Sabtu, 24 Desember 2016

Kebiasaan Sepele ini Sering DIhiraukan yang Justru Malah Merusak Otak

Otak adalah organ terpenting yang merupakan anugrah dari Yang Maha Kuasa. Tanpa adanya kontribusi dari otak tentu kita tak akan mengenal kehidupan, bahkan kita tak dapat hidup karena otak adalah sistem pusat kendali seperti layaknya prosesor pada komputer.

Sebagai manusia, menjaga otak agar tetap dalam kondisi prima adalah sebuah keharusan. Akan tetapi manusia gemar melakukan sesuatu yang simple dan enak-enak yang justru malah dapat merusak otak.

Otak itu pusat berpikir, via pixabay.com

Baca : Kelamaan Menganggur, Lakukan Kegiatan ini Biar Otakmu Nggak Melempem

Kita sadar akan hal itu, tetapi karena enak, simple dan nikmat, kita sering menganggap hal itu biasa dan sepele.

Inilah kebiasaan sepele yang bisa merusak otak ;

Melewatkan sarapan

“Bangun jam 6 aja lah, nggak usah sarapan, toh udah biasa nahan lapar ini!”

“Ahhhh, nggak usah sarapan pagi. Nggak ada uang!! Digabung aja sama makan siang nanti jam 11 biar sehari makannya cuma 2 kali. Lumayaaaann HEEMAAATTT!!” #TipikalAnakKosan

Kaya gini yang nyepelein. Sarapan itu penting lohh!!

Setelah bangun tidur, tubuh terutama otak membutuhkan asupan nutrisi untuk menghadapi tantangan dan rintangan yang akan menghadang di masa itu.

Selain itu, melewati sarapan juga akan menurunkan kadar gula darah dan menurunkan konsentrasimu saat bekerja atau kuliah.

Jadi bagi kalian yang suka Skip Sarapan. Itulah sebabnya kenapa di pagi hari kalian suka nggak FIT dan nggak konsen yang akhirnya materi yang diterima hanya masuk sedikit.

Makan Terlalu Banyak

Karena melewatkan sarapan. Saat makan siang atau malam sukanya langsung dihajar dengan porsi jumbo.

Boleh nggak?? Ehhhmmm, boleh sih!!! Tapi kasian tubuhmu lohh dimasukkin makanan segitu banyaknya dalam satu waktu. Udah gitu makanan yang dimakan yang kurang sehat lagi kaya Fast Food.

Tau nggak?? Bahwa makanan yang kita makan secara berlebihan yang hanya mengandung banyak karbohidrat atau lemak akan menyebabkan gangguan pada aliran darah.

Seperti yang kita ketahui bahwa darah merupakan transportasi asupan oksigen beserta nutrisi ke otak.
Tanpa aliran darah yang lancar tentu akan mengakibatkan asupan nutrisi ke otak terhambat.

Mengkonsumsi Terlalu Banyak Gula

Gula adalah salah satu biang kerok dari penyebab penyakit Gula Darah (Diabetes) jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan setiap hari.

Gula rasanya manis, dan manis itu dicintai hampir oleh seluruh manusia di dunia. Tapi tahukah kalian bahwa kebutuhan tubuh akan gula yang dianjurkan adalah sebanyak 4 sendok makan atau setara dengan 50 gram atau setara dengan minuman ringan manis (teh, minuman energy, minuman karbonasi) sebanyak 2 botol dengan asumsi kandungan gula 25 gram per botol (menurut kemenkes).
FYI : Anjuran kebutuhan Gula, Garam, dan Lemak menurut Kemenkes RI : Gula sendok makan atau 50 gram, Garam 2 Gram atau 1 sendok the, Lemak 67 gram atau 5 sendok makan minyak.
Susah dan ribet yah kalau diikutin. Hahah :D

Kebanyakan konsumsi gula akan menghambat penyerapan nutrisi dan protein. Gula diperlukan sebagai salah satu sumber energy bagi tubuh. Tetapi, dengan makan 3 kali sehari dan buah sebenarnya tubuh sudah dapat asupan gula yang cukup untuk memenuhi kegiatan sehari-hari.

Kurang Tidur

Sama seperti halnya prosesor computer yang tak bisa dibiarkan menyala setiap hari. Otak juga tak dapat terjaga setiap harinya. Setidaknya gunakan waktu istirahat sebaik mungkin yaitu minimal 7-8 jam tidur perhari untuk mencegah terjadinya kerusakan sel-sel otak.

Selain itu, tidur juga mampu mengembalikan dan memperbaiki keadaan saraf-saraf dan sel otot setelah seharian dipakai beraktivitas.
Fact : Selama tidur otak menurunkan aktivitasnya 40%. Menjadikan otak adalah salah satu dari dua organ tubuh yang tidak pernah beristirahat bersama dengan jantung.
Baca :
6 Tips Simpel Agar Kualitas Tidur Kalian Meningkat
Waktu Tidur Ideal Berdasarkan Usia Kalian
5 Tahapan yang Harus Dilewati Seseorang Ketika Tidur
Susah Bangun Pagi?? Coba 6 Tips Ini!!

Menutup Kepala Ketika Sedang Tidur
Sepele yahhh???

Kebiasaan menutup kepala dengan bantal ketika tidur mampu menghalangi masuknya oksigen ke paru-paru dan meningkatkan kadar CO2 (Karbondioksisa), sehingga mengurangi suplai oksigen ke Otak.

Otaknya Kurang Di mainin

gini nih caranya mainin otak, via pixabay.com
Tahu nggak caranya mainin otak???

Dengan kegiatan menulis, ngobrol, atau dengan mengisi TTS dapat menstimulasi dan melatih kerja otak.

Otak sama seperti layaknya pisau yang butuh diasah. Mengasah otak dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan yang melibatkan trik, teka-teki, berpikir dan lain-lain.
FUN FACT : Perbedaan antara Pisau dan Otak ; jika Pisau terus digunakan akan membuat tumpul. Berbeda dengan otak yang jika sering digunakan akan semakin tajam.
Memaksakan Menggunakan Pikiran Dalam Kondisi Sakit

Bekerja keras memang bagus. Tapi jika pusing sudah menyerang. Sebaiknya kalian tinggalkan pekerjaan sejenak dan duduk mengistirahatkan diri untuk pemulihan kondisi fisik dan pikiran.

Memaksakan kerja otak dalam kondisi tubuh yang tak mampu akan mengurangi efektivitas otak.

Membiarkan Tubuh Terpapar Polusi Udara

Otak adalah konsumen terbesar oksigen, dan polusi udara adalah musuh terbesar oksigen.

Terpapar polusi udara secara terus-terusan akan mengurangi suplai oksigen ke otak. Selain itu, polusi udara juga dapat membuat mata iritasi, dan kulit kotor.

Sebisa mungkin hindari daerah berpolusi, atau gunakan masker N96 untuk mengurangi paparan polusi.

Merokok
Fact : Rokok adalah pembunuh paling terdiam di dunia
Rokok dapat merusak paru-paru, jantung, otak dan organ penting lainnya. Zat dalam rokok merupakan zat negative yang sama sekali tak ada manfaatnya. Jadi berhentilah merokok walaupun sulit demi kebaikan masa depan dan orang lain.

Oke cukup sekian dulu. Terimakasihh.

Tulis komentarmu dibawah yahhh...

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

1 komentar so far

Istimewa ...
God job, nice share ..

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon