Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Jujur Laptop Samsung Chromebook 4

Halooo, Apa kabar guys.!! Jumpa lagi dengan gue Sibayukun di sini.. wkwkw. *Intronya Sok-sok'an biar kaya Youtuber* πŸ˜‚

Btw, gue lagi senang guys πŸ€—... WHHHYYYY?

Semua karena Jatuh Cinta yang timbul akibat meminang barang super mungil, *powerfull, dan pastinya murce yang cocok buat kebutuhan gue sehari-hari.

Rasanya udah kaya bertemu dengan belahan jiwa.. tsahhh.. *Pacaran aja belum pernah. wkwk 🀭

Siapakah gerangan Belahan Jiwanya??? 

Jawabannya adalah Laptop? wait ... Notebook? Netbook?? Gue nggak tahu sebutannya apa πŸ˜…. Tapi gue selalu terbiasa buat menyebut 'Laptop' ke semua perangkat yang memiliki keyboard fisik dan berbentuk seperti Laptop terlepas dari berapapun inch layarnya... 
Jadi laptop apakah itu???

Laptop Samsung Chromebook 4 πŸ₯³.


Chromebook 🧐??? Yappzzz.. CHROMEBOOK..

"Did you guys ever heard about Chromebook??"

Kalau belum.. Kita sama berarti... Tapi ya nggak juga sih. Gue sebenarnya udah dengar nama ini sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi baru beberapa minggu terakhir ini gue fokus mencari jawaban lengkap apa itu Chromebook.

"Does a chromebook do everything a laptop does??"
& "bla-bla-bla..."

yang akhirnya membawa gue ke kesimpulan "Boleh juga ini Laptop..." Apalagi harganya sangat murce kalau dibanding dengan Laptop Windows kelas basic kebanyakan. Harganya ada dikisaran 2 juta seratusan. Plus, kalau kalian belinya pas Promo. Fix bisa dapat cashback Up To 300 ribu 😁. Kaya gue... Belinya pas tanggal 8 bulan 8.. wkwkwk 🀣

Lumayan buat jajan buku kedepannya.. *plaaakk 🫣

***

Intermezzo bentar 😁....

Pada awalnya, gue sedang mencari referensi Laptop baru untuk menggantikan Laptop uzur gue yang udah berumur lebih dari 12 Tahun. Jujur, sebenarnya laptop gue yang ini bisa dibilang masih Fresh dan cukup untuk menemani gue dalam dunia perlaptopan. Hanya saja karena bodynya yang besar, berat dan tidak ramah Tas. 

Laptop Umur 12 tahun

Si Doi jadi kurang fleksibel buat dibawa kemana-mana. Ditambah baterainya yang sudah kolaps alias nggak bisa nyala tanpa charger membuat laptop ini kudu ngedekem di kamar sendirian karena memang nggak sesimpel itu buat dibawa alias rempong. That is why gue kepengen laptop yang bisa dibawa kemana-mana include kerja, kuliah, dan pastinya ngeblog. Karena sering banget gue ngeblog sambil ngopi di samping kolam ikan 😁..

BACA JUGA :

Berhubung gue bukan designer atau editor video. Dunia perlaptopan gue selalu muter diurusan Zoom, ketik-mengetik, dan menonton film. Pada awalnya laptop pilihan gue adalah Laptop 4 jutaan. Hanya saja yang gue tahu. Windows 10 yang kebanyakan dipakai membutuhkan Spek yang lumayan tinggi. Katakanlah hardisk yang masih model HDD.

Menurut gue pribadi, laptop windows kisaran 4 jutaan adalah laptop yang 'sekedar ada'. Dengan spek yang dipress hingga ukuran paling basic membuat performa laptop ini menjadi lambat (?). Apalagi kalau running di Windows 10. 

Ini udah gue buktikan dengan Laptop uzur gue yang menggunakan Procie Core I5 generasi 2, HDD 500 gb, RAM 4gb, dan Windows 10. Dipakai hanya untuk membuka Explorer lambatnya bukan main. Tapi semenjak HDD gue ganti menjadi SSD. Performannya menjadi lebih baik.

Inilah yang menjadi dasar pertimbangan gue.

Sedangkan jika gue membeli laptop Middle or higher Class. Permasalahannya adalah Fungsi yang menjadi mubazir... 😁 dan permasalahan lainnya adalah kantong yang semakin menjerit 🀣

Dan Chromebook inilah yang muncul sebagai jawaban atas kegalauan gue.

Jadi apa Perbedaan Chromebook dengan Laptop biasanya???


Jadi Chromebook ini berjalan dengan Operating Sistem ChromeOS guys. Apa itu ChromeOS...??

ChromeOS adalah operating sistem berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google. Bisa dibilang ChromeOS adalah nama lain Android Laptop 😁. Karena didalamnya terdapat Google Play Store yang bisa dipakai untuk menginstal Aplikasi..

Hanya saja interfacenya yang dibuat lebih cocok untuk penggunaan Laptop.

Kenapa harganya bisa sangat murah??

Kebanyakan Chromebook yang beredar menggunakan Spesifikasi Basic yang digunakan oleh kebanyakan laptop 4 jutaan. Sebut saja Intel Celeron, RAM 4 gb, Bahkan penyimpanan utama berada di ukuran 32 GB 😁. TAPIIIII.... meskipun spesifikasi sangat basic. Laptop ini mampu mengeksekusi aplikasi dasar dengan sangat Wussshhh. Contoh Google Chrome, Zoom, Spotify, Youtube... Mereka akan terbuka dalam sentuhan Detik.

Tapi untuk game, editing video sudah jelas kalau Chromebook ini tidak diciptakan untuk itu... Jadi buat kalian yang mengandaikan perangkat cepat buat main Game atau Design. Kalian bisa skip laptop ini..

Tapi kalau kalian yang mostly menggunakan laptop untuk sarana mengetik, ngeblog, dan menonton film. Kalian bisa mempertimbangkan Laptop Samsung Chromebook 4 ini genks 😁.

Kalau instal Microsoft Word, Excel, dll...? Bisa nggak??

Ini pertanyaan yang paling sering dipertanyakan. Jawabannya adalah... NGGAK BISA.. Hanya saja untuk gantinya kalian bisa menggunakan fitur Docs dari Google atau bisa juga disiasati dengan menginstal WPS. Cuma butuh adaptasi lagi untuk terbiasa menggunakan ini.

Yang gue suka dari laptop Samsung Chromebook 4!!!

Layarnya super mini... Berada di range 11 inch, dengan bodi yang slim dan berat yang ringan. Laptop ini bisa dengan mudah dibawa kemana-mana. Apalagi setelah gue cari tahu ternyata Laptop ini sudah melewati serangkaian tes Militer Mil-STD-810G. 

Baterainya Super Awet... Demi apapun, gue ngecas laptop ini per 2 hari sekali. ditambah Model Casan Samsung type C dengan ukuran kepala charger seperti HP. Membuat mereka mudah buat kita bawa kemana-mana. Enakk banget kan??? 😚 Gue sebenarnya jarang buat bawa chargernya karena memang seawet itu genks. 


Untuk pengisian hingga Full. Kalian butuh kisaran waktu 2 jam dari kapasitas baterai 5 persen.

Bodynya bersih tanpa lubang... Seperti yang kita tahu Laptop kebanyakan memiliki lubang tempat udara panas keluar. Sedangkan, Samsung Chromebook 4 ini memiliki body yang mulus tanpa lubang ventilasi. Sehingga bisa dibilang aman jika kita gunakan diatas kasur tanpa alas.


Ada kelebihan tentu ada kekurangannya dongkss... πŸ˜‚

Layar yang basic... Karena bukan layar berjenis IPS atau Amoled. Angle dan warna layarnya ini dirasa kurang Dahsyat πŸ˜‚. Tapi karena harga segitu, masa iyah kita komplain 🀣. Tapi ya sekarang gue udah terbiasa sih.. Sampai saat ini gue masih nyaman buat pake perangkat ini buat nonton film..

Semisal kalian mencari layar yang Wahh.. Kalian bisa tengok Chromebook merk lain. Chromebook Asus 4 jutaan sudah menawarkan layar Touchscreen.

Yang perlu jadi catatan untuk kalian

ChromeOS berjalan maksimal dengan sambungan Internet. Meskipun bisa berjalan tanpa internet. Tapi untuk membuat Laptop ini bekerja lebih baik. Kalian butuh koneksi internet. Darimana?? Koneksi wifi, tapi jika tidak ada. Kalian bisa mengaktifkan fitur Phone Hub di pengaturan Chromebook. Sehingga Ponsel yang kalian bawa kalian terhubung dengan Chromebook kalian termasuk koneksi internet. Mudah bukan?? 🀣

Kesimpulannya...

Laptop Samsung Chromebook 4 ini bisa menjadi jawaban kalian yang sedang mencari perangkat untuk sarana mengetik atau menonton film dengan harga yang murce..

Untuk Link Pembelian... kalian bisa beli disini Laptop Samsung Chromebook 4

Sekian review guee... Salam Sehat dan Terimakasih.. 😘
Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

8 komentar untuk "Review Jujur Laptop Samsung Chromebook 4"

  1. Waaah saya juga akhirnya kesengsem sama chromebook mas, semua yang dijabarkan alasannya sama, mulai dari batere yang awetnya kebangetan, ukurannya yang praktis dibawa kemana-mana juga karena laptop yang dipakai sehari-hari ukurannya kegedean haha

    Mungkin faktor yang bikin ngerasa beda banget, kalau biasa nulis di word bakalan ngerasa kaget sama google docs, dan juga beberapa tampilan keyboardnya ada yang beda.

    Tapi kalau untuk sehari-hari, apalagi yang suka ngeblog chromebook layak banget buat dipinang... pas dibawa nongkrong juga nggak perlu pusing mikirin colokan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahu nggk sih mas... Karena postingan Mas Edot tentang Chromebook itu juga yang bikin aku makin yakin.. wkwk 😁 Soalnya pas aku komen di postingan itu emang lagi ngegalauin chromebook..

      Ahh pokoknya love bangettt... smpe pernah kan aku bilang 11 inch kebesaran. ehhh ternyata pas... Di tas nggak berat, baterainya awet, kencang, booting nggak lama, ngetiknyaa nyamann... 😁

      Hapus
  2. aku dari awal muncul yang namanya Chromebook jadi penasaran, cuman waktu browsing nggak mencoba cari tau lebih lanjut plus minusnya
    yang bisa aku liat kalau pas ada iklan, bodynya tipis, ringan, ga berat dibawa kemana-mana
    bisa dibilang laptop ini adiknya smartphone ya,bisa buat buka aplikasi, keren ugha

    kalau diliat dari poto ini keliatan agak besar gitu, aku pengen liat langsung jadinya, kayaknya di toko komputer juga jarang yang ngedisplay laptop ini.
    orang rumahku biasanya kalau beli laptop milih ke surabaya hahaha, jauh amat. Karena pilihannya lebih banyak, seperti yang di Mall yang khusus jualan elektronik macam laptop, atau hape.

    laptop aku sekarang juga termasuk uzur ahaha, maklum laptop turunan, charger kudu nancep terus kalau mau pakai pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss bisa dibilang Chromebook itu Laptop versinya android. ahahah πŸ˜„ Soalnya memang ya 11-12 sih mba.. Cuma memang aplikasi nggak semuanya bisa diinstal di chromebook ini..

      Aslinya mungil kok mba.. Dan sering aku bawa kemana-mana juga.. Compact dan nggak makan tempat..

      Ihh sama dong. Laptop aku ya mesti nyolok terus. wkwk 🀣

      Hapus
  3. Racunnnn abissss review-nya Mas Bayu ini, wkwkwk. Aku belum ada urgensi untuk ganti laptop sih, karena aku sendiri cuma pake laptop di rumah aja, jarang banget dibawa keluar. Akutu mupengnya karena body Chromebook yang slim sama daya tahan baterai. Udah lama pengen laptop yang nggak memberatkan hidup.. eh maksudnya pundak. Capek boook kalau bawa ransel isi laptop, huhu.

    Btw, thank youuu, Mas Bayyy udah diulas singkat di sini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,,, Apalagi laptopku mba yg layar 16 inch.. Udah kaya bawa karung beras pokoknya pundak.. πŸ€ͺ mungkin nnti disaat butuh, Mba Jane bisa ngelirik Chromebook.. Soalnya kalau cuma berkutat di Blogger, nonton film, sama Zoom. Udahh Oke bangett sih...

      Yuhu mbaaa.. Masama 😚

      Hapus
  4. Baguuuuus, dan sampe skr aku masih galau beli ini atau laptop atau iPad 🀣🀣🀣🀣🀣. Jadinya masih juga minjem laptop suami. Dia sampe sebel, Krn kadang aku minta pake pas dia sedang butuh hahahahah.

    Tapi memang Chromebook ini udh cocok sih buat yg keperluannya hanya utk browsing ataupun ngeblog ya bay. Aku toh ga ada niat mau edit video atau gaming segala 🀣. Cuma itulah, kadang ego ini yg susah banget diturunin πŸ˜….makanya sampe skr masih galau wkwkwkwjwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ataaaauuu.. Mba Fannn bisa beli Chromebook dlu aja.. ntar kalau nggak cocok bisa dikasih dek Fylly abis itu beli Ipad deh πŸ€ͺ wkwkwk πŸ˜‚

      cocok bangeeettt Mba.. Duluu mah aku tuh ngeblog bisa selang-seling ngetiknya.. Laptop, tablet terus lanjut HP.. Kalau sekarang.. Always Chromebook full.. Soalnya emang mudah sih.. Penyimpanannya aja selain SD Card sama internal. Dia juga ngehubung otomatis ke Google Drive kitaa 😍 Jadi apa-apa enakk.. 😁

      Hapus