Jumat, 11 Desember 2015

Persepsi Masyarakat Indonesia Mengenai Program Asuransi Harus Segera Diubah

Siapa sih yang tidak kenal dengan program asuransi. Program yang telah menjamur hampir di Seluruh Dunia ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Tak terkecuali di Indonesia. Program-program yang ditawarkan cukup banyak dan beragam, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, jiwa, kendaraan, kecelakaan, dll. Salah satu perusahaan penyedia asuransi terbaik adalah Commonwealth Life.

Merencanakan Pengeluaran di Masa Depan Lebih Bijak Daripada Hanya Pasrah
Walaupun tersedia banyak sekali program asuransi yang ditawarkan, hanya secuil masyarakat yang sadar dan menggunakan layanan dari program asuransi. Contohnya di Indonesia, kebanyakan hanya Masyarakat Kalangan Keatas yang menggunakan layanan asuransi sebagai penjaminnya, sedangkan kalangan menengah sampai kebawah hanya sedikit yang menggunakan program asuransi. Bagi mereka yang tidak menggunakan program asuransi lebih memilih untuk menggunakan dana simpanan atau cadangan yang mereka miliki. Dana simpanannya beragam berkisar antara 5 juta hingga 100 juta.

Sedikitnya masyarakat yang memanfaatkan asuransi sebagai penjaminnya ialah akibat dari kesadaran dan persepsi masyarakat Indonesia mengenai asuransi, beberapa penyebabnya menurut saya adalah :

Persepsi Bahwa Mengikuti Asuransi Berarti Menambah Beban Pengeluaran Hidup Perbulan
Pengeluaran Sejumlah Uang Dengan Tujuan Baik Tidak Perlu Diperhitungkan
Jika dipikirkan, memang ada benarnya. Premi akan dibayarkan biasanya dalam jangka waktu sebulan sekali dengan sejumlah uang tertentu tergantung dari jenis asuransi yang diikuti.

Premi adalah iuran wajib yang dibayarkan setiap satu bulan sekali oleh tertanggung kepada penanggung sebagai bentuk pembelian jaminan dari penanggung. Premi yang dibayarkan akan menjadi penjamin ketika sang tertanggung mengalami suatu insiden yang beresiko, sehingga nantinya secara finansial tidak terlalu terganggu karena resiko tersebut telah terjamin oleh pihak asuransi.

Perlu diingat premi yang dibayarkan tidak semahal yang dipikirkan, preminya hanya berkisar dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah perbulan. Tergantung dari jenis asuransi yang diikuti. Pihak asuransi akan dengan senang hati membantu anda dalam memilih jenis asuransi yang sesuai dengan anda.

Banyak Masyarakat yang Menganggap Bahwa Asuransi Sama Dengan Investasi
Asuransi Bukanlah Saham yang Kamu Tanamkan Untuk Menghasilkan Uang, Asuransi Adalah Jaminan Proteksi Hidup
Anggapan bahwa Asuransi = Investasi adalah Salah. Benar-benar salah!

Sayangnya, banyak masyarakat di Indonesia, bahkan mungkin anda belum sadar mengenai asuransi dan menganggap bahwa asuransi merupakan suatu investasi. Padahal sebenarnya tidak. Perlu ditekankan bahwa asuransi merupakan suatu produk proteksi bukan investasi, asuransi inilah yang akan menjamin anda ketika suatu resiko dadakan terjadi kepada keluarga anda. Jadi jika anda tidak pernah klaim maka jumlah premi yang telah dibayarkan tidak akan kembali kepada anda atau dengan kata lain hangus.

Loh, Berarti Kita Dirugikan?

Tidak, Jelas Tidak. Sebab selama anda dalam masa pertanggungan dan pembayaran premi, anda akan dilindungi dari resiko yang terjadi oleh pihak asuransi. Satu hal yang harus disadari bahwa ; bila tidak ada resiko, bukan artinya anda dirugikan.

Catatan : ada beberapa pihak asuransi yang mengembalikan sejumlah persen dari premi yang dibayarkan dengan syarat dan ketentuan tertentu.


Informasi buat anda, Commonwealth Life merupakan jasa asuransi yang telah memiliki pengalaman lebih dari puluhan tahun dalam menawarkan dan menjalankan berbagai jenis produk unit asuransi terutama asuransi kesehatan. Commonwealth Life didirikan pada tahun 1992 dengan nama Astra Jardine dahulu.

Saat ini commonwealth life telah menawarkan sebuah unit asuransi yang dikenal sebagai Investra Link. Investra Link merupakan program yang memadukan asuransi jiwa dan investasi secara fleksibel. Investra Link menawarkan perlindungan asuransi jiwa dengan beragam pilihan perlindungan demi mencapai ketenangan hidup anda dan keluarga.

Selain itu, melalui Investra Link, anda juga dapat merencanakan berbagai tujuan masa depan seperti pendidikan anak, persiapan masa pensiun, serta pertumbuhan investasi anda.

Mudah bukan? program ini mungkin cocok buat anda yang ingin mengikuti asuransi sambil berinvestasi. Lebih Lanjut, silahkan kunjungi laman Investra Link Ekstra 

Masyarakat Lebih Memilih Menggunakan Uang Cadangan Ketimbang Mengikuti Program Asuransi
Menabung adalah Uang Simpanan, Membayar Premi Asuransi Adalah Proteksi Diri dan Keluarga Dari Ancaman Musibah
Memilih antara menggunakan uang cadangan atau program asuransi dalam mengatasi resiko yang ada merupakan hak yang dapat dipilih bagi semua orang.

Namun perlu diingatkan, bahwa program asuransi tidak akan merugikan. Program asuransi dibuat untuk mengantisipasi anda dari setiap kejadian yang tak terduga di masa depan. Yang perlu diubah persepsinya ialah bahwa kebutuhan tunjangan perlindungan hidup dimasa depan tidak lah sedikit, melainkan dapat mencapai 4 kali lipat dari dana yang dialokasikan, karena inflasi setiap tahun akan mengalami peningkatan mulai dari harga pangan, tagihan listrik, biaya pendidikan, kesehatan, dll.

Seperti contoh Kasus ; Anda memiliki dana cadangan sebesar 40 juta yang akan digunakan untuk menutup segala resiko yang mungkin terjadi, namun naasnya, salah satu keluarga anda mengalami suatu insiden kecelakaan yang cukup parah dan membutuhkan dana hampir mencapai 60 juta dalam proses perawatannya. Bagaimana anda mengatasi masalah tersebut, bila tidak dilindungi oleh asuransi.

Atau contoh lain ; Anda merupakan sumber keuangan utama bagi keluarga anda, anak anda masih membutuhkan biaya dalam segi kehidupan sehari-hari terutama jaminan pendidikan hingga perguruan tinggi. Anda bisa mengikuti program asuransi pendidikan untuk anak anda yang akan menjamin jika seandainya sesuatu terjadi dan memasukkan anda kedalam masalah kesenjangan finansial.

Anggapan Bahwa Proses Klaim yang Lambat dan Terlalu Banyak Syarat
Gunakan Waktumu Sebaik-baiknya
Banyak masyarakat beranggapan bahwa proses klaim asuransi memakan banyak waktu dan ribet. Namun faktanya tidak seperti itu, yang anda dengar mungkin hanya cerita orang atau isu belaka. Banyak orang yang memiliki cerita manis dari program asuransi yang diikutinya.

Semua itu tergantung kepada siapa anda mengikuti program asuransi. Oleh sebab itu percayakan proteksi masa depan keluarga anda dengan penyedia program asuransi yang telah berpengalaman, professional, dan terpercaya. Seperti contoh Penyedia Asuransi Commonwealth Life.


Pandangan Masyarakat Indonesia tentang asuransi adalah sesuatu yang mahal, menjadi beban dan merugikan harus segera diubah. Faktanya, Pandangan seperti itu tidaklah benar. Mengikuti program asuransi seharusnya sudah menjadi kebutuhan dan prioritas bagi seseorang dalam daftar pengeluarannya, karena tidak ada yang akan melindungi anda dan keluarga anda dari resiko jika terjadi suatu musibah yang tak diinginkan. Dengan mengikuti asuransi setidaknya anda telah menjamin kehidupan anda dan mereka, tidak ada yang tahu mengenai apa yang akan terjadi di masa depan. Banyak keluarga yang tidak mengikuti asuransi akan mengalami penurunan standar kualitas hidup setelah terjadi suatu musibah yang tiba-tiba menimpa mereka. Kecuali bagi mereka yang melakukan perubahan besar yang mendasar.

Catatan : Semua gambar yang digunakan adalah merupakan lisensi CC0 (Creative Commons CC0) dari pixabay.com yang dapat digunakan tanpa memberikan atribut dan sesuai dengan TOS pixabay.com

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

3 komentar

Saya setuju dengan apa yang dituliskan di atas, saat ini penetrasi di Indonesia sendiri masih jadi yang paling lemah diantara negara ASEAN lainnya. Tak lain penyebabnya adalah pemahaman masyarakat luas akan asuransi tersebut. Untuk asuransi kesehatan saja masih banyak yang acuh, maka dari itu pengertian asuransi kesehatan harus bisa diuba sesegera mungkin.

Iyah betul sekali dengan apa yang agan bicarakan. Saya sendiri kadang tidak mengerti dengan orang-orang yang masih berpikiran bahwa asuransi merupakan hal yang tabu dan merugikan. Padahal bila ditinjau dari fungsinya, sudah sangat jelas asuransi benar-benar sangat membantu.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon