Minggu, 16 Oktober 2016

Waktu Tidur Ideal Berdasarkan Usia Kalian

Dalam hidup, melakukan segala aktivitas seharian penuh memang melelahkan. Baik bagi seorang siswa, mahasiswa, para pekerja, atau orang tua sekalipun. Untuk menyiasati dalam menghilangkan lelah dan penat setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Kita sebagai manusia dari zaman dulu terbiasa memilih tidur sebagai proritas utama untuk mengembalikan tenaga selain makan.

Tidur manis, via pixabay.com
Tidur bagi kita memang sangat dibutuhkan. Pasalnya hanya dengan tidur yang mampu mengembalikan semangat, energi serta sistem kerja seluruh organ dalam tubuh agar kembali berjalan normal dan optimal.

Tapi tahukah kalian bahwa untuk mendapatkan hasil terbaik dari tidur adalah dengan tidur secukupnya selama rentang waktu yang ideal (tidak terlalu lama, dan tidak terlalu sebentar).

National Sleep Foundation (NSF), merekomendasikan waktu tidur ideal yang telah dikategorikan berdasarkan usia. Berikut klasifikasinya ;

  1. Usia 0 – 3 bulan, 14-17 jam perhari. Jadi tak salah kalau bayi menghabiskan masa bayinya dengan tidur.
  2. Usia 4 – 11 bulan, 12-15 jam perhari
  3. Usia 1 – 2 tahun, 11-14 jam perhari
  4. Usia 3 – 5 tahun, 10-13 jam perhari
  5. Usia 6 – 13 tahun, 9-11 jam perhari
  6. Usia 14-17 tahun, 8-10 jam perhari
  7. Usia 18 – 25 tahun, 7- 9 jam perhari (yang tidurnya lebih berarti kebo.. hehehe)
  8. Usia 26 – 64 Tahun, 7-9 jam perhari
  9. Usia diatas 65 tahun, 7-8 jam perhari

Berdasarkan data diatas, membuktikan bahwa semakin bertambahnya umur. Kebutuhan tidur kita dalam sehari semakin berkurang, dan ini membuktikan bahwa ada waktu sekitar 15-17 jam berharga yang bisa kita lakukan untuk hal yang lebih bermanfaat selain diisi dengan tidur.

Terkait dengan kelebihan dan kekurangan tidur. Ternyata menurut European Heart Journal Tahun 2011 menyebutkan, bahwa orang yang memiliki waktu tidur yang kurang memiliki resiko penyakit jantung koroner hingga 48%, sedangkan orang yang memiliki waktu tidur yang lebih memiliki resiko penyakit jantung 38% dan 65% terkena stroke.

Untuk itu, setelah kita tahu. Pastikan kita menjaga porsi tidur kita agar kebermanfaatan tidur dapat kita peroleh.

Akan tetapi perlu dicatat, bahwasannya ;

Sebenarnya periode seberapa lama kita tidur itu, hanya diri sendirilah yang tahu. Kalian pasti tahu waktu terbaik yang dibutuhkan untuk tidur agar tubuh kembali menjadi segar. Namun, perlu diperhatikan bahwa masing-masing usia memiliki waktu tidur ideal yang rasanya tak salah untuk diperhatikan guna menghindari kita dari sifat Hobby Tidur yang malah bisa berujung pada penyakit malas bangun dan resiko penyakit berat.

Tidur 10 jam rasanya tidak mengapa ketika kalian memang membutuhkannya akibat setelah aktivitas yang begitu melelahkan. Tetapi salah kalau semisalnya kalian tidur 10 jam perhari, padahal tidak ada aktivitas berat alias masih nganggur, yang ada nanti rezekinya keburu dipatok ayam. Heheh

Terimakasih sudah mampir. FIN

Baca Juga :
5 Tahapan yang Harus Dilewati Ketika Tidur
6 Tips Simpel yang Bisa Dilakukan Agar Kualitas Tidur Meningkat

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon