Cara Ganti DVD Room Laptop ke Harddisk

Hai,, gimana kabarnya, sehat kan yah??
Maaf kalau akhir-akhir ini sering nggak aktif, jarang main ke blog temen-temen juga. Please jangan judge gue sombong yah.. 2 minggu terakhir ini lagi berat banget, izin kerja, izin pulang cepet.. Syukur Alhamdulillah gue dan keluarga bisa melewati semuanya..

Oke kali ini postingan lawas sih, udah ada di draft sejak 3 minggu yang lalu pas gue nulis tentang drama laptop.

Baca :

Sejak laptop gue mati suri. Laptop jadi benda yang paling gue uprek setiap harinya. Setiap pulang kerja, setelah mandi dan pakai baju of course.. hahah. Hal yang gue lakuin pas masuk kamar adalah Nyalain laptop.

Watchlist episode Naruto yang udah nangkring di harddisk gue sejak zaman kuliah lalu, sekarang jadi kebiasaan gue setelah merasakan penatnya bekerja.

Awalnya, sebelum laptop gue ganti model penyimpanan harddisk ke SSD. Kapastitas harddisk yang gue pakai saat itu adalah 500 GB. Di dalamnya banyak banget foto-foto kenangan, film-film, dll. 

Nah,, sejak ganti ke SSD. Harddisk, gue alihkan ke harddisk eksternal dengan membeli case "Harddisk Enclosure to USB". Begini penampakannya.

Harddisk Enclosure

Beberapa hari yang lalu, kalau nggak salah sekitar awal Juli. Gue nganterin temen ke Serang buat CODan RAM di toko komputer yang lumayan besar. Nah, setibanya gue di sana. Gue ngeliat ada yang ngegantung di etalase toko.

Namanya "HDD Caddy".

Gue mikir, kayanya gue tau ini benda. Dan ternyata benar setelah gue tanya ke toko, HDD Caddy adalah sebuah slot tempat untuk mengganti posisi DVD room pada laptop menjadi penyimpanan. Alias DVD room diganti ke harddisk atau SSD.

Gue mikir "hmmmm, DVD room laptop kan udah nggak pernah kepakai, film download, apa-apa udah pakai flashdisk juga".

Jadi tanpa gue pikir panjang lagi. Gue beli itu HDD Caddy berharga 15.000,- . Nah,, cuma karena HDD Caddy ada 2 ukuran yaitu 9.7 mm sama 12.7 mm dan gue nggak tau ukuran DVD room gue berapa. Jadi, daripada bolak-balik. Gue beli dua-duanya. hahah Jangan ditiru yah gaiss.. Boros!! lumayan 15 ribu buat makan nasi rames pakai Ayam.

Berbekal tutorial dari Youtube. Gue pasang Harddisk gue ke 12.7 mm HDD Caddy dan memasukkannya ke laptop. Voilla...




Nah keunggulan laptop jadul adalah mudahnya pergantian sparepart.. hahaah

Kapasitas penyimpanan gue jadi ada 2 sumber. 250 Gb SSD sebagai penyimpanan utama dan sistem. 500 Gb sebagai data-data lain.. Lumayan...
 
Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

21 komentar untuk "Cara Ganti DVD Room Laptop ke Harddisk"

Comment Author Avatar
Setelah mengganti DVD room laptop ke harddisk dengan menggunakan HDD Caddy sekarang jadi ada 2 sumber penyimpanan memori ya?
Wah mantap itu..👌
Jadi sekarang udah bisa nonton dan doenload film lagi di laptop..😀
Pinter nich mas Bayu ngutak atik laptop..
Comment Author Avatar
Iyahh bner, download film.. heheh Hobi saya yang paling Gancerrrrrr... :D
Iyah skrang jadi ada 2 penyimpanan. Sistem tetap make yg SSD, kalau HDDnya buat data2..
Comment Author Avatar
Banyak amat penyimpanan data nya, ada SSD 250 GB dan HDD eksternal 500 GB, itu buat nyimpan video cukup buat 1000 film kali ya yang ukurannya 500 MB an.

Murah juga ya harga HDD Caddy, cuma 15 ribu. Cuma sayangnya saya ngga punya laptop jadinya ngga bisa ikuti tutorial nya.
Comment Author Avatar
Iyahh banyak.. bikin seneng.. hehe
Iyah murah 15 ribu, worth banget harganya.
Yah saya juga kalau laptopnya yg model skrang mana bisa ganti sndiri. yang ada malah patah.
Comment Author Avatar
Memang sih kalau uda ngrasain dunia kerja pulang pulang rasanya pengen jadi kaum rebahan dan paling asoy nontonin series kartun atau film kesukaan

Eh tapi jadinya tempat dvdnya masih buat muter dvd kah
Klo aku mau nonton film uda kebiasaan colok langsung dari harddisk eksternal 1000 gb, hehe
Comment Author Avatar
Hmmm bner...
Udah dilepas DVD Roomnya. Jadi, Laptop ini udh nggak punya dvd room.
1 TB mah atuhh... nggk abis2. hehe memori hape saya aja yg 128 gb kaga abis-abis.. nggk doyan foto soalnya
Comment Author Avatar
Haduh... Sejujurnya saya nggak pah beginian, walaupun dibaca dari awal sampai kelar, tetep nggak ngeh. Mohon maaf ya mas bay🙏
Saya malah fokus dan histeris pas baca kata Naruto😍😍
Udah lama banget nggak nonton naruto, padahal ini anime pertama yang saya suka.
Comment Author Avatar
Kirain anime yang mbak Astria suka itu Doraemon.🤣
Comment Author Avatar
Saya juga suka Doraemon Mas Agus... :D tiap kalau makan biasanya sambil nonton.
Naruto suka banget, one piece apalagi, skrang lagi hits yang kimetsu no yaiba..
Comment Author Avatar
Heleh, baru juga 2 minggu
Aku dong 2 bulan lebih hahahahahahaha

Anak pinter mainannya beda yaa...
Bongkar-bongkar gadget seenaknya.

Apalah aku yang tombol macet aja langsung ke konter servis -_____-
Comment Author Avatar
Hahahah,, yah nggk kerasa juga sih 2 bulan kan yah ul??
pinter dari mana, kalkulus 2 gue nilainya masa B-.. hahah
Comment Author Avatar
meskipun setelah merubah DVD room laptop ke harddisk dengan menggunakan HDD Caddy menjadikannya ada dua tempat penyimpanan, semoga mamang mah nggak sampe ngbongkar-bongkar kaya gituh ah, bisa bongkar ngga bisa masang bakalannya
Comment Author Avatar
Iyaahh mang,, heheh
ya ampun laptop saya ngebongkarnya gampang banget, cuma lepas bbrapa baut terus di tarik keluar, kelar deh.. Saya juga ngga bisa kalau laptopnya model-model skrang..
Comment Author Avatar
lumayan bgt ya kl penyimoanannya bisa ditambah sendiri begini, aku termasuk yg suka otak atik laptop juga mas. :)
gampang juga ya ganti dvd room laptop ke hardisk
Comment Author Avatar
Iyah gampang *Laptop saya. Mungkin kalau laptop model skrang yah beda lagi ceritanya.. Mungkin judulnya malah "laptop patah gegara ganti dvd room" hahaha
Comment Author Avatar
15 ribu mending buat beli donat kentang di dekat rumah saya enak mas.. topingnya macam-macam, ala ala jco tapi rumahan. mayan.

Comment Author Avatar
hhmm donat kentang.. enak itu, akses donat di rumah saya. Yah indomaret 5000an satu.. Katanya sih donat nomor satu di Jepang. Tapi belum pernah beli.
Comment Author Avatar
Wih menarik infonya, hardisk saya udah pada penuh euy. Emang bener dvd rom laptop saya juga udah ga kepake lagi, apa2 tinggal donlot, lebih guna kalau diganti jadi hardisk.
Comment Author Avatar
Bagaimana dengan baterai nya? Jadi boros apa tidak? SSD cuma untuk OS kan seringkali 2 hardisk kerja bareng karena data banyak di hdd. SSD juga kerja krn windows disitu.
Comment Author Avatar
Harusnya sih nggk terlalu ngaruh karena SSD sistem kerjanya kaya flashdisk jadi nggk makan daya banyak... untuk perbedaann pemakaian baterai saya kurang paham sih, soalnya laptop saya udh lama banget. Jadi baterainya udh soak.. kalau mau nyalain harus di colok.
Comment Author Avatar
Thank you for sharing this wonderful post keep your awesome work
I have many hobbies. I love to travel and read. But my favorite hobby is cooking. Let me tell you why! First, I'll tell you a little bit about why I started cooking. Secondly, I'll give you some information about what I like to cook. Third, I will say how I use the vietnamese food for cooking.

When I started cooking, I was 10 years old. My mom wants me to be a chef. She has always believed that girls have to make different types of food, because one day they will get married. In my country, it is normal for girls not to cook. I feel lucky because I can cook many dishes. Now that I cook some of the dishes my children and husband love, I become happy and proud of my mother and myself. i am a food blog

Yukk.. Ngobrol!! Biar makin kenal😂