gue sering kepikiran kalau semisal rumah didobrak paksa terus Mozza diapa-apain sama Kucing-kucing luarπŸ˜….. wkwkw

Mana sempat ada kejadian kan, Kucing diluar berhasil masuk pagar. Soalnya jujur gue belum siap kalau semisal Mozza Hamil dan gue memang nggak ada rencana buat ngebiarin Mozza hamil saat gue rescue dia di pinggir jalan..

Makanya setelah banyak kejadian. Gue langsung hubungi Amigo Vet, tempat langganan buat konsultasi sama Booking jadwal steril.

😻😻😻
Persiapan

Si Mozza udah gue puasain selama 6 jam lebih sebelum keberangkatan ke Vet. Biar semisal hasil pemeriksaan bagus, gue bisa langsung Steril biar nggak banyak makan waktu mengingat gue yang mesti kerja.

Soalnya dari awal gue udah diwanti-wanti kalau merawat Kucing Betina pasca steril butuh waktu yang nggak sebentar. Ya setidaknya 2 minggu buat nunggu luka sampai kering.

Baju Steril, Makanan khusus steril, sampai Pad pipis juga udah gue siapin termasuk Kandangnya.. Untuk makanannya gue pakai Royal Canin Recovery.. Oh ya, gue baru tahu kalau RC Recovery ini tuh ada turunan Babinya ya.. Jadi kalian bisa switch ke Nature Bridge Recovery semisal mau yang No Pork.

Bisa Beli di sini :

Sebenarnya makanan recovery tuh kata Dokter mah nggak terlalu wajib. Cuma yang lembut memang lebih disarankan karena mudah dicerna πŸ€—.

Untuk Harga sih yaaa Nature Bridge lebih murah sih.. hehe

Ohyaa gue juga nyiapin betadine buat antibacterial.

Proses Steril

Di Vet langganan gue tuh semua kucing yang steril wajib Rawat Inap 1 hari. Jadi harga sudah include Cek Darah, obat dan rawat Inap. Untuk harganya.. di tempat gue (April 2023) 700k untuk kucing betina, 400k untuk kucing Jantan..

Senangnya gue sama Amigo Vet semua proses di laporkan via WA. Termasuk persiapan sebelum, sesudah dan laporan harian.. Makanya gue bisa tenang sama mereka tuh πŸ€—.


Metode steril yang digunakan juga dari samping jadi gue nggak perlu khawatir semisal jahitan terbuka karena gaya gravitasi 😊.

Oh ya FYI, berbeda dengan proses steril Jantan yang prosesnya dilakukan di luar. Proses steril Betina dilakukan di dalam ya. jadi, perlu ada proses pembedahan. Makanya waktu pemulihannya cenderung lebih lama.

PascaSteril

Siang Esok Harinya jam 11an. Gue jemput si Mozza. Biasa ya Reog karena emang segalak itu Mozza sama Orang Asing 🀣. Dirumah dia langsung buang air kecil sama sudah mau makan. Cuma PRnya, dia nggak suka dipakein Baju, sama dikandangin.. Jadi dia gue biarin berkeliaran di dalam rumah.


Ditanya khawatir atau nggak...? O tentu saja πŸ˜„. Cuma untuk hari pertama-kedua di rumah dia masih yang lemes gitu sih. Lebih banyak tidurnya.

Obat yang dikasih Dokter hanya 1. Obat minum Antibiotik yang dikasih tiap 2x sehari selama seminggu. Dan jujur, minumin ke dia PR banget, karena mesti yang dipaksa.. Gue pngen yang maksa banget tapi takut jahitannya kenapa-napa.. Soalnya pernah ada kejadian lukanya sempat keluar darah, ya ampunn gue jumpalitan banget 🀣. Nelponin Bu Dokter malam-malam. Si Brili cuma yang ngakak di kamar.. kamvret emang πŸ˜…..

Tapi untung nggak papa. 

Singkat cerita Lukanya berhasil kering dan bulu bekas area operasi sudah kembali normal..

Selesai...

😸😺😺

Semisal ada yang nanya "Alasan kamu buat steril kucing kenapa Bay??" 

Gue jawab :

ya gimana ya. Kucing dewasa tuh bisa hamil sebanyak 5 kali dalam setahun. Dan semisal mereka sudah birahi, mereka nggak akan bisa kontrol perasaannya sendiri. Beda kan sama Manusia yang bisa kontrol perasaan meskipun stress juga sih pada akhirnya.. wkwk 🀣

Begitu pula kucing. Dia bisa stres semisal nafsunya tidak terpenuhi.. Kita bisa aja ngasih pemuas palsu ke kucing betina dengan menekan bagian Pangkal Ekor.. Tapi mau sampai kapan kaya gitu??

Mau dibiarin Hamil juga nggak mungkin karena Anaknya otomatis jadi tanggung jawab kita. Apalagi kalau ada hooman sampai ngebuang anak-anaknya di jalanan atau ngebiarin kucing peliharaannya lepas liar yang poopnya di depan rumah tetangga. Gue nggak mau yang kaya gitu...

Gue mau Mozza punya hidup berkualitas. Tugas berkembang biak biar dilakukan sama Kucing Lain πŸ˜‰. Lagian proses Steril kucing hanya mengambil bagian reproduksi mereka. Jadi hormon Reproduksi sudah tidak dihasilkan lagi sama Si Kucing setelah Steril alias kucing sudah tidak birahi lagi.

Selesaaiii dehhh.. Terimakasih sudah baca ❤.

The Whisperwind
The Whisperwind Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

22 komentar

Ngobrol Kuyy,,, biar makin sayang.. 'Eaakkhhh bisa aja lu buntelan Karung Goni!! 🫣🀣'
Bayu, terima kasih udah sharing pengalaman steril kucing ini 😁. Aku suka baca cerita pengalaman-pengalaman orang seperti ini deh, berguna banget buat jaga-jaga semisal nanti harus ngalamin hal yang sama.

Berhubung si adek juga udah disteril, menurut Bayu ada perbedaan yang mencolok nggak dari sebelum dan sesudah steril mengingat mereka gendernya berbeda?
Comment Author Avatar
24 September 2023 pukul 20.36 Hapus
Kalo dari kucingku yg jantan, dulu sebelum steril suka banget spraying alias pipis di sembarang tempat. Rumah jadi bau.

Kalo yg betina, pas blm steril tiap birahi sumpah ribuuut lib🀣🀣🀣.

Tapi skr, sjk steril mereka GA ADA SATUPUN yg mau spraying lagi. Semuanya pipis dan pup di pasir. Dan rumah jadi ga bau.

Trus ga birahi lagi tentunya.

Paling kentara, mereka jadi makin aktif, manja dan gemuk πŸ˜‚πŸ˜‚
Comment Author Avatar
27 September 2023 pukul 20.31 Hapus
Yuhuu Lii.. terimakasihh πŸ₯° sudah mampir. Eheheh

Btw. Si Adek rencana steril besok Li.. doakan ya. Kalau dari YT sih ngerawat pasca steril jantan lebih mudah dari betina..😁

Kalau sifat mungkin, karena hormon reproduksi udah nggak dihasilkan. Kucing jadi cenderung lebih tenang alias lebih rileks.. rasa ingin keluar rumah juga menurun. Si Mozza sih jadi paling nyelow meskipun iyess masih suka jahil kaya jatuhin barang2 yg ada diatas lemari 🀣🀣
Comment Author Avatar
27 September 2023 pukul 20.32 Hapus
Terimakasih Mba Fanny buat jawabannya 😊😊..
Si Adek ini birahinya belum muncul sih. Soalnya spraying belum pernah. Makanya sebelum itu muncul aku mau langsung steril pas umurnya udah siap. Rencana besok.. doain ya mba. Semoga lancaarr πŸ€—
Comment Author Avatar
23 September 2023 pukul 19.27 Hapus
gpp mas bayu, keputusan yang mas bayu buat udah tepat kok, mengingat semuanya pasti udah di pikirkan matang-matang :D

moga kedepanya moza jadi kucing yang baek yah :D
Comment Author Avatar
23 Oktober 2023 pukul 06.37 Hapus
hihi Iya Mas Khanif.. Maaciw yakkk.. Mozza baik kok, cuma reog aja kalau dibawa ke klinik sama minum obat cacing 🀣
Comment Author Avatar
23 September 2023 pukul 20.22 Hapus
Wah ternyata step" kucing di oprasi biar steril itu gitu ya..berasa ribet dan kuatirnya kayak istri mau ngelahirin mas Bayu 😁,memang sih ya namanya kucing / hewan,kita gak bisa ngebiarin dia sembarangan hamil terus,kan ribet juga kalau beranak, ntr anaknya mo di gimanain kalo udah kebanyakan, jadi kalau di steril dia gak ada kepingin pacaran lagi ya alias ga da napsu gitu...emm oke deh bisa di terima alasannya😁
Comment Author Avatar
23 Oktober 2023 pukul 06.40 Hapus
Iya kalau betina agak ribet dan jujur bikin takuutt 😁 karena memang butuh perhatian lebih.. dan sembuhnya makan waktu..

Huum Mba.. Aku akn sebenernya butuh mereka sebagai ya bisa dibilang kebutuhan emosional 😁. Aku ajak mereka tinggal bersama, tapi aku juga mengharapkan mereka nggak stress dan punya hidup berkualitas tanpa perasaan khawatir. Makanya aku pilih steril biar mereka bisa lebih tentram karena hasratnya sudah tidak ada lagi...
Comment Author Avatar
24 September 2023 pukul 20.35 Hapus
Paling benci Ama orang yg sok ceramah steril kucing melanggar hak hidup, tp giliran kucing dia beranak pinak, langsung mingkem, nyerah utk pelihara, kucingnya dibuang atau makanannya jadi ga diurus. Krn ga sanggub.

Dengan kita steril kan budget utk membahagiakan kucing dan kasih mereka hidup layak JD lebih mudah.

Kalo ga aku steril ntah udah berapa anaknya Skr. Plihara 4 aja biayanya udh 2 juta lebih, gimana kalo makin banyak 🀣🀣. Krn aku ga mau cuma sekedar KSH makan..makanan ga jelas pula. Kan pengen yaa KSH yg terbaik buat kucing2 kita

Kalo mereka trus melahirkan itu juga bisa jadi radang rahim. Sama aja nyiksa.
Comment Author Avatar
23 Oktober 2023 pukul 06.42 Hapus
Iyaa mba.. itu depan rumah Bapakku, kucingnya banyak... smpe ada yang kurus, nyari sendiri di tempat sampah, poop sembarangan di rumah orang... Tentram nggak, nabur benih musuh iyaa.. Kadang kasihan lihat kucing-kucingnya...

Setuju... sih bikin Budget aman karena jarang sakit... 😊
Comment Author Avatar
25 September 2023 pukul 07.23 Hapus
Bayu, dulu aku juga sering banget diceramahin karena steril kucing2ku. Aku dibilang dosa lah apa lah apa lah. Akhirnya aku bilang saja, "Iya, gpp, saya berdosa. Saya yang nanggung ini dosanya. Bukan kamu." Wkwkwk.
Comment Author Avatar
23 Oktober 2023 pukul 06.43 Hapus
Aku masih sering mba sampai sekrang... Dikatain Psikopat segala.. 🀣 ahh biarlahh..
Comment Author Avatar
3 Oktober 2023 pukul 10.44 Hapus
Paling nggak suka dengan orang-orang yang membuang anak kucing di jalan. Kalau misalnya nggak sanggup pelihara anak kucing, kucingnya disteril aja. Ya tanggung jawabnya gimana gitu ajalah ya kalau memutuskan untuk memelihara hewan. Kucing jantan di rumah juga disteril, biar nggak menandai rumah dengan air kencingnya. Kan najis ya, selain itu juga bau. Daripada kucingnya dibuang, mending disteril dan diurus di rumah. Sejauh ini ya baik-baik aja dia nggak kenapa-kenapa.
Comment Author Avatar
23 Oktober 2023 pukul 06.44 Hapus
Iyaa yang ngerti sepertinya memang hanya Pet Lovers. bagi mereka mah kita cuma penyiksa hewan, sama penghambur uang. Padahal uangnya uang kita sendiri. hasil jerih payah sendiri... ehh mereka komen seenaknya 🀣
Comment Author Avatar
17 Oktober 2023 pukul 15.40 Hapus
aduhhh aku ngilu nih bacanyaaa.. apalgi pas lihat bekas jahitannya 😣 ternyata sterilnya harus operasi gitu ya, jadi diambil gitu kali ya rahimnya? kalo di manusia kan sterilnya kaya dikasih cincin gitu da di saluran ovariumnya kalo ga salah. Aku baru tau juga setahun bisa 5x hamil??? buset deeh cingg.. banyak betul hamilnya.. ga heran ya bisa punya banyak anaakk. so far sekarang mozza uda recovery kan Bay? Kalo di rumahku sih ada 2 anjing, cowo dan cewe. Ga disteril sih.. makanya si betina sudah hamil 3x hahaha. Sayangnya kehamilan pertama itu keguguran, yang kedua berojol 3 tapi mati semua πŸ˜₯ Nah sekarang kehamilan ketiganya lagi dibawa ke rumah saudara buat diurus supaya bisa beranak dengan lancar. Doain ya semoga ga keguguran/mati lagii..
Comment Author Avatar
23 Oktober 2023 pukul 06.47 Hapus
Iya diangkat Ovariumnya kah? ehh aku lupa-lupa ingat. Tapi iya operasi betina, operasi dalam... Jadi agak lama penyembuhannya.. 😁

Udah mba. Udah recovery.. udah lari2an skrang.. 2 mingguan sih sampai benar-benar luka kering, sebulanan biar area operasi ditumbuhin bulu lagi..

Aminn,,, semoga bisa beranak dengan lancar dan anak-anaknya bisa tumbuh dengan sehat..
Comment Author Avatar
1 November 2023 pukul 10.10 Hapus
Mungkin ada harus pengangkatan gitu kali ya, jadinya harus operasi.

Wah puji Tuhan sudah sehat lagi ya Mozaa. πŸ˜†

Sudah lahiran kemarin tgl 9 Okt Bayu. Puji Tuhan lancar, anaknya ada 2 hihihi
Comment Author Avatar
6 November 2023 pukul 20.21 Hapus
Wahhh selamatt Mba buat kelahiran Anabulnyaa... 😁
Comment Author Avatar
1 November 2023 pukul 14.57 Hapus
Aku yg paling ga suka ama binatang peliharaan apapun itu ga bisa berkata2 Bay, bingung soale mau komentar apaan hahahaha.

Di rumah mertuaku juga banyak anjing peliharaan adek iparku (kami non muslim anyway), dan aku risih bgt, mau kucing atau anjing selucu apapun namanya aku ga suka ya ga suka aja hahahaha, apalagi kalau pipis atau pup sembarangan, huh pengen nangis.

Untung suamiku juga ga suka sama binatang peliharaan begituan, sukanya paling ikan hias sama burung aja, yaudah lah, toh ikan sama burung ga berkeliaran di rumah wkwkwk.
Comment Author Avatar
6 November 2023 pukul 20.23 Hapus
hihihi.. Iyaaa ada beberapa orang yang memang nggak cocok sama hewan peliharaann.. Nggak papa 😁 Aku pun awalnya nggk cocok sewaktu mau adopt kucing, tapi karena dirumah sendirian yaudah nggak papa.. hehe. Ehh Akhirnya jadi tahu banyakk, Salah satunya steril ini mba..

Ikann yang paling simpel ya mba..
Comment Author Avatar
6 November 2023 pukul 21.11 Hapus
baca post ini aku jadi tau soal dunia perkucingan hehehe
Jadi steril itu sama kayak KB gitu ya, buat menunda kehamilan.
Aku kalau nginjek pangkal ekornya kucing kayaknya malah diamuk deh kak bay, makanya aku takut takut gimana gitu

Comment Author Avatar
22 Januari 2024 pukul 23.18 Hapus
Pengen banget punya kucing peliharaan yang disterilisasi, saya sering lihat di internet kucing yg disteril lebih gemoy, kalem dk ngereog. 😁