Jumat, 02 Oktober 2015

Organisasi Nyata Dalam Diriku

Jika bicara mengenai organisasi, pasti kalian sudah mengerti definisi dari sebuah organisasi. Benar organisasi merupakan tempat berkumpulnya para manusia yang memiliki tujuan yang sama. Begitulah kurang lebih arti dari organisasi.


Sekarang pertanyaannya adalah, apakah kalian pernah ikut suatu organisasi? Jika belum maka admin punya artikel terkait tentang “Manfaat-ManfaatDari Mengikuti Organisasi”. Jika anda balik bertanya apakah sang admin wowcang pernah mengikuti suatu organisasi? Jawabannya adalah “sudah tentu”, waktu zaman SMP, SMK, dan yang terakhir masa kuliah” tidak banyak organisasi yang pernah admin ikuti, dan pada saat SMP, organisasi tidak seperti organisasi pada umumnya karena pada masa SMP merupakan awal mula seorang siswa menyemplungkan dirinya dalam organisasi, sedangkan jika Organisasi SMA mungkin sudah hampir nyata namun tidak lebih luas bila dibandingkan dengan Organisasi di masa kuliah.

Flashback ke awal menerjunkan diri di organisasi kuliah. Aku masuk ke sebuah perguruan tinggi negeri di Semarang. Asli aku adalah orang Temanggung Jawa Tengah, sebuah kabupaten dekat dengan Kota Magelang, namun saat ini rumah aku tepat di Kota Cilegon, sebuah kota kecil namun memiliki tingkat peradaban yang sangat tinggi, bagaimana tidak? di kota kecil tempat aku belajar dan tumbuh merupakan kota yang dijuluki sebagai Kota Industri.

Balik ke awal masuk kuliah. Sumpah, waktu itu terasa sangat sendirian. Mungkin karena dulu zaman kuliah tidak ada teman SMA yang masuk ke Universitas aku, ada sih 3 orang dari kota Cilegon tapi beda fakultas itu juga tidak akrab sama jarang ketemu, kita hanya bicara di Facebook. Pada awal itu aku sama sekali belum punya kenalan sama sekali. Mereka disekitarku semuanya sudah mulai saling berkenalan, sedangkan aku belum melakukan hal itu. Aku bukanlah seorang tipikal yang pendiam, ada kalanya untuk memulai suatu perkenalan aku lebih senang mengadakan sebuah observasi atau pengamatan terlebih dahulu, jika sudah dirasa tepat baru aku beraksi.
Pengurus Himpro Perode 2013
Sudah hampir satu bulan komunikasiku bersama teman sekelasku hanya sebatas “nama kamu siapa? Asal darimana, minta nomor hp donk, sama ada tugas besok gak? Terimakasih”. Seiring waktu berjalan seorang kakak kelas memanggilku, sebut saja nama beliau adalah Mba Heti, kakak kelas yang agak sangar dulu waktu makrab tapi dia sebenarnya orangnya baik kok kalau sudah kenal. Aku pertama kali bicara dengannya pada saat aku sedang mengurusi surat aktif kuliah sebagai syarat untuk mencairkan dana beasiswaku. Mba heti terheran akan panggilan aku ke beliau adalah teteh, mungkin bagi orang Jawa Tengah kata “teteh” agak rancu kali yah! Mba Heti memanggilku untuk menawarkan sebuah kepengurusan untuk menjadi panitia pembantu dalam rangka acara Ulang Tahun Teknik Kimia, sontak aku langsung meng’iyakan hal tersebut. Aku ditugaskan sebagai seksi dokumentasi yah singkat kerjanya yaitu “Tukang Photo”. Tapi aku cukup senang, dan aku cukup bangga karena telah terpilih, yah aku sih heran kenapa aku terpilih tapi aku senang untuk menjalaninya. Bahkan di tengah-tengah persiapan aku sudah mulai mengalami arti dari kerja sama secara nyata, dimana kita saling berusaha melengkapi satu sama lain untuk menyukseskan suatu acara. Awal situlah mula aku tertarik untuk bergabung bersama dengan Himpro Teknik Kimia.

Himpro Teknik Kimia pada umumnya sama seperti OSIS akan tetapi Himpro/Hima itu levelnya di tingkat jurusannya saja, jika tingkat Fakultas namanya BEM Fakultas dan jika tingkat Universitas namanya BEM Universitas. Kita semua tujuannya sama yaitu sebagai wadah fasilitator antara mahasiswa, bakat, dan hubungan dengan petingginya, hanya saja yang membedakan adalah tingkatannya. Aku tertarik dengan Himpro Teknik Kimia tidak memiliki alasan yang cukup kuat, hanya saja aku mengandaikan betapa sangat senang diriku bila dapat bergabung dengan mereka dan akhirnya tanpa banyak berpikir aku lansung daftar dan mengikuti proses seleksi pengurus himpro tahun 2013. Seleksi dilakukan dengan membuat suatu karya tulis dan mengikuti tes wawancara bersama dengan kakak angkatan. Yah pada saat itu Aku digilir untuk tes wawancara dengan mba tyas, mas emon, dan mba heti. Ketiganya membuat diriku merinding dan deg-degan namanya juga proses wawancara wajar yah. Mereka bertanya seputar tentang kepribadian, keahlian, dan alasan. Yah Aku jawabnya seadanya, apa yang mereka tanya akan aku jawab sebaik-baiknya. Pada saat itu aku memilih posisi sebagai staff departemen Informasi dan Komunikasi, aku memilih departemen itu yah karena menurutku departemen itu yang paling cocok dengan keahlianku dimana aku senang dalam urusan yang bergelut dengan komputer. Hari demi hari menunggu akhirnya pengumunan menyatakan diriku diterima sebagai staff tersebut.. #yeaaaayyyy
Pengurus Himpro Periode 2014
Tenagaku dan waktuku hanya kucurahkan kepada Himpro semata. Yah di Himpro aku bertemu dengan orang-orang hebat dengan tali kekeluargaan yang cukup kuat dan semakin kuat, membuat diriku sangat betah untuk mengikuti setiap rapat dan acara yang diadakan. Acara demi acara terlewati hingga akhirnya kepengurusanku telah selesai dan aku memutuskan untuk bergabung kembali dengan mereka. Alasanku bergabung dengan himpro kembali karena rasa cintaku dan nyaman yang begitu mendalam kepada mereka, walaupun banyak teman yang mengingatkan bahwa Organisasi akan membuatmu repot jika kamu telah memasuki semester tua. Yah pada saat itu aku sudah memasuki semester 4 dimana kesibukan akan Tanggung Jawab yang semakin membesar terus menghantui hingga semester 6 (Aku D3). Namun tidak kuhiraukan dengan alasan tersebut, karena bagiku kuliah memang cukup merepotkan, akan tetapi aku masih memiliki tenaga untuk direpotkan kembali dengan tugas-tugas Himpro, tapi jujur tugas Himpro akan sangat senang untuk dikerjakan bila dibandingkan dengan tugas kuliah, apa karena bekerja sesuai hobi yang membuat semua itu menjadi sebuah kesenangan?. Bulan demi bulan aku menyibukkan diri dengan urusan Himpro dan urusan perkuliahan. Aku cukup enjoy yah walaupun terasa disana sini terasa dikejar-kejar tapi sekali lagi dengan perasaan ikhlas pasti semua berjalan dengan baik. Bagiku himpro tahun itu memiliki arti kekeluargaan yang sangat kuat sekali dimana kami serius, bercanda, dan moment-moment berharga yang tak akan pernah kulupakan. Hingga akhirnya tiba saatnya kepengurusanku berakhir dan kembali untuk fokus dengan Tugas Akhir yang harus diselesaikan sebagai syarat kelulusan. Jujur pada waktu itu sedih karena mungkin aku akan sibuk sendiri, tidak seperti di Himpro yang selalu sibuk bersama. Namun apa boleh buat karena waktu untuk lulus sudah hampir tiba mengharuskan aku untuk meninggalkan serba-serbi kesibukan di organisasi tercinta Aku.



Love You Himpro, dan semangat untuk “Kabinet Bahtera” yang harus melaksanakan banyak amanat besar. Doakan kakakmu ini agar menjadi orang yang sukses yah?


Semangat juga untuk Pengurus Himpro selanjutnya.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon