Selasa, 29 September 2015

6 Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Smartphone

Dizaman modern ini dimana teknologi berkembang dengan pesatnya membuat para vendor-vendor hp dunia maupun lokal belomba-lomba dalam pembuatan smartphone terbaik mereka. Kecanggihan akan teknologi smartphone seakan-akan menjadi konsumsi wajib bagi para penggila gadget, tak terkecuali indonesia. Maraknya perangkat smartphone yang dijual di indonesia dari berbagai vendor lokal maupun interlokal membuat para Penduduk Indonesia berlomba-lomba dalam memiliki perangkat gadget tersebut. Bahkan ada yang sampai menghabiskan puluhan juta rupiah hanya sekedar untuk memperbarui perangkat smartphone mereka. Dengan penduduk terbanyak ketiga di Dunia tak heran jika Indonesia dijadikan sebagai target pasar utama bagi beberapa vendor smartphone.

Image Courtesy By freepik.com

Perangkat smartphone pada era ini menawarkan sejuta fasilitas yang dapat memudahkan dan menghibur para penggunanya. Oleh sebab itu wowcang ingin berbagi tips apa saja yang harus dipertimbangkan dalam pembelian smartphone :

1. RAM
Random Access Memory (RAM), menurut wowcang RAM ini menjadi syarat yang paling utama dalam pembelian smartphone. Mengapa? Karena pasalnya RAM ini berfungsi sebagai media penyimpanan sementara dari aplikasi yang berjalan. Jika anda adalah penggemar sosmed, RAM menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam kinerja smartphone karena aplikasi sosmed ini akan terus berjalan di background tanpa anda membukanya, sehingga anda dapat mendapatkan pemberitahuan terupdate dari status social anda. Oleh sebab itu RAM yang semakin besar akan mencegah terjadinya saling berebut ruang antar aplikasi di dalam memori RAM. Ukuran 1 gb menjadikan ukuran RAM minimal bagi pecinta sosmed.

2. Processor
Processor ibarat otak manusia, tanpa processor tentu smartphone tidak akan berfungsi maksimal karena processor inilah yang nantinya akan mengolah data-data yang akan kamu olah. Kecepatan processor dinyatakan dalam Mhz dan Ghz (kebanyakan Ghz atau Giga herzt) ada banyak satuan yang digunakan dalam ukuran kecepatan processor mulai dari 1 Ghz hingga 5 Ghz bahkan lebih. Umumnya processor ini memiliki inti (core), dipasaran smartphone era ini kebanyakan dari mereka adalah dengan 4 inti atau quadcore. Ada banyak jenis core dalam processor mulai dari single core, dual core, quad core, hexa core,dan octa core. Semakin banyak core dan tinggi kecepatan suatu processor yang dimiliki maka akan semakin cepat kamu dalam membuka aplikasi. Namun harga yang ditawarkan juga relatif mahal untuk smartphone yang memiliki jenis processor 4 core keatas.

3. GPU (Graphic Processing Unit)
Bagi pecinta game, tentunya kalian membutuhkan hardware ini, karena GPU berfungsi untuk mengatur grafis pada smartphone, sehingga akan menjadikan transisi serta game pada layar dapat berjalan mulus atau smooth dan nyata. Pada dasarnya pemilihan smartphone dengan processor yang tinggi tentu akan dilengkapi dengan GPU yang tinggi pula.

4. Layar
Jenis layar smartphone terdiri dari LCD, LED, OLED, AMOLED, dll. Banyak sekali jenis layar smartphone ini. Jenis amoled adalah teknologi layar yang paling tinggi karena menghasilkan warna yang tajam dan nyata. Resolusi layar juga mempengaruhi kerapatan warna pada smartphone anda. Pilihlah resolusi layar hp 840x480 pixel untuk layar smartphone berukuran 4 inch, untuk 5 inch pilihlah layar HD dengan resolusi 1280x720 atau diatasnya. Jenis layar sentuh juga mempengaruhi kinerja hp. Jenis layar sentuh yang paling banyak digunakan adalah jenis capasitive yang dapat merespon sentuhan jari dengan baik.

5. Kamera
Ingat kamera ini sangat menipu sekali, banyak orang yang masih belum mengetahui tentang kamera pada smartphone, kebanyakan dari mereka adalah menilai bagusnya kamera dari segi resolusi  mp atau megapixelnya, padahal teknologi pada kamera tidak akan bagus bila tidak didukung dengan teknologi pendukung pada kamera seperti auto focus, flash, apperture, ketajaman layar handphone, dll. Oleh sebab itu jelilah dalam memilih smartphone, jangan sampai anda tergoda pada smartphone murah yang memiliki resolusi kamera 13 mp.

6. Baterai
Kapasitas baterai akan mempengaruhi lamanya anda dalam menggunakan smartphone. Semakin besar kapasitas smartphone tentu akan memudahkanmu dalam menggunakan smartphone karena kamu tidak akan khawatir kalau baterai habis.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon