Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita tentang Atap

Tahu nggak si Guys?? Blogpost ini gue tulis jam 1 malam dalam kondisi gelap-gelapan lohh. Gue duduk di Amben teras atas dan hanya ditemani setitik cahaya lilin. Pokoknya udah persis kaya orang lagi ngepet 😜. wkwk. Yasshh, di sini lagi mati listrik sekomplek yang nggak tahu bakal nyala kapan (nyalanya jam 4 pagi coba πŸ™„ untung gue lagi libur)

Berhubung di kamar gerah plus sunyi dan di bawah si Caca lagi tidur. Jadi, gue ngaso duduk-duduk sambil melihat keadaan luar yang sedang gelap gulita. Sumpah, ini udara lagi lembab banget jadi bikin gerah. Sepertinya bakalan hujan deras. Soalnya awan diujung sana terlihat berwarna orange dengan suara geluduk.

Gue udah beliin kasur Kucing, si doi tetep milih tidur di atas lantai 🀣

***

Ngomongin soal Hujan gue jadi teringat tentang peristiwa baru-baru ini di rumah.. Tenang bukan kisah soal Curut kok πŸ˜‚..

Kalian tahu kan ya.. Kalau gue baru aja selesai bikin kolam Ikan handmade bikinan Gue dan Brian (Sohibul gue di tempat gawe πŸ˜…)


Baca : Koi Pond

Nah, masa setelah jalan 2 bulan gue baru nyadar kalau Kolam ini tuh ternyata ketumpahan Air Hujan Directly 'langsung' dari atap. *kemane aja Bu??*

Kejadian ini baru banget gue sadarin pas awal Bulan September dimana hujan untuk pertama kalinya mengguyur Kota gue setelah beberapa bulan. Asli muka gue langsung cengok pelongo melihat Air hujan masuk ke kolam dengan ganasnya 😱.

Sewaktu gue melihat kondisi itu, tentu gue langsung bertindak cepat mengambil sisa asbes untuk nutupin kolamnya. 

Why?? Because I have kenangan tidak mengenakkan yang berhubungan dengan Hujan dan Kolam Ikan.

Berhubung kolam baru ini juga berukuran tidak terlalu besar (2x1.5m) dengan sistem filter seadanya. Air Hujan yang masuk tentunya bisa merubah parameter air secara signifikan including pH Kolam dimana pH hujan di kota gue itu cenderung Asam. 

Ya, meskipun di kolam sudah gue berikan pH Buffer (Kulit kerang Oyster) tapi tetap saja. Gue khawatir nggak cukup yang bisa bikin Si Ikan stress. Apalagi ditambah kota tempat gue tinggal kan termasuk kota Industri yah, plus air bilasan genteng pula. Ada kemungkinan membawa zat polutan (Bakteri Jahat, jamur, dll) ke kolam yang bisa bikin si Ikan Sakit kaya dulu-dulu sewaktu mereka di kolam pertama.

Alhasil sewaktu gue libur kerja. Gue inisiatif buat narik asbes agar Kolam ini tertutupi sepenuhnya dari tetesan air hujan. Don't get me wrong ya πŸ™‰. Sebenarnya air hujan itu bagus untuk kolam ikan karena dia bisa nurunin kandungan TDS (Total Dissolved Solid) dalam air dan juga mengencerkan kadar racun seperti Amoniak serta Nitrit.

Tetapi mengingat lokasi dan kondisi. Gue memilih untuk tidak membiarkan air hujan masuk ke kolam karena pertimbangan itu Guys. 

Ini hasilnya begini. Jadi aneh ya 🀭..?? Atapnya jadi ada bagian yg nungging. Wkwk. Ahh tapi tak apa..

itu tiang bendera ngeksis amat .. wkwk

Terus tahu nggak..???

5 Hari pasca narik asbes kanopi untuk kolam ikan. Kayu tiang penahan sebelah kanan mendadak patah karena lapuk. ahahah πŸ˜„πŸ˜‚. SUMPAH KAGET BANGET GUUE...!! Soalnya pas itu gue lagi makan Somay di kamar sore-sore sambil nonton Glee. Tiba-tiba ada suara super besar "DUAAR" disusul dengan getaran kaca di kamar πŸ˜…. 

Pas gue lihat di luar. Ehhh, Tiang kayu penahan kanopinya patah dong. wkwk. Pasti kalian mau bilang gini "Lagian, kok tiang dari kayu sih...!!" Ya kan?? hahaha

Izinkan gue bercerita sedikit tentang pembuatan kanopi di atas. Jadi, sewaktu akhir tahun 2019. Gue sama bokap mantap mau renovasi rumah. Jadi bagian atas, rencana mau kita cor semua biar kita punya lahan untuk melakukan sesuatu di sana.

Sebagian kan sudah dipakai untuk kamar gue. Nah, sebagiannya lagi yang sekarang sudah jadi tempat bernaung Kebun mini, kandang burung LoveBird dan kolam baru. Berhubung saat pembangunan banyak sisa kayu. Akhirnya kita ngide buat request ke mamangnya untuk dibikin semacam kanopi atau teduhan gitu. Biar kita bisa santai-santai tanpa kepanasan. Selain itu limbah kayu sisa jadi ada gunanyaπŸ˜….

Long story short... (Bahasanya Mba Eno banget ya πŸ˜ƒ) setelah hampir 2 tahun kanopi ini berdiri, mendadak kayu tiang penahannya patah satu karena lapuk sering terkena Air. Ini kesalahan gue juga sih. Yang kalau lagi nyiram tanaman sering nguasal ciprat sana-ciprat sini πŸ‘‰πŸ‘ˆ... 

Untungnya pas patah (masih ada untungnya πŸ™ˆ), sempat tertahan sama kandang burung. Jadi nggak langsung ambruk. Lagi-lagi gue dan kali ini dibantu tetangga repair bagian tiang tersebut. Sekarang bagian bawah tiang kita berikan adukan semen agar nggak langsung terkena air. 

Tapi gegara itu, gue kecapekan dan ketiduran dari jam 7 malam sampai jam 1 malam. Bangun-bangun gue baru inget kalau hari itu hari pertama gue shift malam.. 🀣 untung pas itu Pabrik lagi shut down. Jadi gue nggak begitu dicariin πŸ˜‚. Tapi tetap aja pas bangun gue langsung chat atasan bilang "Minta maaf, kalau gue ketiduran" nggak professional banget ya alasannyaπŸ™ˆπŸ™ˆ.. 
Bayu13K
Bayu13K Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

33 komentar untuk "Cerita tentang Atap"

  1. Ikannya bagaimana keadaannya, mas? Nggak pada mati karena stres, kan? 😁

    Jadi ingat, dulu waktu SD, ayah saya sempat buat kolam ikan. Terus karena ayah saya nggak tau cara memelihara ikan dengan baik dan benar, sama ayah saya, ikannya langsung dimasukkan ke kolam tanpa ada proses filter atau apa itu yang mas Bayu jabarkan di atas πŸ™ˆ

    Eh sehari setelahnya ikan di kolam pada mabok semua. Asumsi ayah saya, apa karena masih bau semen, ya? Terus akhirnya dipindah ke ember, dan dibiarkan cukup lama sampai dirasa bau semen hilang, baru ikan masuk kembali ke kolam. Dan ternyata, tetap mabok dooong. Waduuuh bingung langsung ayah saya, panggil orang yang tau ikan πŸ˜‚ Untungnya ikan-ikan selamat karena dibantu sama pakar ikan tersebut dan ayah saya akhirnya paham πŸ˜†

    By the way, habis mas Bayu info atasan kalau mas Bayu ketiduran, kira-kira balasan atasan mas Bayu bagaimana? Apa beliau berkata, "Nggak usah kerja sekalian?" 🀣 *macam ibu saya saat sedang marah akibat saya ketiduran dan telat berangkat sekolah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah nggak papa mbaa.. haha
      Iya kan.. Dulu, sewaktu melihara ikan di kolam yang pertama itu juga ikan banyak yang mabok. setiap harinya ada aja yang mati *Hiks. sampe saya juga bingung sendiri. perasaan dulu sewaktu bocah melihara ikan, sehat2 aja.. Terus sampe browsing sana - sini.. belajar ini itu.. eh akhirnya mulai paham. Kalau air itu instrumen paling penting dalam melihara Ikan.

      Btw, kemarin 1 bulan yg lalu saya juga iseng nyerokin 5 ekor ikan cenang dari selokan dekat Masjid.. terus saya taruh di kolam yang nggak ada sinya.. Tau nggak mba. Ikan cenangnya langsung beranak pinakk... Buanyaaaaakkk Bangeeettt.. hahah

      Ahahahah,,, atasan saya malah ngebalesnya jam 5 paginya. jadi jam set.2 saya WA cuma di read doang tuh mba.. Saya smpe khawatir beliau ngambeekkk.. smpe saya WA lagi bilang Maaf beberapa kali.. wkwkw :D Udah kaya orang pacaran pokoknya..

      malah sempat kepikiran buat Otw.. tapi langsung mikir jam 2 berangkat nympe sana jam 3 pagi.. terus jam 6 udah balik lagi.. hahaha..

      Tapi akhirnya dibalas gini.. "Hahaha, Oke Bay. Besok bikin surat cuti aja ya.." Kocak banget.. terus pas bikin surat cuti. Pas ngnterin ke Manager malah diketawain karena tulisan Remarks nya tak isi "Overslept" *LOL

      Hapus
    2. Long story short... (Bahasanya Mba Eno banget ya πŸ˜ƒ)

      Nah pas disebutin di post orangnya muncul πŸ‘†πŸ‘†πŸ€£

      Hapus
  2. Mas Bay, aku sering banget lihat kolam-kolam ikannya nih di story IG, tapi baru bisa berkunjung blog lagi hihi. Kayak tenang dan adem gitu ya suasananya kalau punya kebun mini ditambah kolam😍 Baru tau kalau pelihara kolam ikan tuh ternyata nggak gampang, ini juga tergantung ikan-ikannya ya mas? Maksudnya masing2 jenis ikan perawatannya beda atau sama kah? Terus kalau yg di akuarium juga maintenance nya harus diperhatikan dengan esktra juga ya berarti? πŸ€” *macam udah kayak mau bikin kolam ya wkwk, abis penasaran bingits. Siapa tau nanti di masa depan kepikiran punya kolam ikan juga kayak mas BayπŸ˜†

    By the way, agak oot, aku ikut penasaran sama cerita mas Bay di kolom komen di atas. Itu ikan cenangnya kenapa bisa beranak banyak mas? πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... haloo Awl. Gimana kabar?

      Tenang sama adem beud Awl. Apalagi ada pohon markisa yg udah berbuah. Meskipunn asemm sih buahnya.. wkwk 🀣 kadang aku makanin kalau lagi pngen bikin muka πŸ˜–

      Gampang2 susah kok Awl.. pnting sih telaten. Hehe.

      Dirumah aku melihara Ikan Koi sama Ikan Nila. Ketambahan Ikan Cenang juga si nggak sengaja πŸ˜†. Semuanya kesebar di 4 kolam..

      Perawatannya beda2. Paling intens sih Kolam Ikan Koi. Itu air kolam setiap hari pasti aku tambah sekitar 10 persen. Filter aku cuci setiap 2 minggu sekali.

      Kalau Ikan Nila. Paling ganti air 50 persen per 1 minggu..

      Kolam Ikan Cenang malah jarang. Soalnya kalau lagi isi air. Air dari tandon kalau penuh langsung masuk ke kolam cenang. Jadi nggak pernah aku ganti.

      Pemberian Probiotik per 1 minggu sekali.. heheh 😁

      Hapus
  3. Si Caca tidurnya gemoy banget ya. Tapi dia mah susah di petting tau Ndut. Galak. Kaya yg ngurus. Wkwk

    Weww. Itu narik asbesnya sendirian? Bisa? Haha. Bisa2nya 2 bulan baru nyadar. Lu mah kalau melihara Ikan nggak main2 ya Dut. Mikirnya sampai sebegitunya. Tapi baguslah.

    Epic ya.. jujur amet. Nulis ketiduran. Haha. Itu kalau atasan gua. Udah dimaki2 kayanya gua. Ini gua rekor banget weekend bangun jam segini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang Ndre πŸ™„ Sama gue aja susah itu si Caca di pegang. Senggol bacok pokoknya. Tapi kalau lagi pengen dimanja mah nempel banget. ☺ tau ahhh suka2nya dia mau gimana.

      Nggak lah. Wkwk. Tentu saja minta bantuan. Kan gue tipe orang yg suka nyusahin.. hahaha πŸ˜‚πŸ˜‚ iyah atuh masa meliharanya main2.. kan kasian.

      Hahaha. Gue juga bingung pas itu mau ngabarin apa. Langsung aja lah bilang. Namanya ketiduran kan susah ya... iya keren Ndre. Jam segini udah bangun. πŸ‘πŸ‘Wkwk

      Hapus
    2. Kalau bacok. Bacok balik Bay. Wkwk. Mungkin si doi takut diapa2in sama lu Bay. Muka lu kan kaya penjahat.

      Haha I knew that..

      Terus gitu doang? Kaga dimarahin. Wkwk. Pasti lu pake jurus andalan pasang muka sad.

      Hapus
    3. Huahahahah.. Caca mah somse. Kalau ada maunya aja baru sok2an baik.. kaya itu tuh orang2 yang sering manfaatin orang lain dalam kesempatan.. *Upss malah curcol.

      Susah yahh kalau sendiri narik2 asbes gtu. Kan mesti dipasang dibawahnya.. hahah. Malah awalnya gue mau masang diatasnya.. Nggak nggeh kalau kaya gitu mah sama aja ya airnya ngalir lewat sela-sela.. wkwk

      Iyaa,, Alhamdulillah.. Tapi aku masakin makanan buat rekan2 sebagai tanda minta maaf.. :/

      Hapus
  4. Wow, si Caca sudah dibelikan kasur tapi malah milih tidur di lantai. Mungkin biar semriwing kali bay.πŸ˜„

    Aku tidak punya pengalaman memelihara ikan waktu kecil, tapi memang beberapa bulan lalu miara ikan, gara-garanya banyak jentik nyamuk di kolam.

    Aku lalu beli ikan mas koki di sekolahan. Setelah di masukkan ke kolam aman-aman saja sih. Jentik nyamuk mulai kurang.

    Eh, seminggu kemudian ikan mas koki nya ngambang mati. Mungkin karena pH airnya tidak cocok kali ya.πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah.. Iya Mas Agus. Caca mah suka seenaknya.. 🀣 terserah dia aja maunya gimana. asal nggak tidur di Tempat sampah. hihihi πŸ™Š

      Bisa jadi mas.. Banyak pertimbangannya sih Mas Agus.. hehe Bisa karena pH, kualitas air, kandungan senyawa pengotor dari ikan, dll.

      Hapus
    2. Kadang kalo lihat kucing memang rasanya gemes ya, apalagi kalo lihat tidurnya seperti itu, pengin di uwes uwes atau elus-elus.πŸ˜„

      Mungkin juga karena kualitas air, mungkin juga karena pH nya atau hal lain, yang jelas aku ngga cocok kerja di air.🀣

      Hapus
  5. wah mas bay, kayaknya suasana malem hari pas mati liatrik ditemani lilin sahdu banget mas, aku suka banget suasana seperti itu, bahkan aku suka banget kalo pas mati listrik, asal hape sama power bank masih full :D

    aku sebenernya pengen melihara ikan kayaknya kok seru banget, tapi yang di akuarium :D


    BalasHapus
    Balasan
    1. Syahdu gimana Nif.. wkwkwk πŸ˜…πŸ˜„ Sepi. Tengah malem pula. Hahah. Untungnya nggak kesurupan. Disana kalau mati listrik Sinyal Internet masih bagus ya?? Di sini mah kalau mati listrik. Jaringan 4G mendadak pada hilang ke 3G... wkwk

      Aquarium seru ko Nif... Apalagi kalau dibikin aquascape. wahh Mantap.

      Hapus
    2. Masih mending jadi 3g kalo mati lampu, disini malah sinyal ngilang bay.πŸ˜‚

      Hapus

  6. Waah, si Caca manja banget kamu??? Mati lampu bikin panik , tapi yang terpenting sih nyiapin senter, sama hp . Dan, berbicara akan ikan koi jadi pengen memelihara namun kalau dipelihara di akuarium kira - kira bisa gak ya bay ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha.. Iya Mba Tari. SI Caca mah gitu.. Manja beud πŸ˜‚
      Sama Lilin Mba.. Kalau senter doang baterainya nanti cepat abis.. wkwk

      Kalau Koi di Aquarium agak susah si Mba. Tapi bukan brrti nggak bisa. Cuma Koi sebenarny butuh ruang gerak yg lumayan luas. jadi, kalau aquarium kurang cocok aja Mba..

      Hapus
  7. Haha awas matanya mas Bay gelap-gelapan.

    Sebagai sesama bucing (budak kucing), ngeliat foto majikan diatas gemezz. Gemoy banget Caca. eh mas Bayu bucing juga gak maaf nuduh ��

    Tapi salut bisa memelihara dua hal yang bertentangan banget : ikan dan kucing. Dulu punya dua peliharaan itu kucingnya suka jail banget kopyak-kopyak air kali-kali dapat satu ikan. Mau dimarahin tapi namanya juga majikan... gimana dong...Pelihara burung? Wah agak trauma karena pernah luka parah karena dicolek meng.

    Ajarin resepnya supaya mereka bisa hidup berdampingan dalam damai donk ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada salam dari Caca. Mba Phebie... 😁 ohh tentu saja. Saya juga Bucing dong.. wkwk

      Dirumah ada Kucing, Ikan sama Burung.. haha. Ehh tau nggak si Mba. si Caca pernah ngebantai Ikan kesayangan pemberian teman saya mba.. masa si Doi nyolek ikan terus di kerawuk buntutnya.. saya udah nyobain segala cara buat nyelamatin Ikannya. Tapi takdir berkata lain. Huhu πŸ₯²

      Mau marah tapi gimana.. akhirnya Caca udah dilarang buat ke tempat Ikan2 lagi. Area dia skrang di bawah.. terserah dah tuh mau gegoleran dimana aja.. wkwk πŸ˜†πŸ˜…

      Hapus
  8. Yang jadi pertanyaannya kok bisa menulis dalam kondisi gelap-gelapan memangnya tulisannya kelihatan?

    Ternyata ikan bisa stress ya kalau kolam tempatnya berenang keguyuran air hujan tadi saya pikir ikan malah senang selama ini berarti pikiran saya salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa dong.. kan mata aku bisa melihat dalam kegelapan Mas Herman.. wkwk. πŸ˜†

      Iya bisa.. tapi nggak juga sih. Haha. Tergantung sistem filternya juga. Kalau kinerja filter bagus. Hujan sih nggak masalah. Sama kalau rumahnya berada di pemukiman yg masih asri. Tentu saja airnya masih bagus mas..

      Hapus
  9. Sudah mati lampu, terus kolam ikannya kena hujan dan pas dikasi atap, eh atapnya ambruk, sabar ya gan 🀣🀣

    Tapi untungnya pas lagi libur kerja jadi bisa dibenahin, yah selalu ada untungnya, hihi πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibarat Pantun.. sudah jatuh tertimpa Duit segepokk.. haha 🀣🀣 *pantun model apa nih..

      Iyahh gan.. selalu lihat dari segi positif.. wkwk πŸ˜‚

      Hapus
  10. ya ampun kalau ngomongin buffer, TSD, DO, BOD, COD, aku jadi inget Praktikum Kimia LIngkungan pas kuliah dan segala dramanya wkwkw

    emang si mas parno tinggal di kota industri dengan kadar polutan tinggi itu wajar
    temenku yang rumahnya deket pabrik juga parno banget sama arwananya
    tapi kayaknya ini pas apes ya mas huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeeess Mas. Ini sih makanan sehari2 anak Kimia yang penuh dengan segala drama.. wkwk. *dijitak anak Kimia. πŸ˜†

      Iyaaa.. untungnya rumah saya sih agak jauh. Tapi setiap Furnace PT itu lagi nyala.. wahhh langit diufuk sana. Terlihat berpijar2 kaya aurora. Wkwk

      Hapus
  11. Ini baru ya..? Perasaan pas kita kesana terakhir atapnya belum di giniin.

    Harusnya pakai Hollow sih Dut. Biar kuat.. ntar ditambah aja. Apa ini gue tak kesana buat bantu? Kayu ini pakai Kayu Duren ya? Biar lebih estetik gimana kalau pakai Kayu Mahoni atau Kayu Jati. Haha

    Btw, itu Ikan Cenang nggak ada niatan dibikin Peyek? Biasanya ada cenang yg warna warni Dut kaya Ikan Guppy. Coba deh cari.. hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess baru banget bulan September ini Ton.

      Hollow?? Apaan tuh? Kesini aja Ton. Kosan sih jauh2. Wkwk. 🀣🀣 ehh nggk tau nih.. kayu duren ngebedainnya gimana aja nggak tahu.. hoho πŸ˜… wedeewwe, masa pke Kayu Jati.. haha. Kasihan amat Jatinya.. πŸ˜›

      Hisshhh kasihan amat. Masa di bikin peyek.. aku iseng doang melihara mereka. Wkwk 😁 ouhh iyahh ada yg spot berwarna gtu.. cakepp. Tapi cuma ada 4 atau 5..
      Tapi Cenang sama Guppy beda Ton. Cenang mah gratis. Guppy mah 2 geh ada yg harganya 15k..

      Hapus
  12. mau dibeliin kasur sebagus apapun, tetep aja kucing tuh milihnya kardus. udah fix itu Bay. wkwkwkw. kalau nggak kardus ya kresek...

    saya nggak suka melihara ikan, karena menurut saya tuh butuh perhatian yang banyak (sekalipun orang bilang ikan kan diem di air doang). nah pas baca post mas bayu di sini, jelas banget deh banyak yang harus dilakukan. air hujan masuk kolam aja bisa jadi macem-macem ya, sedangkan orang yang nggak paham (kayak saya) kan pasti mikirnya ya udah biar aja toh sama-sama air....

    untung ya ikannya nggak kenapa-napa. asal nggak digondol si caca aja, hahaha!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah mendarah daging spertinya ya mba.. hoho πŸ˜…πŸ˜…

      Iya, lumayan ribet si Mba.. hahah πŸ˜„ malah dulu pernah ngebela2in pakai air galon buat isi air kolamnya.. hahah... Setiap nguras beli air isi ulang smpe 5 galon.. haha. Tapi sekarang air pakai dari PDAM yang udah dibiarin 2 hari dan di beri aerasi,,

      Sekarang Caca udah di banned mba.. haha semenjak kejadian kemarin2 nyiduk ikan pemberian teman saya. Wahh pas itu hati langsung Nyesss,. Mau marah tapi ya gimana.. Murni keteledoran saya..

      Hapus
  13. Wah masnya doyan main ikan nih. Kolam Ikan koi mas? Kok sampai PHnya ga boleh sembarangan. Salam kenal balik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doyann mas.. dari dulu memang suka Ikan.. jadi pelihara lumayan banyak.
      Iya mas Ikan Koi. agak lebay ya, smpe sebegitunya.. heheh.

      Okee dehh semoga kita bisa berteman baik.. πŸ˜„

      Hapus
  14. Aku jadi tau kalo mliara ikan, ga segampang cuma beli trus nyeburin dia ke air :D.

    Kayaknya memang aku cocoknya cuma kucing, ga terlalu minta diperhatiin, kayak anjing dan kelinci :p.

    Eh tapi, pas aku masih jadi team leader di kantor lama, aku LBH respect kalo staff ku jujur sih bay. Ketiduran, itu manusiawi soalnya. Drpd pake alasan tetangga meninggal, jalan ditutup, ATO macet, udh LGS curiga kalo denger alasan gitu :p.

    Salah satu anakbuahku pernah KSH alasan, ketiduran di kereta. Jadi kebawa sampe stasiun trakhir hahahahaha. Tapi oke, aku percaya, Krn kliatan juga mana alasan jujur dan ga :p.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh aku pun ya baru tahu.. haha πŸ˜‚ Bener sih mba. Kucing anjing lebih simpel karena tempat mereka sama2 darat. Kalau ikan kn, selain kita merawat ikannya. Kualitas airnya juga dipelihara.. jadi harus lebih sensitif..

      Iya mending jujur ya mba daripada bohong.. dosa juga malah..

      Hapus