Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Three People Who Changed My Bloglife

Sebentar, seperti biasa dalam urusan menulis. Gue selalu kebingungan dengan kalimat pembukaannya. Kadang gue tuh suka bingung harus bagaimana gue buka tulisan sebelum masuk ke tajuk utama biar punya kesan nyambung. wkwk 

Soalnya gue sering banget kaya gitu. Dan artikel ini salah satu contohnya. Dan biasanya kalau gue udah kebingungan, yahh paling ended up dibuka dengan pertanyaan Apa Kabar? atau basa-basi dengan sesuatu yang alay atau cheesy. haha

Kalau kalian suka kaya gitu juga nggak??

Ett dahh, Tangan gue burik amat.. wkwk

***

Btw, Kalian apa kabar?? πŸ˜…

Kemarin kan si Andre udah debut tulisan pertama dia di sini, yang jujur setelah gue baca gue cukup tercengang sih sama hasilnya.. wkwk! Ternyata tulisan dia Oke Banget mengingat itu tulisan pertama dia. *Ton, coba itu pegangin si Andre biar nggak terbang ke langit ke 7. Wkwk πŸ˜‚*

Nahh, sekarang giliran gue yang debut tulisan untuk ke sekian kalinya. haha.

Tetapi sebelum gue mulai, izinkan gue untuk membawa kalian ke history tentang alasan kenapa gue mulai blogging bertahun-tahun lamanya. Hear me out yawww...

Gue sendiri memulai aktivitas Blog di bulan September Tahun 2015. 

Buat yang mau lihat tulisan pertama gue gimana.. Ini Linknya Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang. Kinda weird πŸ™ƒ. Tapi gue ingat betul, Artikel itu merupakan batu lompatan pertama gue ngeblog dan gue bangga karena berhasil bertahan sampai sekarang. 

Sebenarnya blog ini dibuat pada tahun 2013 saat ada tugas ngebuat blog di mata kuliah Komputasi Teknik Kimia. Kalau boleh jujur, saat itu gue gagal paham apa korelasinya antara jurusan Teknik Kimia yang gue ambil dengan kurikulum komputasi Teknik Kimia yang membuat Blog masuk ke dalam salah satu materi ajarnya. 

Yesss,, gue kaget banget pas dulu tahu kalau salah satu materi ajar di mata kuliah Komputasi Teknik Kimia adalah Pembuatan Website di blogger.com. hahahaπŸ€ͺ. Padahal, selain materi itu ada materi lainnya seperti penggunaan Aplikasi Hysys, Aspen, dan Matlab. 

Nahhh, disitu sih gue agak bingung. Apa mungkin fungsi materi blogger.com ini buat penyegaran mengingat 3 Aplikasi pertama itu pusingnya bukan main?? Who Knows..

Kemudian blog ini juga sempat nggak aktif dan baru aktif kembali di tahun 2015 dengan alasan pas itu gue baru lulus kuliah dan belum mendapat pekerjaan. Jadi, gue nulis dengan niat agar otak gue nggak makin lempeng di tengah-tengah mode pengangguran yang ternyata gue nganggur cukup lama juga yaitu sekitar 9 bulan hingga mendapatkan pekerjaan pertama yang gue lakukan hingga sekarang.

Tapi apapun itu. Satu hal yang pasti, tanpa kejadian itulah nggak akan mungkin membawa gue ke dunia blogging dan bertemu dengan orang-orang hebat di dalamnya. So I feel Blessed πŸ˜‡.

Pada Awal ngeblog, gue sama sekali nggak pernah kepikiran dan tahu tentang istilah-istilah dalam blogger termasuk Blogwalking. Jadi, kegiatan ngeblog gue hanya berputar di kisaran, Nulis, kasih judul, kasih gambar, terus Post! udah gitu doang.

Tapi seiring waktu berjalan. Beberapa orang mulai meninggalkan jejak di tulisan gue. Yah, saat itu gue baca. Tapi sayangnya nggak pernah gue bales 🀫... Sampai akhirnya gue nyadar kalau mereka juga punya blog dan gue merasa kaya punya tanggung jawab untuk kembali buka blog mereka. Dan ya, akhirnya tanpa disadari gue udah melakukan kegiatan blogwalking dengan sendirinya. Haha!

Selama menjalani kegiatan blogging dan blogwalking. Gue belajar banyak hal. Gue belajar dan tersadar ternyata di dunia ini memiliki sisi lain atau bisa dibilang The Hidden Gems yang bila diseriusin bisa memiliki efek ketagihan tersendiri 😬. Agak lebay nggak sih?

Tapi serius, Ngunjungin blog orang-orang dan baca tulisan mereka bikin gue memiliki banyak variasi perspektif dan kaya akan ilmu-ilmu serta cerita-cerita menarik lainnya.

That is why, gue bilang semua blogger itu unik-unik karena memiliki kisah khas masing-masing.

***

Kemarin, gue dapat info kalau Mba Eno ngadain CR Challenge 3 dan rasanya sangat disayangkan kalau gue nggak ikut challenge ini. Apalagi si Andre ikutan juga, masa gue kalah sama blogger musiman kaya dia. wkwk. *Canda yah Ndre 🀭.

Untuk tema CR Challenge 3 kali ini adalah 3 Blogger Favorit. Well, ini agak sulit sih buat nentuinnya karena mereka semua yang gue tahu merupakan blogger favorit gue semua. Karena jujur, tulisan mereka semuanya oustanding yang sudah berhasil bikin hidup gue lebih berwarna karena tulisan mereka. Ada yang bisa bikin gue ketawa, ada yang bikin gue feel blessed, ada yang bikin gue kagum, dll.

Sebenarnya gue pengen gitu membagikan nama blogger favorit versi gue yang belum diketahui sama Mba Eno. Tapi sepertinya sulit karena hampir semua circle pertemanan blog gue rata-rata bersumber dari Mba Eno. wkwk. Tapi karena kudu milih 3.. Yah okee, ini dia..

1. Pak Anton Antonardyanto.com

Bisa dibilang Pak Anton adalah empunya blogger kita-kita. wkwk

Berkat pengalaman hidup dan kata-kata ajaib Pak Anton yang seringnya Mak Jleb ke para pembacanya bikin gue terkagum-kagum dengan sosok beliau.

Tulisan pak anton selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pembacanya, tak terkecuali gue sendiri. Tema yang sering diangkat beliau umumnya bersifat light tapi entah kenapa beliau pintar sekali dalam mengemas kata-katanya sehingga selalu mengandung makna yang deep. Kalian setuju nggak?

Oh ya Pak Anton juga rilis Kafe MM di maniakmenulis.com. Sewaktu pertama kali gue buka dan gabung ke sana. Impresi gue, Okee its going to be fun. dan yah, dugaan gue nggak salah. Kafe MM jadi salah satu tempat yang tiap hari gue revisit buat ikut gabung di topik yang anggota lain buat. Dan seru si, jadi kaya berasa kopdar aja gitu sama blogger lainnya. haha 🀩

2. Mas Andi Nugraha Klikandi.com

Mas Andi adalah blogger pertama yang gue kenal dalam sejarah perbloggingan gue. Saat ini interaksi kami lebih sering terjadi di Instagram. Kadang gue berkomentar walaupun sekarang lebih sering jadi silent reader saja.

Dikarenakan Mas Andi sedang fokus dalam pembangunan konten di media sosial yang dia buat. Itulah yang menjadi alasan mengapa di blognya dia, postingan terakhir dibuat pada bulan Maret 2020. Kinda long I guess, Tapi gue rasa itu bukanlah masalah.

Dahulu, Mas Andilah yang udah bantu banyak ke gue. Dia rela ngejelasin panjang lebar ke gue tentang bagaimana tulisan bisa dibuat. Yeah, I learn a lot from him. Nggak cuma itu, Mas Andi juga yang udah bantu semisal gue menghadapi masalah HTML di blog gue dulu.

Now, berkat Mas Andilah. Gue sekarang mulai mengerti hal-hal basic dalam pengeditan HTML seperti mengatur menu navigasi contohnya.

3. Mas Sugeng Sugeng.id

Masukin nama beliau kesini nggak papa kan yah Mba Eno.. haha. Harusnya sih nggak papa.

Mas Sugeng adalah orang berjasa dibalik template yang gue pakai sekarang. Awal dulu kenal, saat salah satu hobi gue di blog yaitu sering gonta-ganti template sebelum akhirnya gue sadar bahwa kegiatan ini nggak bagus. Gue langsung mantapin hati buat selalu menggunakan template dari Mas Sugeng.

Salah satu kelemahan gue dalam ngeblog adalah kesulitan semisal menemukan masalah yang berkaitan dengan perkodean HTML yang terkadang bisa bikin gue jungkir balik. Sebenarnya gue bisa aja nemuin troubleshootingnya di google. Tapi lagi-lagi seringnya gue menemukan ada yang aneh atau nggak sesuai sama yang gue mau.

That is why gue gabung member di Sugeng.id agar semisal gue nemuin masalah atau ada keinginan terselubung di template yang beliau bikin, bisa langsung gue tanyain. Dan yah, cara ini cukup berhasil mengingat respon dari mas sugeng yang selalu cepat dan jelas.

Oke sekian 3 blogger favorit versi gue. Kalau kalian siapa saja? Gue tunggu di postingan kalian yah di CR Challenge 3.

Bayu13K
Bayu13K Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

58 komentar untuk "Three People Who Changed My Bloglife"

  1. Setujuuu soal Kak Anton! Kak Anton kalau nulis selalu deep banget bahkan kadang sampai makjleb πŸ˜‚ apalagi kalau jurus roninnya udah keluar, langsung bikin kicep πŸ€ͺ tapi aku malah suka bacain komentar Kak Anton kalau lagi ronin mode-on, but please jangan ronin mode-on ke aku ya, Kak Anton, takuttt πŸ˜‚

    Aku juga awalnya nggak paham BW-BW gitu, Bay 🀣 ngertinya nulis, publikasiin, tinggal. Kayak diary aja yak 🀣 pas udah ngerti BW dan ternyata lewat blog bisa punya banyak kenalan, jadi ketagihan euy πŸ™ˆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah.. Iya ya Li. Agak syeeramm *liat kanan-kiri*
      Iyahh seru banget bisa kenal banyak blogger lain. What an honour,, :D

      Hapus
  2. Mas Sugeng , ya saya tahu itu dia mastahnya blogger namun sudah fakum ngeblog beberapa tahun namun omset bisnisnya ??? Udah ngasilin uang yang lumayan bahkan beliau juga jual template khusus wordpress tapi harganya mahal banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konon omset mas Sugeng dari template itu kalo di total sudah sampai milyaran mbak tari, entah benar atau tidak karena itu juga katanya.πŸ˜€

      Hapus
    2. benar itu, kan dulu kakak giorgianya Tari juga ngeblognya dari mastah - mastah yang sudah pensiun ngeblog beberapa tahun.

      Hapus
    3. Iyahh Mas Sugeng terbilang sukses banget sih dalam urusan penjualan template.. :) soalnya template buatan beliau simpel tapi bagus gtu tuh..

      Hapus
    4. pantas banyak yang takkunjungi pake template mas sugeng ya, termasuk bayu dan mas agus..templatenya bagus juga sih...fontnya enak :)
      jadi penasaran omset beliau ini hehehe

      Hapus
  3. Aku tadi mengira Dodo Nugraha, ternyata Andi Nugraha yaa haaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkw... Tapi yah blog kamu salah satu favorit juga Kang Mas Joe.. hahasikkk

      Hapus
  4. Blog-blog yang disebut aku baru tahu semua. Aku sungguh kudet. Wkwkwk. But, well, thanks atas rekomendasinya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh Masama.. Ke Pak Anton dulu aja Mba Kimi.. :D beliau masih aktif kok. Saya sering mampir tapi seringnya jadi SR. hehe .

      Hapus
  5. Dari tiga blogger itu aku kenal dekatnya paling ya pak Anton, kalo Sugeng sudah terkenal sih karena kalo mencari template premium di google yang muncul seringnya mas Sugeng.

    Aku pakai template premium dari mas Sugeng ini juga dikasih sama pak Anton, dasar maunya gratis saja.πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh Circle pertemanan blog kita nggak jauh beda sih yah Mas Agus.. hihi
      Iyah Kalau Mas Sugeng mahh udah terkenal seantero Indonesia.. Soalnya emnk ya dia ahlinya Blog..

      Hapus
  6. Wah parah nggak ada nama Andre. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah parah suruh ngantri mie ayam, malah ngantri Mie πŸ–. Wk! smpe kenyang gua makan 2 mangkok.

      Hapus
    2. Haha. Kadang tu anak onengnya nggk ketulungan.

      Hapus
    3. Astagaaaaa.... Ngakak... sumpah gue juga nggak nggeh tau.. Maafin yakk.. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkwwkwkw

      Hapus
  7. ngeblog dari 2015? wah.. lama juga yakk.. lucu juga ini blogging bisa masuk jadi mata kuliah.. ��

    anyway.. akhirnya bisa komeng... uhuy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Mas Zam...
      Iyahh 2015, tapi ya gitu tulisannya masih hhhmm... haha I know Mas, aku yah kaget pas tau kalau blogger jadi salah satunya.
      Yeeeyy, thanks to you too sama Mba Eno yang sudah mau repot-repot menjelaskan..

      Hapus
  8. Bener banget Mas Bayuuu, hal paling bikin lama nulis blog tuh nyusun pembukanya wkwkwk... Sekarang jadi biasain nulis isinya dulu nanti belakangan baru nulis pembuka. Kalau ga gitu, ga ketulis-tulis kelamaan mikirin paragraf pembukanya πŸ˜†

    Eh kok lucu sih, mata kuliah Teknik Kimia tugasnya bikin blog?

    Dari tiga blogger yang disebut, yang aku kenal Mas Anton doang sih... Dan setujuuu Mas Anton kalau nulis atau komen tuh suka bikin yang baca merenung *jaga-jaga tengok kanan-kiri mana tau orangnya muncul wkwk* Terus baca blognya Mas Anton tuh suka ada aja ilmu baru yang didapat yaa?

    Kalau Mas Sugeng ini pernah tau aja, beberapa kali dulu pernah nyobain template bikinannya sampai begadang-begadang ngurusin template doang πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sefrekuensi brrti Mba Eya.. hahah. Aku yah kadang malah terlalu lamanya muter di kalimat pemukanya. Soalnya belum terbiasa kalau harus dilumpat2 gtu.. wkwkw

      Iyah kan..?? Mungkin itu sebagai refreshing doang kali yah. Soalnya program sebelumnya yg kita pelajari itu pusingnya bukan main...

      Setujuuu Mba Eya.. Pak Anton hebat sih kalau nulis2 apalagi kalau komentar.. hhmmm... wkwkw

      Hapus
  9. Aku tahu mas andi dlu dari diary mahasiswa. Udah lama sekali sih. Pas itu masih di blogspot. Belum pindah ke wp
    Abis itu lupa dan jarang mampir ke blognya lagi 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh Diary Mahasiswa dlu namanya... Terus diubah ke KlikAndi. diari mahasiswa dia yah masih jalan, cuma di medsos skrang.. di Ig..

      Hapus
  10. Wah, ga mau kalah sama Mas Andre ya, Mas Bay πŸ˜† tulisan 3 blogger fav nya langsung tayang. Hehehe..
    Dr ketiga itu, aku baru tau Mas Anton nih. πŸ˜… Makasi rekomendasinya ya.
    Btw, aku juga baru tau BW itu akhir2 ini coba, kayanya baru setahun lbh. Sblmnya aku taunya traffic blog ya dr mesin pencari aja, atau ga dr link yg ditaro di sosmed. Baru ngeh ternyata bs dg BW juga πŸ˜† Sama kaya mas bayu, aku ngeblog udah lama, tapi taunya tulis n publish aja dulunya. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woiyaaaa Jelas... Andre harus kita kalahkan Mba Thessa. wkwkw. Terimakasih kembali juga buat rekomendasi blognya di blog Mba Thessa. hehe
      Iyahh bner banget.. Dlu yah sering sharing di fb.. terus di bully sama temen2 kampus.. katanya lebay amat ngeblog2 segala.. hahaha. *urusan amat kali yakkk.. :D

      Hapus
  11. kalau andi nugraha sih udah kenal lama dari jaman jebot wkwkwk, tapi klo ngeblog kayaknya masih duluan aku dari si andi wkkwkwk

    maklum beweannya diriku memang sudah lama bayu...e tapi ga lama lama banget deng...cuma jadi kenal dengan beberapa teman walau sekarang uda jarang nulis dengan kesibukan masing masing. Jadi istilahnya kayak tiap beberapa tahun sekali ganti circle hahahha

    hayo sama sama berkompetisi dari si andre, semangat, semoga kali ini menang ya...ku jadi tim hore hore aja seperti biasa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Nita harusnya dukung saya. Haha.

      Hapus
    2. Iyahh Mba Mbul mah udah suhu ngeblognya.. haha 😁
      Nggak menang yah nggk papa Mbak.. xixi. Cuma pengen seru2an aja.

      Hapus
  12. Dari semuanya yang aku tau cuma Pak Anton doang dong, Mas. Awal taunya Pak Anton ya gara-gara beliau sering komen di blognya Mbak Eno dan Mbak Rey. Aku suka banget baca-baca komen beliau di blog yang aku kunjungi. Lama-lama tertarik ke blognya beliau. Sekarang sih gak pernah ninggalin jejak di sana, cuma jadi silent reader doang. Hehehe 🀭

    Btw aku juga join cafe nya Pak Anton lho, Mas. 🀩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woiyahh donk... sepertinya circle teman2 blog kita nggk jauh beda mba Roem.. haha.

      Sama berrti aku yah join cafenya Pak Anton juga..

      Hapus
  13. Aku malah fokus pada fakta bahwa blog ini mulanya makul. Keren juga jurusanmu itu.

    Soal tiga blogger, hanya Mas Sugeng yg aku tak familiar.


    Tentang blogger dan blognya yg unik, apakah kau mengingatku sepaket dg Jogja? Hahaa ha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa.. anehh yah mba.. tapi ciyuss ini. Aku yah bingung pas itu kalau ada materi ttgl blogger juga. wkwkw
      Ingat donk Mba... kita kan sudah kenal sejak lama.. hohoho.

      Hapus
  14. Saya tau tuh blognya mas Sugeng, dan awalnya juga karena cari2 soal template blog dan dunia perbloggingan. Dan sama masalah nya juga soal Html wkwkk cuman sekarang kalo saya sering bolak balik ke blognya Igniel untuk cari solusi masalah blog. Tahukah Bayu blognya igniel?

    Anywayy, Good luck ya Bay buat CR Challengenya!! Dan terima kasih juga rekomendasi blogger diatas πŸ‘πŸ»πŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah igniel.. banyak juga postingan dia ttg error html di blog.. tapi smenjak pke template yg ini udah jarang skrang.. heheh. πŸ˜…

      Iyahh Mba terimakasih kembali.. Mba reka nggk ikutan CR Challenge juga?

      Hapus
    2. Engga Bayy, jadi penonton dulu deh CRchallenge kali ini πŸ˜…

      Hapus
  15. Wah yang tahu mas Sugeng itu berarti bukan blogger newbie....��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya blogger newbie kok mba.. wkwkwπŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  16. Di mana-mana kalimat pembuka tuh sulit, Mas Bay. Mau chatting teman yang udah lama nggak ngobrol aja bingung mau basa-basi apa dulu wkwwk Btw, agak oot nih. Mas Bay pernah baca tulisan Mas Yoga tentang kalimat pembuka di blog nggak? Menarik deh pembahasannya (:

    Dari daftar di atas saya juga hanya tahu Mas Anton hahaha. Tapi memang sejak mengenal beliau, saya jadi lebih 'melek' soal blogging maupun tentang kehidupan. Apalagi karena usia juga, tiap kali dinasehati beliau seperti mendapat wejangan dari orangtua sendiri, yang mana awalnya ingin menolak namun setelah direnungkan, oh ya bener ugha πŸ˜†

    Terima kasih sudah berbagi cerita, Mas Bayu! Semoga tetap semangat menulis ya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Yoga sublimasi meditasi.. hahah.
      Tadi barusan aja saya mampir dlu ke tulisan beliau yang itu.. astaga 🀣🀣 kaya dpet tamparan sndiri yakk...
      Saya langsung cek tiap pembukaan tulisan saya.. wkwkwk. Ternyata hampir semuanya kaya gtu.. haha.

      Bner mba.. ngedenger nasihat dari Pak Anton kaya dpet nasihat dari orang tua sndiri.. hehe.

      Semangat Mba Jane.. terimakasih kembali.. 🀣🀩

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohhh iyahh lupaa.. haha. Terimakasih buat koreksinya yah.. ntar tak ganti.. hihi πŸ˜†

      Hapus
  18. Oalaaa ini template mas Sugeng jg ya Bay? Pasti keren nilai2 di gtmetrix sama loadingnya cepet nih.

    Pantesan rasa2 sering lihat, banyak banget fansnya. Terutama para mom blogger, cuma headernya di modif Jd warna2 pastel gitu.

    Saya baru mulai baca2 blognya mas Anton sejak di colek di kafe MM, kalau klikandi lumayan pernah beberapa kali main ke blognya dan komen2an jg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh Mba. Tapi saya ndak terlalu merhatiin berapa poinnya.. hehe. Tapi saya bisa merasakan kecepatannya.. wkwk

      Iyh headernya banyak yg diedit.. kalau saya stick to the original saja. Kebetulan suka warna biru.. hehe πŸ˜…πŸ˜…

      Tos dlu mba sama2 penongkrong Kafe MM.. hihi😁

      Hapus
  19. diantara ketiganya, saya sekali ketemu Mas Andi secara langsung karena sama-sama tinggal di YK
    sayang sekarang jarang konek lagi karena kesibukan
    suka sekali dengan konsistensi dan karya sinematiknya tentang Jogja

    kala Pak anton mah jangan ditanya
    sungkem dulu hehe

    mas sugeng juga saya sering kalau lagi galau mau memutuskan akan diapakan blog saya

    blognya mas bayu juga sering saya kunjungi lo
    sekarang saya malah dapat insight baru dari blog blog yang saya BWin
    soalnya kalau udah malas dengan medsos ya pelariannya BW hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuu Mas Ikrom. Saya pun.. semenjak punya blog. Seliweran di medsos cuma kaya seminggu sekali.. atau paling sesekali doank.. soalnya ngunjungin blog teman2 selalu dpet ilmu atau pengalaman baru sih 🀣🀣

      Hapus
  20. Samaaa bay, akupun juga sering bingung pas nulis paragraf pertama tulisan. Krn aku yakin paragraf pertama itu selalu jd penentu orang2 tertarik lanjut baca ato ga :D. Tp begitu udh dpt pembukaan yg menarik, sisanya ngalir sih :D

    Kalo ditanya blogger terfavorit, jujur aku juga susaaaah. Krn banyaaaaak. Dan biasanya aku bikin per kategori. Misalnya utk travel blogger aku idolain banget mba Trinity dari naked traveler.

    Kalo utk curhat aku paling suka blognya Rey :D.

    Kalo parenting aku suka Grace Melia

    Kalo gado2, aku suka tulisan mba Eno, Lia, Jane, liat tuuuh kan, udh banyak dan ga bisa milih hahahahahaha.

    Pasti bakal susah utk milih sih :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bner banget mba.. kalimat pmbuka yg jadi penentu orang bakal tertarik atau nggk.. hehe.

      Iyahh banyak banget sbenernya.. haha. Semua blogger yg saya kenal favorit saya semuaπŸ˜…. Sungguh beruntung bisa nemuin gems kaya gini di Internet.. πŸ˜†

      Hapus
  21. dari ketiga orang itu gw belum ada yang kenal mas :D.. emang masih bau kencur gw di dunia perbloggeran :D

    btw gw juga sering waktu bikin post agak bingung dengan kalimat pembukanya.. biasanya gw nyari satu kata yang akhirnya nanti berujung cerita yang gak gw rencanain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo kenalan sama Pak Anton dlu Nif.. seru loh bisa dpet wedjangan dari beliau.. haha πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  22. Setiap baca nama sugeng langsung ingetnya template aja haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh. Orang emang empunya template blogger😁

      Hapus
  23. Wahhhh Mas Andi ini yang founder instagram @diarymahasiswa itu yaa.. blognya nya ternyata pindah kesitu, kirain masih diarymahasiswa.net itu

    BalasHapus
  24. Halo bayu. Uda beberapa kali liat komen-komen kamu berseliweran di blog yang suka aku kunjungi, ini pertama kalinya nengok karena kepo sama pembicaraanmu dan Andrew 🀣

    Aku setuju blog mas Anton jadi favorit. Banyak pencerahan yang kudapatkan dari beliau. Meski kadang emang mak jleb kata-katanya tapi aku sih prefer yang begitu daripada pake kata-kata sok manis kan ya hahaha Ntar maksudnya malah jadi ga nyampe hehehe

    Buat sugeng, aku malah baru tau wkwkw Aku pake template2 gratisan yang seliweran aja gituu wkwkw Awalnya dari template blogger, terus akhirnya pake template di situs template blogger gratis huahaha anaknya yang gratisan ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Risu.. saya izin panggil Mba Risu ya πŸ˜€.

      Welcome2 yah.. ini welcome drinknya diminum dlu 🍡. Hehe

      Iyh Mas Sugeng emnk sudah terkenal empunya template blog yg simpel dan cepat loadingnya.. cuma emnk tampilannya nggk terlalu girly gtu.. πŸ˜‰

      Iyah Pak Anton keren si ya Mba.. udah banyak pengalamannya juga. Jadi, ngobrol sama beliau kaya ngbrol sama orang tua sendiri.

      Hapus
    2. wah jarang nih ada yang panggil aku Risu hahaha ╰(*°▽°*)╯ Makasih juga uda sampai disuguhin welcome drink segala. Sungguh ramah. Hehe

      Aku kurang dalam ngikutin dunia perblogkan sih memang. Jadi ga tau juga blogger-blogger terkenal di luar sana (*/Ο‰\*) #maapkeun

      Oia ngomong-ngomong kita sama loh memulai blogging ini dari tugas kampus. Kalo kamu dari tugas matkul yang aku pun heran kenapa tugasnya bikin blog (bahkan nama matkulnya ga ada hubnya sama blog). Kalo aku dari tugas ospek hahaha

      Tapi dari itu kita jadi sama-sama betah nulis dan kembangin blog ini ya hehe

      Hapus
  25. Aku baru ngikutin blognya Pak Anton tahun ini mas Bay, terus suka dengan kebanyakan tulisan-tulisannya beliau karena logis dan nggak pake gula-gula wkwkwk. Kalau mas Bayu kenalannya banyak bersumber dari Kak Eno, kalau aku dari Ci Jane wkwkwkwkwk.

    BalasHapus
  26. Halo mas salam kenal, template blognya sama ya :D, dari 3 nama blogger di atas saya cuman tau no.1 dan 3 aja ternyata saya kurang jauh mainnya hehe

    BalasHapus