Sabtu, 05 Desember 2015

4 Faktor ini Harus Kamu Tingkatkan Sebagai Mahasiswa

Mahasiswa itu ibarat pilihan, semuanya berada ditangan kamu sepenuhnya. Disini kamu merupakan seorang nahkoda yang siap membawa kapal menuju tujuannya. Apapun itu tujuannya merupakan pilihan kamu sepenuhnya. Wowcang pernah membahas mengenai pilihan mahasiswa apakah ingin menjadi seorang mahasiswa kupu-kupu a.k.a mahasiswa biasa atau mahasiswa kura-kura a.k.a mahasiswa yang lebih dari biasa.


Pilihan-pilihan itu bebas hukumnya dan tidak ada unsur keterpaksaan, karena semuanya kamu yang pilih, kamu yang menjalankan, dan kamu yang menyelesaikan. Yang terpenting adalah “INGAT” akan satu hal di bawah ini :
Mahasiswa itu bukan hanya sekedar masuk kelas, duduk, dan pulang, melainkan ada HAL lebih yang bisa dilakukan” World is Big, right?
Menjadi seorang mahasiswa biasa atau mahasiswa lebih dari biasa itu masing-masing memiliki konsekuensi yang harus diterima. Namun konsekuensi yang harus diterima bagi seorang mahasiswa yang mencoba untuk menjadi lebih dari biasa itu lebih besar bila dibandingkan dengan konsekuensi yang harus  diterima oleh mahasiswa biasa. But its worth it lah, soalnya perjuangan untuk menjadi hebat itu tidaklah mudah.

Mahasiswa itu dituntut pintar namun juga berkarakter, pintar tanpa karakter itu “messed up” sedangkan karakter tanpa kepintaran itu “stupid”. Pintar saja tidak cukup bagi seorang mahasiswa melainkan mahasiswa juga harus memiliki sebuah karakter.

Bagaimana caranya? Maka kamu harus meningkatkan 4 faktor dibawah ini :

Apa saja itu? Check it out!

Kegiatan Perkuliahan

Kuliah itu tidak semua orang bisa merasakan, bersyukurlah kamu telah diberikan oleh Tuhan kesempatan untuk merasakan suka duka perkuliahan. Beruntunglah kamu memiliki orang tua yang bisa membiayai studimu di perkuliahan, karena faktanya biaya perkuliahan itu tidaklah sedikit.

Jadi untuk apa kamu masih beralasan untuk malas kuliah, malas ngerjain tugas, dan malas belajar? Lihatlah pengorbanan orang tua mu, mereka tidak pernah malas demi dapat memberikan uang jajan setiap harinya kepada kamu. Masihkah kamu pantas untuk bermalas-malasan??

Jalani perkuliahan secara ihklas dan serius. Kami tahu kamu capek, tapi itu tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan kuliah. Yakinlah bahwa apa yang kamu pelajari hari ini, tidak akan sia-sia dimasa yang akan datang.

Jika kamu memiliki kesulitan dalam mencermati mata kuliah yang ada, tanya! Karena ada banyak teman disekitarmu yang dengan senang hati membantumu.

IPK

IPK itu bukti hasil dari apa yang kamu lakukan selama kegiatan perkuliahan. Memang IPK tinggi itu tidak begitu penting, tapi tidak boleh dijadikan alasan kamu bangga dan santai dalam mengejar IPK. Apa iyah kamu mau lulus dari tempat kuliahmu dengan ipk 2 koma. Buatlah target minimal ipk diatas 3, Setidaknya dengan ini bisa membantumu lolos dari segi tes administrasi perusahaan.

Bagi yang masih memiliki ipk 2 koma, jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan lain untuk memperbaiki nilai tersebut. Jadi berusahalah

Kegiatan Organisasi

IPK bagus itu tidak cukup di zaman ini. Banyak diluar sana mahasiswa yang memiliki ipk diatas 3.5, banyak diluar sana mahasiswa jebolan universitas terbaik di Indonesia.

Jadi apa yang membuatmu berbeda dengan mereka? Itulah yang harus kamu kejar! Mahasiswa biasa itu banyak, tapi mahasiswa lebih dari biasa itu hanya sedikit. Jika kamu ingin menjadi mahasiswa yang lebih dari biasa, tambahlah kegiatan kuliahmu dengan organisasi. Organisasi apapun itu bentuknya, mulai dari BEM, Hima, club ilmiah, atau apapun itu.

Setidaknya dengan ini bisa menambah sedikit wawasan dan melatih softskillmu. Karena itu semua salah satu yang terpenting guna membentuk mahasiswa pintar dan berkarakter.

Janga takut! Jadilah ketua department atau lebih baik ketua organisasi jika kamu mampu. Kami tahu kamu mampu, hanya saja kamu terlalu takut dan minder. Makanya proses dahulu dari yang terbawah menuju yang tertinggi, setidaknya itu bisa memberimu pelajaran tentang indahya berorganisasi

Artikel Terkait :

Prestasi

Prestasi adalah sesuatu yang bisa kamu banggakan. Buatlah tombak sejarah yang bisa kamu ingat sepanjang waktu. Ikutlah kompetisi-kompetisi atau program sesuai minat kamu yang diadakan baik dari dalam kampus maupun diluar kampus. Kalah menang perkara nanti, yang terpenting adalah kamu bisa memperjuangkan apa yang bisa diperjuangkan.

Ke-empat faktor utama ini jika kamu tingkatkan maka Insya Allah bisa membuatmu menjadi mahasiswa cerdas yang berkarakter. Memang sulit dan banyak hambatan untuk dilakukan tapi hal ini akan sepadan akan apa yang dihasilkan. Jadi berusahalah, karena apa yang kamu tanam saat ini akan kamu tunai di keesokan harinya. Ingatlah bahwa proses tidak akan mengkhinati hasil.

Berusahalah untuk tidak menjadi orang yang menyesal dikemudian hari, karena itu worthless dan menyedihkan. Banyak orang yang menyerah akibat dari penyesalan yang ia deritai, padahal tidak demikian. Untuk apalah menyesal, karena menyesal itu tidak akan ada habisnya, yakinlah bahwa apa yang kamu pilih akan menjai jalan yang terbaik buat kamu.

Perjuangkan apa yang bisa diperjuangkan, selesaikan apa yang seharusnya diselesaikan, dan pilihlah apa yang bisa dipilih. Disini kamu merupakan peran utama terhadap kertas perjalanan yang akan kamu tulis dan ceritakan kelak.

Make your own story. Cerita sedih menjadi kebahagiaan lebih menarik daripada cerita yang hanya isisnya kebahagiaan. Heheh Salam Wowcang



lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon