Hampir Kena Denda PLN

Kisah ini berawal saat rumah nambah AC kedua di listrik 900 watt...

Kalian masih inget pertanyaan gue yang bingung sama listrik dirumah yang cuma berdaya 900 watt tapi bisa nyalain 2 AC 0,5 pk tanpa jeglek atau turun...?

Kalau belum, coba baca "review jujur gue tentang AC Polytron Neuva Ice"

Setelah nambah AC 2. Listrik dirumah emang jarang turun. Namun, selang beberapa bulan, listrik dirumah sering turun atau jeglek. Cuma masih bisa diatasi..

Akan tetapi, makin kesini gejala jeglek makin parah. Bahkan walaupun peralatan listrik dirumah udah di matiin semua. si MCB (Miniature Circuit Breakers) yang gambarnya kaya gini, nggak bisa dinyalain. Butuh beberapa waktu agar bisa nyala lagi.

MCB pln, via bukalapak.com
Setelah di telaah ternyata pas di pegang bagian MCBnya itu panas, dan harus nunggu dingin dulu biar bisa dinyalain lagi.

Cuma kita masih nggak pikir panjang, dan masih berpikir kalau itu hal yang biasa.

1 bulan berlalu. Tepatnya pukul 10 malam ada kejadian, si listrik rumah tiba-tiba turun dan nggak mau dinyalain lagi walaupun udah keadaan dingin sekalipun. Kita berasumsi bahwa si MCB udah rusak dan minta diganti.

Gue yang sedang di liburan di Jakarta ditelpon sama Bapak tentang listrik dirumah. Yah kemudian gue ambil tindakan buat nelpon ke 123 pln ngabarin mereka kalau listrik di rumah MCBnya rusak. Mereka kemudian menanyakan alamat dan ini itu.

Belum gue selesai ngomong ehh peett.. Pulsa di hape abis.. -__- akhirnya gue ngabarin bokap kalau suruh tunggu besok pagi karena ini udah jam 11 malem.

Bapak ane agak kurang setuju kalau harus nunggu besok pagi sebelum akhirnya.....

Besok siangnya gue balik rumah dan mendapati bahwa listrik di rumah udah bener. Pas gue buka penutup meteran rumah, gue ngeliat mcb dengan saklar warna orange ngegantung disitu.

Kaget, gue manggil bapak buat nanya

"Pak ini yang masang bapak sendiri???"

Bokap gue jawab "Bukann bay,, yang ganti orang PLN.. Pak Toni namanya dikasih nomornya sama Om Iwan" tetangga gue.

"Lahh ini mah bukan MCB resmi dari pln geh pak soalnya saklarnya warna orange buka warna biru... ntar kita didenda kalau buka segel terus ganti mcb sembarangan.. Ini dayanya berapa pak??" sambung gue

Bapak gue jawab "900 sama.. yah ntar kalau di tegur tinggal bilang yang masang orang PLN gitu"

"hhhmm"

Rupanya Om Iwan yang nyaranin buat ngubungin pak Toni malem itu buat ganti MCBnya..

Selang 2 bulan pemakaian. Gejala listrik dirumah sering turun-turun lagi. Ditambah biaya listrik jadi agak bengkak, yang sebelumnya 400 ribuan perbulan jadi 700 ribuan perbulan.

Gue sih mikirnya karena MCB yang dipakai nggak ori. Lalu tanpa konfirmasi ke bokap akhirnya gue mutusin buat naikin daya ke 1300 karena pln lagi ada promo diskon 50%.

Bapak gue sebenernya nggak setuju kalau naikin daya. Dia khawatir kalau ntar meterannya diganti pakai pulsa yang dia berpendapat kalau itu agak ribet. Cuma gue mikir kayanya nggak ribet-ribet amat apalagi gue kan jualan pulsa hape sama listrik juga. Jadi yaudah gue nekat naikin daya.. Hehehe Anak Bengal...

Akhirnya gue daftar online di pln.co.id, dan bayar via kantor POS. Kemudian selang 3 hari, petugas PLN datang dengan maksud mengganti mcb dengan daya baru. Pas petugas buka pelindung meteran, beliau kaget ngeliat mcb asing bertengger.

Kemudian beliau nanyain kenapa mcbnya bisa beda. Kita yang ditanya jelasin semua awal kejadian. Dari mcb rusak jam 10 malem hingga Pak Toni yang kita bilang orang PLN.

Beliau jawab kalau di PLN pusat kota gue tinggal tidak ada pegawai yang bernama Pak Toni. Beliau juga menjelaskan bahwa mengganti mcb merupakan penyalahan aturan dan dapat dikenakan denda sesuai dengan peraturan yang berlaku. Apalagi bisa mengakibatkan konsleting yang dapat menyebabkan hubungan arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran..

Kita yang awam dengan masalah kaya gitu. Jelasin ini itu panjang lebar dengan yang terjadi kemarin. Akhirnya beliau mengerti dan memasangkan MCB baru dengan daya yang kita pesan dan kami pun membuat surat pernyataan untuk laporan ke kantor PLN.

Beliau juga ngasih nomornya ke kami jika sesuatu terjadi. Karena kerusakan meteran masih tanggung jawab PLN dan tidak dikenakan biaya jika meterannya rusak.

Mendengar penjelasan dan nasihat baliau. Gue salut sama kinerja PLN yang profesional.
Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

25 komentar untuk "Hampir Kena Denda PLN"

Comment Author Avatar
Kalau sekarang ganti MCB biayanya sampai berapa? Cos punya tetangga rusak
Comment Author Avatar
Kurang tau.. harusnya gratis sih.. soalnya kerusakan MCB yg bukan karena kita itu tanggung jawab PLN..
Comment Author Avatar
Jadi inget kejadian dulu sama bapak mertua, karna slama ini kalo ada apa2 sama listrik rumahnya selalu minta bantuan ke temennya yang ngerti listrik bukan pihak PLN nya langsung. Doi bersikeras katanya kalo nelpon ato minta bantuan PLN itu gakan di gubris sama PLN nya, " boro2 benerin listrik, teknisinya kerumah aja gaakn mungkin kecuali ke perusahaan2 besar kayak Sam*****a (tempat dia kerja)".

Akhirnya gw inisiatif buat telpon 123. pas beres tanya alamat sama keluhannya dan memang dsuruh tunggu 3 jam karna antrian teknisi lagi penuh. Karna kebetulan bapak kandung saya juga pensiunan PLN dan dulu pernah bilang juga kalo ada apa2 sama listrik rumah mending nelpon ke PLN nya langsung.

kurang dari 2 jam saya di telpon lagi sama teknisinya yg nanyain posisi rumah dimana. Bapak mertua saya tetep ngotot kalo dia gayakin orang PLN bakalan kerumah cuma karena selama ini dia belum pernah nelpon pohak PLN kalo ada apa2 sama listriknya. kurang dari 10 menitan akhirnya mobil teknisi PLN nyampe depan rumah, dan mertua saya kaget sambil senyum2 sinis ke saya (karna emang watak orangnya gamau ngalah dan selalu ngerasa bener *wkwk ). Tapi hikmahnya mulai dari kejadian itu apa2 dia selalu nanya saya dulu bisa apa nggak nya wkwk

Salut juga sama pihak PLN nya yang cukup gercep dan tetep professional pas mertua saya mau ngasih tip dan teknisinya nolak. Dan saya juga lupa ngasi tau ke mertua kalo PLN sangat anti sama uang2 tips, yang akhrnya saya bilang ke mertua saya " udah pa jangan maksa ngasih. moto mereka justru gitu gamau nerima uang tips" wkwk
Comment Author Avatar
Wahh terimakasih mas buat ceritanya..
Memang urusan kaya gini nih mendingan langsung saja ke aslinya yah.. Biar nggak ribet..
Comment Author Avatar
Maap numpang tanya kalo pasang indihom dari pusat nya dibatasi ya kabelnya
Comment Author Avatar
Iyahh setau saya kisaran 150 meter...
Comment Author Avatar
Mau nanya nih klo kita ganti mcb tambahan sendiri bukan yg di meteran itu termasuk pelanggaran ga ya? Soal'a kan yg tambahan itu posisi'a di dlem bukan di bwah meteran & ga ada segel'a jg?
Comment Author Avatar
Maksudnya MCB yg diposisikan sebagai sekering yah?? Kalau itu sih nggak papa... dirumah saya pun seperti itu.. Listrik di rumah saya dayanya 2200 terus di alirin melewati 3 mcb sebagai pembatas...
Comment Author Avatar
Mas bay apa nggk masalah AC yg sudah terpasang tapi nggk di hidupin selama 1 bulan lebih.
Comment Author Avatar
Saya kira nggk masalah... AC saya pernah kok ditinggal 3 bulan nggk nyala sewaktu ikut pelatihan pas masuk kerja.
Comment Author Avatar
Dirumah saya memakai 450va tapi mcb kwh nya terpasang 4ampere, terus kata petugas pln nya gapapa gak ada masalah selagi memakai yg prabayar gitu, katanya masih ada kelonggaran gitu kalo yg prabayar, kira kira ama gak ya, mohon penjelasannya
Comment Author Avatar
Bang mau nanya, kalo voltase sering drop itu apanya ya yg kena?
Mau telpon org pln takut disuruh bayar ganti ini itu (maklum, belum gajian wkwk)
Sampe2 korbannya kipas ane hangus satu๐Ÿ˜ญ
Comment Author Avatar
ya listrik dari trafo pln turun karena banyak yang pakai, tinggal lapor saja. nanti pasti ada perbaikan
Comment Author Avatar
Mau tanya dong mas bay, kmrn rumah saya jg mcb nya bermasalah. Dalam 1hr bolak balik jeglek dan kebetulan petugas pln yg mencatat meteran setiap bln datang dan bilang kl mcb nya sdh longgar dan sdh harus diganti. Kemudian saya cb telp 123 utk lapor masalahnya. Dan jam 11 malam, teknisi pln datang mncoba mencari sumber masalahnya dmn. Mereka cb pasang daya 1300 dari sblmnya 900 tp tetap jeglek. Akhirnya setelah 1jam, mereka memutuskan kl kemungkinan ada masalah di instalasinya dan menyuruh utk memanggil tukang serta tidak jadi mengganti mcb rumah kami. Kami pun malam itu gelap2an. Paginya saya mncoba utk menghidupkan mcb nya kembali tp msh sama (disini segel mcb sdh tidak ada, krn sdh dibuka oleh pln yg dtg malam itu). Intinya, saya panggil tukang utk memeriksa instalasi di rmh, kemudian saat dia periksa mcb dpn rumah, dia bilang kl mcb itu sdh dol dan hrs diganti. Jd kami putuskan utk mengganti mcb nya dgn daya yg sama 900, karena tdk mungkin kami tdk pakai listrik lagi.
Saya mau tanya, apakah salah mengganti mcb itu tanpa merusak segelnya mas? Karena segel sudah dibuka terlebih dahulu oleh team pln. Boleh tlg bantu dijawab ya ๐Ÿ™๐Ÿ™ terimakasih.
Comment Author Avatar
Kalau sekranng sudah bagus?? Kalau sudah bagus ya sudah. Semisal nanti ada perbaikan lagi dri PLN atau mau ada tambah daya. Semisal ditanya pihak pln kenapa tidak ada segelnya. Ceritakan saja kronologinya.๐Ÿ˜„ orang PLN sebenarnya baik2 kok.. dan pengertian.
Comment Author Avatar
Makasih sdh dijawab mas. Sekarang sudah bagus mas. Berarti kalau bln depan petugas pln yg mencatat meteran itu dtg, tp misalkan beliau tdk ada menanyakan ttg itu apakah kami diam saja atau sebaiknya kami beritahu saja mas?
Comment Author Avatar
Warna mcbnya apa ya kalau saya boleh tahu.. hehe
Asalkan nggak curang ganti daya. Saya rasa bisa diinfokan nanti semisal masalah lagi..
Comment Author Avatar
Warna biru mas cm kn ga milik pln lg tulisannya mas, daya nya tetap 900.
Comment Author Avatar
Teringatnya, kl saya boleh tau mas ๐Ÿ˜Škmrn kejadian mas bay itu ga ada dikenakan denda ya mas?
Comment Author Avatar
Saya nggak kena denda sih Mas. hanya saja operator sempat menclak2 pas doski tahu kalau kita ganti MCB meskipun dayanya sama.
Comment Author Avatar
wah keren yah PLN sekarang

saya sekarang kalo ada PLN ke rumah, juga aku perhatiin bajunya

kadang ada yang ngaku2 orang PLN juga, ini bahaya
Comment Author Avatar
Mas kalo kita ganti sendiri dgn merk yg lebih bagus tapi dayanya sama, misal mcb pln nya 4c, trus kita ganti pake yg 4c juga, tp ganti sendiri tapi warnanya memang beda. Gimana mas. Soalnya sy bayar 100 pas ganti ke tukang pln nya. Sering mati2, sy cb beli merk yg bagus tp warna ijo, gmna mas?
Comment Author Avatar
Setahu saya mengganti sendiri MCB itu kegiatan ilegal si Mas.. Jika masih kendala, ada lebih baiknya konfirmasi dengan pihak terkait.

Yukk.. Ngobrol!! Biar makin kenal๐Ÿ˜‚