Tips Wajib Sebelum Membeli AC (Pendingin Ruangan)

"Harusnya pakai AC yah biar udaranya bersih, kan AC bawa masuk udara dari luar terus disaring n didinginin ke dalam ruangan..." cetuk asal Rigen di tengah keheningan ruangan kotak ukuran 5x5 m2.

"Heh apanya...!! AC nggak bawa udara masuk dari luar kali gen..!!" Timpal Afran geram.

"Apaan sih nggak penting banget kali yang dibahas, tonton aja filmnya napa!!" Sambung gue yang lagi asik duduk di atas sofa tua yang udah udzur ini, keras coyy.

"Tapi emang gitu mas!! orang gue baca kok dari internet,,, buktinya ada kipas di luar ruangan, itu kan fungsinya nyedot udara dari luar" eyel rigen

Seketika gue keselek ngedenger celotehnya Rigen yang ngotot padahal salah..... "Heeehh nggak gitu kali gen.. lu mah ngawag... Bener tuh Mas Afran, AC cuma muterin udara dalam ruangan doang. Kipas yang di luar itu buat ngebuang hawa panasnya si media pendinginnya..." Jelas gue

"Masa?? nggak percaya gue...!!!"

"Zzz makanya kalau baca tuh menyeluruh rigen somplak, jangan baca judul doang!!" ledek gue. Hahaha

Gegara percakapan nggak jelas itu, gue jadi keinget kalau gue dulu tahunya sistem kerja AC yah begitu, kaya si Rigen.. Upsss bahaha.

Tapi serius loh, seiring perkembangan zaman. Penggunaan AC sekarang ini makin populer. Bahkan mereka (Produsen AC) saling berlomba menunjukkan produk siapa yang paling irit listrik, paling ramah lingkungan, dan paling futuristik akan fitur-fitur.

Contoh Sharp dengan teknologi plasmaclusternya, Samsung dengan turbowindnya, Daikin dengan inverternya, dan blabla.

Terus salah satu artikel yang paling populer di blog ini yah tentang AC juga ;
Review Jujur AC Polytron Neuva Ice
Review AC Window Uchida Tahun 2019

Yang Polytron banyak banget yang tanya-tanya, padahal gue bukan empunya AC. Mana tau kalau ditanya suruh milih mending yang mana Sharp, Daikin, apa polytron...

Gue beli Polytron cuma karena pas itu lagi promo, sama ada free service perawatan resmi dari polytron. Jadi gue beli deh... Tapi ini AC emang bandel banget sih. Masih Awet dan dingin banget.

Oleh sebab itu, gue pengen ngasih tips-tips yang moga-moga bermanfaat buat kalian yang mau beli AC.

Ini AC tipe split gengs, via pixabay.com
1. Pastiin dulu ukuran ruangannya

Semua AC ada kapasitasnya mulai dari yang paling kecil 0.5 PK, 3/4 PK, 1PK, dan 2PK, di atas 2 pk kayanya masih ada, cuma buat rumah kayanya jarang sih, kecuali kalau rumah lu gedongan.. ahaha

Semakin tinggi PKnya semakin tinggi pula watt atau daya listrik yang digunain, semakin tinggi wattnya maka semakin tinggi pula biaya listriknya. Tapi tergantung sih seberapa sering kalian make ini AC.

PK akan menentukan seberapa cepat kapasitas AC dalam mendinginkan ruangan. Semakin cepat sih semakin bagus, tapi yang paling utama adalah kebutuhan kapasitas AC harus sesuai dengan ruangan, agar nggak jadi pembuangan energi listrik besar-besaran.

Contoh AC 2 pk yang bakalan mubazir kalau dipasang diruangan 2x3 m2 atau AC 0,5 pk yang nggak bakal efisien kalau dipakai diruangan 4x5m.

Contoh yahhh...

Ada banyak rumus yang dipakai buat ngitung kebutuhan PK yang cocok, kalau gue milih rumus yang
(Panjang x Lebar x Tinggi Ruangan x Faktor pengali 1 x 37) + (Jumlah orang x faktor pengali 2).

Keterangan :
Faktor pengali 1 terdiri : nilai 5 untuk kamar tidur, 6 untuk ruang tamu, 7 untuk restoran
Faktor pengali 2 terdiri : 600 untuk dewasa, 300 untuk anak-anak

Sumber rumus Eletrik National

2. Pastiin dulu daya listrik di rumah

Untuk AC ukuran 0,5 pk biasanya membutuhkan daya kisaran 300-500 watt. Nah, di rumah pakai listrik yang berapa watt. Kalau 900 watt, masang 1 AC yang ukuran 0,5 pk atau yang 1 pk sebiji gue yakin masih kuat, Tapi kalau 2 AC.. hmmmm ragu sih

3. Nambah AC harus udah siap biaya listrik nambah

AC itu salah satu perangkat rumah yang paling makan banyak energi selain oven, microwave dan kompor induksi. Untuk itu, sangat penting buat kontrol penggunaanya.

Dinginin ulang ruangan dari awal itu butuh energi yang besar ketimbang ngedinginin ruangan yang udah dingin. itu fakta yah. Jadi, kalau cuma pergi sebentar kaya 15 menit atau 1 jam, sebaiknya AC nggak usah dimatikan.

Jadi, harus pinter-pinter ngontrol yah, biar tagihan nggak terlalu bengkak. Lebih bijak sih buat aturan sendiri, kaya AC cuma nyala di malam hari misalnya.

4. Pilih AC'nya

Banyak banget brand ternama yang ngeluarin produk AC mereka dengan fitur unggulan. Kalau kalian ragu, AC berteknologi Inverter itu lagi oke banget era tahun segini. Soalnya dia bisa ngatur daya otomatis sesuai dengan kondisi ruangan.

Teknologi begini yang dipercaya bisa menghemat penggunaan listrik. Ada juga fitur anti nyamuk, vitamin C, dll. Jadi, pilih aja yang menurut kalian oke.

Oh iyah ada juga tuh AC watt standar sama versi low watt, Kalau gue personal lebih nyaranin buat beli yang watt standar, bukan low watt. Kenapa? soalnya makin boros menurut gue, Faktanya yang standar bakalan lebih cepat ngedinginin ketimbang yang low watt.

Karena prinsip kerja AC ketika suhu ruangan udah tercapai, kompresor AC bakalan mati secara otomatis, dan kembali nyala saat suhu ruangan udah naik lagi. begitulah seterusnya. Kondisi inilah yang kita pengen, dimana kompresor AC bekerja secara stabil yang bisa ngebuat AC semakin awet.

Oh ya sama set suhu ruangan sebaiknya dikisaran 23-25 derajat aja. Lebih cocok buat iklim di Indonesia sama AC nggak kerja terlalu berat.

Oke cukup sekian dari gue yah.. Byeeee!!!!!

Pria mochi yang suka bergalau, suka main, rajin, baik sama orang, tidak sombong, n suka menabung... Ahahahaahahasiiiiaappp :D

This Is The Newest Post

9 komentar

  1. Lu gw perhatiin sering bahas AC. Lu nyambi sales AC ya sekarang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah gimana orang nggk ada topik gehh.. hahaha hidup gue kurang menarik zaaaa....

      Hapus
  2. Rencananya mau beli kalo udah punya kontrakan sendiriii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli yah jangan nggak... polytron kalau bisa..

      Hapus
    2. Terus yang bagus merk apa maaaasss

      Hapus
  3. Baru tau ternyata gitu toh cara kerja AC hahahahah

    BalasHapus
  4. Bukankah AC bikin kulit menjadi kering?

    BalasHapus
  5. Kalau dikos dipasang ASE gini biaya kostnya naik gaya, panas banget akhir akhir ini huwwwfg

    BalasHapus
  6. Syukurnya rumahku di pedesaan, jadi belum butuh AC hingga saat ini.

    BalasHapus

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon