Jangan Boros, 8 Kiat Perencanaan Keuangan ini Bisa Membantumu

Menabung...

Sebuah kebiasaan yang sebenarnya mudah buat dilakuin, hanya saja susah banget buat megang komitmen dan konsistensinya.

Niatannya selalu muncul terdepan, tapi begitu jalan selang beberapa bulan kemudian, ngerasa duitnya cukup buat beli sesuatu barang yang kita pengen. Eh tau-tau transaksi aja.

Tabungan yang udah ditabung sekian bulan kini hilang jadi barang tanpa jejak..

Sampai akhirnya umurnya udah makin beranjak tapi tabungan masih minim. Sadar, dan langsung semangat lagi buat nabung ekstra. Ehh giliran kekumpul selalu kepakai.. wkwkwk

Gitu-gitu aja terus.. wkwkw

Kalian gitu nggak??

Gue juga soalnya.

Tapi kebiasaan gini sebenarnya nggak baik tau. Yah emang ada anggapan kalau kita nyari uang untuk dinikmati, karena kita tidak tau kapan waktu kita tiba.

Tapi bukan berarti kita harus menghabiskan semuanya, dan hidup dari bulan ke bulan. Tetap!! Selalu harus ada perencanaan buat di depannya. Karena hal-hal seperti menikah, rumah, dan musibah tak terduga itu butuh biaya yang nggak sedikit.

Oleh sebab itu perencanaan keuangan itu harus kita lakukan. Nggak peduli buat yang muda dan udah ada penghasilan atau yang tua sekalipun. Punya simpanan itu wajib!!

Jadi, di tulisan ini gue mau ngomongin sedikit tentang kiat-kiat perencanaan keuangan yang selama ini gue ikutin. Ada buku bagus karya siapa yah gue lupa. Tapi yang jelas buku ini isinya mantep banget dan rasional buat kita ikutin.

1. Punya tabungan lebih dari satu

Nabung yukk, via pixabay.com
Buat kita yang kerja sebagai karyawan. Kita selalu punya rekening pribadi yang biasa digunakan perusahaan tempat kita bekerja mengirimkan upah kerja kita.

Nah, untuk memudahkan pembagian finansial. Kita bisa kok buat rekening tabungan lain. Jadi, nantinya pas gajian. Kita bisa alihkan penghasilan berapa sekian persen buat jadi tabungan.

Banyak ahli mengungkapkan bahwa setiap orang ada baiknya menabung minimal 25% dari penghasilannya. Kalau bisa lebih malah bagus.

Biar nggak ribet. Aktifin autodebit aja.. Mudah kok.. tinggal ke kasir bank!! jadi, nggak usah capek-capek kirim-kirim ulang. Karena setiap penghasilan kita bakal auto masuk ke rekening satunya.

Note : Untuk akses, lebih baik dibatasi. Seperti tidak minta kartu ATM dan tidak mengaktifkan fitur banking seperti SMS atau Internet banking.

2. Pikirin buat investasi

uang tumbuh, via pixabay.com
Investasi yang bisa kita pilih ;

1. Deposito
2. Reksadana

Ada sih yang lain, tapi 2 ini yang paling mudah menurutku.

Yang nggak tau reksadana apa.. bisa kalian baca disini ; Ayo Berinvestasi Reksadana

Selain itu, tanah, rumah dan emas bisa jadi pilihan yang tepat buat investasi jangka panjang.

3. Perencanaan kebutuhan

buat ceklis, via pixabay.com
Kita kan selalu punya ritme pembelanjaan pokok tiap bulan. Nah, sebelum nentuin mau nabung berapa. Ada baiknya kita memulai me'list daftar-daftar kebutuhan kita setiap awal bulan setelah gajian. Seperti contoh ;

1. Kebutuhan akan pokok
2. Kebutuhan akan pulsa
3. Kebutuhan akan pembayaran lain macam kredit atau apapun itu

dengan begini cashflow kita bakal mengalir secara tepat dan diketahui

4. Ikut arisan

kumpul yang bermanfaat, via pixabay.com
Ikutan arisan bisa jadi wadah kita menabung untuk memenuhi kebutuhan menyenangkan seperti liburan atau beli barang-barang yang kita impikan.

Nggak ada salahnya kok menuhin hasrat senang-senang kita. Soalnya kan kita udah bekerja keras selama ini. Masa iyah nggak ngasih reward???

5. Membiasakan menyimpan uang kembalian


nemu uang receh di rumah, Ambill!! via pixabay.com
Yang ini udah gue lakuin lama. Sejak kuliah malah.
Dulu gue nabung 20 ribu. Jadi kalau semisal dapet uang 20 ribu di kantong itu jatahnya tabungan.

Bukan ria. Cuma sekedar cerita. Dulu kuliah gue lakuin ini selama 3 tahun, nggak kerasa tau-tau kekumpul 4 juta. heheh

6. Kurangi rokok!! Berhenti kalau perlu

abu rokok, via pixabay.com
Gue nggak abis pikir sih sama orang yang ngerokok. Mereka rela menghabiskan uang sebesar 15 ribu lebih perhari buat beli sebungkus rokok.

Yah, gue kan bukan perokok yah. Jadi, gue nentang sama orang perokok. Termasuk bokap gue.

Soalnya menurut gue ini nih termasuk pemborosan. Yah emang enak sih di badan sensasinya. Walaupun mereka sadar bahwa merokok adalah kebiasaan nggak baik. Tapi karena sensasinya yang ngebuat mereka ketagihan.

Jadi. Bagi perokok. Rokok itu ibarat kebutuhan pokok.

Tapi coba geh bayangin. Seandainya kita bukan perokok dan ngalihin uang rokok buat ditabung.

15 ribu x 365 = 5.475.000.

Kalau kamu kerja dari umur 19 tahun dan sekarang berumur 25.

25-19 = 6 Tahun
5.475.000 x 6 Tahun = 32.850.000 ... lumayan kan??? Sehat lagi

7. Mumpung masih muda, buka kesempatan lain..

jualan bisa jadi salah satunya, via pixabay.com
Sebenarnya nyari uang tambahan itu banyak. Cuma, kadang kita selalu terhantui oleh prosesnya yang panjang, melelahkan, dan males yang ujung-ujungnya kita ngurungin niat kita buat bergerak nyari uang tambahan.

Iyah nggak??

Padahal, dengan begini kita bisa dapet penghasilan tambahan dan menggali potensi lain dalam diri kita.

Baca Juga ; 

Siapkan Pendapatan Pasif Anda Mulai Dari Sekarang Wahai Mahasiswa

Mumpung Masih Muda, Jangan Ngentengin Hutang Kalau Nggak Mau Kelabakan

5 Hal Yang Bisa Dilakukan Bagi Para Mahasiswa Dalam Mendapatkan Uang Tambahan


8. STOP JAJANIN PACAR!!

khusus cowok sih, ehh tapi ini terserah sih. Kan uangnya punya kamu juga! iyah nggak? jadi, mau digimanain aja yah terserah kamu.

Cuma, kebanyakan di sekitar gue. Ada orang yang rela minjem uang buat beliin tas atau sepatu pacarnya. Padahal kebutuhan dia bulan ini aja lagi butuh-butuhnya. Tapi masih ngebela-belain buat jajanin pacar.

hmmm, nggak abis pikir sih.. Apalagi, di awal pas mau minjem ngomongnya buat kebutuhan hidup dan cerita sedih lainnya. Giliran dipinjemin, eh update status pamer belanjaan.

Hmmmm... hhhmmmm aja.

Oke sekian dari gue.. makasih yah

Pria mochi yang suka bergalau, suka main, rajin, baik sama orang, tidak sombong, n suka menabung... Ahahahaahahasiiiiaappp :D

4 komentar

  1. makasih kak informasinya...
    mampir ke blog ana juga yaa

    BalasHapus
  2. punya tabungan lebih dari 1 ituu penting hehe. karna yaa biar ngerasa ga ada duit tp ada duit di tabungan satunya

    BalasHapus
  3. yey no 8 daku bisa bebassss (soalnya ga punya pacar :v)

    BalasHapus
  4. Aku sih udah pelihara tuyul, jadi aman

    BalasHapus

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon