10 Aplikasi Penting yang Harus Ada di Smartphone Kalian

Di era digital kaya gini, apa-apa menjadi lebih mudah. Komunikasi, kirim gambar, rekaman video, panggilan video, dll berasa mudah dan bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari dalam satu perangkat.

Kalau kamu anak era tahun 90an, kamu pasti pernah ngerasain dimana zaman itu kirim e-mail ke temen sebelah kita udah kaya sesuatu yang woahhh banget. Apalagi  punya hp mode n-gage atau Nokia 6600 udah berasa kaya ngeliat orang lagi megang Iphone XS max atau HP mehong lainnya.

Soalnya barang-barang itu dikenal cuma kaum elite yang bisa pegang. Kita mah punya hp polyphonic yang bunyinya "aiaiaiaia, samsuding nyuri kentang" aja udah seneng. Hahaha

Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata teknologi berkembang secara pesat luar binasa.. heheh

Dulu yang kita kalau sms aja kena tarif berdasarkan karakter, sekarang ngirim pesan berantai ke banyak orang aja mudahnya bukan main. Berhalaman-halaman lagi sampai males bacanya.

Bahkan sms, telepon konvensional sekarang udah mulai ditinggalkan.

Banyak aplikasi komunikasi bermunculan yang mempermudah urusan kita banget. Kirim gambar, kirim suara, dokumen hanya dengan paket internet yang harganya terjangkau banget.

Tetapi tetap, bagaikan pisau bermata ganda. Di balik sejuta kebermanfaatan perkembangan teknologi disana selalu ada celah negatif jika penggunaannya tak disadari oleh akal sehat. Setuju nggak?? Hehe

 Jadi, bijaklah dalam penggunaannya.

Oh yah ngomongin tentang perkembangan teknologi yang wow banget. Gue pengen share tentang beberapa aplikasi yang harus masuk ke list hape kalian guna peningkatan kualitas hidup. wkwkwk



Setidaknya aplikasi-aplikasi ini membantu gue banget dalam kesehariannya. Ditambah orang-orang sekarang kan rata-rata Hpnya udah model smartphone.

1. Gmail

Kalau dulu, Yahoo mail mungkin yang paling terkenal. Tapi Gmail dari google ini yang sekarang lebih dominan. Apalagi ditambah yang apa-apa butuh alamat e-mail. Sudah dipastikan G-mail adalah sarana yang paling standar buat kita gunakan. Apalagi penggunaan mereka untuk pribadi dapat diakses gratis.

2. Drive

Kalau kalian hidup ditengah-tengah ekosistem android. Google drive adalah yang paling terbaik. *Menurut gue. Soalnya mereka ngasih free 15 GB kapasitas penyimpanan di satu alamat e-mail. Jadi, untuk kalian yang berkutat dengan file-file penting. Penyimpanan secara cloud adalah jalan yang paling aman.

Oh ya,, Google Drive juga bisa diinstal loh di IOS. Jadi, urusan pindah-pindah file dari android ke IOS bisa lebih mudah.

3. Spotify & Youtube

Buat yang hobi entertainment. Dua aplikasi ini oke banget. Selain bisa digunakan gratis. Koleksi mereka juga yang paling lengkap.

Zaman gini, kayanya udah nggak zaman buat download lagu. Apalagi lagu yang di download lagu bajakan. Rasanya nggak etis aja, karena kita nggak menghargai karya mereka.

4. Instagram dan Whatapps

FYI : mereka ini satu perusahaan sama facebook loh. Jadi, walaupun sekarang facebook makin jarang, tapi kedua aplikasi ini masih eksis sampai zaman sekarang.

Ngomongin Instagram dan Whatapps, kedua aplikasi ini yang paling banyak user aktifnya. Kebanyakan, orang pasti punya whatapps sebagai aplikasi utama komunikasi ke orang-orang yang dikenal.

Instagram apalagi, tempat ajang berbagi momen. Tapi, beberapa juga jadi ajang buat pamer kalau mereka punya pacar.. -__-

5. Tide

Tahu aplikasi ini??

Bisa digunakan secara gratis dan berguna dalam hal meditasi, pelatihan perileksasian diri, persiapan tidur, dan kiriman kata-kata bijak tiap harinya.

Kalau kamu tipe orang yang melow, dan percaya akan Word can change everything. Mungkin aplikasi ini bisa kamu coba.

6. Bukalapak atau Tokopedia

Cintailan produk hasil kembangan orang-orang Indonesia. Iyah nggak??

Kedua aplikasi ini diibaratkan seperti mall online buatan Indonesia. Disana banyak banget barang-barang pilihan yang bisa kalian pilih. Tinggal nunggu beberapa hari setelah barang dipesan, Tau-tau udah di depan rumah.

Cocok banget buat yang malas keluar belanja.

Oh ya, buat kalian yang pengen belajar soal investasi. Ada banyak program yang ditawarkan sama Bukalapak loh, mulai Investasi Emas, hingga investasi Reksadana yang cukup lumayan lengkap.

Buat yang nggak ngerti Reksadana itu apa.

Nih monggo di baca : Ayo Berinvestasi Reksadana

7. Google Fit

Aplikasi monitoring kesehatan dan aktivitas kalian ini ramah banget sama pihak ketiga.

Tau nggak buat kalian yang punya Mi band sebagai alat tracking kesehatan kalian. Akun Mi bisa di link direct dengan Google Fit kalian.

8. Dana, Ovo, dan GoPay

Ketiga aplikasi pembayaran virtual ini oke banget dan digunakan di banyak marketplace di Indonesia. Kalau kalian merasa ribet buat bawa dompet. Ketiga aplikasi ini bisa kalian pakai buat bayar barang belanjaan kalian.

Tentunya dengan catatan tempat kalian belanja mendukung pembayaran dengan salah satu aplikasi ini.

Urusan beli tiket nonton, makan dan minum, serta barang belanjaan kalian kini tinggal tap in. Mudah kan yah??

9. Google Assistant

Asisten virtual pribadi ini oke banget dan mendukung ratusan bahasa. Tanya lokasi, menjawab pertanyaan sulit, Money Currency, setel alarm, baca notifikasi, hingga nyalain lampu dan beberapa perangkat lain bisa mengandalkan Google Assistant.

10. BMKG

Aplikasi ini memberi tahu kita bahwa Indonesia selalu diguncang gempa setiap harinya. Info cuaca juga akan mereka sampaikan, jadi kita bisa lebih prepare.

Yah, itulah beberapa aplikasi yang menurut gue bagus dan berguna banget.

Kalau versi kalian????

Pria mochi yang suka bergalau, suka main, rajin, baik sama orang, tidak sombong, n suka menabung... Ahahahaahahasiiiiaappp :D

2 komentar

  1. Diantara semuanya, yang nggak punya cuma aplikasi Tide ama Google Fit, mungkin ntar boleh instal juga tuh aplikasi.

    BalasHapus
  2. Hmm jalan hidup kita berbeda, hanya setengah dari 10 itu yang kupunyai hihihi...

    BalasHapus

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon