Minggu, 16 Oktober 2016

6 Tips Simpel Agar Kualitas Tidur Kalian Meningkat

Kalau pengen tidur, ternyata tidur itu nggak bisa dilakuin sembarangan lohh.

Ada hal-hal sepele yang sering kita hiraukan ketika tidur, yang padahal ketika diperhatikan malah bisa meningkatkan kualitas tidur kita lohh.

Bobo cantik, via pixabay.com
Apa saja itu?? ini yang bisa kita lakukan :

1. Perhatikan Suhu Ruang
Daripada memaksakan diri untuk tidur di ruangan yang panas dan pengap karena nggak ada ventillasi yang memadai. Coba kumpulin duit buat beli AC atau Kipas Angin. Tidur diruangan panas dan pengap bakal membuat kita semakin stress, apalagi bagi orang yang nggak tahan sama panas. Yaudah yang ada mata bisa melek sampai pagi atau tidur yang ogah-ogahan.

Jika kalian ngekos dan memiliki jendela yang nggak bisa dibuka. Atasi dengan pintu kamar yang dibuka saat hendak tidur agar udara luar dapat masuk. Kalau takut diintip matikan saja lampu agar tidak kelihatan, kalau masih disenter sama teman sekosanmu yang jail. Yah jangan tidur telanjang bulat. Enjoyin aja kalau suka diintip sama fans. ahahah #edisi curhat.

Memasukkan tumbuhan seperti kaktus atau tumbuhan lainnya juga bisa menambah suplai oksigen ke kamarmu.

2. Buat Kamar Segelap Mungkin
Tips ini nggak cocok bagi yang nggak suka kegelapan. Tapi menurut penelitian ternyata tidur dibawah sinar lampu neon ternyata bisa menurunkan daya kinerja otak. Selain itu juga menurunkan kualitas tidur akibat saraf mata yang masih bekerja walaupun kelopak yang sudah menutup.

Jika takut gelap, atasi dengan menggunakan lampu tidur yang sekiranya cukup menambah sedikit cahaya dalam kamarmu.

3. Tidur di tempat yang sunyi
Lokasi rumah sebenarnya juga turut andil dalam menentukan kualitas tidur kalian. Jika rumah kalian ternyata dipinggir jalan yang banyak kendaraan lalu lalang. Bisa menggunakan kipas angin untuk menghasilkan suara konstan yang dapat menutup suara kendaraan yang lewat.
Atau bila perlu, segel kamar kalian agar kedap suara. #ide gila.

4. Matikan Ponsel dan letakkan jauh dari tempat tidur.
Radiasi ponsel memang belum terbukti dapat merusak otak. Tapi radiasi ponsel bisa membuat kita semakin lama memasuki tahap terdalam dalam tahapan tidur. Demi tidur nyenyak letakkan ponsel di meja belajar atau atas lemari.

Selain berfungsi untuk menjauhkan kita dari radiasi, ternyata peletakkan ponsel juga bisa bikin kita nggak malas bangun karena harus beranjak dari tempat tidur ketika alarm berdering.

5. Buat Tidur terjadwal
Waktu tidur paling baik untuk umur 16 tahun ke atas adalah saat malam tiba sebelum tengah malam dan atau pada saat siang hari jika sedang libur. Jangan biasakan untuk tidur pada pagi hari karena dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan merusak psikologis atau kebiasaan.

Biasakan tubuh tidur dan bangun tidur terjadwal baik pada saat hari kerja ataupun weekend. Dengan ini, tubuh kita akan membangun pola alami tidur.

6. Tak ada Salahnya sebelum tidur melakukan kegiatan ringan untuk membuat kita mengantuk
Kegiatan seperti membaca terkadang sangat ampuh untuk membuat kita mengantuk sehingga dengan ini, kita bisa cepat memasuki fase dalam dari tahapan tidur. Sebaiknya yang dilakukan bukan suatu hal yang berat. Melainkan yang ringan saja.

Demikian ke 6 tips yang bisa dilakukan agar kualitas tidur kita dapat meningkat.

Sumber : deherba.com

Baca Juga ;
5 Tahapan yang Harus Dilewati Ketika Tidur
Waktu Tidur Ideal Berdasarkan Usia

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon