Minggu, 01 Oktober 2017

Buat Kalian yang Berumur 20an, Ini Perencanaan Keuangan yang Bisa Kalian Gunakan

Seringkali, kebanyakan ini mah. Yang muda-muda kaya kita ini kadang lebih cenderung ehmm gampang buat ngabisin uang begitu ngeliat sesuatu yang memikat mata walaupun sebenernya kita nggak butuh-butuh amat.

Bagi yang hobi belanja atau jajan macam kalian-kalian.. heheh. Hasrat buat nggak beli ini itu sepertinya nggak bisa dibendung apalagi pas tanggal-tanggal muda macam kaya gini.. tau-tau duit 2 juta udah ludes aja buat beli baju atau bahkan buat beli gadget baru padahal nggak begitu butuh-butuh amat karena yang lama masih layak buat dipakai.

Nanti tau-tau pas di pertengahan bulan baru sadar kalau duit udah cekak, sedangkan kehidupan masih perlu dibiayai hingga beberapa hari kedepan. Alhasil rencana buat nabung untuk masa depan di urungkan terlebih dahulu ke bulan selanjutnya.

Eeehhh apesnya di bulan berikutnya, kita masih sama ngelakuin hal yang serupa.. yaudah bakal terus berulang-ulang hingga beberapa waktu kedepan hingga akhirnya sadar kalau kebiasaan itu bukanlah sesuatu hal yang bijak..

#gampar diri sendiri #edisi curcol

So daripada kalian sadarnya telat, jadi gue berinisiatif buat menggampar kalian semua bahwa perencanaan keuangan itu sama pentingnya seperti pendidikan. ahahah

Stick to the Plan!!! via pixabay.com
Daripada nyadarnya keburu di umur 25. Yakin pasti nyesek banget. Soalnya yang namanya waktu itu nggak bisa dibeli atau bahkan di ulang.

So, ini nasihat perencanaan keuangan yang sekiranya bisa kalian gunain buat perencanaan masa depan.

Oh ya sama sekalian simulasi juga kali yah.
“Membuat rencana adalah mudah, membuat rencana yang baik tidak semudah itu. Tapi, yang paling sulit adalah melaksanakan rencana yang sederhana dengan baik” Quote by Bayu Teguh a.k.a Mario Teguh. Buahahaha
Anggaplah penghasilan kalian 4 juta perbulan.

Karena gue bukan master ekonomi, jadi mungkin perencanaan ini nggak begitu orisinil karena yang gue pakai merupakan comotan dari beberapa referensi dari internet.

Pembagian gue bagi kedalam 5 Alokasi instrumen yang menurut gue paling penting dalam kehidupan ini.

1. Alokasi Biaya Hidup Sehari-hari.

Menurut gue, hidup hedon itu bukanlah pilihan yang tepat atau bahkan pilihan pintar.

Menghamburkan uang demi gengsi ya ampun rasanya gue pikir itu nggak penting banget. Soalnya maksain keadaan demi gengsi itu yahh gimana yah, sama aja kaya nyakitin diri di akhir. Soalnya hanya kepuasan sesaat yang bakal kita terima.

Beli barang harus sesuai kebutuhan dan kemampuan. Nggak usah maksain sampai ngebela-belain buat utang sana sini demi galaxy note 8. hahah -__- tapi btw galaxy note 8 emang bagus banget.. #Tepok Jidat #Salfok

Buat single muda macam kita. Biaya 60 ribu perhari rasanya udah lebih dari cukup. Makan di warteg paket lengkap, paling nggak sampailah 15 ribu. Syukur syukur yang bisa masak, jadi bisa neken biaya makan sehari-hari.

Masih ada sisa 15 ribu lagi yang bisa kalian pakai buat jajan.

Nggak harus saklek 60 ribu. Kalau bisa dikurangin malah lebih bagus. Yang penting komitmen buat nggak lebih dari segitu. Atau kalau semisalnya mau lebih di hari berikutnya coba dikurangin di hari-hari sebelumnya buat alokasi di hari tersebut. DONE!!

Sisa uang 2.200.000 dari 4.000.000 dikurang (15.000 dikali 30)

2. Alokasi Investasi

Investasi itu penting banget menurut gue pribadi. Yah emang nggak singkat hasilnya. Tapi bermanfaat banget buat kedepannya.

Investasi yang bisa kalian pilih yang menurut gue paling cocok dan mudah buat umur-umur kita yang masih 20an.. hahahah

Ada Investasi Reksadana, Investasi Emas, dan Investasi Properti.

Alokasi Investasi 10 persen dari penghasilan. Sekitar 400 ribu. Atau genapin lah jadi 500.000 per bulan.

Pilih investasi yang paling cocok.

Emas buat mertahanin nilai mata uang kamu kedepan akibat inflasi.

Reksadana buat menuhin tujuan kamu di masa depan. Pilih jenis reksadana yang paling cocok buat kamu. Gue sih nyaraninnya reksadana Pendapatan Tetap atau Campuran. Tapi terserah. Mau nyoba yang pasar uang juga nggak papa.. itu Bukalapak juga bekerjasama dengan Bareksa buat fasilitasin kamu beli reksadana pasar uang. Caranya juga mudah banget. atau

Properti macam rumah atau tanah. Karena kedepannya harga di 2 hal tersebut itu bakal naik tiap tahunnya. Percaya deh.

Semisal, contoh yah. Kita ikut reksadana pasar uang dengan return terendah 3.77 persen pertahun. Kita komitmen buat nyisihin 300.000 per bulan selama 3 tahun. Setelah di hitung-hitung dengan aplikasi kalkulator perencanaan investasi ternyata jumlah yang bakal kita terima kurang lebih 11.610.000 an. Dari total investasi 300.000 dikali 36 yaitu 10.800.000.

Jangan tanya gue cara ngitungnya gimana. Soalnya gue hitung pake kalkulator reksadana yang gue temuin di internet.

Ingat alokasi investasi ini sebaiknya nggak kalian ubrek-ubrek hingga waktu yang kalian tentuin tiba.

Sisa uang 1.700.000 dari 2.200.000 dikurang 500.000

3. Alokasi Tabungan

Dari sisa 1.700.000 gue milih save buat tabungan sebesar 400.000 per bulan. Nggak usah banyak-banyak yang penting komitmen toh lama-lama juga jadi bukit.

Sisa uang 1.300.000

4. Alokasi Dana Darurat

Seperti namanya dana darurat, dana ini hanya diperuntukan bagi keadaan darurat. Macam servis kendaraan, atau ngebantu saudara, atau berobat.

Gue ngalokasiin dana darurat sebesar 300 ribu. Ingat dana darurat dipakai hanya saat keadaan darurat. Semisal nggak ada keadaan darurat. Dana darurat bisa kalian simpan dalam bentuk tabungan buat ngebantuin dana darurat kedepannya, semisal dana darurat yang kita butuhin ternyata lebih besar dari alokasi.

yang penting di catat... biar jelas kemana uang keluar.

5. Alokasi Dana Serbaguna

Sisa uang 1.000.000

Kalau di internet kebanyakan alokasi buat Pos Utang, cuma kalau gue kayanya sisa yang terakhir bakal gue alokasiin buat Dana Serbaguna.

Maksudnya gimana??

Maksudnya adalah dana serbaguna nggak mesti harus kalian pakai. Dana serbaguna bisa kalian pakai, semisal ada momen yang emang lagi butuh banget uang. Macam reunian wajib atau liburan atau belanja barang yang emang butuh atau tambahan uang darurat dan lain sebagainya.

Semisal uang ini nggak digunakan, kalian bisa dengan bijaknya ngebagi Alokasi dana serbaguna ini ke Instrumen lainnya macam alokasi tabungan atau alokasi Investasi. Terserah yang menurut kalian paling baik.

coba kalian bayangkan semisal kalian ngelakuin ini selama 1 tahun. Kira-kira yang bisa kalian dapetin adalah sebagai berikut :

Tabungan 400.000 di kali 12 hasilnya 4.800.000

Investasi 500.000 di kali 12 hasilnya 6.000.000 (returnnya gue abaikan yah)

Dana serbaguna kira-kira lo bisa save 300.000 per bulan (lagi apes misalnya) 300.000 dikali 12 hasilnya 3.600.000

Totalnya setahun, kalian bisa save uang sebesar 14.400.000.

Coba kalau kalian komitmen selama 2 tahun???

Kalian bisa ngeberaniin diri buat ikut KPR rumah.

Semisal sekarang umur kamu 23 tahun, di umur 25 tahun kamu bisa tinggal di rumah kamu sendiri yang statusnya masih nyicil tentunya. Tapi nggak masalah karena itu udah sebuah kemajuan yang hebat.

Tinggal selanjutnya adalah kita mesti tidur lambat dan bangun lebih awal buat mencari rezeki tambahan di atas ridhoNya. Tanpa menyampingkan perbuatan mulia seperti sedekah, zakat, dll.

Insya Allah kita bahagia di Dunia dan Akhirat.

Emang kelihatannya rencana di atas terlihat mudah buat dilakuin. Tapi jangan salah karena buat komitmen minimal selama 1 tahun itu nggak semudah yang dibayangin. Pasti ada aja hal yang bisa buat kita ngurungin diri.

Akhir kata. Terimakasih. Salam sukses buat kita semua. caw.. xoxo

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

10 komentar

komitmen dua tahun nabung 14 juta kali dua, eh terus harga kpr kan ikutan naik juga :D

sayang
di usia awal 20an rencananya ke kafe mana aja, heuheu
baru nyesel klo uang abis
harus diplan sih

Ini nih yang sedang saya cari. Soalnya entah kenapa ngehabisin uang banyak itu nggak kerasa haha -_-

Terima kasih atas sharingnya mas :D

Walau nggak sampe se-detail itu, tapi memang saya punya 2 rekening. 1 untuk rekening lalu lintas (ngisi go pay, debit belanja dll) dan 1 untuk tabungan. Kalau semuanya disatukan, bisa khilaf juga, haha...

bermanfaat nih.
saya orangnya boros loh mas, umur juga udah 25. apakah masih bisa untuk mengelola keuangan yang baik

Wah pas bangett..
Lagi belajar juga nih saya. Hehe

Setuju nih, Mas. Lagi belajar juga buat merencanakan keuangan..
Terima kasih, sharenya, Mas..

Bang... elu udah nyadarin gw.. di umur 25 thun ini..
Gak ada kata terlambat buat ngelakuin saran2 yg abang sampaikan..
Semoga aja bsa istiqamah

Mantap plannya.
Biar nggak terlalu boros karena dipake ini itu yang nggak jelas.

Gw nabungnya di celengan babon kakak...

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon