6 Hal yang Biasa Gue Lakukan Saat Menggambar!

Daftar Isi

Gue paham betul kalau gambar gue tuh belum bagus. Yah, penyakit para "seniman"  *Ceillah* kebanyakan yang suka minder sama hasilnya sendiri kalau sudah melihat hasil karya orang lain yang "WUOOWWW" 😲... Tapi dari situlah yang sebenarnya ada cambuk buat gue untuk selalu berkembang dan berproses.. *asiik, bahahah 😋*

Gue sendiri suka menggambar sejak SD, yah meskipun hasil gambarnya masih ala kadarnya dan sempat terhenti selama beberapa tahun silam. Tetapi, kalau semisal gue Flashback ke masa-masa dahulu. Gue bisa melihat perkembangannya sih.

Hal ini juga berlaku sewaktu gue melihat tulisan pertama gue di blog ini, terus ngebandingin sama yang sekarang. Yah, I can tell the difference!! Jadi, pesan dari gue. Kalau kalian memiliki sesuatu yang kalian suka.. Monggo!! Terusin, dan fokusin!! Pasti bakalan berkembang seiring waktu berjalan kok! Percaya deh 😊!!

Gambar Digital

Gue sendiri memutuskan untuk pindah ke gambar digital masih terbilang cukup baru ya. Kira-kira hampir sekitar 3 tahun yang lalu sewaktu gue punya tablet pertama yang ada pulpennya yaitu Samsung Galaxy Tab S3.

Jujur, kesan pertama kali sewaktu pindah ke digital itu susahnya bukan main akibat feelnya masih belum dapat. Terus ada beberapa fungsi dari aplikasi yang nggak gue mengerti, dan beberapa kendala seperti terdapat perbedaan yang sangat jomplang ketika menorehkan sebuah garis di atas kertas dan di atas layar.

Jadi, Gue sendiri sering nggak suka sama kebanyakan gambar yang dihasilin.

Ini salah satu contohnya. Gambar Ibunya Sakura dalam anime Cardcaptor Sakura yang kurang gue suka 😳:

Aneh kan?? wkwk 😛

Aneh kan?? Lihat itu bola matanya!! wkwkwk 😂. Gue aja yang lihat rasanya kepengen guling-guling 😄. 

Belum beres dengan struggle gambar digital, ehhh gue malah kepincut sama Aplikasi gambar digital yang ciamik banget. Namanya Procreate.!! Sumpah, Sakit sih ini aplikasi!!!! 

Pertama kali gue menggunakan aplikasi ini, Gue langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Hahah 😍. Bahkan, gue bakal jadi orang yang pertama teriak "PROCREATE!!" Semisal ada orang yang nanya "Aplikasi gambar digital terbaik apa ya???"

Beribu yang sangat disayangkan adalah Procreate hanya ada di Apple Product 😑 yang terkenal akan harga dan jurus penjualannya itu nggak pernah main-main. wkwk.

Masa tablet sama pensilnya, mereka jual terpisah 😒!! Udah gitu harga pencilnya yang sampai sekarang aja masih stuck di harga 1.5 juta.. Padahal ini produk lama dan mereka udah punya pensil generasi 2 terbaru untuk perangkat "Pro" mereka. Dan ngegulir pensil generasi 1nya untuk perangkat tablet low dan Middle end generasi terbaru..

"Hmmm what a S3 Level Marketing!! 😎"

Seandainya, Procreate rilis di android juga!! *Harapan yang nggak akan mungkin terjadi!!* Mungkin gue nggak bakal pemborosan buat punya 2 tablet sekaligus. -__- Karena, jujur walaupun gue sering menggunakan Ipad dalam urusan menggambar. Faktanya, gue lebih sering berkutat dengan Tablet Android dalam urusan ngerjain tugas kuliah, ngeblog, nonton film, dan baca buku digital.

Dodol emang 😟!! Udah kaya berasa sultan 😂. wkwk. Tapi demi hobby mah. Yah nggak papalah ya. Toh, gue udah kerja jungkir balik pulang jam 10 malam setiap hari masa nggak "nunutin" sesuatu buat hobby. Kan katanya "Reward Yourself!!" Sing penting nggak gatal setiap melihat lini keluaran terbaru.

Apaan nih?? Pembukaannya udah panjang gini!! 😂😂

Sampai mana ini?? Oh ya, Hal yang biasa gue lakukan dalam menggambar!!

Ada satu fakta unik tentang gue dalam urusan menggambar. Gue tuh bukan tipe orang yang menggambar sesuai dengan rencana. Kaya semisal "Oh besok gue mau gambar inilah" Nggak!! Gue nggak gitu!!

Kebanyakan gambar gue itu hasil spontan dari emosi yang gue rasakan saat itu *Bahasanya 🙊 wkwk*. Jadi, bisa dibilang gue nggak bisa gambar unless ada sesuatu yang terjadi atau tiba-tiba ada sesuatu yang datang ke kepala. That is why, gue nggak bisa gambar tiap hari atau tiap minggu. Pokoknya nunggu momen aja.. wkwk *Gaya lu Bay!!*

Mungkin dari situ, gue bisa bilang semua gambar yang gue hasilin merupakan sesuatu yang kinda deep dan spesial.. hehe

Kaya Contoh :

Ini gambar sewaktu gue membuat kesalahan terbesar di tempat kerja

When feeling lonely bc of My Father

Sewaktu si Toni rela manjat pohon

Baiklah, sudah cukup dengan basa-basinya. Berikut adalah 6 Hal yang biasa gue lakukan saat menggambar. 

1. Nutrisari!!


Nutrisari...

Sebelum menggambar!! gue selalu punya kebiasaan untuk menyediakan minuman nutrisari hangat.. Yepp, sesuka itu gue sama minuman ini. Varian Jeruk Florida yang selalu menemani kegiatan menggambar gue. Harusnya si Nutrisari ini ngeluarin varian baru rasa Jeruk Jeju ya.. Soalnya jujur, gue penasaran banget sama rasanya.. Apakah sama seperti rasa jeruk pada umumnya 😮?? hehe

Nutrisari hangat ini pasti selalu gue siapin di meja. Dan biasanya gue buat sewaktu gue udah mulai masuk ke tahap sketsa. Tetapi seringnya, ketika gue sudah terlalu berlarut dalam urusan menggambar. Kadang, gue tuh suka lupa kalau gue punya minuman hangat ini di samping. Dan baru sadar pas sudah stop, terus minuman yang tadinya hangat udah keburu dingin 🙈..

2. Lagu..

My Top Playlist

Selama proses menggambar, biasanya kegiatan sambil diselingi dengan menyetel lagu di speaker. Kalau kegiatan menggambar gue menghabiskan waktu hingga 5 jam lamanya, yah itu lagu bakalan terus berputar selama 5 jam. Hahah 😁 *Gila ya?? Gambar doang sampai 5 jam.. haha. Tapi serius, Terkadang kalau udah mood banget. Gue bisa sampai lupa waktu. Dan ini nggak bagus sih!! 

Untung sekarang ada Mi Band. Jadi, dia selalu ngingetin gue kalau sudah duduk terlalu lama. wkwk. Terimakasih Mi Band 😘!!

3. Sketsa penting...

Sketsa

Gue tuh kalau gambar pasti prosesnya lama di sketsa. Bisa dibilang sketsa adalah kegiatan corat-coret yang nantinya akan gue gunakan sebagai garis haluan besar dalam menggambar. Jadi, sebelum masuk ke garis utama. Hal pertama yang gue lakukan adalah membuat sketsa 🤤.

 4. Pilih Pallete..

My Pallete

Salah satu kegiatan yang cukup memakan waktu. Khususnya buat gue ya!! haha 😁 Nggak tahu kenapa.!! Dalam urusan memilih warna, gue itu bisa menghabiskan waktu bahkan lebih lama daripada membuat sketsanya. Aneh kan??

Sebenarnya kebiasaan ini yang bikin "tone" warna di gambar gue jadi nggak punya ciri khas. Soalnya memang kebiasaan gue tuh nggak pernah menyimpan pallete warna yang pernah gue gunakan. Hingga akhirnya sadar, dan sekarang gue jadi punya kebiasaan untuk menyimpan warna yang gue pakai.  

5. Proses Menggambar..

Sneak Peak.. Someone will get this drawing!!

Setelah sketsa dan pallete terpilih. Barulah kemudian kegiatan yang sesungguhnya gue mulai. Pemberian garis utama serta pemberian detail seperti Shading, shadow, highlight, perspektif, dan pemberian texture akan gue lakukan.

Proses ini memakan waktu yang cukup lama. Semisal gue mentok alias kinda boring atau aliran pelangi yang masuk kepala sudah stop 😉. Biasanya aplikasi bakalan gue tutup dan lanjut keesokan harinya atau kapanpun itu tergantung mood. Tetapi ini agak jarang sih. Soalnya sama seperti halnya ngeblog. Menggambar pun butuh mood dan emosi yang sama pada hari itu juga. Jadi, agak susah buat ngelanjutin gambar yang setengah jalan kalau nggak ada alasan yang kuat. 

6. Signature...

BK is everywhere..

Kegiatan terpenting setelah menggambar adalah pemberian signature..!! Tetapi, khusus gambar yang akan gue berikan atau hadiahkan untuk seseorang biasanya signature akan gue hapus. hehe 😁.

Kayanya udah sih itu aja!! ini udah jam 2 malam juga dan gue belum tidur. 2 jam lagi sahur cuyy. wkwk.

Akhir kata, ini ada lagu kesukaan gue yang akhir-akhir ini sering banget gue dengerin berulang sewaktu gue lagi nyetir motor pas perjalanan balik kerja. Judulnya I Love Me oleh Demi Lovato

The Whisperwind
The Whisperwind Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

65 komentar

Ngobrol Kuyy,,, biar makin sayang.. 'Eaakkhhh bisa aja lu buntelan Karung Goni!! 🫣🤣'
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 05.28 Hapus
Bener banget. Dari sesuatu yang kita suka, dilakukan terus, beberapa tahun kemudian kita lihat karya itu ke belakang.. banyak perkembangan

Unik juga persiapan minumannya. Sejauh ini saya sering nemunya kopi atau teh mas hehe
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 06.36 Hapus
Halo Mas Robby...
Iya Bener banget. Pasti kerasa bedanya.. pokoknya sesuatu yg sering kita lakukan apapun itu pasti bakalan berbeda setiap harinya.. hehe 😇😊

Iya Yah.. hahha. Nggk tau kenapa suka nutrisari. Kalau suruh milih antara kopi atau teh yah lebih milih Teh. Tapi kalau antara teh atau nutrisari, yah milihnya nutrisari tetap.. haha
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 05.56 Hapus
😔 Tuh kan, tulisan Bayu tentang procreate selalu bikin keratjoenan 😂 padahal kemaren2 udah nyerah pengen punya Ipad berasa ga mungkin bisa, kok sekarang jadi pengen lagi ya 😅

Kalo dari survei survei, selain app nya, apple pen nya juga emang terdebest yah, akurat. Gak kayak tab samsung yang masih ada delay nya beberapa detik.

Kalo di android, Bayu ngambar pake App apa?

Hmm.., kalo ngeliat karakter gambar digitalnya, salah satu Inspirasi belajarnya Bayu Si Om Galshir kayaknya yah 😁




Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 06.42 Hapus
Hahaha.. Ikut teracun ya Mba Rini.. hehe 🤭 maaf. I dont mean it. Hehe
Tapi gambar mba juga buaguuuss banget kok. 😍

Iya bner banget Mba Rin, apple pencil ini emang the best kalau urusan akurasi sama latensinya.. yah kaya nulis di kertas aja.

Seringnya pakai aplikasi autodesk sketchbook Mba. Nggak pernah nyoba yg lain karena yg ini aja kadang saya masih suka bingung. Tapi aplikasi ini bagus sih..

Iya bner banget. OM galshir 😍😍 ter the best pokoknya beliau.. ahah. 😄
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 06.41 Hapus
Oke banget gambarnya. Sering dengar tentang procreate. Masnya sendiri pakai produk apple yang mana untuk pakai apps itu? Ada rekomen? ��
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 06.48 Hapus
Aku pke Ipad Air 3...

rekomendku kalau mau yg sekelas tapi lebih kecil layarnya ada Ipad Mini 5.. kalau mau yg lebih murah ada Ipad 2020 atau ipad 2019.

Kalau mau serada kencengan ada Ipad Air 4 (ini pke pencil gen 2), Ipad Pro tahun 2017 (pencil gen 1) juga masih bagus.. bingung kalau disuruh ngerekomenin ipad mana yg bagus.. soalnya menurutku semuanya bagus.. haha. 😄
Di timeline youtubeku suka muncul video-video orang gambar pakai Procreate ini nih sampai bikin aku penasaran memang app-nya sebagus apa sih 🤣, cuma karena aku nggak bisa gambar, jadi nggak bisa membuktikan kinerja dari app ini. Tapi karena sering dengar atau lihat nama procreate ini, namanya jadi membekas di otakku dan aku jadi suka nyaranin orang pakai procreate padahal sendirinya nggak pernah coba 🤪
Gambar Bayu tuh bagus-bagus lho, bahkan gambar mamanya Sakura yang bikin Bayu ingin guling-guling terlihat bagus di mataku dan jika nggak dimention perihal matanya, aku nggak akan ngeh 🤣 #plakk
Karena itu, aku senang banget pas bisa dapetin salah satu karya Bayu dalam bentuk fisik 😆 terharu aku pas lihatnya, rasanya kayak berhasil dapetin merch dari artis fav 🥺
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 14.30 Hapus
Brrti Lia sering lihat video orang gambar ya?? Hehe 😄 timeline YT ku juga isinya gambar2 smpe timeline Ig pum juga seputar gambar sama makanan.. 😬😂

Terimakasih Li.. iya. Itu matanya aneh kan ya?? Niatnya sih pengen gambar mata sambil ngelirik gtu tapi jadinya kaya mata agak miring gtu.. wkwk 🤔

Hahah. lia bisaan yah.. wkwk padahal yah cuma gambar gtu doang.
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 14.31 Hapus
Sayang bnget ya Li, surat dari kita blum datang. Padahal kalau nerima, jadi punya 3.
Eee template blog Bayu berubah, jadi pangling 😆.

Aku cuma lihat thumbnailnya aja, jarang nonton full video orang gambar 🤣 cuma suka sama hasilnya apalagi yang bentuknya sticker gitu wkwk.

Kalau dilihat lebih jelas, matanya memang agak lucu, kayak tertekan sama topinya jadi agak menyipit 🤣 tapi itu aja udah bagus, Bayuuu!!

@Andrew: iya nih, sampai saat ini belum sampai-sampai, padahal udah nggak sabar mau lihat hiks. Sedih deh, kapan lagi bisa koleksi gambar Bayu kan 😥
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 23.03 Hapus
Iyahh gimana Li? Bagus nggak? apa mending yg Pink.. wkwk 😂
Tadi pas mampir ke blognya Mas Joko. Terus baca komenannya Pak Anton yg bilang kalau template ini warna biru udah terlalu biasa.. jadi tak ganti warna putih dehh... 🤣🤣

Hahah.. iya yah..? Aku malah baru notice kalau matanya kaya kelilipan.. 😄🤣

Hahah.. ya ampun Li jadi malu 🙈 jadi pengen terbang.. wkwk 🤣
Wkwk ini bagus kok, Bayu~ lebih fresh kelihatannya. Bayu mau pakai yang pink memang? 🤣. Yang pink juga aku sering lihat, kalau putih gini malah baru lihat di sini hihihi.

Kayak ketekan gitu bagian mata kirinya, lucu 🤣 pipinya kayak embul jadinya wkwk

Wkwk jangan terbang Bayuuu~ nanti Andrew dan Toni kesepian nggak ada Bayu 😝
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 00.06 Hapus
Okee putih brrti.. tinggal buat header baru yg agak berwarna biar nggk terlalu polos. Terimakasih Li advicenya.. wkkw 🤩
Pink tadi nyoba bagus sih. Out of The Box gtu.. ahaha. Sama ungu juga bagus.. 😄🤭
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 10.41 Hapus
Orang-orang yang gambarnya bagus tuh suka insecure ini itu, yang kalau misal nggak mereka omongin, yang lihat tuh nggak ngeh wkwk. Mas Bayu tuh sama kayak sodaraku, gambarnya udah bagus tapi tetep nemu aja kekurangannya yang orang lain sebenernya nggak bisa lihat. Aku pernah mampir ke instagram gambar mas Bayu, bagus-bagus huhu suka lihatnya. Dan yes bener banget untuk poin yang teruskan hobi karena akan berkembang seiring berjalannya waktu. Makasih sharingnya mas Bayu, aku jadi tau tools sama aplikasi yang dipakai.
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 14.32 Hapus
Iya Insecure Mba Endah.. wkwk 😅😊 selalu aja ngerasa ada yang kurang. Tapi udh keburu males buat dibnerin kalau prosesnya udh selesai.

Iya Sama2 Mba Endah 😊.. terimakasih juga ya buat apresiasinya.. hehe
Comment Author Avatar
Zam
22 April 2021 pukul 11.04 Hapus
gambarmu itu bagus banget!!

kayanya penyakit minder gini emang banyak dialami oleh seniman, ya. istriku juga seniman, dan kerap ngga pede dengan hasil karyanya, padahal menurutku hasilnya bagus banget, tapi adaa aja yang dirasa kurang.. wkwkwk..

oiya, soal Procreate ini, aku juga sepakat. ini aplikasi memang sakit. kebetulan, istri pake iPad Pro, termasuk pensilnya itu, dan memang menurut pengakuan istri yang sebelumnya pake digital pad semacam Wacom, menggambar di iPad pake Apple Pencil-nya itu memang tiada duanya!

untuk digital artist, iPad Pro (plus pensilnya) bisa dibilang sebagai investasi dan alat kerja. dan kusarankan kalo mau beli iPad Pro, beli yang seri awal, tahun 2018 dan sudah support Apple Pencil 2, itu udah oke banget. apalagi barusan muncul iPad Pro M1 seri terbaru, harga iPad sebelumnya juga bakal turun, walau ga murah-murah banget.

aku pernah menulis soap iPad Pro ini di https://matriphe.com/2020/09/01/membeli-ipad-pro-2020-dan-apple-pencil-2.html
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 14.37 Hapus
Terimakasih Mas Zam. 😄

Istri mas suka gambar juga?? Langsung aku follow.. 😬 hehe.
Kayanya ini memang penyakit tukang gambar yg selalu merasa kurang di hasilnya. Tpi sbenernya bagus juga, karena dari perasaan nggak puas ini yg bikin gambar selanjutnya mengalami perbaikan.. 😂😂🤣 *bahasa lu bay!!*

Iya bner sekali Mas.. Apple pencil + ipad + procreate itu surga dunia banget sih buat yg suka gambar.

Btw, Ipad Pro gen 2018 keatas itu wishlist ku banget.. pengen banget ngerasain gambar di situ.. tpi nnti dlu deh. Spertinya belum terlalu butuh buat ganti..

Makasih Mas Zam.. tadi aku udab baca. Seruu bangett ya.
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 11.09 Hapus
Eduuun ...ini mah udah bagus bagus karyamu, mas Bayyy .., seriusan kayak karya maestro seniman !

Yakin, kalo aku yang nggambar hasilnya mboh koyo opo dadine, wwkkk ..., disuruh nggambar orang bisa2 malah dadi koyo gambar singkong, hahahaha :D
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 14.38 Hapus
Terimakasih Mas Hima.. hahah 😅 bisa aja masa kaya maestro atuuhh jadi malu. Wkwk 🙈

Tapi semua gambar tuh sbnernya bagus2... cuma masalah selera aja.. hehe
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 11.30 Hapus
Heii anda merendah untuk meroket ya?

Gue mah selalu salut sama orang yg punya bakat gambar kaya gini. Gue nggak paham sih sama isi otak mereka kaya apa. Kayanya kalau di belek itu isinya banyak warna-warnanya gtu. Wkwk!

Tapi akhir-akhir ini lu gue lihat jarang gambar karakter gini dut. Coba yang cewek itu di recreate!
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 11.50 Hapus
O ya, nutrisari rasa jeju ada ya Dut. Coba searching! Barusan gue searching di shopee soalnya. Haha! Lu mah mainnya kurang jauh si
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 14.42 Hapus
Ya Nggak ya??? 😄

Jahat banget lu. Masa pengen ngebelk kepala orang.. tapi boleh juga kata kiasannya.. wkwk 😂
Gue juga kadang bingung sma orang yg bisa ngerti mesin kendaraan. 🤐 itu mesti kalau kepalanya di belek isinya gambar2 mesin motor semua itu.. 🤣🤣

Udah nggk mau gambar karakter.. hehe. Tapi boleh juga di coba.

Iya ada yah.. wkwk. Tadi aku langsung browsing.. beliin dong Ton 😬 kan besok lu mau mudik *apa hubungannya coba??*
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 15.57 Hapus
Kayanya bakal ada mudik yg terancam gagal... Let's see 😃
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 16.39 Hapus
Sorry ya. Gue pengen nekat. Haha.
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 16.45 Hapus
Oh iya, baru aja nggeh.. wwkwk 😂😂
Terus gimana ? Tiketnya dibatalin tah? Tapi bukannya udh pesan dari lama ya.?

Yaudah nggk mudik nggk papa.. lebaran sama gue berrti Ton. Sama2 sndirian 🤣😅🤭
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 18.11 Hapus
Udah lebaran dimari aja. Ntar dimasakin opor sama sambal kentang. Wkwk
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 20.24 Hapus
Wah,, doanya jelek ku Poy, gua udah tes swab ini! Besok tinggal berangkat. 2 tahun gue nggk balik. Kasian mamake, bapake pasti kangen sama anak lanangnya. Haha
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 21.06 Hapus
Hahaha. Ya apapun itu. Stay safe aja lah Bang Broh!
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 22.22 Hapus
Ntar gue aja yg mudik ke tempat lu yah. Kerupuk udang pokoknya jangan lupa.. wkwk 😄😅 *repot banget dah lu Bay!!
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 01.51 Hapus
Whuittt temanya baru Ndut? Agak beda?
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 04.37 Hapus
Yuhu baguss kan? 😄 lebih simpel nan elegan..
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 12.48 Hapus
Wehh smpe kaget gua. Tak sangka lagi ngunjungin blog siapa.. wkwk
Oke, ini setuju la lebih fresh dripada yg kemarin temanya.

Tapi itu kenapa tulisan wowcang diatas kaya nggak niat gitu, hah?

Ton, gimana berhasil nembus keamanan kah? Haha
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 13.08 Hapus
Weeehh sementara.. yg asli lagi proses pembuatan. Wkwkw😂
Haha. Seneng banget dia. Beruntung banget sumpah. Udah tes Covid sehari sebelumnya. Jadi, tinggal lewat.. 😅
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 12.57 Hapus
Kompor barunya udah beres tah Dut? Wkwk heboh ya!

Ini bagus ah, yah meskipun ada gambar yg lebih bagus di luar sana. Wkwk 😅 tapi berhubung gua nggak bisa gambar jadi ya ini bagus.
Keep up the good work ya.
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 14.45 Hapus
Bruakakakakka... 😄 iya nih kompor baru. Biar makin semangat masaknya.. haha. Belum beres ni Ndre. Besi pengunci selangnya patah dan nggk ada spare. Mau nyari tapi males. Puanasss.

Oke deh Terimakasih ya...🤣
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 20.31 Hapus

Bay ? Bay? Bagus banget gambarnya , pa lagi itu yang gambar cewek seolah kayak lagi melirik.
Comment Author Avatar
22 April 2021 pukul 22.21 Hapus
Iyahh Terimakasih Mba Tari... memang niat gambarnya seperti itu.. hehe. Tapi aneh aja gtu sama matanya serada miring. Wkkw 🤭
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 08.57 Hapus
Aku udah lamaaa bgd ngiler sama procreate juga. Huhuhu.. Apa daya ga ada di android. Mau beli ipad juga kok rasanya sayang, tp pengen.. Ntr mungkin klo anakku udah agak gede aja belinya. Soalny dia juga sukaaa bgd gambar2. Kertas udah abis ratusan lembar buat dia gambar. Dr pada berserakan gt, aku mau ajarin buat gambar digital aja tadinya. Aku sampe sempet beli drawing pad juga buat konek k laptop. Tp kenyamanannya jauuh lah sama ipad n procreate ini. Hehehe..

Gambar2 Mas Bayu bagus2 loh.. Suka car captor sakura juga mas? Yaampun jd inget dulu aku suka bgd gambar2 karakter komik Clamp. Soalnya bajunya suka bagus2 gitu kaann..
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 13.07 Hapus
Ide bagus mba. Anak Mba pasti jadi pelukis yg handal kalau dari kecil sudah diasah 😂 nggak papa kertasnya udah seabrek. Ntar bisa jadi kenangan pas udah gede nanti..

Terimakasih Mba..😄
Wuhhh suka bangt aku.. smpe skrang malah sering tak rewatch di netflix 😊.
Iyah setuju mba. Baju buatan tomoyo lucu2 soalnya ya.. 😍
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 13.28 Hapus
Gambarmu bagus tauuu... Huhuhu aku iriii... Soalnya aku tuh ya selalu salut dan iri sama orang yang jago gambar. Btw, tetap semangat menggambar ya, Bay!
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 14.04 Hapus
Halo Mba Kimi...
Terimakasih ya...
Iya Insha Allah selalu semangatt.. hehe
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 16.16 Hapus
bayu...aku pikir itu gambar sailor neptunus ternyata alm ibunya sakura kinomoto huhuhu...tapi meski kamu bilang belom apalah apalah, aku bilang sih udah bagus banget #ketimbang gambarku wakakkakakakak...ngaco si mbul mau bandingin ama gambarnya bayu yang mainannya pake procreate...samsungpun tab s yang uda harganya level di atas 5 jutaan...lha si mbul...aku pakenya tab s paling awal..yang jaman jebod dan itu aku beli second karena latarnya pecah hahhahahha....tapi alhamdulilah masih bisa digunakan. Aku malah lebih nyaman nyekel android ketimbang produkan apple kenapa ya hihi...

tapi asli gambarnya udah bagus banget kok bayu

#ngomong ngomong dari kemaren uda sr an mulu, maap baru bisa njejak soale lagi banyak ngurus ini itu di dunia nyata hihi...tapi ke sini lagi baru engeh kemaren deng lebih tepatnya yakni header biru templatenya jadi putih hihihi
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 20.06 Hapus
Hasil gambarnya Mbak Nita juga bagus, Mbak 😆. Suka gumush aku kalo lihat si oink-oink. 😍
Comment Author Avatar
24 April 2021 pukul 07.49 Hapus
Sailor neptunus. 🤣🤣. Heheh. Iya juga ya mba.. hehe agak mirip.

Ihh gambarnya Mba Mbul juga bagus.. bayu suka gemes2 gimana gtu.. bner kata Mba Roem 😍. Lucuu..

Aku ya sama mba masih nyaman pke android. Tapi kalau urusan gambar masih nyaman pakai Procreate..

Hehehe. Iya Ngga papa Mba Mbul. Dunia nyata kan lebih penting 😊 btw, baru kemarin banget ganti template sama ganti header..

Soalnya setelah sadar gemplate ini agak banyak yg pake.. pengen agak beda sama lebih simpel aja.
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 16.32 Hapus
mo komen satu lagi bay...komposisi warna di tebing ungu, padang gurun merah ama laut yang ada duyungnya bagus bayu...tapi terdebestnya tebing ungu...suka ranting pohonnya
Comment Author Avatar
24 April 2021 pukul 07.49 Hapus
Terimakasih Banyak ya Mba Mbul..😁
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 20.04 Hapus
Hasil gambarnya Mas Bayu kece banget, Mas. Aku sukaaaaa 😆. Beberapa waktu lalu aku sempat yalan-yalan sebentar di timeline nya Ig dan ketemu hasil gambarnya Mas Bayu yang ombak-ombak itu. Dan aku terkesima lihatnya. Apalagi pas bagian videonya itu, jadi tau deh proses pembuatannya itu gimana. 🥰

Kalau aku sendiri, sama sekali gak bisa gambar, Mas. Dulu jaman sekolah, tiap gambar hasil karyaku paling mentok cuma dapat nilai 75. Padahal temen-temenku rata-rata dapat 90 😭. Makanya aku selalu mengagumi orang yang bisa gambar. Soalnya bagiku menggambar itu susah. 🥺

Ngomong-ngomong, aku juga suka nutrisari, mas. Tapi aku lebih suka dingin daripada hangat. Hihihi. 🤭
Comment Author Avatar
24 April 2021 pukul 07.52 Hapus
Terimakasih Banyak Mba Roemm 🥰
Hihihi.

Iyah nutrisari dingin juga enak Mba. Tapi aku terlalu gampang pilek. Terus kalau udh pilek agak langsung ambyar orangnya.. hehe. Jadi lebih sering minum yg anget2 kalau lagi santai.
Comment Author Avatar
23 April 2021 pukul 21.39 Hapus
Iri lihat teman teman blogger pada pintar menggambar, mas Bayu, mbak mbul, dan juga mbak Rini, eh tapi biarpun iri tapi kok ngga ada kemauan ingin belajar menggambar, payah memang.😂

Masa gambar bagus begitu dibilang jelek, bagiku itu sudah bagus banget gambarnya mas.

Aplikasi procreate, sepertinya itu khusus buat iPhone atau iPad ya mas Bayu. Kalo aku sih menyerah disuruh beli apalagi lihat harga pen nya saja 1,5 juta. Tapi untuk mas Bayu aku dorong untuk beli mas, supaya bisa menghasilkan gambar yang bagus, siapa tahu nanti jadi desainer kondang, soalnya gambar-gambar nya oke semua.

Persiapannya nutri sari sama musik ya mas biar menggambar bisa fokus. Itu menggambar lima jam nutri sari nya habis berapa mas.😄
Comment Author Avatar
24 April 2021 pukul 07.54 Hapus
Ahhh bisa aja Mas Agus nih.. wkwk. Nggk usah iri ahh Mas. Bukan sesuatu yg spesial soalnya.
Aku sndiri malah iri sama Mas Agus yg kalau bikin cerpen bisa nggk receh gtu.. 😅 soalnya kalau saya bikin cerpen pasti jatuhnya agak receh.. wkwk

Aminnn Ya Rabb.. hehe

Seringnya 2-3 bungkus Mas Agus.. haha. Sekali nyeduh langsung agak banyak.. wkwk
Comment Author Avatar
24 April 2021 pukul 08.38 Hapus
Bagi mata awam kaya saya semua gambarnya tampak bagus, terutama gambar nutrisari itu persis kaya gambar hasil jepret kamera, hihi
Comment Author Avatar
24 April 2021 pukul 11.31 Hapus
Haaahaaaa betul Huuu...Semua orang juga tshu itu hasil jepret kamera Huu..😆😆😆😆 Suuuueee..🤣🤣😋
Comment Author Avatar
24 April 2021 pukul 12.59 Hapus
Suweeee emnk Mas Jaey itu.. wakakakak 😆😆
Comment Author Avatar
24 April 2021 pukul 11.39 Hapus
Dari segi keseluruhan sudah bagus gambaran kamu Bay...😊😊 Cuma kalau untuk gambar animasi pewarnaan dan pencerahaannya itu yang perlu diperbaiki sedikit.😊😊

Seperti gambar animasi ibunya Sakura gambarnya sudah bagus pencahayaan wajah saja yang kurang jadi sedikit kaku tampangnya.😆😆😆


Gambar lainnya sih sudah cukup bagus aku bilang....Mungkin ente bakatnya gambar pemandangan alam kali. Ketimbang gambar animasi.😆😆😆🤭🤭🤭

Katanya para seniman kalau ingin jago gambar harus sering2 latihan gambar animasi wanita telanjang Bay..😳😳 Coba aja deh..🤫🤭🤭🤭🤣🤣🤣
Comment Author Avatar
24 April 2021 pukul 13.02 Hapus
Terimakasih banyak Kang Sat.. iyah masih belajar juga nih. 😃
Iya ntar aku coba redraw deh Kang Sat.. soalnya itu gambar awal2 sewaktu masih nyoba gambar digital.

Iyuppzz suka bnget gambar sesuatu yg alam2 gtu. 😁

Wkwkwkwkwkw 🤣🤣 gubrakkk.
Comment Author Avatar
Eya
26 April 2021 pukul 00.05 Hapus
Aaak ada Bu Nadeshiko 😍

Nanya deh, pencil gen 1 gen 2 ini ada batasnya bosa dipakai di iPad apa aja gitu apa bisa dipakai semua di seri manapun?

Never ending cita-cita niih pengin hijrah dari wacom ke procreate 😂

Btw bener deh bikin sketsa itu paling lama, bisa berjam-jam sendiri, kalo udah jadi sketsa, bikin lineart sama warnain tinggal ngikutin arus aja yaa wkwk
Comment Author Avatar
7 Mei 2021 pukul 04.35 Hapus
Iyahh Ibu Nadeshikooo.. 😅🤣
Aku sbnernya gambar Li Kun juga mba Eya.. hahah

Iyahh beda mba.. kalau Pencil gen 1 bisa dipakai untuk series Ipad, Ipad air 3, Ipad mini 5 sama Ipad Pro edisi 2017.. kalau pencil 2 khusususon untuk Ipad Pro 2018 keatas sama Ipad Air versi 4...

Ohhh Mba Eya pke wacom yah... dlu smpet juga tertarik beli wacom.. tapi mundur..

Yupppsss setuja sama Mba Eya.. 😁
Comment Author Avatar
26 April 2021 pukul 16.08 Hapus
Mas, gambar-gambarmu kok jagoan sekali sih :D apakah kamu dulu terlahir saat tuhan sedang ngobrol sama picasso?
Comment Author Avatar
7 Mei 2021 pukul 04.36 Hapus
Ahhh bisa aja..l jadi pengen terbang.. wkwkw
Comment Author Avatar
27 April 2021 pukul 09.49 Hapus
Wah gambar nya mas Bayu bagus2 mas, jujur aja dari kecil aku paling ga bisa menggambar, menari & menyanyi (lah bisanya apa?) Hahahhaa, aku jauh banget dari kata seni, ga bisa banget pokoknya, sukanya nulis sama bikin kerajinan tangan doang.

Btw akupun suka banget sama nutrisari loh, tapi yg jeruk purut, yg asem gitu, lebih suka lagi kalau dingin, eh maap lagi puasa ya wkwkwkwk
Comment Author Avatar
7 Mei 2021 pukul 04.37 Hapus
Terimakasih Mba... aku yah menari sama menyanyi nggk bisa,. Wkwk 😂😂

Ohh iyah nutrisari jeruk purut aku juga suka.. seger banget ya,, apalagi kalau diminumnya abis beraktivitas yg bikin keringetan..
Comment Author Avatar
28 April 2021 pukul 08.09 Hapus
untuk aku yang cuma bisa nggambar gunung dan sawah gambarmu bagus mas
apalagi kalau gambar model cewek
kapan2 request gambar pejen dong kayak Puteri Indoensia atau Miss Universe
keren banget tu kalau digambar pas pakai evening gown

aku dulu suka nutrisari tapi yah as you know sejak GERD aku engga berani minum yang amsam masam

tetap konsisten menggambar mas
engga usah minder bagus kok gambarnya...
Comment Author Avatar
7 Mei 2021 pukul 04.39 Hapus
Aku belum bisa kalau gambar gown .. haha susahh beudd.. 😂
Tapi bagus juga idenya,,,

Iyah Mas GERD jadu nggk bisa minum yg asam2 ya..?

Okee siaap mas.. terimakasih yahh
Comment Author Avatar
6 Mei 2021 pukul 22.20 Hapus
Saya gak bisa ngegambar sambil dengerin lagu. Gak akan fokus. Secara gak sadar pasti langsung bersenandung 😅
Comment Author Avatar
7 Mei 2021 pukul 04.40 Hapus
Lohh aku malah kebalikannya. Ngegambar harus setel lagu,, haha. 😂😂asikk soalnya mas.