Rekomendasi Perlengkapan Wajib Untuk Kucing

Daftar Isi

"Postingannya lagi demen dunia Per'anabulan ya Bay??" Hihihi πŸ€ͺ . Nggak tahu kenapa tapi moodnya lagi senang ngebahas ini aja. heheh πŸ˜‚. Hitung-hitung menuhin Label "Pets".

Bisa dibilang kalau merawat kucing bukan perkara soal kasih makan, dan minum saja melainkan ada Komitmen serta Kasih Sayang di dalamnya 🀭.

Baca : Hingar-Bingar tinggal bareng Anabul

Jadi di tulisan ini gue mau berbagi tentang perlengkapan yang bisa kalian persiapkan terlebih dahulu semisal ada rencana merawat kucing di Rumah 😊.

1. Litter Box

Kecuali si Meng-meng udah belajar cara poop dan Peep di WC. Urusan Litter box dan Pasir kucing bukan jadi masalah lagi. Tapi buat yang masih pakai cara tradisional macam gue 🀣 Litter Box jadi benda wajib yang harus ada di rumah.

Soalnya kalau ngebiarin mereka poop sembarangan apalagi di depan rumah orang.. Hhhmmm 😭 Yang ada nambah dosa ntar.

Jenis-jenis Litter box ada banyak. Ada yang otomatis, ada pula yang manual alias "Gali dan Serok" 🀣. Gue sih berhubung bukan sultan yee. Jadi pilihan gue jatuh pada kegiatan serok-menyerok.

Untuk modelnya gue pilih yang tertutup biar terkesan estetik sih 🀣 sama biar gundukan poop atau peepnya nggak kelihatan πŸ˜†. Kan nggak enak ngeliatnya ya semisal ada Poopy yang nongol πŸ₯²πŸ˜….

Harganya 150an ribu kalau nggak salah.

2. Pasir Kucing

Stock 5 Bulan 😁

Yang gue tahu sih ada 2 jenis. Bentonite sama Soya. Gue nggak pernah pakai soya. Tapi katanya doski lebih ramah lingkungan karena bisa langsung di flush dalam toilet. Kalau bentonite kan nggak bisa ya karena bisa bikin pipa mampet.. 😊

Jadi pilihan yang mana. Semua kembali ke keputusan masing-masing πŸ˜‰. Soal kelebihan dan Kekurangan jika dilihat dari harga, Soya lebih mahal kalau dibandingkan dengan jenis bentonite. Namun, pembuangannya lebih simpel Soya karena bisa diflush langsung dalam toilet.

3. Poopy Bag & Pet Odor

Poopy Bag ini wajib ada. Terlebih kalau kalian make pasir jenis bentonite. Zaman sekarang sudah canggih. Jadi, ada poopy bag yang terbuat dari kulit singkong sehingga bisa lebih mudah terurai di alam. Harganya 90 ribu isi 10 roll.. 1 rollnya isi 15.

Kalau Pet Odor, Bisa dipakai buat nyemprot pasirnya untuk membantu membunuh bakteri dan memberikan aroma yang segar setelah dibersihkan.

4. Virbac NutriPlus Gel Vitamin

Sebenarnya ini nggak wajib-wajib amat sih, tapi gue masukin rekomendasi biar kucingnya selalu sehat dan ceria 😁.

Virbac ini udah kaya senjata pamungkas bagi para pawrents soalnya ya cuma ini yang direkomendasiin sama Dokter hewan yang gue kenal. Di Toko Online banyak yang jual eceran 15 gr. Kalau gue sendiri biar lebih hemat belinya sekalian yang 120 gr. Harganya kalau nggak salah 190an tah?? Gue lupa. Dan untuk dosis sehari, Gue sih ngikutin kata dokter aja, sebesar biji jagung sehari.

5. Roller

Alat satu ini gue suka banget sih.. Udah harga murce, dipakainya bisa berkali-kali 😁.

Salah satu konsekuensi yang harus kita terima semisal ada anabul tinggal serumah adalah Bulunya.. Apalagi kalau di rumah kalian banyak fabric macam Hordeng atau sofa. Bulu pasti nempel disitu. Dan roller ini berguna banget buat ngangkat bulu yang nempel πŸ˜„.

Tinggal sek-kesek. Beres dehh 😁.

6. Sisir, Gunting kuku, Cotton Bud, Tisu Pembersih, Sampo Kucing, dan Hair Dryer

Wajib?

Wajib sih kalau kalian tipe yang ngurus anabul sendiri kaya gue. Jujur, dari zaman Si Caca sampai Si Adek dan Mozza. Gue nggak pernah pakai jasa buat grooming buat mereka. Semua keperluan gue lakuin sendiri. 

"Heboh dong bay??" Ohh tentu saja.. Cakaran demi cakaran dan amukan udah kaya makanan sehari-hari πŸ˜‹.

7. Obat-obatan

Buat gue sendiri yang wajib stock itu Obat Cacing aka Drontal. Harganya lumayan mehong sih, 1 butir kecil 18 ribu πŸ₯².. Dan ini emang gue stock buat mereka karena jadwal rutin konsumsi obat cacing itu sebulan sekali.

Terus ada juga obat buat jamur 😁.

8. Tempat Makan dan Minum

Ini harusnya nomor 1 sih. Tapi gue sendiri malah baru ingatnya sekarang. wkwk πŸ˜‚

Untuk tempat makan, gue saranin pakai yang terbuat dari stainless biar bersihinnya lebih gampang dan lebih awet. Terus untuk tempat minumnya. Gue sendiri rekomendasiin yang model dispenser gitu. Jadi airnya selalu tersedia. Terutama kalau kucing kalian konsumsi Dry Food tiap hari πŸ˜„.

9. Makanan Utama

Petualangan mencari makanan kucing yang cocok buat kucing adalah sebuah tantangan sendiri buat Pawrents. Pesannya adalah Pastikan tidak membebani kondisi Finansial. Di luar sana makanan Kucing ada banyak sekali tipenya. Ada yang khusus Bulu, diare, dewasa, kitten 1-4 bulan, kitten 4-12 bulan, tipe beauty, dan lain sebagainya yang pastinya bikin bingung 😁.

Gue sendiri udah nyoba makanan dari merk Royal Canin, Proplan, Equilobrio, Cleo, Whiskas, Nature Bridge. Dan sepengalaman gue bersama Mozza dan si Adek. Nature Bridge yang paling cocok buat mereka.

Kalau semua sudah siap. Baru deh kalian bisa jemput kucingnya buat tinggal serumah 😁. btw, ada yang kurang nggak ya? Terimakasih sudah mampir

Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

12 komentar

Ngobrol Kuyy,,, biar makin sayang.. 'Eaakkhhh bisa aja lu buntelan Karung Goni!! 🫣🀣'
Comment Author Avatar
15 Juni 2023 pukul 08.59 Hapus
Lumayan banyak ya perlengkapan yang dibutuhkan untuk jadi pawrent. Dicatat mas, mungkin nanti jika ada sanak famili yang mulai tertarik merambah ke dunia peranabulan. Nice tips
Comment Author Avatar
20 Juni 2023 pukul 04.19 Hapus
Iyaaa lumayan banyak sih.. hihi. 😁. Tapi itu menurut aku sih. Yg dasar2nya gtu..
Comment Author Avatar
15 Juni 2023 pukul 10.11 Hapus
Makasii mas Bayu ..postingannya bisa saya simpen buat kucing"Abang saya ..biar dia makin telaten ngurus kucing"nya yang nambah lagi😁
Comment Author Avatar
20 Juni 2023 pukul 04.21 Hapus
Sama2 mbaa..😁 terimakasih juga udah mampir πŸ˜‡
Comment Author Avatar
Anonim
15 Juni 2023 pukul 20.54 Hapus
Wow. Ini mah udah bener" kaya anak sendiri, lengkap, matangπŸ‘πŸ˜†
Pasti mozza dan kukka happy bgttttt heheheee, semoga happy nya juga selalu mengiringi yg merawat!! ><
Comment Author Avatar
18 Juni 2023 pukul 21.38 Hapus
Wow lengkap banget peralatan buat si meong. Salut buat mas Bayu, kalo aku senang sama kucing tapi ngga memelihara, soalnya ponakan sudah pelihara kucing 😁

Sepertinya roller harus beli nih ponakan, biar bulu kucing yang berceceran bisa hilang.
Comment Author Avatar
20 Juni 2023 pukul 04.22 Hapus
Iyaa Roller ampuh banget sih mas... buat bulu2. Wkwk 🀣. Aku mah sbnernya suka riweh smisal ada bulu yg nempel di mata atau hidung πŸ˜…
Comment Author Avatar
19 Juni 2023 pukul 12.05 Hapus
makasih rekomendasi alat wajib untuk kucingnya kak, anak saya pen pelihara kucing tapi masih pikir2 gmn bisa g nanti merawatnya.
Comment Author Avatar
20 Juni 2023 pukul 04.24 Hapus
Sama2.. 😊
Merawat kucing susah2 gampang sih. Paling susah tuh menurutku bagian ngebersihin litter boxnya 🀣 puguhan.. wkwk

Sama paling Pas sakit...
Comment Author Avatar
19 Juni 2023 pukul 14.44 Hapus
Waaaaah enak BANGETTTT pasir nya bisa buat 5 bulan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Aku sebulan butuh 2sak pasir yg isinya masing2 30 liter bay. Selama jni pake yg Maxi litter sand. Udh cobain banyak, balik nya ke situ lagi. Kucingku 4 sih, dan mereka lumayan banyak Poo pee nya 🀣. Jadi aku selalu butuh 2 Saks per bulan.

Yg litter box auto itu aku sempet mau beli, tapi selain mahal, aku mikir bersihinnya. Kan tetep aja wajib dibersihin seminggu sekali ga sih? Walopun kotorannya bisa auto dipisahin, tapi tetep aja tempatnya itu kotor kan. πŸ˜….

Naah kebayang ya, apa ga susah bersihinnya, Krn setengah tertutup. Makanya aku bertahan pake yg manual aja bay
Comment Author Avatar
20 Juni 2023 pukul 04.28 Hapus
Buseeettt 😱😱😱 wkwkw 🀣
Brrti di rumah Mba Fan. Litter boxnya banyak kali ya?

Iya bener. Ribet ngebersihinnya. Soalnya kan meskipun kita udah scoop. Biasanya ada sedikit butiran yg kelepas gtu. Kalau pke auto kurang maksimal kayanya πŸ˜….
Comment Author Avatar
10 Agustus 2023 pukul 13.23 Hapus
Box nya sih cuma 1, tapi gedean. Dan mereka juga biasanya gantian masuk ke dalam 🀣🀣. Kdg lucu deh kalo mereka kebelet, tapi di box ada temennya. Mereka setia nungguin di luar, trus ntr kalo temennya udh selesai, baru mereka masuk.

Tapi pernah juga saking ga kuat, di litterbox duduk berdua, saling poop bareng 🀣🀣🀣.

Bagusnya mereka, inj kucing2 udh terlatih ga mau poop atau pee di tempat yg bukan pasir. Jadi mereka bakal bertahan ga pipis kalo memang bukan di box nya.