5 Tips Jitu Pengelolaan Keuangan

Kali ini gue bakal nulis tentang nasihat keuangan buat kalian prepare mumpung umur masih muda dan glowing.. wkwkwk
"Bay, bay... Sok iyee lu!! padahal lu bukan money advisor. Sok-sokan ngide mau ngasih nasihat keuangan!!" 
Bodo.. wek!! *meletin lidah

Well, semua berawal ketika kita mendapatkan pekerjaan dan gaji pertama kita..

Gambar uang via pixabay.com
Tiap orang pasti punya tradisi masing-masing terhadap gaji pertama, kedua atau ketiga buat bisa setidaknya, yah sekedar untuk bersyukur karena telah di berikan rezeki oleh sang Maha Raja dengan memberikan gaji pertama kepada orang tua, mentraktir teman-teman, sodaqoh, dll.

Setelah itu, bukan ajang-ajangan buat hidup boros, beli ini itu dan hidup dengan dana dari bulan ke bulan. ngerti kan yah maksudnya??? maksud gue kita hidup dari gaji yang kita dapat bulan ini untuk bulan berikutnya dan seterusnya.

So, sebelum umur terlanjur melayang tinggi. Ikuti pesan dari gue sebelum semuanya terlambat.. hahaha

yah nggak bagus-bagus amat sih, ikutin aja yg sekiranya kalian cocok yah.. oke?? soalnya tiap orang pasti punya pendapatnya masing-masing.

Begini tips dan trik jitu dalam pengelolaan dan perencanaan keuangan tahun 2020 dari gue.. hahah

1. Punya tabungan itu wajib hukumnya!

Komitmen dan konsisten untuk menabung tiap bulan bukan perkara yang mudah. Kita bakal gampang banget tergoda dengan uang yang terbilang nominalnya bakalan gede nantinya, tetapi memiliki status "akan dibuat apa uang itu".

Jadi, tahan-tahanin diri lo! buat nggak nyentuh uang ini kalau bukan untuk sesuatu yang penting dan inventaris.

Malah kalau bisa lu lupain aja uang ini, sehingga nanti pas kepepet lu baru inget kalau punya tabungan berjangka, tapi inget uang ini bukan untuk sesuatu yang sifatnya konsumtif lohh.

Mulai menabung dapat di mulai dengan membuka rekening baru. Dimulai dengan uang yang lu sanggup buat disisihin. Nominalnya nggak kecil-kecil amat dan nggak gede-gede juga sampai nyekek keuangan kita di bulan ini.

Bisa dimulai di awal bulan dan akhir bulan jika ada gaji yang sisa.

2. Investasikan uangmu, mulai dari sekarang!!

Ketika orang-orang datang ke gue buat minta saran tentang "What should we do with our money??". I simply bakal jawab investasikan aja. Bisa dalam bentuk tabungan emas, reksadana, deposito, tanah, rumah, bukan handphone, motor atau mobil.

Baca Juga : Ayo Investasi di Reksadana

Nah dengan begini, kalian punya uang yang ditabung dan uang yang di investasikan yang nominalnya bakal bertambah. Ane sih nyaranin emas, rumah, atau tanah. Soalnya 3 itu nilainya bakalan naik tiap tahunnya.

3. Mumpung masih muda, Banyakin sumber penghasilanmu!

Kalau dirasa kamu cukup waktu untuk melakukan hal lain yang menghasilkan macam menulis, jualan kecil-kecilan, ngajar atau apapun itu. Sok, lakukan mulai dari sekarang! Tapi dengan catatan hasil yang didapat bukan untuk menaikkan gaya glamour mu yah.

4. Buat 1 sektor untuk hobimu

Nggak ada salahnya kok untuk muasin hobby kita. Karena nggak bisa dipungkiri melakukan hobi adalah sesuatu yang menyenangkan dan refreshing. Kalau kamu hobi gambar, bermusik, photograph dan lainnya yang membutuhkan gear atau alat yang ada pembaruan tiap persekian waktu.

Kita bisa ngebuat sektor tabungan untuk ini. Tentunya nggak harus buru-buru juga. Sehingga nanti pas uangnya udah pas bisa langsung dipakai buat beli itu.
"SStttt,,, ini juga bisa kita lakuin buat hape kita..."
5. Say No to Credit cards

Nggak tau yah, menurut gue kredit card itu nggak ada gunanya.. ahahah Yah memang mudahin di awal tapi di akhir tetap aja ada check yang mesti dibayar. Bengkak lagi dah penggunaan porsi penghasilan kita pas gajian.

Menurut gue dengan adanya credit card, orang jadi cenderung ngentengin utang. Iyah nggak sih? soalnya pasti bikin kita mikir "Ahhh, pikir nanti". Yah walaupun nggak semua orang begitu.

Sebenarnya sih nggak papa pakai kartu kredit. Hak kalian juga.. Cuma satu yang diingat, bijaklah penggunaannya. Sesuain sama kantong kalian kalau nggak mau sulit di akhir..

Oke, sekian dari gue undur diri.. byee.. Happy Living Y'All..
Kalau menurut kalian gimana? :D
Bayu13K
Bayu13K Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, kadang alay. Hahahah Kenapa 13K??? yah suka aja. Berasa murah gitu,. Kalau murah kan pasti disenangin orang. Tapi jangan panggil gue murahan yah!! gue amuk lu ntar!!

3 komentar untuk "5 Tips Jitu Pengelolaan Keuangan"

  1. wah sudah jadi ahli keuangan nih bang sekarang

    BalasHapus
  2. Aku investasi di perut kakakkk

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah bisa bertahan dari godaan kartu kredit.
    Udah mulai2 nabung juga, tapi untuk invest masih bingung nih mas huhuhu

    BalasHapus

Posting Komentar

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.

Berlangganan via Email