Jumat, 15 Januari 2016

Siapkan Pendapatan Pasif Anda Mulai Dari Sekarang Wahai Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa tak melulu selalu tentang kuliah, tugas, dan organisasi. Masih ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa. Kuliah dan tugas adalah kewajiban bagi setiap mahasiswa. Sedangkan organisasi adalah kegiatan tambahan yang memiliki nilai tambah bagi mahasiswa yang menggelutinya, apapun itu bentuknya (terpenting adalah organisasi baik-baik).

Namun diantara ketiga hal itu ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai persiapan untuk masa yang akan datang. Yaitu menyiapkan kegiatan yang menghasilkan passive income.


Apa itu passive income?

Passive income adalah pendapatan yang diperoleh dari aset yang dimilikinya, atau kata lainnya adalah pendapatan yang diperoleh tanpa melibatkan kegiatan fisik atau tanpa bekerja.

Bagaimana dengan contoh passive income?

Beberapa contoh yang berkaitan dengan passive income adalah jasa sewa barang-barang, bisnis kos-kosan dan kontrakan, hingga investasi emas, dll.

Lalu apa yang bisa dilakukan mahasiswa untuk memiliki passive income?

Ada caranya, namun menurut wowcang ini tidak murni passive income karena ada beberapa yang harus dikerjakan dan dikomitmenkan terlebih dahulu. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dalam menghasilkan passive income ada 2 cara, yaitu : merintis usaha dan membangun sebuah website/blog.

Hah?? Bukannya kalau merintis usaha itu termasuk active income yah? Kan kita kerja ngejalanin bisnis disana!

Iyah, oleh karena itu wowcang bilang tidak murni passive income, karena ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Jika komitmen dan usaha yang anda lakukan bagus, bisa jadi usaha yang anda rintis akan menjadi aset yang menguntungkan. Yah setidaknya menjadi owner suatu usaha bisa membuat anda lebih santai dalam bekerja. Berbeda halnya jika anda menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan.

Lalu saya dengar, ada passive income yang didapat dari website! Itu maksudnya bagaimana?

Nah ini yang akan wowcang bahas dalam artikel ini. passive income yang didapat dari sebuah website atau blog.

sebenarnya ada banyak cara menghasilkan pendapatan dari website, mulai jadi freelance jasa pembuatan artikel, jasa review, jualan online, program afiliasi, jualan template dan yang paling mudah dan terkenal adalah menyiarkan iklan.

Namun yang akan dibahas disini adalah mendapatkan passive income dari metode program afiliasi dan menyiarkan iklan.

Perhatian : mendapatkan uang dari blog tidak mudah seperti apa yang dibayangkan. Dibutuhkan komitmen dan konsistensi yang besar bila berniat ingin menghasilkan uang dari blog. Waktu yang dibutuhkan bisa sampai berbulan-bulan hingga tahunan untuk awal pengembangan blog tersebut.

#BukanCaraCepatKaya

Program Afiliasi
Afiliasi adalah model menghasilkan uang yang diperoleh dari kegiatan promosi produk atau jasa orang lain. Umumnya anda tidak perlu untuk membeli produk tersebut untuk menjadi affiliate-nya.  Namun cukup dengan membuat review atau banner produk atau jasa tersebut. Uang yang anda dapatkan tergantung pada jumlah pengunjung blog anda yang melakukan transaksi atas produk yang anda tawarkan.

Contoh program affiliate yang kebanyakan orang ikuti adalah :

Affiliate lazada dan affiliate amazon.

Program Periklanan
Program periklanan adalah web atau blog anda dijadikan sebagai wadah tempat para pengiklan untuk mengiklankan produknya. Sistem pendapatannya bisa berbeda-beda tergantung dari sistem mana yang anda ikuti.

Ada 2 sistem periklanan yang bisa anda gunakan dalam menghasilkan uang. Yaitu : sistem iklam PPC dan iklan mandiri.

Ditegaskan kembali : uang hasil dari iklan sangat tergantung dari jumlah pengunjung web/blog anda.

Iklan Jenis PPC
Iklan PPC atau Pay-per Click adalah model menghasilkan uang berdasarkan setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung terhadap iklan yang dipasang di web/blog anda. Penyedia iklan PPC terpopuler adalah Google Adsense dan Kliksaya.

Yang paling populer adalah google adsense dimana web/blog anda menjadi sebuah mitra iklan dari google.

Pernahkah anda berkunjung di suatu web atau blog, melihat ada banner iklan di sidebar atau dalam artikel seperti dibawah ini ?

Jika iya berarti blog atau website yang anda kunjungi adalah anggota dari google adsense.

Google Adsense akan membayar anda dengan mengacu pada jumlah tampilan iklan dan jumlah klik yang dianggap sah oleh penyedia PPC. Dengan mengikuti program ini anda tidak perlu mencari pengiklan karena pihak PPC akan menyediakannya untuk anda. Namun program ini memiliki kekurangan yaitu pembayaran yang hanya dilakukan pada tenggat waktu tertentu (biasanya 1 bulan) dan jumlah minimal uang yang didapatkan (batas minimal google adsense adalah 100 dollar). Akun anda juga juga rawan banned bila ditemukan tindak kecurangan yang melanggar TOS (Term of Service) seperti copas artikel, klik iklan sendiri, menyuruh teman untuk klik iklan hingga pelanggaran lainnya.

Namun sudah ada orang Indonesia yang membuktikan meraup uang dari program ini, bahkan mereka mendapatkan hingga ribuan dollar setiap bulannya. (tentu saja hasil yang mereka dapatkan sesuai dengan perjuangan yang mereka lakukan).

Faktanya tidak seindah seperti apa yang diceritakan, namun jika anda serius, komitmen, dan konsisten maka itu tidak akan mustahil.

Iklan Mandiri
Sistem iklan jenis ini adalah anda menyediakan tempat iklan dengan ukuran variasi di blog atau website anda. Iklan ini yang nantinya akan ditaruh di tempat-tempat strategis di blog atau website anda.

Berbeda dengan program afiliasi dan PPC, anda mendapatkan uang saat tempat iklan di blog anda dibeli oleh pengiklan. Pembayaran akan dibayar berdasarkan lamanya waktu kontrak iklan yang ditampilkan di blog anda. Ukuran dan harga sewa perbulannya sepenuhnya anda yang mengatur. Namun agar pengiklan mau memasang iklan di blog anda, dibutuhkan jumlah pengunjung harian yang tinggi, semakin banyak pengunjung, maka semakin banyak pihak pengiklan yang tertarik.
Demikian beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai mahasiswa untuk mendapatkan passive income dari blog atau website.

Namun sebenarnya bukan itu yang wowcang maksud. Bukan bagaimana caranya seorang mahasiswa mendapatkan uang dari blog, melainkan wowcang hanya ingin para mahasiswa Indonesia untuk membiasakan menulis, karena dengan merilis web atau blog pribadi dapat menumbuhkan kebiasaan dalam jiwa mahasiswa untuk menulis. Memang diawal terasa sangat sulit untuk menulis artikel terlebih jika anda bukan tipe mahasiswa yang gemar menulis, namun jika anda niat dan terus belajar maka menulis bukan jadi hal yang sulit bagi anda. Karena sejatinya tidak ada yang tidak bisa dipelajari di dunia ini.

Bukankah nyawa dari mahasiswa adalah tindakan dan tulisannya?

Bukankah banyak kompetisi yang diselenggarakan diluar sana adalah kompetisi yang melibatkan tulisan?

Apakah anda tidak ingin membuat resolusi bagi anda untuk memenangkan satu juara tingkat nasional karena tulisan anda?

Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi anda sebagai mahasiswa untuk tidak belajar menulis. Karena Insya Allah dengan menulis akan membawa kebaikan untuk anda sendiri.

Wowcang membayangkan ketika anda merilis blog di tahun pertama kuliah dan terus konsisten menulis artikel berkualitas hingga tahun kuliah terakhir, sudah pasti blog anda akan menjadi besar dan menghasilkan. Terlebih dari itu semua, anda bisa berpartisipasi dalam kompetisi blog berbagai hal. Mulai dari ikut serta writing contest ataupun SEO contest. Hadiahnya juga lumayan buat menabung masa depan ketika anda lulus nanti.

Uang dari blog bisa anda jadikan sebagai hadiah yang anda peroleh karena tulisan di blog anda. Selalu ingat untuk menghasilkan artikel yang berkualitas (Artikel yang bermanfaat bagi orang lain).

Sekian dan terimakasih

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon