Senin, 14 Maret 2016

Bagaimana Prinsip Kerja Termos

Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana prinsip kerja termos? Bagaimana termos dapat menyimpan minuman panas dan mempertahankan panasnya dalam waktu yang cukup lama?
Kali ini wowcang akan menjelaskan bagaimana prinsip kerja termos.

Termos merupakan sebuah wadah berbentuk botol memanjang yang dilengkapi dengan tutup yang biasa digunakan untuk media penyimpanan air. Akan tetapi penyimpanan termos bukan hanya sekedar untuk menyimpan air biasa melainkan dapat menyimpan air bersuhu panas ataupun dingin dan menjaga suhunya agar dalam kondisi tetap.


Gambar Termos
Bagaimana termos bisa menjaga suhunya dalam kondisi yang lama?
Beginilah prinsip kerja termos. Termos bukan merupakan wadah biasa melainkan sudah didesain tertentu agar dapat berfungsi demikian. Perkenalkan nama beliau adalah James Dewar. Penemu dan pemegang hak cipta akan prinsip kerja termos yang kita gunakan saat ini.

Beliau merupakan seorang ahli fisika dan kimi asal Skotlandia. Beliau lahir pada tahun 1842 dan berpulang ke pangkuan Tuhan pada tahun 1923.

Usut punya usut, James Dewar merupakan orang yang pertama kali menemukan oksigen dan nitrogen dalam bentuk cair.

Pada tahun 1902, ketika James Dewar ingin memberikan susu pada anaknya. Ia mengalami suatu problematika dimana susu hangat yang beliau simpan, cepat sekali mengalami penurunan suhu. Beliau berpikir mengenai suatu alat yang dapat digunakan untuk mempertahankan suhu hangat dalam suatu minuman tanpa melibatkan suatu energi apapun. Baik panas maupun listrik.

Akhirnya beliau berhasil menciptakan sebuah wadah yang bernama “Bejana Dewar”. Sebuah wadah cikal bakal termos.
Skema Desain Termos
Bagaimana beliau membuatnya adalah dengan menciptakan botol vacuum. Termos terdidi dari dua lapisan. Lapisan dalam dan lapisan luar. Lapisan dalam dilapisi dengan material perak atau kaca agar dapat mempertahankan panas. Itulah sebabnya mengapa sewaktu kalian melihat bagian dalam termos akan terlihat material berkilau seperti kaca.

Antara lapisan dalam dan lapisan luar, terdapat sebuah ruangan kosong dan dalam kondisi vacuum. Yaitu kondisi dimana udara tidak dapat masuk dan keluar. Akibat dari adanya ruangan hampa seperti inilah yang dapat mencegah dan mengurangi perambatan kalor/suhu panas dari air keluar dinding. Sehingga kondisi suhu pada air dapat dipertahankan selama beberapa hari.

Dengan kata lain radiasi panas yang dipancarkan oleh air dapat dicegah. Itulah sebabnya mengapa jika kalian menyentuh dinding termos yang berisi air panas tidak terasa panas. Berbeda jika halnya ketika kalian menyentuh dinding gelas yang berisi air panas akan terasa panas.

Begitulah prinsip kerja dari termos. Hebat bukan idenya Bapak James Dewar...?? Terimakasih telah membaca.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon