Rabu, 21 Oktober 2015

Kamar Kosan Anda Tidak Sedap? 6 Tips Mudah ini Akan Membuat Kamar Kosan Anda Nyaman kembali

Kamar kamu dikosan nyaman gak? Pasti pengap dan panas yah? Saya sih tidak heran karena yah kebanyakan kamar kos-kosan seperti itu. kecuali bagi kamu yang rela merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkan fasilitas yang yahutt.

Contoh Kamar Yahuttt
Foto Kamar Berantakan
Prinsip dari pembangunan kos-kosan kebanyakan dilakukan dengan berdasarkan pada prinsip utama seperti ini :
“Kos-kosan dibangun di tanah seadanya dengan jumlah kamar sebanyak mungkin, kalau sekiranya bagian bawah sudah habis yah bangun yang diatasnya. Begitulah seterusnya sampai akhirnya terbangun kos-kosan model tower” (Sumber Ibu Kos Saya di Semarang)
Prinsip seperti ini memang menguntungkan bagi pemilik kos, tapi TIDAK bagi penghuni kos. Kenapa? Karena kos-kosan model seperti ini umumnya memiliki lahan terbatas untuk parkiran, lahan terbatas untuk menjemur, hingga lahan terbatas untuk bernafas karena banyaknya orang dengan minimnya jumlah ventilasi.

Sedikit cerita dahulu kala ketika saya mengekos, saya tinggal dikosan yah secara model bagus lah bila dilihat dari luar, kamar mandi nyaman, parkiran ada tapi kurang luas tapi cukup, dekat dengan warung, yang kurang adalah ventilasi. Karena dahulu yang memilih kosan adalah ibu saya, tanpa adanya campur tangan saya jadi yah begitu. Ibu saya hanya melihat dari segi rumahnya bukan dari segi kamarnya. Diangan saya, kamar yang akan saya singgahi memiliki jendela langsung menuju keluar lingkungan. namun karena kamar yang seperti itu sudah habis, ibu saya jadi memilih kamar yang memiliki jendela yang jika dibuka langsung menuju kamar mandi. Tak heran ketika penghuni kosan yang lain selesai melakukan berbagai ritual di kamar mandi. Aroma-aroma akan langsung keluar dan masuk ke kamar saya. Aroma wangi akan segera tercium jika mereka selesai mandi, tapi jika mereka selesai ...... pasti kalian bisa membayangkan bagaimana aromanya. Saya dikosan itu bertahan selama 3 tahun karena hati saya yang sudah terpincut sama ibu kos yang setiap hari mengirimi makanan.

Kosan dengan model banyak kamar di tanah yang sempit memang sudah menjadi trend dikalangan pendiri kosan, mereka si pembangun tidak pernah memikirkan kualitas karena mereka sadar bahwa mahasiswa atau pekerja setiap tahunnya selalu diperbarui. Jadi mereka tidak khawatir akan kehabisan penghuni.


Nah bagi kalian yang sudah terlanjur membayar kos-kosan untuk setahun, dan memiliki kamar seperti model yang diatas. Maka saya punya beberapa tips yang sekiranya bisa membuat kamar kamu lebih nyaman. Berikut tipsnya :

1. Atur peralatan pelengkap kosan sedemikian rupa
Kamar Hotel Rapi dan Bersih
Standarnya perabotan dalam kamar kosan adalah kasur, lemari, dan meja kerja. Ketiga perabotan seperti ini sudah menjadi perabotan wajib bagi kamar kosan standar. Masih enak dilihat ketika kamu belum menempati kamar ini. Namun ketika kamu mulai untuk tinggal dikamar ini, perabotan tambahan seperti rice cooker, galon, ember, kipas, heater, piring, sendok, gelas, peralatan mandi, gayung, pemanjang kabel akan masuk secara bersamaan di kamar yang berukuran mulai dari 2*1 m. Tak heran bila kebanyakan dari mereka hanya menaruh secara ngasal sehingga memberikan kesan amburadul (berantakan) pada kamarnya. Oleh sebab itu perlu adanya sentuhan seni untuk membuat kamar kamu tetap nyaman dilihat. Biasakan untuk mengatur barang-barang kamar kamu setelah selesai digunakan.

2. Beli kipas angin atau Air Cooler lebih bagus
Kipas Angin Nyaman
Bagi kamar yang memiliki jendela terbatas atau kondisi jendela seperti kosan saya, disarankan untuk membawa kipas angin. Kipas ini berfungsi untuk memutar udara yang ada disekitar kamar kamu. Jangan lupa juga untuk selalu membiasakan diri untuk membuka jendela setiap pagi dan sore guna memperbarui udara dalam kamar. Namun jika kondisi jendela kamu seperti kamar kosan saya, maka disarankan untuk selalu membuka pintu kamar. Oh ya air cooler yah bukan AC, soalnya beda, cari aja diinternet. Harganya mulai dari 500ribuan.

3. Pasanglah hiasan-hiasan atau ornamen
Hiasan Dinding Kamar
Dulu dikamar kosan saya, saya sering banget menempel banyak hiasan sama ornamen di dinding kamar sampai-sampai dimarahin bapak kos. Ornamen-ornamen dapat berupa sterefoam yang bisa kamu tempeli foto-foto kenangan atau daftar “to do List” atau bisa juga kamu tempeli kertas-kertas target pencapaian hidupmu atau kata-kata motivasi guna menyemangatkan dirimu. Terserah yang terpenting adalah selalu gunakan daya kreativitasmu.

4. Masukkan jenis 1 pohon dalam kamarmu
Pohon dalam Ruangan
Ingat pohonnya jangan pohon mangga apalagi pohon duren -_-. Lebih ke jenis pohon hias yang memiliki fungsi sebagai pembersih udara seperti lidah buaya, lidah mertua, lidah ibu tiri (Ups), sirih gading, palem bambu, dll. Keberadaan pohon ini bisa meningkatkan kualitas udara dalam kamarmu.

5. STOP menjemur pakaian dalam kamar
Aktivitas menjemur
Akibat dari jemuran yang kapasitasnya terbatas, banyak orang yang tinggal dikosan memutar kepalanya untuk membuat jemuran mini dikamarnya. Umumnya model jemuran seperti ini hanya untuk menjemur pakaian dalam saja mungkin karena takut hilang kali yah! Aktivitas menjemur pakaian dalam kamar akan meningkatkan konsentrasi kandungan air dalam udara, sehingga menyebabkan kamar kamu akan menjadi super lembab apalagi dengan keterbatasan ventilasi yang bisa membuat udara semakin basi dan jelek. Keadaan lembab seperti ini akan membuat kamarmu menjadi berjamur, dan banyak serangga seperti kecoa, ulat, untuk tertarik masuk kamar. #Iuuuhhhh

6. Bersihkan kamar sesering mungkin
Kemoceng merupakan salah satu alat pembersih rumah
Jika kamu adalah pekerja yang super sibuk maka pembersihan kamar bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu, jika kamu adalah mahasiswa yang tidak terlalu sibuk maka bersihkanlah setiap hari, jika kamu adalah mahasiswa yang malas maka suruh saja ibu kos #lohhh. Jangan ditiru yah gaesss. Kamarmu itu adalah tempat yang paling sering kamu tempati, tempat dimana kamu menonton film, ngobrol bersama kawan, makan, minum, tidur, mikir ini dan mikir itu. kegiatan seperti itu akan menghasilkan residu yang dimana jika tidak dibersihkan akan menimbulkan masalah kebersihan dan kesehatan. Apa susahnya waktu melamun kamu digunakan untuk menyapu dan mengepel kamar kosan, lagian kegiatan seperti ini tidak akan membuat kamu capek karena ukuran kamarmu itu cuma cemiiw tidak sampai 100 meter. Lagian yang nikmatin dan ninggalin kamar ini juga kamu sendiri.

Ke-6 tips ini akan bisa meningkatkan kualitas kamarmu layaknya sebuah kamar hotel bintang 5. Kondisi kamar kosan yang bersih seperti ini akan meningkatkan mood kamu sebelum kamu beraktivitas. Dan menjadikan istirahatmu menjadi lebih berkualitas. Happy Ngekos

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

1 komentar so far

siiip tips nya, bisa ku terapin di kamar kosan ku hhehehe

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon